5 Tips Agar Bunga Anggrek Bulan Rajin Berbunga

Loading...

Tips Menanam Anggrek di rumah-Anggrek merupakan jenis tanaman hias yang memiliki bunga indah dengan keharuman yang khas.

Salah satu jenis bunga anggrek yang sudah sangat terkenal di Indonesia adalah jenis anggrek bulan.

Pertumbuhannya sangat pesat terutama di daerah tropis seperti Indonesia, hal ini disebabkan karena jenis anggrek ini tidak tahan terhadap suhu yang terlalu dingin.

Bunga Anggrek Bulan dan Penjelasannya

Anggrek Bulan yang memiliki nama latin Phalaenopsis amabilis ini merupakan salah satu tanaman yang terdapat di Indonesia, dan ditemukan pertama kali oleh ahli botani Belanda yang bernama Dr. C.L. Blume.

Tanaman anggrek bulan tidak hanya terdapat di Indonesia saja, penyebarannya mulai dari negara, Filipina, Malaysia, Papua, hingga Australia. Anggrek bulan merupakan jenis anggrek dengan tipe epifit karena hidupnya menempel pada batang pohon.

bunga anggrek

www.planten-kopen.com

Tanaman anggrek ini juga termasuk tipe monopodial dengan memiliki ciri tidak terlalu tersinari cahaya matahari secara langsung, memiliki daun yang hijau serta bentuknya yang memanjang.

Dan pada akarnya memiliki bentuk serabut berwarna putih yang berfungsi sebagai jangkar untuk menempel pada kulit batang pohon. Meskipun bunga yang mekar hanya sedikit, namun keharumnya yang khas masih dapat tercium.

Meskipun tanaman anggrek ini tidak merugikan seperti mengambil sari makanan dari tanaman yang ditumpanginya, tetapi ia tetap menganggu keseimbangan tanaman yang ditumpanginya karena akar anggrek dapat merusak tanaman inang tersebut.

Anggrek sendiri bisa hidup walaupun dari air embun, ya, sebab kebutuhan airnya didapatkan dari embun tersebut ataupun dari air hujan.

Ciri–ciri anggrek secara umum

Bunga dengan bentuk serangga dan berwarna cerah

Bunga anggrek bulan umumnya memiliki warna yang cukup khas yaitu berwarna putih, meskipun terdapat beberapa warna yang lainnya, namun kebanyakan anggrek bulan memiliki warna putih.

Bunga ini memang memiliki ciri yang cukup unik, ciri-ciri anggrek dengan bunga berbentuk serangga.

Dengan berbentuk serangga inilah yang menyebabkan banyak serangga penyerbuk hinggap ke tanaman anggrek. Oleh karena itu, bunga anggrek sendiri membutuhkan para serangga.

Sebagai contoh bunga anggrek yang berbentuk bunga yang benar–benar mirip dengan serangga adalah anggrek jenis ngengat atau Phalaenopsis.

Sebab anggrek ini memiliki kelopak bunga yang lebih lebar dan dibagian atas berbentuk mirip serangga.

Akar yang Multiguna

Disebabkan proses hidup anggrek yang menumpang tumbuhan lain, sehingga mau tidak mau akar dari anggrek ini berevolusi untuk mampu melakukan apa saja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Akar nya ini memiliki fungsi untuk mendukung kehidupan tubuhnya yang menempel pada inang. Akar ini juga yang memiliki fungsi untuk menyalurkan air dan juga sebagai jangkar untuk menempel pada tumbuhan inang.

Jenis anggrek ini memiliki rambut pada akarnya apalagi untuk anggrek tanah, bahkan memiliki rambut yang panjang. Ciri khusus dari anggrek sebagai tanaman epifit adalah memiliki velamin yang berongga.

Yah, itulah beberapa informasi mengenai ciri-ciri tanaman bunga anggrek bulan. Barang kali anda sudah bosan karena telah mengerti betul seperti apa itu bunga anggrek, ya wajar saja karena di Indonesia sendiri bunga ini relatif banyak.

Tips Merawat Bunga Anggrek Bulan Agar Rajin Berbunga

Bagi anda yang penasaran dengan tips merawat anggrek bulan agar subur berbunga, berikut Rahasia Merawat Agar Anggrek Bulan Rajin Berbunga

1. Penempatan yang Benar

Cara mearwat bunga anggrek bulan agar senantias aberbunga

Pinterest

Loading...

Secaraumum anggrek bulan tak membutuhkan sinar matahari begitu banyak, hanya membutuhkan sekitar 20% tiap harinya.

Letakkan bunga anggrek di tempat dengan naungan yang melindunginya, seperti digantung pada atap bagian teras rumah atau di bawah pohon.

Perawatan anggrek bulan agar rajin berbunga juga perlu memperhatikan suhu ideal, suhu di siang hari yang dibutuhkan kira-kira 30 derajat celcius, sedangkan di malam hari membutuhkan suhu sekitar23 derajat celcius.

2. Menjaga kadarKelembaban

Perawatan anggrek bulan agar rajin berbunga yang harus diperhatikan berikutnya adalah menjaga kelembaban tanaman bunga anggrek.

Lakukan penyiraman secara rutin dan teratur agar mampu membuat bunga anggrek tumbuh dengan baik, namun air yang berlebihan sebaliknya akan dapat merusak bunga anggrek itu sendiri.

Tanaman ini hanya mampu menerima kelembaban maksimum sekitar 70%. Jika media tanam bunga terlalu basah, maka bunga anggrek akan lebih mudah membusuk disebabkan bakteri atau jamur dapat berkembang di media tanamnya.

3. Mengenali Warna Daunnya

Rahasia perawatan anggrek bulan agar rajin berbunga berikutnya adalah dengan mengenali warna daunnya untuk mengamati hasil perawatan.

Saat daun bunga anggrek berwarna hijau, berarti bunga tersebut memperoleh intensitas paparan sinar matahari yang cukup.

Namun, jika warnanya hijau tua berarti kurang memperoleh intensitas dari cahaya matahari. Sedangkan jika berwarna kecokelatan artinya kelebihan paparan sinar matahari.

4. Lakukan Penyiraman Dengan Tepat

Langkah berikutnya cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga adalah dengan melakukan penyiraman secara tepatdanteratur.

Langkah terbaik yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan penyiraman 2 kali dalam sehari, maupun 3 kali dalam sehari terutama saat udara panas.

Waktu penyiraman yang tepat yakni saat pagi dan sore hari melalui cara diarahkan pada akarnya secara langsung menggunakan air bersih.

5. Pencegahan Penyakit dan Hama

bunga anggrek dalam pot dan perawtaannya

www.csillagviragbolt.hu

Rahasia cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga terakhir adalah dengan mencegah serangan penyakit dan hama, bisadengan penyemprotan fungisida dan insektisida seminggu sekali saat sore hari.

Demikianlah beberapalangkah dalam merawat anggrek bulan agar rajin berbunga dengan baik.

Selain itu, Anda juga harus memastikan tanaman anggrek bulan agar tetap terjaga nutrisinya dengan baik, yaitu dengan cara pemberian pupuk yang mengandung Fosfor,Kalium, danjugaKalsium  secara rutin 1 kali dalam 2 minggu.

Anggrek Bulan Ungu

Tangkai benang sari pada bunga anggrek bulan ini relatif pendek, di ujungnya terdapat dua kepala sari yang berbentuk menyerupai cakram kecil yang biasa disebut dengan pollinia.

Bunga anggrek bulan dapat mencapaiukuran diameter >10 cm dan dapat bertahan cukup lama.

Anggrek Bulan

jenis bunga anggrek bulan

www.gellerts.co.nz

Penyerbukan pada anggrek bulan membutuhksn bantuan serangga penyerbuk. Serangga penyerbuk inilah yang nantinya akan membuka lapisan yang terdapat pada kepala sari lalu membawa serbuk sari ke mulut putik.

Anggrek bulan bisa diperbanyak dengan biji, sebab anggrek bulan memiliki buah yang berbentuk kapsul berwarna hijau. Saat kondisi masak dan mengering, kapsul tersebut akan terbuka dari samping.

Di dalam buah terdapat biji denganukuran sangat kecil dan ringan sehingga sangat mudah untuk terbawa oleh angin.

Biji anggrek bulan mempunyai embrio yang belum matang sempurna dan tidak memiliki organ penyimpan cadangan makanan. Biji akan berkecambah apabilaia jatuh pada media yang sesuai.

Anggrek bulan memiliki keunikan yang terletak pada bunganya ini sehingga membuat kita semakin tertarik untuk membudidayakannya.

Semoga pembahasan di atas mampu menambah pengetahuan teman-teman mengenai bunga anggrek bulan.

One Response

  1. kumpulan December 7, 2016

Leave a Reply


Loading...