Cara Mudah Merawat Bonsai Bunga Kertas Agar Selalu Berbunga

Loading...

Bunga bougenville atau biasa yang kita kenal dengan Bunga kertas adalah salah satu tanaman hias yang biasa dibudidayakan dan dipelihara oleh wanita Indonesia.

Jika teman-teman amati dan teliti, ketika kita mengetik kata “bunga kertas” di wikipedia maka yang muncul bukanlah bunga kertas yang biasa kita kenal, melainkan bunga yang berasal dari famili Daisy atau jika dalam bahasa latin bernama zinnia (Chrysogonum Peruvianum).

Kenapa Wikipedia memberikan informasi yang cukup plin-plan?

Jangan tanya kepada kami. Tanyakan ke Wikipedia.

Lupakan saja kebingungan wikipedia terhadap nama bunga kertas. Kembali ke bunga bougenville.

Alasan utama mengapa bunga ini dinamai dengan bunga kertas adalah karena karakter bunga tersebut mirip sekali dengan kertas, tipi dan ringan.

bonsai bunga kertas terindah

Pinterest.com

Baca juga: 15 Jenis dan Gambar Bunga Matahari Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Adapun penamaan bunga bugenvil (bougenville dalam bahasa Inggris) sendiri berasal dari seorang penemunya, yaitu Sir Louis Antoine de Bougainville.

Sir Louis Antoine de Bougainville adalah seorang prajurit angkatan laut berkebangsaan Perancis. Selain bunga, namanya juga digunakan sebagai nama pulau terbesar di Papua Nugini.

Indah atau tidaknya bunga kertas sangat ditentukan oleh perawatannya. Semakin baik perawatannya maka semakin indah juga rupanya.

Sedangkan bunga bogenvile sendiri berasal dari Amerika Selatan, mulai dari Brasil bagian barat menuju ke Peru dan Argentina bagian selatan.

Namun semakin berkembangnya waktu bunga inipun semakin banyak tersebar di seluruh dunia, Sehingga banyak pula orang yang menyebutnya dengan berbagai aksen dan bahasa.

Baca juga: 9 Jenis Bunga Wijaya Kusuma yang Kaya Akan Manfaat

Misalnya saja Buganvilla (Spanyol), Bugambilia (Meksiko, Guatemala, Kuba, Filipina), pokok bunga kertas Negara (Indonesia), ” ‘Bougenville”‘ (Pakistan), Napoleón (Honduras), Veranera (Kolombia, Nikaragua, El Salvador, Kosta Rika dan Panama), trinitaria (Kolombia, Panama, Puerto Rico, Republik Dominika & Venezuela), Santa Rita (Argentina, Bolivia, Brazil, Paraguay dan Uruguay) atau papelillo (Peru utara).

Ciri-ciri Bonsai bunga kertas atau bougenville

Karena kepopulerannya tersebut, bunga ini banyak kita temukan menghiasi taman-taman ataupun pekarangan rumah-rumah diperkotaan ataupun di desa-desa di Indonesia.

Bunga bougenville yang berwarna-warni memang sangat sejuk tatkala dipandang mata. Warna yang dimilikinya bisa sangat beragam.

Ungu, putih, merah, kuning bahkan terkadang terdapat satu jenis bunga dengan variasi warna yang beragam. Ditambah lagi dengan bentuk batangnya juga memiliki karakter tua .

Jika tumbuh secara alami seperti di Indonesia maka tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 10 meter.

Batang tanaman ini berstektur agak keras, bercabang-cabang serta memiliki duri yang tajam. selain itu tanaman ini juga memiliki sulur yang rapat, daun yang lebar dan membentuk bujur tirus yang dapat membuat rimbunan pokok dilokasi tumbuhnya.

Oleh karenanya bunga ini menjadi incaran para pencinta tanaman hias untuk dijadikan tanaman bonsai.

Baca juga: Jenis Bunga Lavender Beserta Khasiatnya Bagi Kesehatan

Dengan bentuknya yang cantik serta eksotik tentunya sangat mendukung jika bougenville ini dijadikan bonsai. Pokoknya ajiiiib,,,,,

Untuk masalah perkembangbiakannya, tanaman ini juga sangat mudah karena cukup dengan melalui keratan  batang yang disemai didalam bungkus plastik ataupun pot dengan cara yang gampang.

cara merawat bonsai

bancodeimagenesgratis.net

Meski demikian, ada beberapa hal yang menjadi tantangan atau  kesulitan dalam membuat bonsai bougenville diantaranya yaitu ketika mengkondisikan bunga dalam satu gerombolan yang padat.

Baca juga: 11 Manfaat dan Jenis Bunga Alamanda

Karena pada kehidupan alami dihabitatnya, tanaman bougenville ini berbunga dengan jarak yang cukup jauh pada sulur-sulurnya yang panjang.

Masalah selanjutnya adalah sulitnya mendapatkan bentuk akar dan bentuk batang yang besar dan eksotik meski tanaman ini tergolong mudah untuk dibudidayakan.

selain itu adalah masalah ketersediaan bakalan bongsai yang cukup sulit ditemukan jika didaerah perkotaan karena pada dasarnya memang tanaman ini bukanlah tanaman liar yang tumbuh di alam bebas.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan membeli atau mencari bunga bougenville di desa –desa yang memang sangat banyak ditanam dipekarangan rumah mereka.

Untuk proses pembutan dan perawatannya, kami rasa tidak jauh berbeda dengan teknik pembuatan dan perawatan bonsai-bonsai yang lain.

Baca juga: 15+ Jenis Bunga Aster yang Menyejukkan Mata

Jenis-jenis Bunga Bougenville yang Bisa Dijadikan Bonsai

bibit bunga kertas

Pinterest

1. California Gold

Bogenvil California Gold merupakan salah satu jenis bunga kertas yang memiliki beberapa variasi warna mulai dari warna emas pucat hingga jingga-perunggu, sama halnya dengan jenis lainnya bunga ini akan gugur ketika bunga berusia 1-2 minggu.

2. Gold Rush

Gold Rush merupakan salah satu jenis bunga bougenvi yang memiliki warna kuning keemasan mencolok dan lebih cerah jika dibandingkan dengan varietas lainnya.

3. After Glow

Bogenvil After Glow merupakan satu diantara spesies bunga kertas yang mempunyai keunikan, yaitu mampu  mekar berkali-kali sepanjang tahun.

 

Selain itu, bunga yang biasa berwarna oranye ini memeliki beberapa varian diantara merah muda dan coral. Daunnnya memiliki karakter yang halus tapu tetap bertekstur.

Dengan didukung daun berwarna hijau membuatnya semakin sempurna dan mencolok. Daunnya sendiri biasanya gugur saat  berbunga.

Baca juga: 5 Tips Agar Bunga Anggrek Bulan Rajin Berbunga

4. Bambino Baby Allison

Bambino baby allison merupakan salah satu jenis bunga kertas yang memiliki warna merah muda.

Tanaman ini biasa mulai berbunga dan mekar di akhir musim semi serta awal memasuki musim panas, kemudian dipertengahan musim panas, dan terakhir di di akhir musim panas dan di awal ketika memasuki musim gugur.

Karakter daunnya kokoh dan memiliki warna hijau yang cerah di sepanjang tahun.

Baca juga: 24+ Jenis dan Gambar Bunga Teratai Beserta Filosofinya

5. Bambino Baby Victoria

Bambino baby victoria merupakan satu diantara bunga kertas yang memiliki warna yang unik dan mampu mekar di sepanjang tahun. Bambo jenis ini memiliki bunga yang bewarna magenta atau pink-ungu. Selain itu, karakter daun kokoh dan berwana hijau gelap.

Loading...

6. Bambino Baby Lauren

Bambino baby lauren merupakan varietas dari bogenvil yang memiliki kemiripan dengan varietas bambino baby allison, hanya saja bunga yang satu ini memiliki bunga yang berwarna ungu.

Keindahan bunga ini jangan diragukan lagi, ia mampu mekar hampi disetiap musim, mulai dari akhir musim semi, awal musim panas, pertengahan musim panas, di akhir musim panas dan di awal musim gugur. Daunnya senantiasa kokoh meski dimusim kemarau sekalipun.

Baca juga: Bunga Sedap Malam: Asal-Usul, Ciri, Foto dan Manfaatnya

7. Cherry Blossom

Varietas cherry blossom adalah salah satu varietas bunga kertas yang paling favorit. Ia memiliki bunga yang berwarna merah muda atau pink namun ada juga yang hampir putih.

Cherry blossom mampu berbunga hampir disepanjang musim. Karakter daunnya yang kokoh dengan cabang yang berduri membuatnya terlihat sempurna.

Baca juga: Jenis Bunga Terompet yang Tersebar di Dunia

8. Coconut Ice

Coconut ice merupakan salah satu jenis bunga bogenvil yang memiliki warna yang berwarna-warni.

Mulai dari yang bewarna pink pucat, merah muda, ungu serta ada juga yang bewarna agak putih. Ia mampu berbunga di sepanjang musim dengan karakter daun yang berwarna hijau gelap.

Baca juga: 12 Fakta Unik dan Gambar Bunga Bangkai

9. Alexandra

Alaxandra adalah salah satu spesies dari bunga kertas mempunyai warna ungu yang indah. Bunga ini mampu berbunga sepanjang tahun.

Ketika berbunga lebat daunannya akan mulai berguguran. Selain itu ia mudah tumbuh di wilayah beriklim tropis seprti di Indonesia.

Baca juga: 21+ Jenis Bunga Sepatu di Dunia dan Manfaatnya

10. Barbara Karst

Jenis bunga ini merupakan bogenvil yang unik, warna bunga yang tidak biasa membuat bunga ini menjadi salah satu incaran wanita-wanita yang cinta dengan bunga.

Selain itu bunga mudah sekali mekar di hampir di setiap musim. Bogenvil yang satu ini memiliki beberapa warna varian, diantaranya adalah magenta atau pink-ungu, merah dan scarlet atau merah tua.

Baca juga: Jenis Bunga Sakura yang Penuh Pesona dan Filosofi Hidup

11. Bambino Ningili

Merupakan salah satu varitas bunga kertas yang memiliki bunga bewarna merah mudah dengan daun yang bewarna hijau tua.

Bunga ini mampu berbunga sepanjang tahun dengan penampilan yang indah tak jarang jika bunga ini menjadi salah satu favorit keluarga Indonesia.

Baca juga: 10 Fakta Unik Tentang Bunga Melati si Putih yang Mempesona

12. Bambino Pedro

Adalah salah satu jenis bunga kertas yang memiliki beberapa varian warna misalnya saja merah dan merah tua.

Sama halnya dengan jenis bunga lainnya, bunga ini mampu mekar hampir di setiap musimnya dan didukung dengan daun berwarna hijau tua membuatnya begitu mencolok dan Indah untuh dipandang.

Baca juga: 40 Fakta Unik tentang Bunga Edelweiss, si Bunga Abadi

13. Bambino Majik

Adalah salah satu jenis bunga kertas yang memiliki perpaduan warna yang begitu menarik dan sempurna, yaitu ungu ke putih.

Tidak jauh beda denga jenis bunga kertas lainnya bunga ini mampu berbunga hapir disepanjang musim dengan daun tetap kokoh dibatang meski memasuki musim kemarau sekalipun.

Baca juga: Filosofi Bunga Gladiol, Bunga Agustus yang Penuh Kenangan

Proses Pembuatan Bonsai Bunga Kertas

jenis-jenis bunga kertas

pinterest.com

Hal pertama yang tentunya harus anda lakukan adalah menyiapkan bakalan bonsai selain tentunya juga menyiapkan media tanam yang baik bagi calon bonsai.

Media tanam bisa berupa campuran dari bahan tanah yang mengandung humus atau pupuk kandang.

Untuk pot yang digunakan, kami menyarankan agar anda menggunakan pot dangkal dengan ukuran sekitar 35 – 40 cm.

Pot dangkal ini berfungsi agar membatasi pertumbuhan akar bonsai yang jika menggunakan jenis pot yang dalam , maka tanaman bunga ini akan tumbuh terlalu subur dan akan kesulitan untuk  mengubah bentuk daun dan bunga menjadi ukuran yang kecil.

Selanjutnya ialah  mengikatkan sebuah kawat pada pangkal pot. Kawat ini bertujuan antara lain untuk alat bantu pembentukan bonsai serta sebagai penopang tambahan bagi tanaman yang sekiranya masih belum memiliki akar yang terlalu kuat.

Baca juga: 10 Fakta Unik tentang Bunga Rosemary, si Ungu dari Afrika

Jangan lupa agar anda menyiapkan peralatan – peralatan tambahan lainnya seperti gunting tanaman, alat semprot tanaman dan lain- lain.

Jika bunga bougenvil terlihat sudah memperlihatkan pertumbuhan yang baik, maka ini saatnya anda mulai mendesai bentuk bonsai yang sesuai dengan keinginan anda masing – masing.

Cara yang umum digunakan adalah dengan melilitkan kawat – kawat yang telah disediakan sebelumnya pada batang bunga, cabang atau ranting.

Pelilitan ini tujuannya untuk mengubah bentuk  batang atau cabang bougenvil dari bentuk alaminya  menjadi bentuk bonsai yang diinginkan.

Proses pelilitan ini bisa memakan waktu yang berbeda – beda sesuai dengan tingkat ketuaan dari batang atau cabang bougenvil.

Selain itu, didalam tahapan ini juga harus disertai dengan perawatan tanamann berupa pemangkasan daun dan ranting,repoting ,pemupukan, penyiraman dan juga penyemprotan agar tanaman bonsai bougenvil anda senantiasa tumbuh sehat.

Lakukan proses ini sampai anda mendapatkan bentuk bonsai yang betul – betul indah dan bagus.

Baca juga: 7 Fakta Unik tentang Bunga Hydrangea yang Perlu Kamu Ketahui

Harga Bonsai Bougenvil Termahal

bunga kertas ungu

redbubble.com

Dan sebagai informasi tambahan tentang bonsai bougenvil, yaitu jika anda ingin mendapatkan bonsai ini tanpa harus bersusah payah.

Maka anda bisa mendapatkannya dengan cara membeli adapun  harganya sekarang ini paling murah dibanderol seharga Rp. 250.000. dan ini untuk bonsai bougenvil dengan kriteria yang biasa.

Namun jika bonsai bougenvil yang telah memiliki bentuk yang eksotik tentunya akan lebih mahal, mungkin bisa mencapai jutaan rupiah.

Menurut teman-teman kita di Tribunnews.Aceh harga bonsai bougenvile yang telah berbunga harganya bisa mencapai Rp 750.000 ketika mendekati bulan-bulan tertentu, seperti hari raya Idul Fitri.

Leave a Reply


Loading...