15 Jenis dan Gambar Anggrek yang Ada di Indonesia

Loading...

Jenis-jenis bunga anggrek dan gambarnya-Bunga anggrek (Orchidaceae) adalah salah satu jenis tumbuhan berbunga yang memiliki jumlah spesies terbanyak dibandingkan dengan jenis bunga lainnya.

Pesona dan warna bunga yang satu ini memang tidak bisa kita pungkiri keindahannya, sehingga wajar saja jika banyak para ibu rumah tangga dan wanita-wanita di indonesia memeliharanya di rumah.

Baca juga: 5 Faktor Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Kecantikan

Konon awal mula terciptanya kereta api Agro Anggrek awalnya terinspirasi dari keindahan bunga Anggrek.

Kereta api anggrek adalah kereta api eksekutif yang melayani perjalanan Surabaya Pasar Tri-Gambir.

Pengertian Bunga Anggrek

Baca juga: 24+ Jenis dan Gambar Bunga Teratai Beserta Filosofinya

Bunga anggrek adalah salah satu tanaman bunga yang memiliki banyak varian jenis dan warna sehingga banyak menjadi primadona bagi wanita di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

Sampai saat ini jumlah bunga Orchidaceae yang berhasil dicatat oleh para ilmuan berjumlah 28.000 spesies yang tersebar dalam 736 genus.

Dari ke 736 genus ada 4 genus yang mendominasi, diantaranya adalah Bulbophyllum (2.000 spesies), Epidendrum (1.500 spesies), Dendrobium (1.400 spesies) dan Pleurothallis (1.000 spesies).

Namun, sejak diperkenalkan dan dibudidayakan di abad 19, jumlah bunga anggrek berkembang pesat hingga mencapai jumlah 100.000 tanaman yang terbagi dalam dua jenis hibrida dan kultivar.

Bunga anggrek hibrida adalah bunga anggrek yang dihasilkan dari beberapa jenis anggrek melalui proses persilangan atau perkawinan.

Bunga anggrek kultivar adalah tanaman anggrek yang telah dipilih atau diseleksi oleh para ahli berdasarkan jenis, sifat dan ciri-ciri khusus. Tanaman kultivar bisa kita di hutan maupun di penakaran-penakaran tanaman yang bertujuan untuk memperbanyak dan menjaga spesies yang dianggap langka.

Jenis tumbuhan cantik yang satu ini tersebar luas dari daerah tropika basah sampai wilayah sirkumpolar(daerah yang lebih dingin dibandingkan kawasan tropik).

Ciri-ciri tanaman Anggrek

Bentuk akar

www.gellerts.co.nz

Jenis tanaman ini cenderung memiliki organ atau bagian-bagian yang sukulen atau tanaman dengan daging tebal karena  memiliki kandungan air yang cukup tinggi.

Itulah sebabnya beberapa jenis dari anggrek dapat bertahan hidup pada kondisi lingkungan dengan kadar air yang rendah.

Tumbuhan anggrek memperoleh asupan air dari turunya hujan, tetesan embun dan uap air di udara.

Meskipun begitu tanaman ini tidak dapat ditemukan di daerah gurun karena bentuk akarnya yang tidak intensif.

Tanaman ini menyukai sinar matahari tapi tidak secara langsung, itu sebabnya tanaman ini banyak ditemukan di lantai hutan atau di bawah naungan.

Dengan sifat yang demikian, maka tanaman ini sangat cocok di jadikan sebagai tanaman hias yang pajang di ruang tamu atau kantor anda.

Berdasarkan cara hidupnya maka anggrek dapat dibagi menjadi tiga, yaitu anggrek dengan akar epifit dan Anggrek terrestrial serta anggrek saprofit.

Jenis epifit memiliki akar serabut yang dimana saat akar ini melekatkan pada pohon inangnya, maka tidak merugikan pohon inangnya sama sekali.

Adapun anggrek jenis terrestrial ia tumbuh di tanah dengan akar-akar menjelajah tanah sebagaimana tanaman dan pepohonan lainnya.

Terakhir adalah anggrek jenis saprofit yang tumbuh pada media dedaunan kering dan kayu-kayu yang telah lapuk dan membusuk menjadi humus.

Bentuk Batang

Anggrek memiliki bentuk batang yang beruas-ruas. Jenis anggrek yang hidup di tanah memiliki batang yang pendek dan cenderung mirip umbi.

Sedangkan jenis anggrek epifit memiliki batang yang tumbuh lebih baik, biasanya menebal serta terlindungi lapisan lilin untuk mencegah penguapan berlebihan.

Bentuk pertumbuhan batang anggrek ini bisa berbeda, dapat memanjang (monopodial) atau melebar (simpodial) tergantung dengan genusnya.

Bentuk daun

Bunga anggrek pada umumnya memiliki daun yang berbentuk oval, yaitu daun khas tanaman monokotil yang memanjang dengan bagian tulang daunnya yang memanjang juga.

Daun anggrek ini biasanya juga menebal karena berfungsi sebagai penyimpan air.

Bunga

bunga anggrek

pinterest.com

Anggrek memiliki bentuk yang khas dan bentuk ini menjadi ciri yang membedakannya dari anggota suku lain.

Bunga anggrek adalah bunga yang tersusun secara majemuk, yaitu bunga muncul dari bagian tangkai bunga yang memanjang yangkeluar dari ketiak daun.

Bentuk bunga anggrek simetri bilateral dengan bagian helaian kelopak bunga (sepal) berwarna mirip dengan mahkota bunga (tepal).

Satu helai mahkota bunga anggrek dibentuk menjadi semacam lidah yang melindungi suatu bagian aksesoris yang memiliki benang sari dan putik.

Bagian benang sari memiliki tangkai yang sangat pendek dengan dua kepala sari yang berbentuk cakram kecil atau yang disebut (pollinia).

Bagian ini terlindung oleh struktur kecil yang harus dibuka oleh serangga penyerbuk untuk kemudian dibawa ke mulut putik.

Tanpa proses bantuan organisme pembantu penyerbukan, maka tidak akan terjadi penyerbukan.

Buah

Anggrek memiliki buah berbentuk kapsul yang berwarna hijau dan mengering ketika telah menua serta terbuka dari samping sebagai bentuk regenerasi tanaman ini.

Biji buah anggrek sangat kecil dan ringan, sehingga mudah sekali diterbangkan angin. Biji anggrek tidak memiliki jaringan penyimpanan cadangan makanan.

Proses perkecambahan baru dapat terjadi apabila biji jatuh pada medium yang sesuai dan melanjautkan perkembangannya sampai masa kematangan.

 

Beragam Manfaat dari Bunga Anggrek

Cara mearwat bunga anggrek bulan agar senantias aberbunga

Pinterest

Tanaman anggrek merupakan tanaman yang sangat popular di dunia. Hal ini disebabkan karena bentuknya yang unikan dan didukung dengan warna yang indah dan beragam.

Selain keelokan bentuk dan warnanya, ternyata bunga anggrek juga memiliki ragam manfaat yang luar biasa diantaranya adalah:

Sebagai tanaman Hias yang kaya Warna

Dengan keelokan dan keindahan yang dimilikinya tentu hal ini menjadi daya tarik utama yang menyebabkan jenis bunga ini banyak dicari dan dikoleksi oleh para pecinta bunga.

Sebagai Simbol Kejantanan

Tanaman anggrek juga digunakan sebagai bahan pembuatan pengharum dan juga dijadikan sebagai symbol rasa cinta, keindahan dan kemewahan.

Pada zaman Yunani kuno bunga menjadi simbol kejantanan seorang pria. Sedangkan bagi bangsa Tiongkok bunga Anggrek dipercaya mengeluarkan aroma wangi dari tubuh sang raja.

Sebagai tanaman berkhasiat obat atau herbal

yang tak kalah menakjubkan dari manfaat anggrek adalah ternyata tanaman ini dapat pula dimanfaatkan sebagai tanaman herbal.

Bahkan jenis anggrek Gastrodia elata dijadikan salah satu jenis anggrek yang tercantum dalam material medica yang pertama dikenal di cina sebagai bahan pengobatan sejak tahun 2800 SM.

Sebagai bahan pelengkap makanan

Vanili (Vanilla planifolia) adalah satu diantara jenis anggrek yang berasal dari keluarga vanilinae. Buah dari tanaman ini biasa digunakan sebagai bahan pelengkap pembuatan kue agar harum.

Selain itu juga, bisa digunakan sebagai bahan pembuatan aroma terapi dan parfum. Ada juga anggrek jenis Orchis mascula yang biasa diolah menjadi bubuk dan dijadikan bumbu pelengkap masakan.

Selain vanili dan orchis mascula, ada juga angrek jenis Saprophytic yang berasal dari genus gastrodia. Tanaman ini mampu menghasilkan umbi-umbian.

Umbi yang dihasilkan anggrek ini biasa dikonsumsi oleh penduduk asli Australia dan telah berhasil kembang biakkan dan dibudidayakan, terutama jenis Gastrodia sesamoides.

 

Jenis-Jenis dan macam-macam Anggrek

Jenis Anggrek Berdasarkan Tipe Pertumbuhan

a. Monopodial

harga bunga anggrek

www.planten-kopen.com

Jenis anggrek ini hanya memiliki satu batang dan satu titik tumbuh saja. bagian bunga tumbuh dari ujung batang.

Jenis anggrek ini dapat dibudidayakan dengan cara stek batang dan biji, contohnya adalah jenis Vanda sp, dan Phalaenopsis sp atau anggrek bulan.

b. Simpodial

Jenis bunga anggrek ini memiliki lebih dari satu titik tumbuh. Tunasnya baru muncul dari sekitar batang utamanya.

Bagian bunga dapat muncul di pucuk atau sisi abating, tetapi

ada juga yang muncul dari akar tinggal.

Batang anggrek ini menyimpan air cadangan makanan. Jenis bunga anggrek dapat dibudidayakan dengan cara split, pemisahan keiki,dan biji. Contohnya adalah anggrek jenis dendrobium sp., dan Cattleya sp.

Jenis Anggrek Berdasarkan Tempat Tumbuh

bunga anggrek dalam pot dan perawtaannya

www.csillagviragbolt.hu

a. Anggrek Epifit

Jenis anggrek epifit adalah anggrek yang tumbuh menumpang pada pohon lain tanpa merugikan tanaman inang serta membutuhkan naungan dari cahaya matahari.

Akar anggrek epifit menyerap makanan dari air hujan, embun dan udara di sekitar. Seperti anggrek cattleya sp, anggrek dendrobium sp, Vanda sp dan Phalaenopsis sp.

b. Anggrek Terestial

Merupakan jenis bunga anggrek yang tumbuh di tanah dan membutuhkan cahaya matahari langsung. Akar anggrek ini menyerap makanan dari tanah langsung. Contohnya adalah anggrek Phaius sp.

c. Anggrek Saprofit

Merupakan jenis anggrek yang tumbuh pada media yang mengandung humus atau daun-daun kering dan membutuhkan sedikit sinar matahari.

Jenis anggrek ini juga tidak memiliki daun dan klorofil contohnya adalah anggrek goodyera sp.

d. Anggrek Litofit

Angrek ini merupakan jenis yang hidup pada batu-batuan atau tanah berbatu, serta tahan terhadap cahaya matahari langsung.

Jenis anggrek yang satu ini mengambil makanan dari hujan, udara,dan humus. Contohnya adalah Paphiopedilum sp.

Jenis-Jenis Anggrek langka dan Dilindungi

sama halnya dengan jenis tanaman bunga lainnya, Anggerk memiliki beberapa jenis spesies dan beberapa diantaranya telah masuk dalam kategori hampi punah atau langka. Untuk lebih lengkapnya perhatikan ulasan berikut ini.

Anggrek Bulan Kalimantan Barat (Paraphalaenopsis serpentilingu)

anggrek dendrobium

Flickr.com

Nama latin dari anggrek cantik ini adalah Paraphalaenopsis serpentilingu. Ciri khas dari jenis anggrek ini adalah bunga yang berwarna putih serta terdapat corak kuning dan merah.

Bunga anggrek bulan Kalimantan telah masuk sebagai salah satu spesies langka yang dilindungi.

Anggrek Tebu (Grammatophyllum speciosum0)

budidaya anggrek

OrchidsofNewGuinea.com

Bunga Anggrek tebu merupakan spesies anggrek terbesar didunia karena bisa memiliki berat 1 ton dan tinggi 3 meter.

Nama latin anggrek ini adalah Grammatophyllum speciosum, cirri khas dari anggerk ini adalah warna kuning dengan bintik berwarna coklat merah kehitam-hitaman.

Salah satu keunikan lainnya adalah tidak mudah layu meskipun telah dipotong batangnya dan bisa bertahan sampai 2 bulan.

Loading...

Anggrek Kasut Kumis (Paphiopedium chamberlainianum0)

harga anggrek

www.toga.org.tw

Jenis anggrek dengan nama ilmiah Paphiopedium chamberlainianum ini memiliki bentuk seperti kantung semar yang berbulu. Warna bunga anggrek ini perpaduan antara hijau dan ungu.

Anggrek Kantung Kolopaking (Paphinopedilum kolopakingii)

harga anggrek bulan

Slippertalk.com

Anggrek kantung kolopaking merupakan salah satu diantara anggrek langka. Bunga ini merupakan tumbuhan asli dari Kalimantan Tengah.

Anggrek ini hidup di bebatuan yang berlumut. Anggrek dengan nama latin Paphinopedilum kolopakingii memiliki warna daun hijau tua, berbentuk pita dengan ujung bulat yang panjangnya sekitar 20 sampai 80 cm.

Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata)

anggrek tanah

www.orchidboard.com

Nama latin anggrek ini adalah Coelogyne pandurata. Merupakan tanaman yang menjadi mascot provinsi Kalimantan Timur.

Ciri utama anggrek hitam adalah bunga indahnya yang memiliki warna hitam dengan sedikit garis-garis warna hijau dan berbulu. Dan dalam setiap tandan biasanya terdapat 1-14 kuntum atau lebih.

Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis)

bibit anggrek

www.flickr.com

Phalaenopsis amabilis adalah nama latin dari anggrek bulan. Ciri khas bunga anggrek ini adalah kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih.

Daun berbentuk memanjang dan berwarna hijau sedangkan bagian akar anggrek bulan memiliki warna putih dengan bentuk bulat memanjang.

Anggrek Kebutan (Ascocentrum miniatum)

harga bunga anggrek bulan

Picssr.com

Anggrek kebutan atau Ascocentrum miniatum merupakan jenis anggrek langka dan di lindungi dengan ciri warna bunga orange serta yang berkerumun banyak bunga dalam satu tangkai.

Anggrek Sendok ( Spathoglottis zurea)

aneka tanaman bunga

botany.szu.edu.cn

Anggrek elok nan cantik satu ini bernama latin Spathoglottis zurea. Bunga anggrek ini memiliki warna bunga kuning cerah dengan sedikit corak putih dan merah di bagian tengahnya.

Anggrek Bulan Bintang (Paraphalaenopsis denevei)

bunga anggrek langka

Flickr.com

Anggrek jenis yang satu ini memiliki nama latin Paraphalaenopsis denevei. Dinamakan bulan bintang karena bentuknya yang mirip bintang serta memiliki lima kelopak yang berbentuk seperti bulan di tengahnya.

Anggrek Jamrut (Dendrobium macrophyllum)

cara menanam bunga anggrek

orchidspecies.com

Anggrek ini memiliki nama ilmiah Dendrobium macrophyllum. Bunga anggrek ini memiliki bulu seperti buah rambutan.

Anggrek Hartinah (Cymbidium hartinahianum)

jual tanaman hias

Flickr.com

Nama ilmiah untuk anggrek hartinah adalah Cymbidium hartinahianum. Nama anggrek yang satu ini Indonesia banget yaaa, Hartinah.

Cirinya adalah warna bunganya yang ungu dan ada perpaduan dengan warna krem.

Anggrek Jingga (Renanthera matutina)

foto bunga anggrek

www.slippertalk.com

Nama latin anggrek cantik kita yang satu ini adalah Renanthera matutina. Karakternya adalah  memiliki warna jingga dan terdapat motif titik-titik seperti macan tutul.

Anggrek Ki Aksara (Macodes petola)

harga tanaman hias

Pinterest.com

Bunga Anggrek ini memiliki nama latin  Macodes petola. Tanaman anggrek yang satu ini memiliki keindahan pada daunnya yang berwarna hijau dan ada motif seperti kilatan petir.

Sangat berbeda dengan anggrek jenis lainnya. Sedangkan bunganya memiliki ukuran yang kecil mungil.

Anggrek Larat (Dendrobium phalaenopsis)

aneka bunga anggrek

agungpsandi27.blogspot.co.id

Bunga anggrek larat ini memiliki nama ilmiah Dendrobium phalaenopsis. Bunga anggrek ini memiliki ciri khas berupa warna yang sangat mencolok, ungu tua.

Anggrek Stuberi (Dendrobium lasianthera)

anggrek bulan harga

BioLib.cz

Dendrobium lasianthera merupakan nama ilmiah untu jenis anggrek yang satu ini. Warnanya perpaduan antara ungu, kuning dan putih.

Kelopaknya memiliki bentuk yang unik dan berbeda dari yang lainnya, yaitu berbentuk spiral.

 

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek

merawat anggrek

pinterest.com

Penanaman bunga anggrek dilakukan dengan memperhatikan jenis dari anggrek yang hendak di tanam.

Pemilihan tempat, pot serta media tanam sangat tergantung dengan jenis anggrek yang hendak ditanam.

Anda harus tahu mengenai mana anggrek yang butuh cahaya langsung dengan anggrek yang membutuhkan cahaya yang sedikit.

dan perlu membedakan antara mana anggrek yang menempel pada tanaman inang dan mana anggrek yang dapat tumbuh langsung dari tanah.

Sebetulnya proses budidaya tanaman anggrek sendiri tidaklah rumit, karena anggrek dapat tumbuh tanpa pot.

Akan tetapi akan lebih baik jika kita menyiapkan media tanam yang khusus dan disesuaikan dengan anggrek tersebut.

Sebelum menanam bunga anggrek terlebih dahulu anda harus memilih bibit yang bagus. Sebaiknya pilihlah bibit yang siap dibudidayakan yang telah berumur 1 tahun serta telah memiliki daun serta akar.

Kemudian tanamlah bibit tersebut kedalam plastic selama kurang lebi 3 bulan, dan setah itu baru dipidahkan ke dalam pot kecil yang berdiameter 6-12 cm.

Pada masa ini berikan juga pupuk organic agar pertumbuhan anggrek dapat maksimal. Dan setelah 3 bulan kemudian anda dapat memindahkan anggrek ke dalam pot yang lebih besar.

Lakukan pemindahan tersebut dengan hati-hati. Untuk tahapan selanjutnya anda tinggal melakukan perawatan sebagaimana biasanya seperti penyiraman, pemupukan dan penyemprotan.

Harga bunga Anggrek Termahal

budidaya tanaman anggrek

pinterest.com

 

Untuk harga yang ditawarkan bunga anggrek ini sangatlah beragam mulai dari puluhan ribu hingga puluhan juta, tergantung ketersediaanya di pasaran.

Selain itu, semakin langka bunga anggrek dipasaran semakin mahal pula anggrek tersebut.

Misalkan saja bunga anggrek yang pernah dipamerkan di ajang Pameran Flora dan Fauna, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada tahun 2015.

Bunga langka tersebut ditawarkan dengan harga yang fantastis, yaitu Rp 350 juta. Harga yang cukup menarik bukan?

Sedikit berbeda kisah dengan Adi Ismanto, seorang penjual anggrek sukses di Jambi. Ia mengaku pernah menjual anggrek senilai Rp 15 juta.

jenis anggrek bulan

pinterest.com

Anggrek yang ia jual merupakan bunga anggrek yang langka, ia mengaku bunga tersebut memiliki keunikan dan sangat berbeda dengan jenis-jenis anggrek lainnya.

Ia menambahkan warna anggrek yang ia jual memiliki bunga berwarna kuning dengan totol berwarna biru.

Pria berusia 33 tahun ini biasa mencari tanaman anggrek di hutan dan disekitar Danau Lamo. Semakin masuk kedalam hutan semakin beragam warna anggrek yang ditemukan.

Demikianlah sekilas tentang jenis bunga anggrek yang ada di Indonesia semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam hangat untuk kita. Salam infosiana.net.

Leave a Reply


Loading...