21+ Jenis Bunga Sepatu di Dunia dan Manfaatnya

Kembang sepatu atau bunga Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) merupakan salah satu tanaman hias jenis semak dan termasuk dalam suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur.

Selain itu, bunga ini juga banyka kita temukan diberbagai belahan dunia yang memiliki iklim tropis maupun subtropis.

Tanaman ini memiliki bentuk bunga yang besar, memeiliki beberapa varian warna (di Indonesia banyak kita temukan yang berwarna merah) dan tidak memiliki bau.

Klasifkasi Bunga Sepatu
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malvales
Famili: Malvaceae
Genus: Hibiscus
Spesies: Ada 679 spesies

Bunga dari berbagai kultivar(ciri tau kekhasan) dan hibrida(persilangan) bisa menghasilkan berbagai varian bunga, yang berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang  memiliki warna putih hingga kuning, oranye hingga merah tua atau merah jambu.

Di Sumatera dan Malaysia, Bunga kembang sepatu biasa disebut dengan bunga raya. Sedangkan, Orang Jawa biasa menyebutnya sebagai kembang worawari.

Bunga ini merupakan bunga kebanggaan Negara Malaysia karena telah ditetapkan sebagai bunga nasional di Negara tersebut pada tanggal 28 Juli 1960.

Deskripsi dan Ciri Bunga Sepatu

kembang sepatu

fineartamerica.com

Bunga sepatu memiliki 5 helai daun kelopak. Sedangkan, mahkota bunga umumnya terdiri dari 5 lembar dan lebih untuk bunga sepatu jenis atau hasil hibrida(persilangan).

Tangkai putik berupa silinder panjang yang dikelilingi oleh tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Sedangkan, Bijinya terdapat pada bagian dalam buah yang berbentuk kapsul berbilik lima.

Tanaman bunga sepatu umumnya memiliki ketinggian sekitar 2 sampai 5 meter. Daun berbentuk bulat telur dan lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun yang meruncing.

nama ilmiah bunga sepatu

7-themes.com

Di daerah yang memiliki iklim tropis atau di rumah kaca tanaman ini mamapu berbunga sepanjang tahun, sedangkan bagi kawasan yang beriklim subtropis maka tanaman ini hanya akan berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur saja.

Bunga ini memiliki bentuk seperti trompet dengan diameter bunga berkisar antara 6 cm sampai 20 cm.

Putik (pistillum) menjuntai ke luar dari dasar bunga. Ketika bunga mekar, bunga bisa menghadap ke segala arah, baik itu menghadap ke atas, ke bawah, atau menghadap ke samping.

Kebanyakan bunga sepatu tanaman bersifat steril serta tidak menghasilkan buah. Tanaman hias jenis ini biasa berkembang biak dengan cara stek, pencangkokan, dan penempelan.

Kegunaan bunga sepatu dalam Berbagai budaya di dunia

 

1. Simbol dan Budaya

Bunga sepatu merupakan bunga yang banyak ditemukan diberbagai belahan dunia dan menjadi slaah satu lambang kebanggaan bagi negara-negara tertentu, diantara kegunaan bunga sepatu dalam simbol dan budaya adalah:

Republik Haiti

Kembang sepatu merupakan bunga nasional bagi Negara Republik Haiti dan digunakan sebagai slogan pariwisata nasional negara tersebut.

Korea Selatan

Bunga sepatu bunga nasonal korea selatan

commons.wikimedia.org

Selain Haiti, bunga ini juga dijadikan sebagai bunga kebanggaan Korea Selatan, adapun spesies kembang sepatu yang digunakan oleh warga korea selatan adalah bunga sepatu jenis Hibiscus syriacus.

Malaysia

Tidak kalah keren dengan kedua negara di atas , Malaysai menjadikan bunga sepatu jenis Hibiscus rosa-sinensis sebagai bunga Nasionalnya.

India dan Hindu

Bunga sepatu merah bisa digunakan sebagai bunga persembahan untuk Dewi Kali dan Dewa Ganesha dalam kebudayaan dan ibadah umat Hindu.

Selain itu, warga India juga biasa menggunakannya sebagai semir sepatu.

Tradisi di Tahitian dan Hawai

nama latin bunga sepatu

clker.com

Tahitian adalah salah satu kepulauan terbesar di Windward dan termasuk dalam gugusan pulau Polinesia Prancis.

Bunga sepatu dalam tradisi dan budaya warga Tahitian dan Hawai biasa digunakan oleh kamu hawa yang dijadikan sebagai status seorang wanita.

Jika bunga dikenakan ditelinga bagian kiri maka wanita tersebut telah atau sedang menjalin hubungan dengan seseorang.

Sedangkan bila dikenakan dibagian kanan maka wanita tersebut belum memiliki hubungan dengan siapapun alias Jomblo.

Filipina

Daun mahkota bunga sepatu biasa digunakan sebagai gelembung atau balon mainan oleh anak-anak Filipina.

Tiongkok

Warga Tiongkok biasa memanfaatkan bunga sepatu sebagai bahan pewarna makanan alami.

Indonesia

Masyarakat Indonesia biasa menggunakan daun dan bunga sepatu sebagai ramuan obat tradisonal. Kembang sepatu biasanya dikeringkan terlebih dahulu, baru kemudian dijadikan sebagai ramuan obat atau teh.

Jepang

Di Okinawa, Jepang bunga yang satu ini biasa digunakan sebagai tanaman pagar. Di bagian selatan Okinawa, tanaman ini biasa disebut dengan Gushōnu hana (bunga kehidupan sesudah mati) sehingga akan sangat mudah kita temukan tempat pemakaman umum.

2. Digunakan sebagai bahan pembuatan kertas

Salah satu jenis bunga sepatu ternyata ada yang bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan kertas. Jenis spesies yang biasa digunkaan dalam pembuatan kertas adalah jenis kenaf (Hibiscus cannabinus).

3. Digunakan sebagai Minuman dan teh

daun bunga sepatu

firepot.com

Teh yang terbuat dari bunga kembang sepatu dikenal dengan banyak nama di berbagai negara di seluruh dunia, mulai dari minuman yang disajikan dalam keadaan panas atau hangat maupun dalam keadaan dingin.

Minuman unik ini terkenal karena warna, aroma dan rasa yang khas.

Teh jenis ini  biasa dikenal sebagai bissap oleh orang Afrika Barat, “Gul e Khatmi” dalam bahasa Urdu & Persia, agua de Jamaika menurut orang Meksiko dan Honduras (bunga menjadi flor de jamaica) dan Orhul di India.

Beberapa menyebutnya sebagai rosella, nama umum untuk bunga kembang sepatu. Di Jamaika , Trinidad dan pulau-pulau lain di Karibia, minuman ini dikenal sebagai coklat kemerah-merahan. Di Ghana, minuman ini dikenal sebagai soobolo menurut salah satu bahasa suku lokal.

Di Mesir, Sudan dan dunia Arab, teh kembang sepatu dikenal sebagai Karkade (كركديه), dan biasa disajikan dalam keadaan panas maupun dingin.

4. Digunakan sebagai makanan

foto bunga sepatu

wallpoop.com

Bunga sepatu kering biasa menjadi sajian lezat bagi orang Meksiko, umumnya digunakan sebagai hidangan penutup karena rasanya yang manis.

Bunga sepatu rosela (Hibiscus sabdariffa) biasa digunakan sebagai sayuran bagi warga Filipina.

Orang yang tinggal di daerah Visayan biasa menyebutnya sebagai Labog, (atau Labuag / Sapinit dalam bahasa Tagalog), merupakan spesies yang sangat baik untuk dijadikan sebagai campuran dan hidangan utama dalam sayur sup ayam kampung.

Manfaat bunga sepatu dalam dunia pengobatan

Jenis bunga sepatu di seluruh Dunia

  1. Hibiscus abelmoschus L

Bunga sepatu jenis Hibiscus abelmoschus L

Flickr

Merupakan jenis bunga sepatu yang berasal dari India. Karakteristik dari bunga ini adalah memiliki biji yang manis, berwarna kuning, memiliki aroma yang mirip musk atau bahan dasar pembuatan parfum.

Selain itu, biji dari bunga ini biasanya dijadikan campuran dalam pembuatan kopi sedangkan tunas mudanya bisa dijadikan sebagai sayuran.

  1. Talipariti tiliaceum (Pohon waru)

Hibiscus acetosella (Bunga waru)

uniprot.org

Talipariti tiliaceum atau pohon waru merupakan salah satu jenis dari bunga sepatu dan bisa dikatakan bahwa bunga sepatu jenis ini memiliki ukuran paling besar.

Di alam bebasa pohon waru mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 4-10 meter dengan diameter berkisar antara 25-50 cm.

Bunganya dari Talipariti tiliaceum biasanya bewarna orange dengan bagian tengahnya berwarna merah pucat atau merah maroon.

Yang unik dari bunga sepatu jenis ini adalah duannya berbentuk “love” atau hati. Di Indonesia pohon ini biasa dipelihara untuk dimanfaatkan kayunya.

  1. Hibiscus acetosella

Hibiscus acetosella

garden.org

Hibiscus acetosella merupakan jenis bunga sepatu yang diduga telah mengalami proses hibridisasi antara Hibiscus asper Hook.f. dan Hibiscus surattensis L.

Bunga jenis Ini pertama kali diakui pada tahun 1896 oleh ahli botani Perancis sebagai tanaman yang berbeda sehingga diberikan nama tersendiri.

Tanaman ini pertama kali ditemukan di perdesaan Afrika, tepatnya di wilayah Kongo-Angola-Zambia selatan.

Tanaman ini kemudian dibawa ke Brazil dan Asia Tenggara, bahkan sekarang tanaman ini dianggap lebih populer di Brazil dibandingkan tempat pertama ditemukannya, Afrika.

Bunga sepatu jensi ini saat ini dibudidayakan secara intensif dan terawat di Brazil serta dijadikan sebagai sayuran semacam bayam.

Tanaman ini jika dilihat secara sekilas mirip sekali dengan pohon maple Jepang. Bunganya berwarna orange pucat dengan bagian tengahnya bewarna merah maroon.

Tanaman ini mamapu tumbuh mencapai panjang 170 cm dengan diameter batang bisa mencapai 10 cm.

  1. Hibiscus arnottianus (Koki’o’Ula, bunga sepatu Hawaii)

Hibiscus arnottianus (Koki'o'Ula, bunga sepatu Hawaii)

hildetann.deviantart.com

Hibiscus arnottianus A.Gray atau yang biasa disebut Koki ‘o Ke’ oke ‘o oleh orang Hawaii,  “Koki’ o sendiri memiliki makna yang putih seperti bersinarnya perak”.

Koki’o ‘ula merupakan salah satu spesies bunga sepatu endemik Negara Hawaii. Tanaman ini memiliki bunga yang beerwarna putih bersih.

Selain itu ada tiga subspesies diakui serupa dengan Koki’ o ‘ula diantaranya adalah: H. arnottianus ssp arnottianus yang ditemukan di Waianae Rentang dari barat Oahu.

H. a ssp immaculatus yang sangat langka (terdaftar sebagai terancam punah) pada Molokai dan H. a. ssp. punaluuensis dari Ko ‘Rentang olau di Oahu.

H. a ssp immaculatus menurut letaratur saat ini hanya tersisa belasan saja yang tersebar di alam mesic dan hutan basah.

Bunga ini kadang-kadang ditanam sebagai tanaman hias atau disilangkan dengan H. rosa-sinensis. Dalam bahasa Hawaii, kembang sepatu putih dikenal sebagai aloalo pua.

  1. Hibiscus rosa-sinensis

Hibiscus rosa-sinensis(bunga sepati)

Pinterest.com

Hibiscus rosa-sinensis merupakan salah satu jenis bunga Hibiscus yang biasa kita kenal dengan kembang sepatu, bunga sepatu Cina, kembang sepatu Hawaii, dll.

Bunga jensi ini merupakan spesies kembang sepatu yang hidup di kawasan tropis, tepatnya berasal dari Asia Timur.

Tanaman ini mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 2-5 meter. Bunagnya berwarna merah cerah dengan jumlah daun mahkota mencapai 5 helai di setiap bunganya.

  1. Hibiscus brackenridgei

Hibiscus brackenridgei(bunga hawai)

hawaii.facts.co

Hibiscus brackenridgei atau biasa dikenal dengan ma ‘o hau hele oleh masyarakat Hawaii. Bunga ini merupakan tanaman semak endemik Hawaii yang mampu tumbuh mencapai ketinggian 10 m dengan bunga kuning cerah.

Ada dua subspesies diakui serupa dengan Hibiscus brackenridgei yang diantaranya adalah: H. ssp brackenridgei, merupakan subspesies dari bunga sepatu jenis H. Brackenridgei yang berasal dari hutan kering misalnya di Molokai, Lanai, Maui, dan pulau Hawaii.

H. ssp. mokuleianus, merupakan tanaman yang berasal dari habitat kering di Kauai dan Range Waianae di Oahu. Spesies ini terdaftar sebagai spesies yang terancam punah oleh USFWS.

Tanaman dengan bunga berwarna kuning ini dijadikan sebagai bunga resmi dari negara Hawaii sejak Juni 1988 6.

Meskipun terancam punah di habitat alamiahnya, namun bunga ini telah banyak tumbuh dan cukup populer di setiap halaman rumah di Hawaii.

  1. Hibiscus calyphyllus (Lemonyellow Rosemallow)

Hibiscus calyphyllus (Lemonyellow Rosemallow)

Picssr.com

Hibiscus calyphyllus merupakan salah satu tanaman bunga sepatu yang memiliki kemampuan tumbuh hingga mencapai ketinggian 1-1,8 meter (3-6 kaki) tinggi.

Tanaman ini memiliki bunga yang lebar dan berwarna kuning dengan kecoklatan sebagai warna pusatnya.

Bunga kuning ini berasal dari Afrika yang beriklim tropis.

  1. Kenaff (Hibiscus cannabinus)

Hibiscus cannabinus (Kenaf)

startupfashion.com

Kenaf atau Hibiscus cannabinus adalah salah satu jenis bunga sepatu yang konon berasal dari selatan Asia.

Meskipun keaslian endemiknya belum bisa diketahui secara pasti. Tanaman ini biasa diambil kayu atau batangnya untuk dijadikan sebagai bahan utama pembuatan kertas kenaf.

Saat ini tanaman kenaf ini banyak dibudidayakan di beberapa negara seperti India, Bangladesh, Amerika Serikat, Indonesia, Malaysia, Afrika Selatan, Vietnam, Thailand, sebagian Afrika, dan untuk sebagian kecil di Eropa bagian Tenggara.

Karakteristik tanaman ini adalah memiliki bunga berwarna kuning dengan cokelat sebagai warna pusatnya. Selain itu, tanaman ini mampu tumbuh hingga ketinggian 4 meter.

  1. Hibiscus coccineus (Scarlet Rosemallow)

Bunga sepatu Bintang Texas

floristtaxonomy.Com

Hibiscus coccineus atau rosemallow merah adalah salah satu jenis kembang sepatu yang jika dilihat secara sekilas tanaman ini memiliki kemiripan dengan Cannabis sativa (ganja).

Selain itu, tanaman ini juga dikenal sebagai bunga bintang Texas, kembang sepatu brilian, dan kembang sepatu merah.

Tanaman ini mudah sekali kita temukan di rawa-rawa, parit di dataran pesisir Tenggara Amerika Serikat.

Hibiscus coccineus adalah tanaman asli dari Southeastern Virginia bagian Utara dari Florida.

Meskipun nama umumnya “Texas Star Hibiscus” bukan berarti tanaman iniberasal dari Texas.

Tanaman ini akan mati saat musim dingin tiba. Selain memiliki bunga berwarna merah, tanaman ini juga memiliki bunga berwarna putih yang juga dikenal sebagai bintang Texas putih atau bintang kembang sepatu tunggal.

  1. Hibiscus genevii

Hibiscus genevii(bunga sepatu merah muda)

Picssr.com

Bunga sepatu Genevii, adalah salah satu jenis bunga sepatu yang keberadaannya saat ini terancam punah dan merupakan tanaman asli endemik pulau Mauritius.

Bunga ini dikenal secara lokal dengan naman mandrinette. Bunga ini pernah dianggap punah selama lebih dari satu abad, tetapi ditemukan kembali pada tahun 1968.

Tanaman ini mampu tumbuh hingga ketinggian 3-5 meter dengan bunga berwarna ungu muda, atau merah muda dengan warna merah sebagai warna pusatnya.

Selain itu, tanaman Ini merupakan salah satu dari empat spesies Hibiscus yang berasal dari pulau-pulau di Mascarene (Mauritius, Reunion, Rodrigues), dan memiliki hubungan erat dengan jenis Hibiscus liliiflorus dari Rodrigues dan Hibiscus fragilis.

  1. Rawa rosemallow (Hibiscus grandiflorus)

Hibiscus grandiflorus(Rawa rosemallow )

PLANTanswers.com

Rawa rosemallow (Hibiscus grandiflorus) merupakan salah satu jenis bunga sepatu yang berasal dari Amerika Serikat bagian Tenggara.

Bunga ini mampu tumbuh hingga mencapai tinggi 3 meter dengan bunga berwarna merah muda dan warna ungu dibagian tengahnya.

  1. Hibiscus Hastatus

hibiscus Hastatus(bunga sepatu tahiti)

datab.us

Hibiscus Hastatus (Purau teruere atau kembang sepatu Tahiti) merupakan salah satu jenis bunga kembang sepatu yang berasal dari Tahiti.

H. Hastatus memiliki bunga warna kuning pucat (kadang-kadang dengan margin kelopak merah pucat intermiten) dengan merah tua sebagai warna pusat bunganya.

Beberapa reteratur dan referensi menyatakan bahwa H. Hastatus sebagai subspesies dari Hibiscus tiliaceus.

  1. Hibiscus heterophyllus

Hibiscus heterophyllus(bunga rosela kuningan)

pioneercatchment.org.au

Hibiscus heterophyllus atau yang juga dikenal sebagai bunga Rosella, adalah spesies bunga kembang sepatu yang merupakan tanaman endemik New South Wales dan Queensland di Australia .

Tanaman ini mampu tumbuh hingga mencapai tinggi 1-2 meter serta menghasilkan bunga yang berwarna putih, merah muda pucat atau kuning dengan warna ungu sebagai warna pusat bunganya.

  1. Bunga sepatu Philip Island (Hibiscus insularis)

Hibiscus insularis (bunga sepatu philips island)

jerry-coleby-williams.net

Philip Island Hibiscus (Hibiscus insularis) adalah salah satu spesies bunga kembang sepatu yang merupakan tanaman endemik dari Phillip Island, sebuah pulau kecil yang berada di selatan Pulau Norfolk.

Tanaman ini menghasilkan bunga berwarna kuning kehijauan dan berwarna ungu muda saat mendekati masa gugur atau rontok bunga.

Spesies ini terdaftar sebagai Critically Endangered dan dilindungi oleh undang-undang lingkungan federal Australia.

Manfaat bunga sepatu

Selain menjadi tanaman hias, ternyata bunga sepatu juga bisa dijadikan sebagai tanaman obat, bunga sepatu juga memiliki berbagai khasiat yang berguna untuk berbagai macam peyakit.

Manfaat bunga kembang sepatu diantaranya adalah:

 

  1. Obat Sakit Panas

panas pada anak

abiummi.com

Bagi Anda yang memiliki anak usia yang sedang sakit panas yang disebabakan karena  kehujanan, makan es atau jajan di sembarang tempat.

Tidak perlu risau, dan tidak perlu juga mengkonsumsi obat dokter terlebih dulu jika untuk menangani penyakit-penyakit seperti ini.

Sebab, obat tersebut justru malah akan membuat kekebalan tubuh anak Anda menurun. Gunakan saja cara tradisonal, yaitu dengan cara mengambil akar tanaman bunga kembang sepatu.

Kemudian cuci sampai bersih selanjutnya tumbuk sampai halus. Terakhir rebus akar tanaman tadi dalam air mendidih selama 30 menit, jangan lupa disaring.

Setelah dingin, baru berikan kepada anak kita yang sakit panas.

 

  1. Mengobati Batuk dan Sariawan

sariawan pada anak

Penting.id

Disamping mampu mengatasi sakit panas pada anak, ternyata tanaman kembang sepatu ini juga mampu mengatasi penyakit batuk dan sariawan.

Cara membuat ramuannya adalah dengan mengambil daun bunga sepatu seperlunya, cuci sampai benar-benar bersih selanjutnya rebus daun tadi dalam air mendidih selama 15 menit.

Sebelum diminum saring ampasnya terlebuh dulu kemudian baru bisa diminum.

Leave a Reply