40 Fakta Unik tentang Bunga Edelweiss, si Bunga Abadi

Bunga edelweiss adalah bunganya para pecinta gunung, kenapa? karena tanaman ini hanya dapat ditemukan di ketinggian tertentu.

Bagi para pendaki gunung bunga edelweiss merupakan bunga yang akrab dan dekat dengan mereka, mengingat mudahnya tanaman ini ditemukan di daratan tinggi seperti bromo, mernbabu, Kalimati dan beberapa gunung Jawa lainnya.

Leontopodium Alpinum merupakan bunga yang memiliki beberapa nama sebutan bunga edelweiss(Ing,Indo dan umum dibeberapa negara lainnya); bunga abadi atau keabadian (Indo); Chatzen-Talpen (cakar kucing), dan Wullbluomen ( wol bunga) pada abad ke-16). Leontopódion dalam bahasa Yunani yang berarti “cakar singa.”

Fakta Unik tentang Bunga Edelweiss di Indonesia dan Dunia

Bunga Edelweiss

www.summitpost.org

Ada beberapa fakta bunga edelweiss yang belum banyak diketahui oleh para pendaki. Umumnya Para pendaki hanya tahu bahwa bunga edelweiss ini adalah bunga abadi atau keabadian, serta sebagai lambang mitos akan keabadian cinta.

1. Bunga Edelweiss

Edelweiss merupakan bunga nasional dari Negara Austria, Bulgaria, Rumania dan Switerland (Swiss), serta dilindungi oleh pemerintah di sana.

2. Bunga “Silver Star”

Leontopodium Alpinum atau bunga edelweis juga dikenal dengan sebutan “Silver Star” karena bentuk, dan warnanya menyerupai bintang yang berwarna silver.

3. Bunga yang Terancam Punah

Edelweiss merupakan tanaman yang terancam punah, sehingga banyak dari ahli botani saat ini berusaha untuk membudidayakan di penakaran-penakaran untuk mencegah dari kepunahan.

4. Mengandung Anti aging dan antioksidan

Bunga Edelweiss kaya akan anti-aging serta antioksidan yang banyak digunakan untuk dunia kecantikan.

5. Sebagai Bukti Kemurnian Cinta

gambar edelweiss

forum.valbrembanaweb.com

Di Austria bunga Edelweiss sering digambarkan sebagai tanda dan pengorbanan cinta, dalam sebuah legenda diceritakan setidaknya ada lima puluh orang meninggal karena berusaha mengambil bunga ini di hutan di Austria.

6. Memiliki 2 Subspesies

Leontopodium Alpinum dimasukan dalam klasifikasi Leontopodium nivale sedangkan Leontopodium nivale memiliki dua subspesies yaitu Leontopodium nivale subsp. Alpinum (Cass.) Greuter dan Leontopodium nivale subsp. Nivale.

7. Tanaman Anti-Polusi

Salah satu faktor yang mempengaruhi menurunnya populasi bunga Leontopodium Alpinum adalah polusi.

17. Edelweiss Diangkat dalam sebuah Novel

bunga edelwis (bunga abadi)

www.visoflora.com

Berthold Auerbach menulis sebuah novel berjudul Edelweiss pada tahun 1861. Pada novel tersebut menceritakan tentang seorang pemburu yang melihat keindahan dan keanggunan bunga edelweiss di tepi tebing yang sangat sulit untuk di daki, konon hanya orang yang memiliki keberanian tinggi sajalah yang mampu mempersembahkan bunga ini kepada kekasihnya.

Namun nyatanya hadirnya bunga edelweiss di tepi gunung tersebut banyak memakan korban, tak jarang ditemukan seorang oemuda yang tewas di kaki gunung dengan membawa segenggam bunga.

Pemburu tersebut merasa tertantang hingga akhirnya ia memberanikan diri untuk mengambil bunga tersebut dengan harapan bisa mempersembahkannya kepada kekasih tercinta. Ia pun berhasil mengambilnya namun sayang ia harus tergelincir ke jurang yang membuatnya tewas di kaki gunung dengan bunga masih dalam gengamannya.

Novel ini begitu populer di zamannya dan menjadi sebuah mitologi di Austria, sehingga gadis-gadis Austria akan sangat menghargai jika ada seorang pria yang memberikannya bunga Edelweiss, mengingat betapa sulitnya mendapatkan bunga tersebut. Masih dalam mitologi masyarakta Swiss bunga Edelweiss diartikan sebagai “Kemurnian Cinta yang Mulia”. Pada tahun 1869 novel ini berhasil diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan banyak orang tersentuh dengan novel tersebut.

9. Menjadi Brand Merk Bir di Austria

Nama Edelweiss dijadikan sebagai merk dagang sebuah perusahaan bir ternama di Austria.

10. Masih Berkerabat dekat dengan Bunga Matahari

Bunga Edelweiss masih satu kerabat dengan bunga matahari

Snaplant.com

Leontopodium Alpinum, merupakan bunga yang banyak ditemukan beberapa di kawasan pegunungan, serta termasuk dalam keluarga Asteraceae yang berarti masih satu keluarga dengan bunga daisy, aster, dan bnga matahari.

11. Hidup di Daratan Tinggi

Tanaman abadi biasa tumbuh di tempat dengan ketinggian berkisar antara 1,800-3,000 mdpl, tergantung dengan suhu dan kelembaban udara.

12. Bentuk Bunga

Bunga yang berbentuk bintang ini tidak beracun, dan telah digunakan sebagai ramuan tradisional untuk obat sakit perut dan pernapasan.

13. Menjadi salah satu Mitologi di Swiss

Menurut beberapa tradisi masyarakat Barat, bunga Edelweiss merupakan tanda cinta sejati dan menjadi bukti pengorban cinta sejati.

14. Asal muasal Nama edelweiss

Nama edelweiss berasal dari bahasa Jerman, “Edelweiß” yang terdiri atas dua kata yaitu kata edel “mulia” dan kata weiß “putih.”

15. Diselimuti rambut-rambut halus

Daun dan bunganya diselimuti dengan rambut putih seperti wol (tomentose).

16. Bunga yang Dilindungi

Bunga edelweiss adalah tanaman bunga yang dilindungi oleh banyak negara, misalnya Mongolia , Bulgaria , Kroasia , Swiss (sejak 1878), Prancis , Norwegia , Iran , India ( Zanskar wilayah), Italia , Serbia , Malaysia (Di wilayah Genting dan Cameron Highlands), Indonesia (Gunung Semeru), Jerman , Spanyol (Ordesa National Park), Polandia dan Slovakia (Tatra National Park), Slovenia (di Gorizia dan Gradisca sejak tahun 1896, di Carniola sejak 1898), Austria (sejak 1886) dan Rumania (sejak 1933).

17. Dijadikan Lukisan yang Berharga

lukisan kuno bunga edelweiss

hillfarmnursery.com

Bunga ini banyak kita ditemukan dalam lukisan-lukisan zaman dulu, dan dijadikan sebagai lambang kemuliaan dan kerajaan.

18. Menjadi lencana Para Petinggi Militer Swiss

Sebelum 1914, jajaran petinggi tentara Swiss (brigadir jenderal dan lebih tinggi) memiliki lencana yang berbentuk bunga edelweiss, dimana militer lainnya hanya memiliki bintang.

19. Militer yang pertama kali Menggunakan Lencana Edelweiss

Lencana edelweiss pertama kali dikenakan pada tahun 1907 sebagai tanda pasukan alpine Austria-Hongaria oleh Kaisar Franz Joseph I. Saat itu ada 3 Resimen yang mengenakan lencana edelweiss di kerah seragam mereka.

20. Lencana Untuk Pasukan Alpine Jerman

Selama Perang Dunia I (1915) lencana edelweiss hanya diberikan kepada pasukan alpine Jerman, karena loyalitas dan keberanian mereka. Sampai hari ini lencana edelweiss ini masih dikenakan di berbagai negara seperti Austria, Polandia , Rumania , dan pasukan alpine Jerman

21. Lagu ” Es War Ein Edelweiss”

Saat perang dunia II berkecamuk Herms Niel menciptakan lagu yang berjudul Es War Ein Edelweiss yang dipersembahkan untuk tentara PD II

22. Lencana Anti Nazi

Lencana Edelweiss juga dikenakan oleh sekelompok pemuda anti-Nazi pada jas atau blusnya di Third Reich. Saat menjelang perang dunia II, bunga Edelweiss disimbolkan sebagai bentuk perlawanan Jerman terhadap Nazisme.

23. Lencana Para Pecinta Gunung di Jerman

Bunga edelweiss adalah simbol dari Wehrmacht dan Waffen-SS Gebirgsjäger, atau penjaga gunung, sampai saat ini simbol ini masih dikenakan oleh brigade gunung tentara Jerman.

24. Pasukan Edelweiss Wing

Pasukan edelweis Amerika

Pinterest

Saat Perang Dunia II Luftwaffe Unit, Kampfgeschwader 51 (51 Bomber Wing) dikenal sebagai pasukan Edelweiss Wing

25. Bunga Favorit Hitler

Edelweiss merupakan bunga favorit Adolf Hitler , pada 1934 ada rekaman yang berjudul “Adolf Hitler Lieblingsblume ist das schlichte Edelweiß”, dinyanyikan oleh Harry Steier.

26. Lencana Untuk Airborne Soldiers

Lencana bunga edelweiss adalah simbol umum dikenakan oleh Batalyon Khusus Angkatan Darat Amerika Serikat, Airborne Soldiers.

27. Lagu “Edelweiss” dalam sebuah Film

Rodgers dan Hammerstein ‘s musik The Sound of Music pernah menulis sebuah lagu yang berjudul “Edelweiss” pada tahun 1959

28. Koin Edelweiss

Koin senilai 2 sen edelweiss

coinedformoney.blogspot.co.id

Pada tahun 2002 Austria mencetak koin senilai 2 sen yang bergambarkan bunga edelweiss

29. Lambang Pecinta Gunung di Bulgaria

Bunga abadi juga digunakan sebagai simbol dari Tourist Union Bulgaria dan Bulgarian Mountain Control and Lifeguard Service

30. Lambang dari Departemen Pariwisata Swiss

Bunga Abadi juga merupakan simbol kebanggaan dari Swiss national tourism organisation, yaitu departemen pariwisata Swiss

31. Union of International Mountain Leader Associations

Bunga abadi juga biasa digunakan oleh para pecinta alam seperti, Deutscher Alpenverein ( German Alpine Club ) atau Österreichischer Alpenverein ( Austria Alpine Club ) serta Union of International Mountain Leader Associations (UIMLA), yaitu sebuah organisasi pendaki gunung Internasional.

32. Maskapai Penerbangan

Maskapai penerbangan edelweis

cdm.me

Edelweiss Air adalah sebuah maskapai penerbangan Internasional yang berlambangkan bunga abadi dan berbasis di Swiss

33. Logo dari Hoki Es Polandia

Atlet hoki es di Polandia, MMKS Podhale Nowy Targ menjadikan edelweiss sebagai lambang kebesaran mereka

34. Resort Militer

Edelweiss Lodge and Resort adalah sebuah resort militer yang terletak di Garmisch, Jerman

35. Awal Mula Penyebutan Bunga Abadi

Orang Indoensia menyebut bunga Edelweiss(Anaphalis Javanica) sebagai bunga abadi karena bunga ini memiliki hormon yang mampu mencegah kerontokan bunga

36. Pos Indonesia

Pos Indonesia pernah menjadikan bunga abadi sebagai gambar perangkonya pada tahun 2003

37. Penemu Bunga Abadi (Anaphalis Javanica)

Berdasarkan leteratur yang ada, bunga edelweis pertama kali ditemukan oleh naturalis asal Jerman yang bernama Georg Carl Reinwardt pada tahun 1819 di lereng Gunung Gede. Selanjutnya penelitian dilanjutkan oleh seorang botanis Jerman lainnya yang bernama Carl Heinrich Schutz.

38. Musim Berbunga

Tanaman edelweis(Anaphalis Javanica) umumnya berbunga saat akhir musim hujan, dimana saat itu pancaran matahari datang secara intensif dan optimal. Jika berdasarkan keumuman cuaca di Indonesia maka bunga ini akan bermekaran pada bulan april hingga september. Sedangkan di barat, bunga edelweiss(Leontopodium Alpinum) biasa berbunga di bulan Juli hingga bulan September.

39. Bunga yang Unik

Saat kita mendaki Gunung Leuser dari Kedah, Kabupaten Gayo Lues, Aceh kita membutuhkan waktu 8-9 hari. Kita akan menemukan bunga abadi di hari kedua setelah perjalanan, tepatnya pada ketinggian sekitar 2891 mdpl, setelah itu kita tidak akan menemukannya lagi bahkan sampai ke puncak leuser yang memakan waktu 5-7 hari setelah tempat penemuan populasi bunga edelweis tersebut.

Dahulu para penglola pendakian gunung (terutama gunung tempat bunga abadi hidup) biasanya merazia tas carrier paa pendaki untuk mengecek ada taua tidaknya bunga abadi di dalam tas. Hal itu bertujuan untuk melestarikan bunga abadi di alam bebas.

40. Edelweiss Indonesia vs Edelweiss Barat

foto bunga edelweis

Bunga Edelweis versi luar negeri dan versi Indonesia berbeda, jika di luar negeri bunga abadi adalah bunga Leontopodium Alpinum yang disebut sebagai edelweiss dan banyak negara sama dalam hal penyebutan. Sedangkan edelweis Indonesia adalah spesies jenis Anaphalis Javanica.

41. Harga Bunga Edelweiss

Di daerah wisata pegunungan, seperti di dieng, Bromo, Kalimati, Merbabu dan lain-lain bunga edelweis basanya diperjual belikan oleh masyarakat sekitar. Namun jangan salah sangka karena bunga tersebut merupakan hasil budidaya petani edelweis di sana. Bunga yang dihasilkan dari budidaya telihat lebih gemuk dan subur dibandingkan edelweis di alam bebas. Harganay cukup terjangkau yaitu Rp 15.000 setiap ikatnya

42. Tinggi tanaman

Tanaman edelweiss (Anaphalis Javanica) biasanya hanya tumbuh setinggi 1-4 meter di daratan tinggi, pegunungan di berabgai pulau Jawa.

43. Perbedaan Bunga Edelweis Indonesia dan Edelweiss Barat

Perbedaan Indonesia Barat
Jenis Anaphalis Javanica Leontopodium Alpinum
Ukuran Tanaman 1-4 meter 20 cm-40 cm
Tempat tumbuh >2.000 mpdl 1.800-3000 mpdl, bebatuan kapur
Ukuran bunga 5 mm-10 mm 2,5 cm-10 cm

Demikianlah sekilas tentang bunga edelweiss semoga bermanfaat, salam hangat Infosiana.net.

 

Percakapan Obrolan Berakhir

One Response

  1. velasco Desember 11, 2016

Leave a Reply