Kliping Bencana Gempa Bumi di Indonesia

Loading...

Gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menimbulkan gelombang seismik.

Gempa Bumi biasanyaterjadi karena pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi). Frekuensi dalam suatu wilayah, mengacu pada jenis dan ukuran gempa Bumi yang dialami selama periode waktu.

Gempa Bumidiukur dengan menggunakan alat yang biasa disebut Seismometer. Moment magnitudo merupakan skala yang paling umum di mana gempa Bumi terjadi untuk seluruh wilayah dunia.

Skala Rickter merupakan skala yang dilaporkan oleh observatorium seismologi nasional yang diukur pada skala besarnya lokal 5 magnitude.

Kedua skala yang sama selama rentang angka mereka valid, gempa 3 magnitude atau lebih sebagian besar hampir tidak terlihat dan besar nya 7 lebih berpotensi menyebabkan kerusakan serius di daerah yang luas, tergantung pada kedalaman gempa.

Gempa Bumi paling besar bersejarah besarnya telah lebih dari 9, walaupun tidak ada batasan besarnya.

Gempa Bumi terbesar terakhir besarnya 9,0 atau lebih besar adalah 9,0 magnitudo gempa di Jepang pada 2011 (per Maret 2011), dan itu merupakan gempa Jepang terbesar sejak pencatatan dimulai. Intensitas getaran gempa diukur pada modifikasi.

Penyebab terjadinya gempa bumi

kliping gempa bumi

lintasnews.com

Secara umum gempa Bumi terjadi karenaadanya pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang disebabkan oleh lempengan yang bergerak.

Semakin lama tekanan itu membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan di mana tekanan tersebut takmampu ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Pada saat itulah peristiwa gempa Bumi akan terjadi.

Peristiwa gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan-lempengan tersebut. Gempa Bumi terparah biasanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional.

Gempa Bumi fokus kemungkinan besar terjadi karena materi lapisan litosfer yang terjepit kedalam mengalami transisi fase pada kedalaman lebih dari 600 kilometer.

Beberapa gempa Bumi juga dapat terjadi akibat pergerakan magma di dalam gunung berapi. Gempa Bumi seperti itu dapat menimbulkan gejala terjadinya letusan gunung berapi.

Beberapa gempa Bumi juga terjadi disebabkan menumpuknya massa air dalam jumlah besar di balik dam, seperti Dam Karibia di Zambia, Afrika.

Sebagian lagi juga dapat terjadi akibat injeksi atau akstraksi cairan dari/ke dalam Bumi (contoh. pada beberapa PLTN Bumi dan di Rocky Mountain Arsenal.

Terakhir, gempa juga dapat terjadi karena peledakan bahan peledak. Hal ini dapat membuat para ilmuwan gunakan untuk memonitor tes rahasia senjata nuklir yang dilakukan pemerintah. Gempa Bumi yang diakibatkan oleh manusia seperti ini biasa disebut seismisitas terinduksi.

Sebagai negara yang terletak diantara banyak lempeng, patahan, dan cincin api, tak heran apabila indonesia menjadi langganan terjadinya gempa bumi sejak dahulu. Dan inilah 5 Bencana Gempa bumi dengan kekuatan terbesar di Indonesia.

1. Gempa Bumi Samudra Hindia tahun 2004

Gempa di Samudra Hindia mengakibatkan tsunami

Waktu kejadian = 26 Desember 2004

Kekuatangempa= 9,1 – 9,3 SR

Jumlah Korban gempa  = 230.000 orang tewas di 8 negara

Pusat gempa terletak sekitar 160 km sebelah barat Aceh sedalam 10 kilometer.

Gempa ini terjadi dengan kekuatan 9,3 SR dan dengan ini merupakan gempa Bumi terdahsyat yang terjadi dalam kurun waktu 40 tahun terakhir ini yang menghantam Aceh, Sumatera Utara, Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, dan Sri Lanka, bahkan hingga Pantai Timur Afrika.

Ombak tsunami melanda Aceh setinggi puluhan meter. Bencana ini adalah kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Lanka, India, dan Thailand merupakan negara dengan jumlah kematian korban terbesar.

2.Gempa bumi Sumatera tahun 1833

gempa sumatra barat

act.co.id

Waktu gempa= 25 November 1833

Kekuatan gempa = 8,8 – 9,2 SR

Jumlah Korban gempa = tidak diketahui

Gempa ini diakibatkan pecahnya segmen palung Sumatera sepanjang 1.000 km di tenggara area yang mengalami hal yang sama pada peristiwa Gempa bumi Samudra Hindia 2004.

Gempa ini lalu memicu terjadinya tsunami yang menerjang pesisir barat Sumatera dengan wilayah terdekat dari pusat gempa adalah Pariaman sampai Bengkulu.

Tsunami juga menyebabkan banyak kerusakan parah di Maladewa dan Srilanka. Selain itu, tsunami juga dilaporkan terjadi hingga mencapai Australia bagian utara, Teluk Benggala, dan Thailand walaupun dalam intensitas kecil.

Besarnya gempa ini telah diestimasi melaluipenggunaan catatan pengangkatan micro atoll karang. Namun, bencana ini tidak sempat terdokumentasi dengan baik sehingga tidak diketahui secara pasti dampak dan korbannya.

3.Gempa bumi Aceh tahun 2012

Gempa Aceh 2012

gempa aceh

Waktu gempa = 11 April 2012

Kekuatan gempa  = 8,6 SR

Jumlah Korban gempa = 10 orang

Loading...

Gempa bumi ini tercatat sebagai gempa terbesar yang disebabkan pergerakan sesar geser (strike-slip fault), melebihi gempa serupa di San Francisco tahun 1906 (magnitudo 7,9) dan gempa bumi Wairarapa di Selandia Baru tahun 1855 (magnitudo 8,2).

4. Gempa Bumi Sumatera tahun 2005

akibat dari gempa sumatra barat 2012

droppedbox.wordpress.com

Waktu gempa = 28 Maret 2005

Kekuatan gempa= 8,6 SR

Jumlah Korban gempa= 1.313 orang

Segera setelah terjadi, muncul peringatan akan kemungkinan terjadinya tsunami yang akhirnya tidak terjadi.

Gempa ini kemungkinan dipicu oleh gempa sebelumnya pada Desember 2004, gempa Bumi Samudra Hindia 2004. Getaran juga dapat dirasakan di Malaysia, Singapura, Sri Lanka, dan Thailand. Peristiwa tsunami kecil juga tercatat terjadi di Pulau Cocos milik Australia.

5.Gempa Bumi Bengkulu tahun 2007

simulasi mengatasi gempa

rri.co.id

Waktu gempa = 12 September 2007

Kekuatan gempa = 7,1 – 8,5 SR

Jumlah Korban gempa = 23 orang

Pusat gempa terletak sekitar 10 km di bawah tanah, sekitar 105 km lepas pantai Sumatra, atau kira-kira 600 km dari ibukota Jakarta.

Gempa utama ini diikuti oleh serangkaian gempa susulan, yang berkekuatan kurang lebih 5 through 6 Mw pada patahan yang sama.

Gempa utama tersebut juga disusul dengan gelombang pasang yang kemudian membanjiri paling tidak 300 rumah penduduk dan bangunan publik di Pulau Pagai, Kepulauan Mentawai hingga setinggi 1 meter.

 

Cara menyelamatkan diri saat Gempa Bumi

contoh simulasi bencana alam

korem072.com

1. Saat berada di dalam rumah:

  • Jangan terlalu panik dan jangan berlari keluar rumah, berlindunglah di bawah meja atau tempat tidur.
  • Jika tidak ada, lindungilah kepala dengan bantal atau benda yang lainnya.
  • Menjauhi rak buku, lemari dan jendela berkaca.
  • Hati-hati dengan langit-langit yang mungkin runtuh, benda-benda yang tergantung pada dinding dan sebagainya.

 

2. Saat berada di luar ruangan:

  • Jauhi bangunan-bangunan tinggi, dinding, tebing terjal, pusat listrik dan tiang listrik, papan reklame, baliho, pohon yang tinggi dan sebagainya.
  • Usahakan untuksegera mencapai daerah yang terbuka.
  • Jauhi rak-rak dan jendela berkaca.

 

3. Saat sedang mengendarai kendaraan:

  • Segera hentikan kendaraan di tempat yang terbuka.
  • Jangan berhenti di atas jembatan atau di bawah jembatan layang/flyover.

 

4. Saat sedang berada di pusat perbelanjaan, bioskop, dan lantai dasar mall:

gempa yang memngakibatkan runtuhnya mall

aureliaclaresta.blogspot.co.id

  • Jangan membuat kepanikan atau korban dari kepanikan.
  • Ikuti semua petunjuk dari pemandu evakuasi atau satpam.

 

5. Saat sedang berada di dalam lift:

  • Jangan menggunakan fasilitas lift saat terjadi gempabumi atau kebakaran. Sebaiknya  menggunakan tangga darurat.
  • Bila anda merasakan getaran gempabumi ketika berada di dalam lift, maka tekanlah semua tombol.
  • Saat lift berhenti, keluarlah, lihat keamanannya dan segera menyelamatkan diri.
  • Bila  anda terjebak dalam lift, hubungi manajer gedung melaului interphone bila tersedia.

 

6. Saat sedang berada di dalam kereta api:

  • Berpegang erat pada tiang agar anda tidak akan terjatuh seandainya kereta dihentikan secara mendadak
  • Tetap tenang mengikuti penjelasan dari petugas kereta api
  • Salah mengerti tentang informasi petugas kereta atau stasiun bisa mengakibatkan kepanikan

 

7. Saat sedang berada di gunung/pantai:

  • Kemungkinan longsor terjadi dari atas gunung. Menjauhlah segera ke tempat aman.
  • Di pesisir pantai beresiko datangnya tsunami. Bila anda merasakan getaran dan tanda-tanda tsunami tampak, segeralah mengungsi ke dataran yang tinggi.

8. Beri pertolongan:

Terkadang petugas kesehatan dari rumah-rumah sakit akan mengalami kesulitan datang ke lokasi kejadian maka bersiaplah memberikan pertolongan pertama kepada orang-orang yang berada di sekitar Anda.

9. Evakuasi:

Pada prinsipnya, evakuasi biasanya dilakukan di bawah kawalan petugas polisi atau instansi pemerintah. Bawalah barang-barang anda secukupnya.

10. Dengarkan informasi:

bencana alam di dunia

www.reformer.com

Ketika gempa bumi terjadi, kondisi masyarakat terpukul kejiwaannya. Untuk mengurangi  kepanikan, sebaiknya setiap orang bersikap tenang dan bertindak sesuai dengan informasi yang benar.

Anda dapat memperoleh informasi yang benar dari pihak berwenang seperti polisi, atau para petugas PMK. Jangan pernah bertindak berdasarkan informasi yang tidak jelas.

Leave a Reply


Loading...