Bunga Sedap Malam: Asal-Usul, Ciri, Foto dan Manfaatnya

Bunga sedap malam atau Polianthes tuberosa merupakan tumbuhan hijau yang berasal dari family Agavaceae. Nama tuberosa sendiri menunjukkan jika tanaman ini memiliki umbi (tuber).

Banyak sebutan yang berbeda-beda di setiap bangsa untuk nama bunga yang satu ini. Seperti di bangsa melayu disebut dengan Sundal Malam.

Bangsa Astek mengenalnya dengan sebutan omixochiti yang berarti bunga tulang. Di Negara india bagian timur bunga ini dikenal dengan ratkirani yang berarti ratu malam.

Di Singapura sendiri tanaman ini dikenal dengan nama xinxio yang artinya tempat ngengat hinggap.

Sedangkan di Persia bunga ini dikenal dengan nama maryam.

Bunga dengan penuh misteri ini diperkirakan berasal dari Negara Meksiko. Dinamakan dengan sedap malam karena memang tanaman ini memiliki bunga yang mekar diwaktu malam hari.

Ciri Morfologi Bunga Sedap Malam

https://www.youtube.com/watch?v=fwweKPx_l18

Klasifikasi ilmiah untuk bunga sedap malam adalah; Kingdom: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Liliopsida; Ordo: Asparagales; Famili: Agavaceae; Genus: Polianthes; Spesies: Polianthes tuberosa.

Saat ini terdapat sekitar 12 spesies yang telah di identifikasi yang berasal dari genus Polianthes.

Tanaman bunga sedap malam dapat tumbuh hingga mencapai 45 cm dan menghasilkan rumpun bunga berwarna putih.

Batang

Bunga sedap malam memiliki batang tanaman yang dapat tumbuh beberapa umbi induk. Umbi yang tumbuh ini merupakan batang semu yang berfungsi sebagai tempat cadangan makanan.

Daun

Daun tanaman ini memiliki bentuk yang pipih memanjang, pada bagian atas permukaan daun berwarna hijau mengkilat sedangkan bagian bawah daun memiliki warna hijau muda yang mengumpul di pangkal batangnya.

Tangkai

Tanaman ini memiliki bentuk tangkai yang memanjang serta beruas-ruas, dan tangkai bunganya terdapat pada ujung tanaman.

Pada setiap ruasnya terdapat bunga dengan ukuran yang kecil. Pada tangkai bunganya ini biasanya menempel 5-12 kuntum bunga dengan mahkota yang berwarna putih dan sedikit kemerahan pada bagian ujungnya.

Bunga

bunga sedap malam

snapdeal.com

Bunga putih ini tidak bermekaran secara bersamaan akan tetapi secara bergantian. Bunga yang letaknya pada bagian bawah akan mekar terlebih dahulu sebelum bunga yang berada di atasnya mekar dan begitu seterusnya secara bergantian.

Sepertihalnya bunga jenis lain, bunga ini juga memiliki beberapa varian warna seperti merah muda, kuning dan putih. Untuk penyebarannya bunga bewarna putih yang palng mendominasi.

Bunga sedap malam terkenal akan aroma wanginya yang dapat tercium pada malam hari. Keharuman bunga ini tidak kalah dengan keharuman bunga melati.

Bau wangi bunga ini memiliki kesegaran yang mampu bertahan lama, oleh karena itu bunga beraroma wangi ini biasanya juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan parfum.

Meskipun telah dipotong, bunga yang menjadi salah satu lambang provinsi Jawa Timur ini kesegarannya mampu bertahan selama 5 sampai 10 hari.

Selain itu, tanaman beraroma wangi ini akan berbunga setelah berumur 4-5 bulan dari masa awal penanaman.

Misteri Wangi Bunga Sedap Malam

menanam bunga sedap malam

carlosbfl319.blogspot.com

Karena bunga sedap malam mekar pada malam hari dan mengeluarkan aroma wangi yang semerbak, terkadang hal ini dihubungkan dengan hal-hal yang berbau mistis.

Sebagian orang berkeyakinan bahwa wangi bunga yang tercium tersebut menandakan adanya keberadaan makhluk halus ditempat tersebut.

Benarkah mitos tersebut?

Berikut penjelasan lengkap tentang misteri bunga sedap malam;

Pada umumnya setiap bunga akan mengeluarkan aroma khas sesuai dengan jenis bunga tersebut. Setiap tumbuhan terkandung minyak atsiri yang terdapat pada daun, batang dan juga bunganya.

Ketika bunga mengalami proses mekar maka minyak atsiri yang terkandung didalamnya menguap ke udara sehingga akan tercium bau yang lebih menyengat.

Karena bunga berwarna putih ini mengalami proses mekar pada malam hari, itulah sebabnya bau wangi juga keluar diwaktu yang bersamaan.

Terdapat beberapa factor yang berpengaruh terhadap proses mekarnya bunga, diantaranya adalah suhu, kelembaban, dan juga cahaya.

Tidak seperti kebanyakan tanaman bunga pada umumnya, bunga berwarna putih ini memiliki pergerakan tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsang gelap atau yang dikenal dengan istilah skototropisme.

Hal inilah yang menyebabkan bunga peuh misteri ini mengalami proses mekar pada malam hari.

misteri kembang sedap malam

id.pinterest.com

Selain itu ada juga factor lain yang menyebabkan bunga sedap malam mengeluarkan bau wanginya pada malam hari, yaitu akibat reaksi fotosintesis.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa proses fotosintesis terdiri dari 2 reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap.

Fotosintesis reaksi terang adalah reaksi fotosintesis yang memerlukan bantuan cahaya matahari, sehingga proses fotosintesis ini berlangsung pada siang hari.

Sedangkan fotosintesis reaksi gelap adalah reaksi fotosintesis yang tidak memerlukan cahaya matahari, tetapi memerlukan karbondioksida, sehingga proses fotosintesis ini berlangsung pada malam hari.

Nah, sedangkan bunga sedap malam termasuk salah satu tumbuhan yang mengalami proses fotosintesis pada malam hari sehingga itulah yang menyebabkannya mengeluarkan bau wangi pada malam hari juga.

Jadi, jika Anda mencium wangi bunga ketika malam hari, anda tidak perlu lari yaaa,,

Karena itu bukan wanginya si hantu akan tetapi mungkin wangi bunga sedap malam yang sedang mekar.

Khasiat Dan Manfaat Bunga Sedap Malam

tanaman bunga sedap malam

mygarden.net.au

 

Selain memiliki bentuk bunga yang cantik dan semerbak harum wanginya. Bunga yang menjadi salah satu ciri khas Jawa Timur ini ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Bunga yang berasal dari Meksiko ini juga diyakini memiliki kemampuan untuk memperkuat inspirasi artistic seseorang.

Hal ini karena tanaman ini memiliki kemampuan dalam memberi ransangan kepada otak kanan yang berhubungan dengan kreatifitas.

Memang masih belum banyak penelitian ilmiah yang mengungkap tentang manfaat kesehatan dan pengobatan di dalam bunga sedap malam.

Namun menurut salah seorang pakar pengobatan tradisional, Prof. HM Hembing Wijayakusuma, tanaman yang berasal dari Meksiko ini berkhasiat dalam menurunkan panas (demam) dan juga menghilangkan bengkak.

Bagian tanaman sedap malam yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan adalah bagian bunga dan akarnya.

Berikut ini beberapa resep herbal sedap malam sebagaimana yang dijelaskan oleh Prof. HM Hembing.

Rematik

Untuk mengatasi penyakit rematik maka ambilkan sekitar 30 gr akar bunga sedap malam, ditambah 20 gr jahe dan gula merah secukupnya.

Kemudian satukan semua bahan tersebut dan rebus semua bahan tersebut dengan air sebanyak 450 cc sampai mendidih.

Saring air rebusan kemudian minum 2 kali sehari.

Bisul Dan Bengkak

Bahan yang disiapkan adalah akar bunga sedap malam secukupnya, cuci sampai bersih. Kemudian tumbuk sampai halus lalu tempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

Radang Tenggorokan

Untuk mengatasi radang

penyakit radang tenggorokan

Meetdoctor.com

tenggorokan, ambilkan 25 gram akar sedap malam, 30 gram sambiloto yang masih segar dan 650 cc air.

Masukkan semua bahan tersebut kedalam air putih, kemudian rebuslah sampai airnya tersisa setengah saja.

Dinginkan rebusan lalu saring air rebusan dan bagi menjadi dua bagian. Minumlah 2 kali sehari.

Katarak

 

rangkaian bunga sedap malam

brentandbeckysbulbs.com

Bahannya adalah 50 kuntum bunga sedap malam. Kemudian rebus bunga-bunga tersebut dengan air kira-kira sebanyak 1.500 cc sampai mendidih.

Dinginkan air rebusan dan setelah dingin gunakan air tersebut untuk mencuci mata.

Influenza

Untuk mengatasi keluhan akibat influenza maka siapkan 25 gram akar bunga sedap malam, 20 gram jahe, 4 gram batang daun bawang putih dan air 650 cc.

Campur semua bahan tersebut menjadi satu lalu rebus sampai menyisakan setengah dari air semula. Air rebusan tersebut selanjutnya diminum dua kali masing-masing sebanyak 150 cc.

Meningkatkan Stamina

 

gambar bunga sedap malam

jparkers.co.uk

Siapkan sekitar 60 kuntum bunga sedap malam, 100 gram udang, 55 gram kacang kapri, 15 gram jahe, 1 butir telur ayam dan 2 siung bawang putih.

Tumislah semua bahan dengan menggunakan minyak goring non-kolesterol, kemudian tambahkan juga tepung maizena yang telah diencerkan. Masak sampai matang.

Penambah Darah Dan Mengatasi Kesulitan Tidur

Bahan-bahannya adalah 35 kuntum bunga sedap malam, 20 gram kie cie yang bisa dibeli di took obat cina, 5 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 15 gram jahe, 2-3 buah hati ayam, serta garam dan merica secukupnya.

Cara membuatnya adalah; iris bawang merah dan putih, selanjutnya satukan semua bahan lalu tumis dengan menggunakan minyak goring non-kolesterol

Dan terakhir tambahkan tepung tapioca yang telah diencerkan. Masak sampai matang.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

ciri bunga sedap malam

flickr.com

 

Untuk pembudidayaan tanaman bunga yang berasal dari Meksiko ini sampai saat ini hanya dapat dilakukan dengan vegetative melalui umbinya.

Kebutuhan bibit umbi sedap malam ditentukan oleh jarak tanam. Pada system dengan jarak tanaman 20 x 20 cm, maka kebutuhan umbi per hektarnya bisa mencapai 200.000 butir umbi bibit.

Harga umbi bibit bunga yang berasal dari Meksiko ini berkisar Rp. 400/ umbi berukuran sedang. Jenis sedap malam roro anteng cocoknya ditanam didataran rendah (<100 m dpl). Untuk jenis dian arum cocok di dataran rendah-sedang (100-400 m dpl).

Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam menanam bunga berwarna putih ini adalah pemilihan jenis tanah sebagai media tanamnya.

Jenis tanah yang cocok adalah tanah yang subur, gembur, banyak mengandung bahan organic/ humus, aerasi dan drainase tanah baik serta derajat keasaman tanahnya (pH) antara 5,0-5,7.

rangkaian bunga sedap malam

jparkers.co.uk

Jika anda ingin memilikinya dan menanamnya di pekarangan rumah anda, maka anda dapat menanamnya dengan mudah.

Bunga cantik ini tidak membutuhkan media tanam yang rumit. Bunga ini dapat ditanam dalam pot atau polybag maupun ditanam secara langsung.

Bunga ini dapat tumbuh maksimal jika ditanam didaerah dataran rendah yang memiliki pH tanah antara 5-5,8.

Namun tanaman ini juga dapat tumbuh didataran tinggi, hanya saja kualitas bunga yang dihasilkan tidak terlalu bagus.

Pembibitan

Awal pembibitan bisa dimulai dengan memperbanyak umbu tanaman sedap malam. Pilihlah umbi yang sudah cukup tua dari rumpun tanaman induknya yang telah berusia 2 tahun.

Kemudian keringkan umbi selama 3-4 minggu, lalu simpan bibit selama 1,5 bulan agar kelak umbi tersebut dapat dengan mudah bertunas.

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang dapat digunakan untuk menanam bunga putih ini adalah bahan campuran dari arang sekam, pupuk kandang halus/kompos dan tanah dengan perbandingan 1:1:1.

Campurkan semua bahan media tanam yang ada sampai merata dengan sempurna. Bahan tersebut kemudian dimasukkan kedalam pot tanaman atau polybag sesuai ukuran yang diinginkan.

Penanaman

menanam sedap malam

willemsefrance.fr

 

Dalam tahan penanaman, siapkan lubang tanam yang sesuai dengan ukuran umbi yang akan ditanam.

Buat lubang tanam dengan kedalaman sekitar 5-6 cm. kemudian masukkan umbi kedalam lubang tanam, selanjutnya ditutup dengan tanah dan jangan lupa padatkanlah area sekitar penanaman.

Kemudian lakukan penyiraman secara rutin agar bibit cepat bertunas.

Perawatan

Perawatan bunga sedap malam yang penting adalah melakukan penyiraman secara rutin setiap sore dan pagi hari.

Lakukan juga pemupukan jika tanaman telah berumur 6 bulan. Bunga ini akan mulai berbunga ketika telah menginjak usia 4-5 bulan sejak masa awal tanam.

Harga Bunga Sedap Malam Di Indonesia

 

bunga sedap malam di meja

pinterest.com

Bunga bertangkai ini banyak sekali digemari oleh wanita-wanita Indonesia. Mereka biasa memanfaatkan bunga sedap malam sebagai hiasan meja dengan fas yang berisi air.

Permintaan bunga ini akan meningkat jika mendaki momen-momen tertentu misalnya hari raya dan peringatan-peringatan lainnya. Bahkan berdasarkan informasi yang diliput oleh Tempo.co harga bunga ini bia mencapai Rp 80.000 per 10 batang.

Harga yang cukup menarik bukan?

Demikianlah sekilas tentang bunga sedap malam semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam hangat Infosiana.net

Leave a Reply