Ikuti 6 Langkah Ini Agar Bonsai Cemara Kamu Jadi Juara

Cemara atau yang disebut juga Juinfers merupakan jenis tanaman conifer dari keluarga Cupressaceace.

Tumbuhan yang satu ini banyak kita jumpai didaerah dataran tinggi pegunungan yang tersebar di seluruh belahan bumi utara, dari kutub utara, Afrika sampai ke Amerika Tengah.

Pohon cemara secara umum tumbuh menjulang hingga mencapai ketinggian lebih dari 10 meter. Mempunyai bentuk dedaunan seperti jarum yang hijau bergerombol.

Terdapat banyak jenis dari tanaman cemara, salah satunya adalah cemara udang yang banyak dijadikan sebagai tanaman hias bonsai cemara.

Namun jenis bonsai cemara ini masih popular bagi kalangan tertentu saja. hal ini bukan berarti bonsai ini tidak popular namun dikarenakan budidayanya yang terkesan buat kelas elit saja.

Baca juga: 15 Jenis dan Gambar Bunga Matahari Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jenis-Jenis Pohon Cemara Yang Bisa Dijadikan Bonsai

Cemara udang

www.pinterest.com

Cemara adalah salah satu jenis tanaman yang sangat banyak ditemukan didunia. Tumbuhan ini bisa kita temukan diberbagai macam daerah meskipun dengan bentuk iklim yang berbeda – beda.

Tanaman ini juga banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias atau tanaman peneduh seperti ditaman atau didepan rumah.

Selain itu cemara ternyata juga berfungsi sebagai tanaman penghijau yang bisa bermanfaat untuk penghijauan dan pencegah erosi.

Untuk para pencinta tanaman hias, sekarang cemara juga mulai banyak dibudidayakan untuk dijadikan bonsai cemara yang mempunyai nilai seni dan harga jual yang cukup tinggi.

Berikut ini kita akan membahas beberapa jenis pohon cemara yang bisa untuk dijadikan bonsai;

Baca juga: 9 Jenis Bunga Wijaya Kusuma yang Kaya Akan Manfaat

1 Cemara Kipas

Cemara Kipas yang mempunyai nama ilmiah Thuja Occidentalis merupakan cemara yang berasal dari familli Cupressaceae dengan genus Thuja yang bernama Whitecedar.

DI Indonesia tanaman ini sering disebut dengan Cemara Kipas, atau ada juga yang menyebutnya dengan tanaman Cakar Ayam.

Tumbuhan cemara jenis ini banyak hidup dilingkungan dengan kondisi yang lembab. Jika dihabitat aslinya, ia mampu tumbuh dengan ketinggian mencapai 10 – 20 meter.

Cabang daun tumbuhan ini berbentuk kerucut kesamping, bersisik dan berbentuk seperti kipas. Daun tanaman yang bertekstur lembut ini ternyata sangat disukai oleh rusa.

Kayu tanaman cemara ini bisa digunakan untuk membuat pagar rumah, tiang, atau juga untuk kebutuhan – kebutuhan bangunan lainnya.

Cemara ini baru kemudian dikembangkan sebagai tanaman hias pertama kali di Eropa. Karena banyak keunikan yang dimilikinya maka tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias bonsai cemara.

Baca juga: Jenis Bunga Lavender Beserta Khasiatnya Bagi Kesehatan

2 Cemara Pensil

Cupressus Sempervirens atau Cypress Mediterania atau Cypress Tuscan adalah nama lain dari cemara yang terkenal dengan sebutan cemara pensil.

Jenis cemara ini mempunyai daun berwarna hijau tua yang rimbun. Memiliki tekstur kayu yang kuat dan bau yang wangi.

Tanaman ini bisa beradaptasi dengan kondisi kering, akan tetapi lebih cocok tumbuh didaerah dingin atau lembab.

Di Eropa tanaman ini banyak dijadikan tanaman hias, salah satunya bentuk bonsai cemara.

Baca juga: 11 Manfaat dan Jenis Bunga Alamanda

3 Cemara Norfolk

Dinamakan demikian karena ia berasal dari Pulau Norfolk, sebuah pulau kecil di Samudra Pasifik pada tahun 1774.

Nama ilmiah untuk jenis cemara ini adalah Araucaria Heterophylla atau juga sering disebut dengan cemara bintang pinus.

Cemara ini dapat tumbuh subur didaerah yang mempunyai iklim dingin atau daerah dengan kelembaban yang tinggi.

Pohon Cemara ini mempunyai ukuran kayu yang berukuran besar jika telah berumur tua, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar dan bahan bangunan.

Saat tanaman ini masih berumur muda, ia memiliki susunan cabang yang bertingkat dan ranting yang teratur.

Cemara ini memiliki banyak cabang simetris berbentuk jarum tumpul dan garis segitiga hingga keatas. Jenis cemara ini juga mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 60 meter.

Oleh karena keunikannya tersebut, maka tanaman ini menjadi salah satu pilihan yang dapat dijadikan bonsai.

Baca juga: 15+ Jenis Bunga Aster yang Menyejukkan Mata

4 Cemara Pua Pua

Cemara ini sangat cocok dijadikan bonsai karena memiliki daun yang bagus, daunnya berbentuk mirip tanduk rusa dan berwarna hijau tua.

Pohon ini bisa dengan mudah Anda temukan di toko-toko tanaman hias terdekat.

Baca juga: 5 Tips Agar Bunga Anggrek Bulan Rajin Berbunga

5 Cemara Angin

Casuarina Junghuhniana atau Casuarina Equisetifolia atau yang lebih dikenal nama Cemara Angin. Merupakan jenis cemara yang banyak ditemukan di Indonesia sehingga sangat membantu bagi para pencinta bonsai untuk membudidayakannya.

Tinggi pohon cemara ini bisa mencapai 5 meter lebih. Memiliki daun yang tipis dan lembut. Dahulu tanaman ini sangat popular karena di jadikan tanaman penghias gedung – gedung besar.

Baca juga: 40 Fakta Unik tentang Bunga Edelweiss, si Bunga Abadi

6 Cemara Buaya

Jenis cemara yang cukup popular ini mempunyai nama latin Juniperus Horizontalis, cemara ini mempunyai keunikan dengan gaya pertumbuhannya yang menyamping dan asimetris.

Jenis cemara buaya ini sangat banyak diminati oleh para pencinta bonsai karena gaya pertumbuhannya tersebut.

Cemara ini bisa tumbuh hingga mencapai 10 – 30 meter dan mempunyai habitat asal dari Amerika Utara khususnya Kanada dan Alaska.

Cemara ini mempunyai cabang yang banyak serta daun yang sangat rimbun sehingga jika dijadikan tanaman Bonsai akan menghasilkan bentuk yang indah dan elegan.

Baca juga: Jenis Bunga Terompet yang Tersebar di Dunia

7 Cemara Lilin

Cemara lilin disebut juga dengan nama cemara pecut. Dinamakan demikian karena mempunyai bentuk ujung mengerucut seperti pecut (cambuk).

Mampu tumbuh hingga mencapai tingggi hingga 15 meter. Cemara ini mempuyai daun jarum hijau yang bergerombol. Sangat cocok dijadikan bonsai cemara.

Baca juga: 21+ Jenis Bunga Sepatu di Dunia dan Manfaatnya

8 Cemara Embun

Dinamakan dengan cemara embun karena bentuk daunnya yang seperti embun. Berwarna hijau muda keputih – putihan sehingga seakan akan berembun.

Cemara embun ini mempunyai postur yang lebih kecil dengan jenis cemara – cemara lainnya. Meski demikian tidak lantas mengurangi keindahan tanaman ini ketiga dibuat menjadi bonsai cemara.

Baca juga: 10 Fakta Unik Tentang Bunga Melati si Putih yang Mempesona

9 Cemara Renthes

Jenis cemara yang satu ini mempunyai daun yang lebat berbentuk runcing dan tumbuh acak – acakan tidak teratur serta bentuknya menghadap keatas.

10 Cemara Chinese Golden Three

Disebut dengan Chinese Golden Three atau Cemara Emas China karena berdasarkan warna daunnya yang kuning menyala.

Dengan keunikan tersebut maka cemara ini sangat cocok untuk dibudidayakan menjadi tanaman bonsai yang eksotik.

Baca juga: Filosofi Bunga Gladiol, Bunga Agustus yang Penuh Kenangan

11 Cemara Laut

Casuarina equisetifolia, adalah jenis cemara yang sering ditemukan didaerah pesisir pantai. Nama lain dari jenis cemara ini adalah Australian pine dan beach she-oak.

Pohon cemara ini jika masih muda mempunyai tekstur yang halus, namun jika telah berumur tua tekstur batangnya menjadi kasar dan tebal.

Memiliki percabangan halus dengan daun yang berbentuk lidi beruas – ruas berjumlah tujuh atau delapan tiap ruas serta mudah rontok dan berwarna hijau keabuan.

Baca juga: 10 Fakta Unik tentang Bunga Rosemary, si Ungu dari Afrika

Cara Membuat Bonsai Cemara di Rumah

cemara

robert-steven.ofbonsai.org

Bonsai jenis ini selain bisa Anda dapatkan dengan cara membeli, juga bisa Anda dapatkan dengan cara budidaya sendiri.

Jenis bonsai yang satu ini juga memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan bentuk bonsai – bonsai yang lain.

Untuk membuat bonsai cemara ini membutuhkan kerja keras dan upaya yang lebih, karena proses pembuatan bonsai cemara ini tergolong mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi.

Selain itu kesulitan dalam proses pembentukan bonsai cemara ini adalah ketersediaan bahan baku atau bakalan cemara yang sulit.

Adapun teknik dalam pembentukan bonsai cemara tidak jauh berbeda dengan proses – proses pembentukan bonsai – bonsai tanaman yang lain.

Yang membedakan adalah waktu yang dibutuhkan sampai cemara mengasilkan bentuk sesuai dan proporsional.

Baca juga: 7 Fakta Unik tentang Bunga Hydrangea yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Merawat Bonsai Cemara Untuk Pemula

bonsai junipers

bonsaibark.com

Meskipun bonsai cemara memiliki tingkat kesulitan yang lumayan pada masa pembentukannya, namun jika untuk proses perawatannya ternyata relative lebih mudah.

Untuk media tanamnya, jika bonsai yang lain harus rutin diganti maka untuk jenis bonsai cemara ini malah sebaliknya.

Untuk bonsai ini, proses penggantian media tanam dan repoting cukup anda lakukan sebanyak 4 sampai dengan 5 tahun sekali.

Jika Anda mengganti media tanam bonsai cemara ini terlalu sering seperti yang dianjurkan pada jenis bonsai lain maka justru akan menghambat dan merusak tanaman cemara tersebut.

Namun upaya perawatan penting yang harus anda lakukan secara rutin adalah pemangkasan. Karena dengan pemangkasan akan menjadikan pertumbuhan ranting dan daun lebih banyak lagi.

Baca juga: Bunga Sedap Malam: Asal-Usul, Ciri, Foto dan Manfaatnya

Pemupukan dan Penyiraman

Satu hal yang juga harus Anda perhatikan saat sedang membentuk bonsai cemara yang cantik adalah perawatan pertumbuhannya.

Pertumbuhan bonsai ini akan bagus jika kita memberikan asupan makanan atau pupuk yang cukup secara rutin.

Intensitas waktu yang umum digunakan untuk melakukan pemupukan yang tepat pada masa awal pertumbuhan adalah antara dua sampai dengan empat minggu sekali.

Baca juga: Jenis Bunga Sakura yang Penuh Pesona dan Filosofi Hidup

Jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk yang mengandung kadar nitrogen yang tinggi seperti pupuk Bayfolan.

Namun, setelah beberapa waktu kemudian jika Anda melihat tanaman cemara telah mengalami pertumbuhan yang pesat, maka sebaiknya rutinitas pemupukan mulai dikurangi.

Selain kegiatan – kegiatan perawatan seperti yang telah dijelaskan diatas, kegiatan perawatan terakhir yang dapat anda lakukan adalah pencegahan hama dan penyakit.

Kegiatan ini dapat anda lakukan dengan cara melakukan penyemprotan menggunakan insektisida atau fungisida secara rutin keseluruhan bagian tumbuhan.

Baca juga: 24+ Jenis dan Gambar Bunga Teratai Beserta Filosofinya

Harga Bonsai Cemara

cemara udang

bonsaimirai.com

Jika Anda berminat memiliki Bonsai Cemara dengan cara membeli, maka Anda harus menyiapkan fulus yang lumayan.

Untuk harga bonsai cemara saat ini dipasaran terbilang cukup tinggi. Anda bisa mendapatkan penawaran harga dari mulai Rp.700.000 hingga Rp.3.000.000.

Demikianlah pembahasan tentang bonsai cemara kali ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Percakapan Obrolan Berakhir

Leave a Reply