10 Fakta Unik Tentang Bunga Melati si Putih yang Mempesona

Melati merupakan salah satu tanaman hias yang cukup banyak diminati oleh masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Tanaman ini masih berkerabat dekat dengan keluarga zaitun (Oleaceae). Berdasarkan beberapa leteratur, tidak kurang dari 200 spesies yang tumbuh dan hidup di daerah tropis mulai dari Eurasia, Australasia dan Oseania.

Salah satu alasan mengapa bunga Melati dibudidayakan secara luas oleh beberapa negara adalah karena aromanya yang wangi  dan khas bunga.

Klasifikasi Melati

Kerajaan Plantae
Divisi Magnoliophyta
Kelas Magnoliopsida
Ordo Lamiales
Famili Oleaceae
Genus Jasminum
Spesies ada 200 Spesies

Di Tanah Air, satu diantara jenis melati dijadikan sebagai simbol nasional atau “puspa bangsa” adalah melati putih (Jasminum sambac), karena masyarakat menganggap bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian.

Selain itu, bunga yang umumnya bewarna putih ini memiliki keterkaitan erat dengan berbagai tradisi dan budaya dari banyak suku di Indoensia.

Misalnya saja suku Sunda dan Jawa, Bunga ini merupakan salah satu hiasan rambut yang wajib dikenakan oleh pengantin wanita dalam upacara perkawinan.

kembang jasmine

crafthubs.com

Jenis lain yang tidak kalah populer adalah melati gambir (J. officinale). Nama melati sendiri sudah cukup familiar di telinga masyarakat Indonesia dengan sebutan dan nama yang berbeda-beda.

Nama lain bunga melati di berbagai daerah diantaranya adalah Menuh dalam aksen Bali, Meulu atau Riwat  menurut orang Aceh, Menyuru (Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), Mundu (Bima dan Sumbawa) dan Manyora (Timor), Melati Salam (UMI), Malete (Madura) serta Beruq-beruq(Mandar).

Nama bunga Melati Untuk Daerah
Menuh Bali
Meulu atau Riwat Aceh
Menyuru Banda
Melur Gayo dan Batak Karo
Manduru Manado
Mundu Bima dan Sumbawa
Manyora Timor
Malete Madura
Beruq-beruq Mandar

Melati casablanca (Jasminum officinalle), yang biasa disebut dengan Spanish Jasmine dibudidayakan di Italia pada tahun 1692 untuk dijadikan bahan dasar parfum.

Pada tahun 1665, tidak mau kalah dengan Italia, Inggris pun membudidayakan bunga jasmine varietas melati putih (J. sambac) yang diperkenalkan petama kali oleh Duke Casimo de Medici.

Kemudian pada tahun 1919 para ilmuan Inggris menemukan melati jenis J. parkeri di kawasan India Barat Laut yang kemudian dibudidayakan di Inggris pada tahun 1923.

Ciri-Ciri Bunga Melati

ciri ciri bunga melati

herbco.com

Bunga merupakan jensi tanaman semak berbunga yang memeiliki beberaa ciri-ciri diantaranya adalah

  1. Jasmine memiliki daun jatuh ketika musim gugur tiba atau jika di Indonesia tanaman ini senantiasa hijau sepanjang tahun
  2. Pertumbuhan tanaman ini bermacma-macam mulai dari tegak seperti tanaman semak lainya dan bisa juga merambat.
  3. Daunnya mengangtung dengan bentuk yang sangat sederhana, yaitu mempunyai tiga sirip daun.
  4. Bunganya memiliki diameter 2,5 cm (0,98 inci) dengan beberapa varian warna misalnya putih dan kuning, dalam beberapa kasus akan kita dapati berwarna merah muda namun hal tersebut sangat jarang terjadi.
  5. Setiap bunga memiliki sekitar 4-9 kelopak bunga serta memiliki dua benang sari. Ketika masih muda kelopaknya berbentuk seperti lonceng dan mengeluarka aroma yang sangat harum.
  6. Bunga melati juga memiliki buah yang berwarna hitam ketika matang.

 

Distribusi Dan Habitat

Habitat bunga melati

kwizoo.com

Bunga Jasmine merupakan tanaman semak yang berasal dari daerah tropis dan subtropis, seperti Eurasia, Australasia dan Oseania.

Namun satu diantara 200 varian bunga melati ternyata ada yang berasal dari Eropa. Sisanya mayoritas berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Ada sejumlah melati telah dinaturalisasikan oleh Mediterania. Misalnya, melati Spanyol ( Jasminum grandiflorum ) awalnya berasal dari Iran dan Asia Selatan, dan sekarang dinaturalisasikan oleh semenanjung Iberia.

Jasminum Fluminense (yang kadang-kadang dikenal dengan nama akurat “Brasil Jasmine”) dan Jasminum dichotomum (Gold Coast Jasmine) yang spesies invasif di Hawaii dan Florida. Jasminum polyanthum, juga dikenal sebagai White Jasmine, adalah invasif gulma di Australia.

Jenis Bunga Melati

jenis bunga jasmine

lumixgexperience.panasonic.co.uk

Dari 200 spesies melati yang ditemukan dan telah diidentifikasi oleh para ahli botani, baru ada 9 jenis melati yang biasa dibudidayakan dan delapan diantaranya berpotensi untuk dijadikan sebagai tanaman hias.

Untuk saat ini, masih banyak jenis melati yang tumbuh dan hidup liar di hutan-hutan karena belum terungkap potensi dalam segi ekonomi dan sosialnya.

Jenis-jenis melati di antaranya adalah

Melati Gambir

ciri ciri bunga melati

Jasminum officinale atau yang biasa kita kenal dengan melati gambir merupakan salah satu spesies dari tanaman jasmine berbunga dan masih satu keluarga dengan tanaman zaitun, yaitu famili Oleaceae.

Berdasarkan leteratur yang ada bunga ini berasal darie Kaukasus, Iran Bagian Utara, Afghanistan, Pakistan, yang Himalaya, Tajikistan, India, Nepal dan barat Cina (Guizhou, Sichuan, Xizang (Tibet), Yunnan).

Selain itu, spesies ini juga merupakan varian  bunga jasmine yang banyak dibudidayakan di banyak tempat misalnya Perancis, Italia, Portugal, Rumania, Yugoslavia, Aljazair, Florida dan Hindia Barat.

Selain itu, diberbagai negara bunga ini memiliki sebutan yang berbeda-beda seperti melati musim panas, melati penyair, melati putih, dan Melur.

Banyak orang yang mengagumi aromanya yang sangat wangi dan harum. Di Pakistan bunga berwarna putih ini dijadikan sebagai bunga Nasional.

Jasminum abyssinicum

Jasminum abyssinicum

zimbabweflora.co.zw

Jasminum abyssinicum adalah salah satu jenis bunga jasmine yang berasal dari Afrika yang dimulai dari Ethiopia hingga KwaZulu-Natal, Afrika Selatan.

Selain itu, ada juga Burundi, Kamerun, Rwanda, Congo- Kinshasa, Eritrea, Ethiopia, Kenya, Uganda, Malawi, Mozambik, Zambia, Zimbabwe, Natal dan Transvaal.

Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih dengan warna merah muda di bagian luarnya. Ketika kuncup atau calon bunga akan mekar bunga ini biasanya bewarna merah muda.

Yang khas dari bunga ini adalah aromanya yang harum dengan 5 atau 6 daun bunga. Selain itu juga, bunga ini memiliki buah yang bewarna hitam ketika matang.

Suku Maasai dari Kenya menggunakan tanaman ini sebagai obat luka. Dan dipercaya mampu mengobati domba yang terkena parasit nematoda contortus Hemonchus.

Bunga Melati Jepang (Jasminum Mesnyi)

melati Jepang

zimbabweflora.co.zw

Jasminum mesnyi atau yang biasa dikenal dengan jasmine primrose; melati kuning, melati Jepang merupakan salah satu spesies tanaman melati yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara mulai dari Vietnam hingga Cina bagian Selatan(Guizhou, Sichuan, Yunnan).

Namun seiring berkembangnya zaman dan teknologi, sekarang bunga jenis ini telah banyak di budidayakan di berbagai misalnya Meksiko, Honduras dan Amerika Serikat bagian selatan (Florida, Georgia, Alabama, Louisiana, Texas, Arizona).

Jasminum mesnyi mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 3 m (10 kaki) dengan bunga yang berwarna kuning serta harum.

Bunganya biasanya bermekaran pada saat musim semi dan musim panas datang. Umumnya bunga melati Jepang memiliki daun bunga yang berjumlah 6-7 lembar yang membuatnya semakin menawan.

Jasmine India (Jasminum auriculatum)

melati India

app.peak-retail.com

Jasminum auriculatum atau biasa disebut juga sebagai melati India, melati jarum merupakan salah satu spesies melati yang banyak dibudidayakan untuk kepentingan komersil.

Bunga ini akan mudah kita temukan di India, Nepal, Sri Lanka, Bhutan dan Kepulauan Andaman.

Yang menajdi alasan menagpa bunga ini banyak dibudidayakan adalah adanya minyak esensial yang terkandung dalam bunga berwarna putih ini.

Berdasarkan leteratur yang ada bunga berwarna putih ini telah banyak dibudidayakan oleh negara India dan Thailand untuk kepentingan komersil.

Melati dalam budaya

Melati dalam budaya

app.peak-retail.com

Madurai merupakan sebuah kota di Tamil Nadu sangat terkenal dengan penghasil bunga melati di India.

Di negara-negara barat dan selatan India, termasuk Andhra Pradesh, Karnataka, Kerala, Maharashtra dan Tamil Nadu, melati telah banyak dibudidayakan di rumah-rumah oleh para masyarakat.

Bungabewarna putih ini biasanya digunakan untuk kebutuhan acara-acara persembahan, peribadahan serta dijadikan sebagai hiasan rambut.

Selaian itu, tanaman Jasmine juga dibudidayakan untuk kepentingan komersial, baik untuk keperluan domestik maupun industri, seperti industri parfum.

Selain itu, bunga melati juga sangat erat dengan budaya dan tradisi masyarakat India misalnya saja acara pernikahan, upacara keagamaan dan festival.

Dalam upacara Chandan Yatra tuan Jagannath, dewa dimandikan dengan air dibumbui dengan cendana dan melati.

Disamping itu, para Penjual bunga biasa juga turut menjual karangan bunga melati misalnya saja motiyaa tebal (di Hindi ) atau mograa (di Marathi ) varietas, rangkaian bunga melati sudah menjadi pemandangan umum di sebagaian besar negara India.

Kita akan mudah menemuinya di sekitar pintu masuk ke kuil, di jalan-jalan utama, dan di kawasan pusat bisnis.

Bahkan sejak turunnya presiden Tunisia pada tahun 1987 dan Revolusi Tunisia 2011 masyarkat menyebutnya sebagai “Revolusi Jasmine”.

Selain itu, pada tahun  2011 bunga melati juga digunakan sebagai simbol protesnya masyarakat pro-demokrasi China di Republik Rakyat Cina.

Bunga Melati dan Simbol Negara

melati India

dailybackgrounds.com

Beberapa negara menganggap bunga melati sebagai simbol-simbol dalam negara diantaranya adalah sebagai berikut

Hawaii

Jasminum sambac ( “Pikake”) merupakan jenis bunga jasmine  yang paling populer. Di Hawaii kita sering menemukannya digantung di leis dan menjadi inspirasi dari banyak lagu di negara tersebut.

Indonesia

Jasminum sambac tidak beda jauh dengan Hawai, bangsa Indonesia menjadi bunga Melati sebagai salah satu bunga nasional, yang diadopsi sejak tahun 1990.

Jenis melati putih merupakan jensi yang paling banyak di acara-acara yang berbau tradisis dan budaya. Kita akan mudah menemui bunga putih ini pada upacara pernikahan untuk beberapa suku di Indonesia, misalnya suku Jawa.

Pakistan

Melati dan Simbol Negara

mnnonline.org

Jasminum officinale dikenal sebagai “Chambeli” atau “yasmin”, bunga cantik ini telah ditetapkan oleh pemerintahnya sabagai bunga nasional dari Negara Pakistan.

Filipina

Menjadikan bunga Jasminum sambac sebagai bunga nasionalnya sejak tahun 1935. Bunga putih ini dikenal dengan sebutan ” sampaguita ”

Suriah

Kota Damaskus yang merupakan ibukota dari Negara Suriah juga disebut sebagai Kota Jasmine dan menggunakannya sebagai simbol dari Kota yang saat ini sedang dilanda perang tersebut.

Thailand

Negara gajah putih ini menjadikan bunga Jasmine sebagai simbol kasih sayang seorang ibu yang tulus.

Demikianlah sekilas tentang ulasan bunga melati atau Jasmine semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam hangat Infosiana.net.

Percakapan Obrolan Berakhir

Leave a Reply