Filosofi Bunga Gladiol, Bunga Agustus yang Penuh Kenangan

Bunga gladiol merupakan jenis tanaman hias berbunga  semusim yang termasuk ke dalam family Iridaceae.

Bunga gladiol berasal dari bahasa latin “gladius” yang berarti pedang kecil, hal ini merujuk kepada bentuk daunnya. Tanaman dari genus gladiolus memiliki sekitar 180 spesies.

bunga gladiol ungu

pinterest

Tanaman ini berasal dari Afrika Selatan yang kemudian menyebar ke Asia sejak 2000 tahun. Kemudian pada tahun 1730 mulai memasuki daratan Eropa dan berkembang pesat di Belanda.

Tanaman bunga gladiol yang termasuk subkelas Monocotyledoneae memiliki akar serabut, jenis tanaman ini juga membentuk akar kontraktil yang tumbuh pada saat pembentukan subang baru.

Klasifikasi Ilmiah Bunga Gladiol

Divisi Tracheophyta
Subdivisi Pteropsida
Kelas Angiospermae
Subkelas Monocotyledonae
Ordo Iridales
Famili Iridaceae
Genus Gladiolus
spesies Gladiolus hybridus


Ciri-Ciri Dan Deskripsi Morfologi 

bunga gladiol orange

pacificbulbsociety.org

Ciri-ciri tanaman yang masuk dalam sub kelas Monocotyledona ini diantaranya adalah berakar serabut. Namun tanaman ini juga membentuk akar kontraktil yang tumbuh pada saat pembentukan subang baru.

Subang adalah batang yang termodifikasi menjadi pipih dan mengandung buku, ruas dan mata tunas.

Subang terbentuk dari bagian ruas tunas terbawah yang membengkak dan menghasilkan organ persediaan makanan yang mampu berfungsi sebagai alat reproduksi.

Anak subang ini juga berfungsi sebagai alat pembiakan vegetative namun membutuhkan waktu lama sampai saat menghasilkan bunga berukuran standar, yaitu antara dua sampai 4 tahun.

Bunga gladiol kuning

Pinterest

 

Akar tersebut memiliki daging dengan diameter sekitar 0,7 cm dengan warna putih yang berfungsi sebagai penyangga dan menempatkan subang baru dalam lapisan tanah yang tepat.

 

Sehingga apabila subang induk telah mengalami pengkerutan maka subang yang baru akan terletak pada lokasi yang lebih dalam.

Bagian akar kontraktil mempunyai sejumlah rambut halus yang memiliki fungsi sebagai penyerap air atau mineral serta berfungsi sebagai organ penyimpan sementara.

Subang yang baru ini terus mengalami perkembangan untuk kemudian menggantikan subang induk yang semakin mengkerut yang diikuti juga dengan mengecilnya diameter akar kontraktil.

foto gladiol ungu

Pinterest

Tanaman galadiol memiliki daun yang berbentuk meruncing dan memanjang ke atas dengan panjang sekitar 50-80 cm dan lebar 1-4 cm.

Daun ini tersusun tumpang tindih pada bagian dasar dengan jumlah helaian sekitar 1-12 helai. Tanaman gladiol akan berbunga setelah memiliki daun menimal 8 helai.

Bagian bunga gladiol memiliki tabung yang berbentuk corong yang melebar pada bagian ujungnya.

Bunga juga terdiri dari kelopak dan mahkota yang masing-masing terdiri atas tiga helai yang tidak sama besar serta menyempit di bagian pangkalnya.

bunga gladiol merah muda

Pinterest

Bunga gladiol tersusun dari banyak bunga yang disebut floret berbentuk tandan dan berasal dari sumbu terminal yang jumlahnya 8-20 kuntum.

Jumlah floret ini juga bergantung pada kultivar serta dipengaruhi juga oleh factor lingkungan, seperti pencahayaan, suhu dan juga tingkat kelembaban.

Floret bunga gladiol berbentuk bundar, segitiga atau seperti anggrek. Penampakan petal dapat polos, mengkerut dan juga menggelambir, menekuk keluar atau melancip.

bunga gladiol biru

Pinterest

Ukuran floret juga sangat bervariasi dari ukuran kecil yang berukuran 2 cm sampai dengan yang berukuran besar berdiameter 18 cm lebih.

Letak floret dapat tersusun satu-satu atau sejajar atau ada juga yang berpasangan.

Jika berdasarkan bentuk ukuran floret kultivar, bunga gladiol dapat diklasifikasikan ke dalam 5 kelas, yaitu dari yang berukuran kurang dari 6,4 cm sampai lebih dari 14 cm.

Dan berdasarkan warna yang dimilikinya, dapat diklasifikasikan ke dalam 10 kelas warna dari warna putih hingga kecokelatan serta kepekatan warna dari pucat hingga gelap.

gladil merah muda

fynboshub.co.za

Proses munculnya bunga biasanya terjadi saat daun ketiga telah muncul dan berakhir kira-kira bersamaan dengan terbentuknya daun keenam atau daun ketujuh.

Primordial bunga gladiol sendiri akan muncul setelah seluruh daun terbentuk, mungkin sekitar 60 hari setelah masa tanam.

Sekitar seminggu setelah  terjadinya penyerbukan, bakal buah akan semakin membesar dan akan terus berkembang menjadi buah yang sempurna.

bunga gladiol hijau

Pinterest

Buah gladiol ini memiliki warna hijau hingga kemerah-merahan dengan bentuk yang lonjong tergantung dengan kultivar.

biji buah berwarna coklat dan jika sudah tua bersayap, sehingga dapat dengan mudah terbawa dan tersebar oleh angin jika terlambat dipanen.

Jika buah gladiol telah pecah, maka itu menunjukkan bahwa buah telah masak dan dapat dipanen. Biji gladiol ini tidak mengalami masa dormansi dan akan berkecambah setelah 1 minggu ditanam.

Habitat Dan Ekologi

bunga gladiol termahal

theplantboy.blogspot.co.id

Bunga gladiol memiliki respon yang berbeda-beda terhadap variasi kondisi lingkungan, terutama perbedaan suhu, tingkat kelembaban dan juga cahaya.

Bunga gladiol akan memiliki pertumbuhan yang baik jika pada lingkungan dengan suhu 10-25 derajat celcius.

Namun untuk lingkungan dengan suhu rata-rata yang kurang dari 10 derajat celcius akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman akan terhambat.

Dan jika suhu rendah tersebut berlangsung cukup lama, maka tanaman ini bisa layu atau bahkan mati.

foto bunga gladiol

pinterest

Sedangkan suhu maksimum untuk pertumbuhan bunga gladiol adalah 27 derajat Celsius.

Bagian subang gladiol yang telah ditanam harus dapat berakar dengan cepat serta tidak terganggu. Hal ini akan terjadi jika lingkungan tempat tanam memiliki kelembaban yang cukup.

Dan pada periode penting, yaitu saat mulai terbentuknya daun ketiga sampai daun ketujuh, maka tidak boleh sampai kekurangan air dan cahaya.

Keunikan Dan Manfaat Bunga Gladiol

manfaat Bunga gladiol

Pinterest

Bunga gladiol merupakan salah satu bunga kebun yang terindah dengan memiliki variasi warna seperti putih, kuning, oranye, merah muda dan juga merah.

Kelebihan dan keunikan jenis bunga potong yang satu ini adalah kesegarannya yang mampu bertahan sampai sekitar satu setengah minggu dan dapat berbunga sepanjang waktu.

Warna dan penampilannya akan maksimal jika ditanam pada lingkungan dimana mereka mendapatkan cahaya matahari penuh.

Hal tersebut juga dapat membantu tanaman ini menyimpan energy matahari tersebut untuk masa pertumbuhannya di tahun berikutnya.

keunikan dan manfaat bunga gladiol

carithers.com

Satu hal yang perlu diperhatikan bahwa ada bagian tertentu dari tanaman bunga gladiol ini ternyata mengandung racun.

Jika racun tersebut termakan atau tersentuh bisa mengakibatkan reaksi iritasi atau alaergi.

Diantara beberapa manfaat dari bunga gladiol ini adalah untuk sarana peralatan tradisonal, upacara keagamaan, ritual-ritual budaya dan juga upacara kenegaraan.

Tanaman dan Bunga Hias

Tanaman bunga gladiol merupakan salah satu cut-flowers yang paling banyak diminati orang untuk dijadikan sebagai bunga hias atau untuk keperluan tanaman taman, karena bunga ini sangat menarik untuk di pajang di dalam ruangan.

Mengobati Luka

Masyarakat Inggris memanfaatkan bubuk umbi gladiol jenis Inggris dan Mediterania untuk mengobati luka. Mereka percaya bubuk umbi gladiol mampu menarik keluar serpihan dan duri pada luka.

penyakit radang tenggorokan

Meetdoctor.com

Mengatasi Sakit Perut Pada Bayi

Bubuk Umbi gladiol bisa juga dicampur dengan susu kambing untuk mengobati sakit perut pada bayi, tapi hati-hati karena banyak umbi gladiol yang beracun dan bahkan dapat menyebabkan alergi pada kulit jika umbi sobek atau memar.

Menyembuhkan Sakit Pilek, Disentri dan Diare

Dukun Afrika modern menganggap gladiol merupakan ramuan herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti pilek, disentri, diare dan sembelit.

Umbinya dipercaya dapat meningkatkan kinerja usus sehingga menciptakan gerakan usus yang teratur.

Umbinya bisa diMakan

Salah satu spesies gladiol (Gladiol dalenii) menjadi sumber makanan dan karbohidrat di Kongo. Umbinya dicuci bersih dengan air guna menghilangkan rancun yang terkandung didalamnya kemudian direbus.

Cara Menanam Bunga Gladiol

Cara menanam bunga gladiol

theplantboy.blogspot.co.id

Penanaman bunga gladiol dapat dilakukan melalui cara generative, vegetative, dan juga kultur jaringan.

Tapi secara umum pembiakan dengan cara vegetative dan kultur jaringan lebih mudah dan lebih cepat dilakukan.

Pertama-tama tentunya persiapan bibit, bibit yang ingin ditanam hendaknya harus dipilih yang sehat dan tidak cacat serta berasal dari indukan yang berkualitas juga.

Media tanam atau lahan yang perlu disiapkan  berupa tanah dengan ph yang harus sesuai dengan kebutuhan tanaman gladiol.

gladiolus merah putih

carithers.com

Lahan tersebut harus bersih dari gulma, batu-batuan serta tanaman pengganggu yang lain. Setelah itu lakukan pembajakan agar lahan menjadi gembur. Proses ini sebaiknya dilakukan 2 minggu sebelum penanaman.

Proses terakhir adalah tahap penanaman benih atau bibit yang sebelumnya telah mengalami masa dormansi sekitar 3,5 bulan.

Setelah itu lakukan proses perawatan ketika tanaman telah tumbuh, perawatan yang dimaksud seperti melakukan pemupukan, penyiraman dan juga pencegahan hama dan penyakit.

Arti Dan Makna Bunga Gladiol

makna bunga gladiol merah

flowermeaning.com

Bunga Gladiol adalah bunga yang melambangkan kehormatan dan ketenangan, tetapi ada juga yang mengartikan lain.

Selain kedua makna di atas bunga Agustus juga biasa diartikan sebagai berikut:

  • Kekuatan karakter
  • Kesetiaan, ketulusan dan integritas
  • Keberanian
  • Pantang menyerah
Bunga Gladiolus dalenii

prota4u.org

Galdiolus sendiri merupakan nama ilmiah dan umum disematkan untuk jenis bunga yang satu ini. Mereka juga biasa disebut dengan bunga pedang atau lili pedang karena bentuknya seperti pedang, baik dedaunan dan lonjakan bunga.

Ujung bunga ini berdiri tegak dan menjulang bagaikan pedang yang menancap jantung sang pujaan hati.

Adapun makna bunga gladiol berdasarkan warnanya adalah

  • Merah – Cinta dan Gairah
  • Pink – Feminitas, kasih sayang dan keibuan
  • Putih – Kepolosan dan kemurnian
  • Kuning – Keceriaan dan kasih sayang
  • Ungu – Charm, rahmat dan misterius
Bunga Gladiolus decoratus

commons.wikimedia.org

Demikianlah sekilas tentang Bunga Gladiol yang bisa kami ulas pada kesempatan hari ini, semoga bermanfaat. salam hangat Infosiana.net.

Leave a Reply