6 Cara Mudah Membuat Bonsai Anting Putri Bagi Pemula

Anting Putri atau dalam istilah latin disebut dengan nama “Wrightia Religiosa” merupakan salah satu dari 23 spesies tanaman bunga yang masuk dalam famili (dogbane) Apocynaceae.

Anting putri atau bunga jasmine memiliki bentuk daun yang hijau dan kecil serta memiliki bunga menggantung yang cantik, dan mirip sekali dengan bunga melati.

Bunga jasmine berasal dari kawasan yang beriklim tropis seperti Afrika, Asia dan Australia. Dihabitat aslinya, jasmine tergolong jenis tanaman semak sehingga tak jarang kita menganggapnya sebagai tanaman liar.

Di negara Jepang, jenis tanaman hias ini banyak dimanfaatkan sebagai tanaman pagar rumah, hingga akhirnya ia disulap menjadi salah satu tanaman bonsai populer.

Ciri-Ciri Tanaman Anting Putri

anting-putri termahal

http://s-media-cache-ak0.pinimg.com/

Saat ini banyak para kolektor tanaman hias yang mulai melirik bonsai jasmine, diantara alasan mereka memilih bonsai jasmine sebagai tanamn hiasnya adalah

• Pertama terletak pada keunikan daunnya. Daun tanaman ini berwarna hijau kekuningan, ditambah lagi dengan kehadiran bunganya yang mungil dan mengeluarkan aroma harum membuatnya semakin sempurna.

• Warna bunga yang putih membuat tanaman ini sangat mencolok sehingga semakin menarik perhatian.

• Tanaman anting putri termasuk tanaman yang bandel, karena tanaman ini bisa tumbuh dimana saja dengan sangat mudah (kaya singkong gitulah).

Jika ingin membuktikannya, tancapkan saja tanaman ini dimana saja atau disembarang tempat (kecuali dibatu/jalan aspal/lantai beton), pasti dia akan tumbuh.

Meskipun demikian, jika ingin menghasilkan tanaman anting putri yang lebih baik, maka diperlukan perawatan yang optimal, seperti penyiraman, pemupukan dan penyinaran yang cukup.

tanaman anting putri

bonsaiguru.blogspot.com

Karena jika tumbuhan ini ditanam di tempat yang memiliki temperature dingin, seperti di daerah pegunungan misalnya, maka (bisa hidup juga siiiih) kualitas tanamannya tidak sebaik jika ditanam di iklim yang panas.

Saat ini Anting putri menjadi salah satu tanaman yang sangat popular dan bernilai ekonimis karena banyak digunakan sebagai tanaman hias.

Bahkan di Indonesia saat ini, tanaman ini mulai banyak yang dibudidayakan oleh para penggiat tanaman hias, meskipun hanya sekedar bibit dan tidak jarang juga menjadi langka.

Hal tersebut sebetulnya tidak mengherankan karena tumbuhan ini banyak dicari oleh para penggemar tanaman hias dan seniman bonsai.

 bonsai tanaman jasmine

artofbonsai.org

Selain memiliki nilai seni, bonsai anting putri memiliki keunikan dan kecantikan yang begitu khas sehingga wajar jika tanaman ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, banyak penggemar tanaman hias sekarang berlomba-lomba untuk membudidayakan jenis bonsai anting putri ini.

Dengan beberapa alasan di atas, infosiana.net pada kesempatan ini ingin membahas mengenai tatacara budidaya dan membuat bonsai anting putri.

Meskipun tanaman hias ini memiliki begitu banyak keunggulan, namun dalam hal pembuatan dan perawatannya  dibutuhkan keahlian khusus.

Hal ini bertujuan agar tanaman bonsai yang dihasilkan kelak betul-betul memiliki nilai seni serta harga jual yang tinggi.

Cara Membuat Bonsai Anting Putri

bonsai jasmine

www.pinterest.com

1. Untuk langkah-langkah pembuatan bonsai anting putri, langkah pertama yang perlu diperhatikan oleh para pemula adalah pemilihan jenis tanaman atau dengan kata lain kita harus menyiapkan bakalan anting putri yang bagus untuk dijadikan bonsai.

2. Di tahap pemilihan bakalan, sebaiknya kita memilih anting putri yang batangnya terlihat kuat dan kokoh serta memiliki bentuk yang unik.

Pemilihan batang yang kuat ini sangat penting, tujuannya adalah agar memudahkan kita saat proses pelilitan kawat sehingga apabila dililitkan kawat, batangnya tidak mudah rusak dan tetap tumbuh dengan baik.

Untuk mendapatkan bakalan anting putri yang berkualitas, teman-teman bisa mendapatkannya di kios-kios tanaman hias di sekitar kita.
Umumnya harga untuk satu bakalan anting putri ditawarkan dengan harga Rp. 40.000-70.000, tergantung lokasi.

3. Tahap selanjutnya yaitu menyiapkan media tanam, untuk media tanamnya bisa menggunakan campuran pasir, tanah, dan humus serta kawat pengikat atau penopang agar membantu tanaman dapat tumbuh tegak.

Hal ini dikarenakan akar tanaman yang baru ditanam cenderung memiliki akar yang kurang kuat untuk menopang tanaman.

bonsai anting putri

craftsmanship.net

4. Kemudian, letakkan bakalan bonsai yang baru kita tanam di bawah paranet agar tidak terkena sinar matahari langsung selama dua minggu.

5. Selama 2 minggu tanaman jasmine harus disiram sebanyak satu kali sehari, bisa dilakukan pagi saja atau sore saja. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembaban media tanam.

6. Setelah berusia dua minggu biasanya tanaman sudah mengeluarkan tunas dan bakal daun baru. Hal ini menandakan bahwa tanaman Anting Putri telah siap untuk didesain menjadi bonsai.

Sedangkan untuk teknik mendesain bonsai jasmine diperlukan keahlian khusus. Agar kelak bonsai yang dihasilkan bisa terlihat indah, unik dan bernilai seni tinggi.

Maka untuk itu kami sarankan bagi para pemula sebaiknya mintalah arahan atau bantuan teman-teman yang telah berpengalaman. Atau paling tidak mencari panduan tentang mendesain bonsai baik itu di buku-buku maupun di situs-situs internet.

Pemeliharaan Bonsai Anting Putri

cara menyiram bonsai

tonymcnicol.photoshelter.com

Selanjutnya ialah tahap pemeliharaan dan perawatan. Hal ini sangat penting agar tampilan bonsai yang kita rencanakan sesuai dengan harapan.

Bonsai anting putri memiliki bentuk batang, daun dan bunga yang mini sehingga sangat cocok untuk dijadikan bonsai.

Namun yang harus kita ketahui bersama bahwa tanaman ini juga memerlukan perawatan khusus. Diantara teknik pemeliharaan dan perawatan bonsai ini adalah:

1. Diperlukan pemangkasan untuk daun-daun yang mulai menguning. Pemangkasan ini pun tidak boleh dilakukan sembarangan, karena bisa-bisa merusak bentuk tajuknya , sehingga akan berubah tidak sesuai dengan yang Kita inginkan.

Cara pemangkasannya adalah cukup diguntingi atau dicabuti saja. Jika ingin menghasilkan ukuran daun baru yang lebih kecil, maka daunnya harus dipangkas habis atau digunduli semuanya.

Dan sebaiknya sambil memegang batang atau rantingnya pada saat mengunting atau mencabuti daunnya. Hal ini agar batang atau ranting tanaman tidak patah atau terpotong.

2. Untuk proses penyiraman lakukan 1 kali sehari, dan air sebaiknya jangan sampai mengendap didasar pot agar akar tanaman tidak membusuk.

cara memupuk bonsai

www.bonsaiempire.com

3. Perhatikan juga cahaya, karena tanaman bonsai sebaiknya mendapat cahaya yang cukup.

4. Selanjutnya perhatikan asupan gizi tanaman, karena jika kurang asupan gizinya maka pertumbuhan tanaman bonsai akan terhambat atau mandeg.

Maka dari itu, wajib lakukan pemupukan dengan intensitas sebanyak 1 bulan sekali dengan menggunakan pupuk NPK atau jenis-jenis pupuk yang lainnya.

5. Dan terakhir yang tidak kalah penting ialah repotting atau mengganti media tanaman. Mengganti media tanaman ini dapat dilakukan 3 tahun sekali aja untuk tanaman bonsai.

Harga Bonsai Anting Putri Termahal

Anting Putri

www.pinterest.com

Untuk harga bonsai anting putri sendiri saat ini berkisar antara 2,5 jt- 5 jt, namun jika bonsainya betul-betul memiliki bentuk yang unik dan menarik bisa menembus harga 10 jutaan.

Bahkan berdasarkan informasi yang diliput oleh teman-teman Tribun-Medan pada 1 April 2014 lalu, harga bonsai ating putri yang berumur 15 tahun bisa dibandrol dengan harga Rp 25 juta dan sekaligus dinobatkan sebagai bonsai anting putri termahal di Indonesia.

Harga yang cukup fantastis bukan? Namun harga tersebut bukanlah harga yang mahal bagi para penggemar dan pecinta tanaman yang berbunga harum ini.

Kenapa? Karena harga tersebut sesuai dengan keindahan dan keunikannya.

Demikianlah pembahasan kita tentang bonsai anting putri, mulai dari proses pembuatan hingga pemeliharaannya.

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca yang budiman. Sehingga bisa membantu pembaca yang ingin belajar maupun mengembangkan tanaman anting putri di rumah.

Selamat mencoba, semoga sukses untuk kita semua.

Percakapan Obrolan Berakhir

2 Comments

  1. ZulQornain Oktober 1, 2016
  2. AdminInfosiana Oktober 1, 2016

Leave a Reply