12 Fakta Unik dan Gambar Bunga Bangkai

Loading...

Bunga bangkai atau Amorphophallus adalah jenis tanaman dari suku talas-talasan atau araceae. Jenis paling terkenal dari bunga bangkai adalah Amorphophallus titanium atau suweg raksasa atau bunga bangkai raksasa.

Tumbuhan ini adalah tumbuhan endemik Sumatra, Indonesia. Yang merupakan tanaman dengan bentuk bunga majemuk terbesar di dunia.

Disebut dengan bunga bangkai karena memang bunga ini mengeluarkan bau yang menyengat seperti bangkai.

Bau bangkai ini sebetulnya adalah berfungsi untuk mengundang serangga seperti lalat, kumbang demi membantu proses penyerbukannya.

Baca juga: 5 Faktor Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Kecantikan

Bunga Bangkai

Wikipedia.org

Banyak orang masih salah persepsi tentang bunga bangkai, karena sebagian mereka mengira bunga bangkai sama dengan bunga raflesia.

Meskipun sama-sama berukuran raksasa dan mengeluarkan bau busuk. Namun kedua jenis bunga ini berbeda baik dari segi klasifikasi biologis, warna, cara hidup maupun siklus hidupnya. Dimana pembahasan ini akan kami bahas diulasan berikutnya.

Di seluruh dunia terdapat sekitar 170 jenis bunga bangkai dan 25 jenis diantaranya dapat kita temukan di Indonesia.

Klasifikasi ilmiah bunga bangkai adalah sebagai berikut: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Liliopsida; Ordo: Alismatales; Famili: Araceae; Genus: Amorphophallus.

Baca juga: 15 Jenis dan Gambar Anggrek yang Ada di Indonesia

Contoh dan Jenis Bunga Bangkai

contoh bunga bangkai

FlytrapCare.com

Contoh spesies yang terkenal dari Indonesia diantaranya adalah seperti;

  • Amorphophallus titanum
  • Amorphophallus gigas
  • Amorphophallus decussilvae
  • Amorphophallus beccarii
  • Amorphophallus campanulatus
  • Amorphophallus oncophyllus

CIRI-CIRI DAN DESKRIPSI MORFOLOGI BUNGA BANGKAI

sejarah bunga bangkai(Amorphophallus)

FlytrapCare.com

Meskipun bunga bangkai memiliki ukuran yang besar, namun bunga bangkai bukanlah jenis bunga terbesar.

Hal ini dikarenakan bunga bangkai adalah jenis bunga majemuk (inflorescence) yang terdiri dari ribuan bunga kecil yang tumbuh pada batang yang sama.

Bagian yang menjulang atau tongkol/ spadix yang terdapat pada bunga tersebut sebetulnya terdiri dari banyak kelompok bunga kecil.

Didalam proses kehidupannya, bunga bangkai akan mengalami 2 fase yang akan muncul secara bergantian dan terus menerus, yaitu fase vegetative (fase aseksual) dan fase generative (fase seksual).

Di fase vegetative akan muncul daun dan batang semunya. Tingginya dapat mencapai 6 m. dan setelah beberapa tahun organ vegetatifnya akan layu.

bunga bangkai

www.isigood.com

Jika pada fase ini cadangan makanan dari umbi mencukupi dan lingkungan mendukung, maka bunga majemuknya akan keluar.

Tetapi jika cadangan makanan yang tersedia pada umbi kurang, maka daun akan muncul kembali.

Proses perkembangan bunga bangkai dari biji sampai menjadi bunga raksasa biasanya akan memakan waktu selama 3 tahun.

Apabila selama masa mekar bunga bangkai terjadi pembuahan, maka akan terbentuk buah-buah yang warnanya merah dengan biji yang terdapat pada bagian bekas pangkal bunga.

Dan biji-biji inilah yang dapat dimanfaatkan atau dibudidayakan menjadi pohon pada fase vegetative.

HABITAT BUNGA BANGKAI

kembang raflesia

DeviantArt.com

Tanaman Amorphophallus pada umumnya merupakan tumbuhan khas yang terdapat pada dataran rendah di daerah tropis dan subtropics seperti Indonesia, tanaman Amorphophallus merupakan tanaman endemik yang khusus ditemukan di kawasan Sumatra dan Kalimantan

Sedangkan Rafflesia kita bisa menemukannya di 3 benua, yaitu mulai dari wilayah Afrika barat sampai Asia yang meliputi wilayah Kepulauan Pasifik termasuk Indonesia khususnya di Pulau Sumatera serta Australia.

Namun, setelah berkembangnya zaman dan teknologi tanaman Amorphophallus bisa dibudidayakan atau ditangkarkan di Eropa untuk kepentingan Penelitian dan riset.

STATUS KONSERVASI

bunga bangkai raksasa hidup di hutan-hutan

amazingplanetnews.com

Sekarang ini populasi bunga bangkai semakin berkurang di habitat aslinya di alam liar. Hal ini disebabkan karena sebagian kawasan hutan telah beralih fungsi menjadi lahan-lahan untuk perkebunan, pertanian ataupun lahan pemukiman baru.

Selain itu adalah prilaku masyarakat yang terkadang merasa tidak nyaman dengan aroma yang dikeluarkan bunga bangkai sehingga mereka memotong dan membuangnya.

Sehingga beberapa jenis bunga bangkai seperti suweg raksasa  dan lain-lain yang tersebar di Sumatera telah masuk dalam status rentan dalam daftar merah IUCN.

Oleh karena itu telah dilakukan berbagai upaya konservasi untuk melindungi dan melestarikan bunga bangkai.

Seperti upaya konservasi habitat bunga bangkai di Taman Nasional Bukit Barisan Sumatera yang didukung lembaga konservasi dunia WWF dan beberapa universitas di Eropa seperti Cambridge university yang melakukan penelitian tentang bunga langka ini di laboratorium mereka.

Sehingga diharapkan bisa mempertahankan flora unik yang satu ini di habitat aslinya.

BUNGA BANGKAI TERTINGGI DI DUNIA

bunga bangkai (Amorphophallus titanium) tertinggi

www.ibtimes.co.uk

Bunga bangkai memiliki ukuran yang sangat besar dan tinggi, oleh karena itu di beberapa tempat konservasi atau penangkaran di dunia terdapat bunga bangkai terbesar yang pernah dihasilkan.

Diantaranya adalah rekor bunga bangkai tertinggi yang pernah tumbuh di Kebun Raya Bonn, Jerman pada tahun 2003 dengan bunga bangkai yang tingginya mencapai 2,7 meter.

Selanjutnya adalah rekor bunga bangkai tertinggi dipegang oleh Kebun Botani dan Hewan Wilhelma di Stuttgart, Jerman pada 20 Oktober 2005 dengan bunga bangkai yang berukuran 2,9 meter.

Terakhir adalah rekor bunga bangkai terbesar dipegang oleh Kebun Raya Cibodas, Indonesia pada 11 maret 2004 dengan bunga bangkai yang berukuran 3,17 meter. Dan bunga bangkai tersebut mekar selama seminggu.

FAKTA-FAKTA UNIK TENTANG BUNGA BANGKAI

siklus hidup bunga bangkai(Amorphophallus)

www.nybg.org

Diantara fakta-fakta tentang bunga bangkai yang perlu kita ketahui adalah sebagai berikut;

BUNGA BANGKAI BUKAN BUNGA RAFLESIA

Tanaman amorphophallus berbeda dengan bunga raflesia. Sacara fisik bunga bangkai memiliki bentuk daun dan batang yang tumbuh secara menjulang sedangkan rafflesia hidup sebagai parasit tanpa batang dan daun dengan bunga yang merebah di tanah.

Loading...

 

BUNGA BANGKAI TERBESAR PERNAH DITEMUKAN DI BENGKULU

Bunga bangkai raksasa ditetapkan sebagai mascot untuk provinsi Bengkulu

DIJADIKAN MASCOT KEBUN RAYA JERMAN

Kebun raya Jerman atau Botaniche Garden Bonn memakai gambar bunga bangkai raksasa sebagai lambang kebun raya tersebut.

BEDA NAMA, BEDA PULA KELASNYA

fakta tentang bunga bangkai

abheracy.blogspot.co.id

Secara taksonomi, bunga bangkai dan raflesia merupakan spesies yang berbeda kelas. Karena bunga bangkai adalah anggota kelas liliopsida, sedangkan rafflesia anggota kelas magnoliopsida.

EROPA DAN AMERIKA KOLEKTOR BUNGA BANGKAI TERBANYAK

Di benua Eropa dan Amerika terdapat sekitar 6.000 kebun raya dan arboretum yang mengoleksi bunga bangkai.

BERBUNGA SETELAH BERUMUR 20 TAHUN

Sebutir biji bunga bangkai raksasa membutuhkan waktu 20 sampai 40 tahun untuk berbunga pertama kali.

MEMILIKI KELOPAK YANG BERBEDA-BEDA MESKI BERASAL DARI UMBI YANG SAMA

Bunga Bangkai memiliki warna kelopak yang selalu beragam dan tidak pernah sama tiap kali mekar meski berasal dari umbi yang sama.

AMORPHOPHALLUS GIGAS

bunga suweg tertinggi

acmphoto.photoshelter.com

Bunga bangkai raksasa sumatera atau Amorphophallus gigas merupakan bunga bangkai tertinggi dengan tinggi bunganya mencapai 5 meter

 

BERBAU BUSUK

Aroma busuk yang dikeluarkan bunga bangkai ternyata tidak sekedar bau bangkai saja. tapi biasanya juga bau bangkai bercampur bau kertas terbakar, amis ikan, telur busuk, bahkan bau harum maskulin.

BUNGA BANGKAI TERTINGGI

Bunga bangkai raksasa tertinggi yang pernah tumbuh adalah setinggi 3, 45 meter yang terdapat di Desa Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu.

MASA VEGETATIF

Yuzammi, seorang peneliti dari LIPI, pernah menemukan tumbuhan bunga bangkai vegetative (masa berdaun) yang tingginya mencapai 6 meter di lereng hutan Sumatera.

BUNGA BANGKIA MENGELUARKAN ASAP

Saat menjelang mekar, suhu di dalam seludang bunga bangkai yang belum terbuka bisa mencapai 50-60 derajat celcius. Sehingga kondisi ini membuat bunga bangkai terlihat mengeluarkan asap ditengah dinginnya udara pegunungan.

MANFAAT BUNGA BANGKAI (AMORPHOPHALLUS)

bunga titan arum

www.express.co.uk

Manfaat bunga amorphophallus tetak pada umbi yang terletak di dalam tanah, adapaun manfaatnya yaitu :

Sebagai SUMBER ENERGI

Salah manfaat yang bisa kita ambil dari Amorphophallus atau tanaman suweg adalah terletak pada umbinya.

Umbi buah suweg bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat sebab di setiap 100 gr umbi suweg memiliki karbohidrat sebanyak 16 gram dan sebanyak 69 kalori sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai sumber energy bagi kita.

Disamping itu juga, umbi suweg memiliki mineral-mineral lain yang cukup banyak misalnya protein 1 gram, lemak 0,1 gram serta vit. B1 0,07 gram.

MENJAGA KESEHATAN TULANG

ubi bunga suweg

Alibaba.com

Disamping mengandung karbohidrat dan banyak nutrisi  bunga suweg juga bisa dijadikan sebagai makanan yang akaya akan kalsium, fosfor, dan besi.

Dimana ketiga unsur tersebut sangat berguna untuk memelihara kesehatan tulang kita.

Adapun kandungan kalsium yang terkandung dalam bunga suweg berjumlah 62 mili gram, fosfor 41 mili gram, serta zat besi sebanyak 4,2 mili gram.

MENJAUHKAN PENYAKIT

bunga busuk

abheracy.blogspot.co.id

Dalam sebuah penelitian telah membuktikan bahwa mineral, serat dan vitamin yang terkandung dalam umbi suweg memiliki peran untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Misalnya meningkatkan gula darah bagi yang kekurangan, menurunkan kadar kolestrol dalam darah, mencegah penyakit seperti kanker usus, kanker payudara, diverticular, obesitas, kolestrol, kardiovascular, asma, batuk batuk, hernia, luka bakar dan kencing manis.

Bahkan di Eropa dan Amerika, umbi suweg telah olah dan dijadikan kapsul agar lebih mudah dalam konsumsinya.

PERBEDAAN BUNGA RAFLESIA DAN BUNGA BANGKAI

perbedaan bunga suweg vs raflesia

PERBEDAAN PADA KLASIFIKASI ILMIAH

Klasifikasi Ilmiah Bunga Rafflesia Klasifikasi Ilmiah Amorphophallus (Bunga suweg)
Kerajaan: Plantae Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta (tidak termasuk): Angiospermae
Kelas: Magnoliopsida (tidak termasuk): Monokotil
Ordo: Malpighiales Ordo: Alismatales
Famili: Rafflesiaceae Famili: Araceae
Genus: Rafflesia Upafamili: Aroideae
Bangsa: Thomsonieae

PERBEDAAN PADA CIRI KHUSUS PADA KEDUA BUNGA

Perbedaan Rafflesia Arnold Amorphophallus (Bunga suweg)
Habitat Sumatra dan Kalimantan Asia , Afrika , dan Australia
Penemu Joseph Arnold dan Sir Thomas Stamford Bingley Raffles Blume
Diameter terbesar 105 cm 150 cm
Tinggi tanaman 50 cm 250 cm
Bentuk Seperti jamur Seperti terompet
Warna Merah dengan bintik-bintik Merah keunguan
Struktur tanaman tidak memiliki akar, tangkai, maupun daun memiliki akar, tangkai, dan umbi
Jumlah mahkota 5  –
Masa pertumbuhan 9 bulan  –
Masa mekar 5-7 hari 7 hari
Budidaya Tidak bisa, khusus endemik Indonesia Dapat dibudidayakan
Bersifat Parasit Tumbuh dengan umbi yang kokoh

Demikianlah sekilas tetang bunga bangkai yang bisa kami infokan semoga bermanfaat. Salam hangat Infosiana.net

Leave a Reply


Loading...