Jenis Ikan Black Ghost Terlaris dan Cara Membudidayakannya

makanan ikan black ghost

www.flickr.com

Ikan Black Ghost-Ikan Black Ghost adalah merupakan satu diantara jenis ikan hias air tawar yang unik. Lihat saja bentuk tubuhnya. Dengan keunikan bentuknya ikan ini memiliki beberapa julukan diantaranya adalah ikan bulu ayam, mungkin karena bentuknya seperti bulu ayam.

Kemudian ada juga yang menjulukinya sebagai ikan penari balet, hal ini beralasan karena ketika ikan black ghost berenang ia bergerak maju-mundur dan kadang terjungkil balik dengan sangat lentur dan fleksibelnya ikan ini.

Selanjutnya ada yang menjulukinya sebaga ikan pisau, dan terakhir ikan ni memiliki julukan si ikan setan hitam, julukan ini begitu kontras dengan namanya black ghost, seolah-olah ikan ini begitu misterius dan lengkap dengan keanehan-keanehannya baik itu dari segi bentuk maupun cara berenangnya.

Nama Lain

Alasan

Ikan Bulu Ayam Karena berbentuk seperti bulu Ayam
Ikan Pisau Karena berbentuk menyerupai pisau
Ikan Penari balet Karena saat berenang gerakannya seperti penari balet
Ikan Black Ghost Berkaitan dengan keyakinan masyarakat Amerika Selatan
Ikan Listrik Karena memiliki daya listrik di sekujur tubuhnya

Baca juga: Jenis-jenis Ikan Hiu Terbesar dan Paling Mematikan di Dunia

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang ikan hias ini lebih jauh, kami akan memetakan ulasan tentang ikan hitam ini agar teman-teman dapat memahami pembahasan ini dengan mudah.

Untuk pertama kita akan membahas tentang Sejarah dan asal usul ikan black ghost, dilanjutkan dengan jenis-jenisnya, selanjutnya tentang cara memelihara dan cara membudidaya ikan black ghost yang baik dan benar. Terakhir sedikit akan dibahas tentang makanannya.

Untuk menambah pengetahuan Anda tentang ikan black ghost kami sajikan juga tentang jenis ikan black ghost terbesar yang pernah ada dan harganya di pasaran.

Untuk mempersingkat waktu, mari kita simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Sejarah dan Asal Usul Ikan Black Ghost

harga ikan black ghost

carielmu.com

Baca juga: Untung Besar dengan Budidaya Ikan Wader di Kolam

Ikan black ghost atau knifefish black ghost adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Amerika Selatan, mulai dari perairan Venezuela hingga Paraguay- atau aliran sungai Parana termasuk Amazon Basin.

Ciri khas dari ikan bulu ayam diantaranya adalah warna hitam yang melekat disekujur tubuhnya kecuali dua cincin putih yang terletak pada ekornya dan bintik putih pada hidungnya.

Selain itu, ikan ini memiliki sirip badan yang panjang, yakni mulai dari bawah perut hingga ujung ekor ikan ini. Berbeda dengan kebanyak jenis ikan air tawar lainnya ikan bulu ayam tidak memiliki sisik pada tubuhnya. Untuk sementara ikan bulu ayam terbesar yang pernah ada memiliki ukuran hingga 50cm.

Ikan black ghost sendiri merupakan ikan yang aktif di malam hari atau nokturnal yang dilengkapi dengan daya listrik disekujur tubuhnya. Kekuatan listriknya cukup untuk melumpuhkan lawan maupun mangsa. Dengan kemampuannya ini ada bebrapa penghobi menjulukinya sebagai ikan listrik.

Sedangkan latar belakang nama dari ikan black ghost sendiri berasal dari kepercayaan masyarakat Amerika selatan. Mereka percaya bahwa setiap orang yang meninggal dunia maka arwah atau roh orang tersebut akan menyatu dengan ikan black ghost ini.

Klasifikasi ikan black ghost

Baca juga: 10 Fakta Unik Tentang Ikan Buntal

budidaya ikan black ghost

www.fishtanksandponds.co.uk

Ikan Black Ghost

Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan Animalia
Divisi Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Gymnotiformes
Famili Apteronotidae
Genus Apteronotus
Spesies A. Albifrons

Nama Binominal

Apteronotus Albifrons

 

Jenis-jenis ikan black Ghost

Sama halnya dengan ikan hias air tawar lainnya, ikan bulu ayam memiliki beberapa jenis diantara jenisnya adalah:

1. Brown Ghost

makanan ikan black ghost

www.fishforum.com.au

Baca juga: 25 Jenis Ikan Mas Koki Terlaris dan Termahal di Pasaran

Ikan brown ghost adalah satu diantara jenis ikan hias air tawar yang masih satu keluarga dan genus yang sama dengan black ghost. Hanya saja ikan brown ghost memiliki warna cokelat di sekujur tubuhnya dan warna putih yang terletak di bagian ekor.

2. White Ghost

cara memelihara ikan black ghost

www.arofanatics.com

Sesuai dengan namanya ikan Ghost yang satu ini memiliki warna putih disekujur tubuhnya. Ada sebagian orang mengenalnya dengan nama ikan Ghost Albino. Dari bentuk fisik ikan ini tidak jauh beda dengan ikan kedua saudaranya baik black ghost maupun brown ghost.

3. Black Ghost

ikan black ghost terbesar

www.reddit.com

Seperti penjelasan yang telah kami sampaikan di atas. Ikan black ghost adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki warna dominan hitam pada tubuhnya kecuali dua warna putih pada ekornya. Untuk bentuk sama persisi dengan kedua saudaranya yang telah kami sebutkan di atas.

Dari ketiga jenis ikan Ghost di atas memiliki keunikan dan keindahan masing-masing. Namun, secara umum ikan ini memiliki kesamaan, misalnya cara berenangnya yang maju mundur, kadang terjungkil balik, ajaibnya tubuh ikan ini dapat membentuk sudut siku-siku. Benar-benar ikan yang penuh misteri dan berbeda dengan lainnya, bukan? Hehe

Karena secara umum ketiga ikan diatas sama, baik itu bentuk maupun cara berenangnya maka pada kesempatan ini kita akan menggali lebih dalam tentang ikan ghost jenis black ghost. Yang ngefans sama white ghost jangan kecewa ya.

Cara memelihara ikan black ghost

budidaya ikan hias black ghost

www.keyword-suggestions.com

Bagi Anda pecinta ikan, ikan black ghost bisa menjadi salah satu pilihan. Kenapa? Karena ikan hias ini merupakan ikan hias yang mudah sekali untuk di pelihara di akuarium. Untuk perawatan secara umum memiliki kesamaan dengan ikan hias air tawar lainnya.

Berikut ini adalah tata cara memelihara ikan hias black ghost di rumah. Selamat menyimak.

1. Menyiapkan Aquarium yang telah dilengkapi dengan aerator dan sistem filterisasi yang baik

Untuk ukuran aquarium disesuaikan dengan kebutuhan kita, misalkan:

  • Untuk kebutuhan penetasan telur maka ukuran akuarium yang disarankan berukuran 60x40x40 cm
  • Untuk kebutuhan pemijahan dan pemeliharaan indukan bisa digunakan dengan akuarium berukuran 40x40x80 cm
  • Sedangkan untuk kebutuhan pemeliharaan ikan kita bisa menyesuaikan dengan ukuran ikan itu sendiri.

2. Air yang digunakan

ternak ikan louhan

akuariumhiasku.blogspot.com

Air yang digunakan sebaiknya disterilkan terlebih dulu, misalkan jika Anda menggunakan air PAM maka sebaiknya air tersebut diendapkan terlebih dulu minimal dalam waktu 24 jam. Untuk kadar PH-nya sendiri, ikan ini biasa hidup di alam bebas dengan PH 7 maka Anda bisa mengaturnya dengan bantuan PH meter.

3. Makanan Ikan Black Ghost

pakan ikan discus

id.aliexpress.com

Cara pemberian makanan ikan ini tidak jauh beda dengan jenis ikan hias lainnya, yaitu sehari 2 hingga 3 kali pemberian pakan.

Untuk jenis pakan yang digunakan Anda bisa menggunakan pakan buatan, seperti pelet atau bisa juga menggunakan makanan alami, seperti cacing darah, jentik nyamuk dll.

4. Aksessoris pendukung Akuarium

Agar keindahan ikan black ghost dapat terlihat kita harus menyesuaikan akuarium dengan karakter ikan ini. Ikan bulu ayam tidak suka dengan warna-warna  menyala, seperti warna biru, kuning atau merah.

Kenapa harus warna gelap? Karena ikan hias jenis ini memiliki mata yang sensitif terhadap cahaya-cahaya maupun hasil pantulan dari warna-warna cerah terutama kuning dan merah.

Ikan ini akan nyaman jika hidup dilingkungan gelap, maksudnya kita sediakan aksessoris yang bewarna gelap seperti akar batang bakau, atau bisa juga menggunakan bebatuan yang bewarna gelap.

Cara Membedakan Ikan Black Ghost Jantan dan Betina

Ciri-ciri Tubuh Pejantan Betina
Bentuk Tubuh lebih besar Tubuh lebih kecil
Ukuran Panjang(30cm) dan ramping Pendek(20) dan lebih gemuk
Gerakan Gesit dan lincah Lebih lamban

 

Harga ikan Black Ghost di Pasaran

pakan ikan black ghost

www.cbsnews.com

Bila Anda tertarik untuk memelihara ikan ini, Anda bisa membelinya di pasar ikan hias terdekat dengan harga yang sesuai dengan kantong dan selera Anda. Berikut harganya.

Umur Ukuran Keterangan Harga
Anakan Rp. 500
2 Minggu 1 inchi Anakan Rp. 1000
1 Bulan 2-3 inchi Anakan Rp. 2000-3000
2 Bulan 4 Inchi Calon Indukan Rp. 25.000
3 Bulan 5 inchi Calon Indukan Rp. 35,000
> 3 bulan > 5 Inchi Indukan Rp. 45.000

 

Untuk harga di pasaran internasional ikan bisa mencapai 20 Dolar atau setara dengan Rp. 260.000-300.000 dengan kurs 1 Dolar=13.000 rupiah.

Harga di atas merupakan hasil rata-rata jadi hanya harga kisaran yang bisa berubah sewaktu-waktu dan tentunya sesuai dengan ketersedian ikan itu sendiri.

Cara membudidayakan ikan black ghost

Proses Pemijahan

Untuk membudidayakanikan black ghost ada beberapa tahapan yang harus Anda persiapkan dalam proses pemijahan diantaranya adalah

budidaya ikan hias black ghost

www.keyword-suggestions.com

  1. Menyiapkan calon Indukan yang berumur 1 tahun, pejantan biasanya berukuran 30 cm sedangkan betina berukuran 15 cm.
  2. Calon indukan betina yang siap dibuahi ditandai dengan bentuk perut yang gemuk
  3. Siapkan akuarium dengan akuarium ukuran 40x40x80 cm beserta airnya yang bersih setinggi 30 cm dan keringkan akuarium selama 2x24jam
  4. Dalam satu akuarium ikan berisi maksimal 10 ekor dengan perbandingan jantan dan betina 2:3
  5. Lengkapi akuarium Anda dengan aerasi sebanyak 4 buah
  6. Tambahkan 5 Paralon 3 inchi sepanjang 30 cm sebagai tempat berlindung
  7. Pemberian makanan tetap dilakukan hingga proses pemijahan selesai
  8. Ketika sore harinya, masukkan 3 buah pakis lempengan ukuran 20×30 cm diatas paralon
  9. Di atas lempengan pakis kita bisa menambahkan 10-15 kerikil hitam sebagai pemberat agar lempengan pakis tetap dalam air.
  10. Proses Perkawinan biasanya terjadi ketika malam tiba. Telur hasil pemijahan biasanya akan menempel pada lempengan pakis. Telur yang berkualitas baik biasanya berwarna kuning sedangkan kualitas kurang baik biasanya bewarna putih.

Proses penetasan dan pemeliharaan larva

cara merawat ikan black ghost

cyberspaceandtime.com

Setelah proses pemijahan selesai kita akan memasuki proses penetasan, berikut tahapan-tahapannya.

  1. Sediakan akuarium berukuran 60x40x40 cm yang dilengkapi dnegan sistem aerasi sebanyak 4 buah
  2. Keringkan akuarium selama 2x24jam
  3. Tambahkan dengan air bersih setinggi 30 cm
  4. Pindahkan lempengan pakis yang telah mengandung dari akuarium pemijahan ke akuarium penetasan ini
  5. Diamkan hingga proses penetasan berlangsung, yakni 3-4 hari
  6. Ikan yang menetas akan bernanung dibawah lempengan pakis
  7. Pemberian pakan bisa dilakukan setelah larva berumur 4 hari, makanan bisa berupa cacing darah atau artemia selama 2 minggu.

Dua minggu selanjutnya ikan bisa diberi jentik nyamuk ayau cacing sutra. Sedangkan proses pemeliharaan larva selama 1 bulan.

Demikanlah sekials tentang ikan bulu ayam, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman di rumah dan jangan lupa share ke teman-teman Anda di rumah. Salam hangat Infosiana.net.

Leave a Reply