7 Langkah Sederhana Membuat Bonsai Kamboja Selalu Berbunga

Bunga Kamboja Jepang atau bunga adenium adalah satu diantara tanaman hias yang banyak dibudidayakan di Indoensia.

Nama “Kamboja Jepang” sendiri merupakan nama yang tidak berdasarkan kajian ilmiah bahkan cendrung menyesatkan. Kenapa?

Perbedaan Klasifikasi Bunga Adenium dengan Bunga Kamboja

Pertama, bunga andenium diidentikan dengan bunga semboja(Kamboja) yang banyak kita temui di tempat pemakaman sekitar kita.

Padahal kenyataannya antara bunga adenium dengan bunga Kamboja berbeda jauh, bunga adenium berasal dari genus adenium sedangkan bunga Kamboja berasal dari genus Plumeria.

Beda jauh bukan?

Meskipun mereka berasal dari famili yang sama. Namun itu tetaplah berbeda.

Berdasarkan beberapa literarur sebutan adenium berasal dari nama suatu kota besar di Yaman, yaitu Aden.

tanaman kamboja

penjualtanamanmurah.blogspot.com

Kedua, nama Jepang pada nama “Kamboja Jepang” sangat-sangat tidak berdasar. Kenapa? Karena tanaman ini berasal dari  benua Afrika, lebih tepatnya dari negara Tanzania, Kenya dan Uganda serta Asia Barat.

Di habitat aslinya tanaman ini bisa disebut sebagai Mawar Padang Pasir (desert rose).

Mengingat tempat asalnya yang kering dan tandus maka tanaman ini pun sangat cocok jika dibudidayakan di media yang kering dibandingkan media yang lembab.

Namun jika kita lihat dari tradisi masyarakat Indonesia dalam memberi nama suatu hewan atau tanaman mungkin nama “Kamboja Jepang” akan lebih masuk akal jika dijelaskan dengan teori berikut ini.

tanaman kamboja jepang

thaimisc.pukpik.com

Orang Indonesia biasa menjuluki tanaman atau hewan yang besar dengan istilah “Bangkok” misalnya saja Jambu “Bangkok”, yaitu Jambu yang berukuran besar.

Jika di hewan kita akan sangat akrab dengan ayam “Bangkok”, yaitu ayam jenis petarung dengan ukuran badan yang tinggi  dan besar.

Sedangkan istilah “Jepang” biasa digunakan oleh masyarakat kita dalam menamai buah tau hewan yang berukuran kecil.

Nah, jika kita mengamati kebiasaan orang Indonesia, kita akan mudah menemukan asal usul atau awal mula penyebutan Kamboja Jepang.

Masyarakat Indonesia terbiasa dengan tanaman Kamboja yang berukuran tinggi dan besar, maka begitu datang tanaman yang sosoknya mirip dan berukuran lebih kecil, maka agar mudah membedakannya diantara keduanya mereka menyebutnya dengan nama Kamboja Jepang.

Bagaimana? Sudah cukup Logis bukan?

bunga semboja

www.obunga.com

Untuk membedakan antara bunga Kamboja dengan bunga Adenium Jepang kami memiliki dua data yang bisa teman-teman pertimbangkan.

Pertama, andenium berasal dari Afrika dan Asia Barat dan masyarakat sana bisa menyebutnya sebagai mawar padang pasir. Sedangkan  Plumeria obtuse atau bunga Kamboja berasal dari Amerika Tengah.

Jauh banget yak? Namun jika dilihat dari struktur famili, kedua tanaman ini bertemu dalam satu famili yaitu Apocynaceae.

Kedua, Adenium memiliki akar dan pokok batang yang besar menyerupai umbi, sedangkan batangnya kecil. Adapun daunnya berbentuk kecil dan sedikit panjang.

Sedangkan Bunga Kamboja berbatang kecil dan memanjang serta tidak memiliki pokok batang. Batangnya tinggi dan besar dengan bentuk daun yang besar dan panjang.

Terlihat bedanya ya?

Ketiga, adenium biasa dijadikan sebagai bonsai dalam pot sedangkan Kamboja biasa ditanam dihalaman rumah dan mudah sekali kita temukan di area pemakaman.

******


Bonsai Adenium atau Kamboja Jepang

bunga kamboja

www.pinterest.com

Baiklah guys, kali ini kita akan melanjutkan tema pembahasan kita mengenai tanaman bonsai, jika sebelumnya kita telah membahas beberapa jenis tanaman hias yang dapat dibonsai.

Pada kesempatan ini kita akan mengenal dan membuat bonsai Kamboja atau adenium, khususnya Kamboja Jepang atau Adenium Obesum.

Jika pada umumnya tanaman Kamboja (Plumeria obtuse) yang biasa kita temukan berukuran besar.

Namun untuk Adenium obesum ukuran biasanya hanya mencapai tinggi 2 meter.

Jenis tanaman berbonggol ini sebetulnya merupakan tanaman asli dari benua Afrika, lebih tepatnya dari negara Tanzania, Kenya dan Uganda serta asia barat.

Jadi sebutan Kamboja Jepang sendiri bukan berarti tanaman ini berasal dari negeri samurai tersebut. Melainkan karena bentuknya yang lebih kecil dibandigkan bunga semboja.

Kamboja Jepang juga terkenal dengan sebutan The rose of desert yang artinya mawar padang pasir.

Alasan dari penamaan ini disebabkan karena tanaman cantik yang satu ini tetap bisa berbunga indah meskipun hidup di padang pasir yang gersang.

Ciri-ciri tanaman Adenium

kamboja mini

www.pinterest.com

  1. Bunga Adenium berbentuk seperti terompet, warna bunganya yang cerah dan kalem sangat kontras dengan warna daunnya yang hijau gelap, sehingga mirip dengan warna dasar bunga mawar.
  2. Tanaman Adenium memiliki cabang yang sedikit, kulitnya berdaging tebal dan lunak karena banyak mengandung air sehingga tanaman ini dapat bertahan hidup pada kondisi lingkungan yang kering.
  3. Demikian halnya dengan daun, tanaman yang bias dijadikan sebagai bonsai ini memiliki daun yang tebal, mengilap, serta kutikula yang juga tebal, hal ini bertujuan untuk mengurangi atau menghambat proses penguapan yang terjadi jika tumbuh dilingkungan yang kering seperti daerah padang pasir.

Cara membuat Bonsai Adenium

merawat kamboja

flowerian.com

1. Pemilihan Bakalan Bonsai

Untuk membentuk tanaman berbunga ini menjadi t bonsai, maka langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mencari  bakalan Adenium yang sehat dan berbonggol besar.

2. Mendesain atau Membuat Pola

Setelah memilih bakalan bonsai baru kita bisa mendesain bonsai sesuai dengan selera kita.

Ada beberapa bentuk bonsai yang dapat kita terapkan pada tanaman Berbonggol ini, seperti gaya tegak, formal, dan juga gaya broom atau gaya sapu terbalik.

3. Pemilihan Cabang

Selanjutnya pilih cabang dari tanaman Kamboja yang akan kita bonsai, ukurannya kira-kira sebesar jari telunjuk,

Hal ini penting agar sewaktu melilitkan kawat cabang akan terasa lebih lentur dibandingkan dengan cabang yang berukuran lebih besar.

4. Pelilitan Cabang

Kemudian lilitkan cabang tanaman tersebut dengan kawat alumunium yang telah kita siapkan untuk bonsai lalu bentuklah cabang tersebut sesuai dengan bentuk yang kita inginkan.

5. Pembuatan Pola ke 2

menanam kamboja

www.benihtanamanmurah.com

Buat cabang yang terlilit kawat tersebut bengkok sampai membentuk sudut 60 derajat dari posisinya semula.

Lama pemasangan kawat lilit ini berbeda-beda sesuai dengan umur adenium tersebut.

Untuk tanaman adenium yang masih muda, maka kawat lilit dipasang selama kurang lebih dua sampai tiga minggu.

Sementara untuk tanaman yang telah tua, maka lama waktu pemasangan kawat lilit  tersebut kurang lebih sekitar dua bulanan.

Lama waktu pemasangan kawat lilit tersebut bertujuan agar bentuk tanaman yang telah dililit tidak bisa kembali lagi kebentuk semula.

6. Pemangkasan Cabang ke 2

cara memelihara bonsai adenium

www.youtube.com

Jika pemasangan dan pelilitan kawat telah usai, selanjutnya lakukan pemangkasan cabang serta daun sesuai dengan bentuk yang kita inginkan.

Tidak ada aturan baku dalam proses pemasangan kawat dan pemangkasan ini, sehingga dibutuhkan kreasi serta imajinasi dari kita sendiri untuk membuat bonsai yang sesuai dengan keinginan kita masing- masing.

Namun tentunya kita harus memperhatikan proses pemangkasan ini agar bentuknya teatp proporsional, sehingga akhirnya dapat menghasilkan tampilan bonsai Adenium yang indah, cantik dan eksotik.

7. Penyiraman yang cukup

cara menyiram bonsai

tonymcnicol.photoshelter.com

Karena tanaman ini merupakan tanaman yang banyak mengandung air, maka hindari penyiraman yang terlalu sering atau berlebihan. Karena jika tanaman ini mendapat air yang berlebihan justru akan merusak tanaman itu sendiri.

Penyiraman sendiri paling sering dilakukan sebanyak 2 hari sekali dan itu sudah lebih dari cukup.

Proses ini setidaknya akan memakan waktu kurang lebih 4 – 5 bulan, sampai bonsai Adenium berubah menjadi bentuk yang sesuai dengan yang kita harapkan.

Cara Merawat dan Memelihara Bonsai Adenium Agar Senantiasa Berbunga

merawat bunga adenium

www.aliexpress.com

Setelah langkah-langkah di atas selesai, proses selanjutnya yang tidak kalah penting ialah tinggal proses pemeliharaan dan perawatan.

Bonsai mawar padang pasir ini tentunya akan lebih cantik dan eksotik jika tanaman ini bisa selalu bunga.

Sebetulnya tanaman padang pasir ini pasti akan berbunga, akan tetapi periode waktunya cukup lama dan bunganya pun tidak banyak.

Bahkan terkadang bisa juga tidak pernah berbunga tetapi hanya batang dan cabangnya yang terus tumbuh memanjang.

Untuk itu kita bisa melakukan sebuah upaya yang akan merangsang bunga adenium selalu berbunga.

Dan salah satu cara yang paling efektif untuk merangsang agar bonsai Kamboja Anda selalu berbunga adalah dengan cara pemangkasan.

1. Pemangkasan Cabang

tanaman adenium

www.imagejuicy.com

Pemangkasan bisa dilakukan terhadap beberapa cabang yang tumbuh memanjang, sehingga ketika cabang tersebut dipangkas maka dia akan mengeuarkan cabang – cabang baru.

Nah, cabang-cabang baru itulah yang kelak akan mengeluarkan bunga. Selain itu pemangkasan secara teratur juga akan merangsang pertumbuhan daun yang akan menjadi semakin rimbun.

Jika semakin rimbun bonsai adenium Anda, maka bunga yang akan keluar akan semakin banyak yang tentunya akan mempercantik penampilan bonsai Anda.

Untuk bagian akar pun perlu dipangkas, hal ini bertujuan agar bonsai tersebut tidak mengalami pembusukan akar.

Selain itu pemangkasan akar juga berfungsi untu menghambat laju pembesaran tanaman kita, sehingga bonsai adenium anda tidak lekas tumbuh menjadi besar dan tinggi.

Namun Anda juga harus memperhatikan tatacara dan metode pemangkasan yang baik dan benar.

Berhati- hatilah jangan sampai ketika proses pemangkasan malah menjadikan batang adenium mengalami luka yang bisa merusak tampilan bonsai anda.

2. Pemupukan

Media tanam untuk bonsai

pupukorganik.co

Selain dengan cara pemangkasan, untuk merangsang agar bonsai Kamboja anda banyak berbunga adalah dengan melakukan pemupukan.

Tanaman Kamboja Anda semprotkan dengan jenis pupuk perangsang daun yang mengandung unsur senyawa fosfor tinggi atau bisa juga anda beri pupuk perangsang bunga.

3. Penyinaran yang teratur

Terakhir, satu hal penting yang harus Anda perhatikan adalah jenis tanaman bonsai Kamboja merupakan tanaman yang membutuhkan cahaya matahari penuh sepanjang hari dan tidak menyukai lingkungan yang lembab atau terlalu banyak air.

Maka dari itu hendaknya tanaman ini ditempatkan pada ruangan terbuka dan jangan terlalu sering disiram.

Harga Bonsai Kamboja Termahal

bunga adenium terindah

pixabay.com

di dunia tanaman hias, jenis bunga yang satu ini menjadi salah satu primadona, kenapa? selain bentuk Bonggolnya yang eksotis, bunganya juga memiliki warna yang menarik dan wangi.

untuk harga jual bonsai tanaman berbonggol indah ini bisa dibandrol mulai dari harga jutaan hingga ratusan juta. Waw.

Misalnya saja Nurkholis, seorang pengrajin bonsai asal ibukota. Harga yang ia bandrolpun tidak tanggung-tanggung, yaitu 120 juta.

Saat ditemui di ajang Pameran Flora dan Fauna (Lapangan Banteng, Jakarta Pusat) ia mengaku bahwa bonsai kebanggaannya ini telah memenangi beberapa kompetisi dan pameran Nasional.

Bagaimana?

Harga yang cukup menarik bukan?

Untuk mendapatkan refrensi harga bakalan bonsai, Klik disini.

Wajar saja jika beberapa negara menjadikan tanaman ini sebagai salah satu produk ekspor andalannya, misalnya saja Thailand dan India. Bagaimana dengan Indonesia? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Demikianlah pembahasan mengenai bonsai Kamboja. Tentunya masih banyak lagi teknik atau cara – cara pembuatan dan perawatan bonsai kamboja yang bisa Anda dapatkan dari sumber-sumber yang lain.

Bonsai Adenium

flowerian.com

atau pun bertanya langsung kepada teman-teman Anda yang telah berpengalaman didalam masalah ini. Semoga arikel ini bisa bermanfaat dan Selamat mencoba.

 

One Response

  1. rahmawanID July 28, 2017

Leave a Reply