9 Jenis Bunga Wijaya Kusuma yang Kaya Akan Manfaat

Bunga Wijayakusuma (Epiphyllum anguliger) merupakan salah satu tanaman hias berbunga yang berasal dari Kawasan Amerika (seperti Mexico yang diantaranya ada Jalisco, Nayarit, Colima, Guerrero , dan Matanego ) dan masih tergolong tanaman kaktus.

Tanaman ini m emiliki kemampuan hidup di daerah yang beriklim sedang maupun beriklim tropis. Namun, tidak semua jenis tanaman Wijaya kesuma bisa berbunga karena hal tersebut dipengaruhi olehbeberapa faktor.

Faktor-faktor yang kami maksud diantaranya adalah keadaan iklim, kesuburan tanah juga cara pemeliharaan.

kembang wijaya kusuma

www.flickr.com

Berbeda dengan tanaman kaktus lainnya, bunga Wijayakusuma tergolong tanaman yang mudah dikenali morfologinya dan bagian-bagian, seperti daun, batang, maupun bagian-bagian lainnya.

Di kalangan masyarakat dan keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta, mempercayai bahwa seorang raja yang akan naik tahta harus mempunyai bunga Wijayakusuma sebagai salah satu syarat utama.

Bagi keluarga keraton, Bunga ini dianggap sebagai pusaka keraton Dwarawati titisan Wisnu sang pelestari Alam, Batara Kresna.

Ciri-ciri bunga Wijayakusuma:

  • Batang induknya berbentuk silinder
  • Tinggi batang bisa mencapai 2-3 meter
  • Daunnya memiliki panjang antara 13–15 cm.
  • Setiap helain daun berbentuk pipih serta berwarna hijau
  • Permukaan daun bertekstur halus tanpa duri
  • Selanjutnya setiap tepian daun berbentuk lekukan-lekukan yang menjadi tempat tumbuhnya tunas-tunas baru
  • Bunganya memiliki diameter 10 cm yang berwarna putih dan hanya mekar di malam hari.
  • Selain bunga, tanaman ini juga menghasilkan buah, buahnya berbentuk bulat berwarna merah dan mempunyai biji yang berwarna hitam.
  • Untuk perkembang biakkan tanaman ini adalah dengan cara penyetekkan ataupun biji.

Manfaat Dan Mitos Tentang Bunga Wijayakusuma

mitos bunga wijaya kusuma

hiveminer.com

Bunga ini sangat dekat dengan mitos-mitos di masyarakat terutama masyarakat di pulau Jawa.

Hal ini bisa kita lihat mulai dari namanya yang menyerupai nama seorang raja, kata wijaya kusuma sendiri  berasal dari dua suku kata yaitu, wijaya yang memiliki arti kemenangan dan kusuma yang berarti tegak sehingga kata wijayakusuma dapat kita artikan sebagai suatu kemenangan mutlak yang dimiliki oleh seorang raja.

Selain itu, yang lebih ajaibnya lagi kita tidak bisa mengetahui secara pasti kapan waktunya bunga ini mekar.

Secara umum bunga ini hanya mekar di malam hari, namun kita tidak bisa memastikannya secara pasti. Hal inilah yang membuat banyak orang bertanya-tanya dan menanggapnya sebagai misteri.

Klasifikasi Genus Epiphyllum (Keluarga bunga Wijaya Kusuma)

Kingdom: Plantae
(unranked): Angiosperms
(unranked): Eudicots
(unranked): Core eudicots
Order: Caryophyllales
Family: Cactaceae
Subfamily: Cactoideae
Tribe: Hylocereeae
Genus: Epiphyllum

Selain itu, masyarakat meyakini bahwa bunga wijaya kusuma pembawa rezeki, mereka percaya jika ada orang yang melihat bunga wijaya kusuma mekar maka ia akan memperoleh rezeki yang tak terduga.

Terlepas dari banyaknya mitos tentang bunga ini, kami pada kesempatan kali ini akan memfokuskan ulasan ini pada manfaat bunga wijaya kusuma bagi kesehatan kita.

Sebelum ulasan ini menggali tentang manfaat bunga wijaya kusuma sebagaimana bunga lidah mertua yang lalu, tidak ada salahnya jika kita mengetahui apa saja kandungan yang terkandung dalam bunga wijaya kusuma, kandungan tersebut diantaranya adalah:

  • Glukosa, yang memunculkan rasa manis pada bunga wijaya kusuma
  • Asam sitrat, yang memunculkan rasa asam pada bunga wijaya kusuma
  • Memiliki PH- netral
  • Mengandung mint, sehingga terasa sejuk di tenggorokan

Adapun bagian bunga wijayakusuma yang bisa digunakan untuk pengobatan adalah bunga dan daunnya saja. Itulah sejumlah kandungan yang terkandung dalam bunga wijaya kusuma.

Untuk melengkapi ulasan kali ini, kami akan menyampaikan tentang manfaat bunga wijaya kusuma, diantara manfaatnya adalah:

Mengatasi batuk berdahak (TBC)

penyakit radang tenggorokan

Meetdoctor.com

Tuberkolosis atau TBC adalah salah satu penyakit mematikan di dunia, ciri-ciri dari penyakit ini adalah batuk berdahak yang tak henti-henti.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan virus yang menempel di tenggorokan, jika terus dibiarkan akan menjadi masalah besar bahkan yang paling parah bisa mengakibatkan kematian.

Cara penyembuhan TBC dengan bunga wijaya kususma adalah dengan merebus 3-5 kuntum bunga wijayakusuma yang dicampur dengan air dan gula aren sebanyak 15 gram.

Rebus sampai mendidih, baru kemudian didinginkan sesaat agar siap diminum. Minumlah ramuan ini sebanyak dua kali sehari setiap hari hingga sembuh.

Mampu meredam/meminimalisir rasa sakit dan menetralisir pembekuan darah

Bunga ini juga mampu mempercepat penyembuhan untuk luka abses (luka yang diakibatkan infeksi bakteri sehingga menimbulkan nanah).

Cara mengobatinya adalah dengan cara menumbuk satu helai daun wijayakusuma sampai halus kemudian oleskan tumbukan tersebut pada luka, dan terakhir gunakan bantuan perban untuk membungkus luka yang telah diolesi tumbukan daun agar tidak kemana-mana.

Disamping itu, bunga ini juga dipercaya mampu mengobati penyakit bisul, caranya cukup mudah yaitu dengan menempelkan bunga pada bisul tersebut sebelum tidur dan lakukan secara terus-menerus sampai sembuh.

Mengatasi Penyakit Asma

mengatasi asma

pequebebes.com

Selain itu, Wijayakusuma juga bisa kita jadikan sebagai obat anti radang, obat batuk, juga pendarahan (hemostatis), mengatasi tuberkulosis paru dengan batuk asma, batuk darah dan muntah darah.

Itulah sejumlah manfaat dan khasiat dari bunga wijaya kusuma. Disamping mempunyai keindahan yang eksotis dan menyimpan banyak teka-teki soal waktu kemekarannya, bunga ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan kita sebagaiaman yang telah kami sampaikan di atas.

Dengan alasan itulah, jangan heran jika ada banyak orang yang ingin menanam dan membudidayakannya di rumah, mungkin termasuk juga teman-teman.

Bagi teman-teman yang ingin menanam, ada beberapa tips dan trik yang hendaknya dijadikan referensi, antara lain :

  • Letakkan bakalan bunga wijaya kusuma di tempat yang teduh atau tidak terkena pparan matahari secara langsung.
  • Gunakan media tanamn berupa, pasir sedikit saja, kemudian sisa potongan kayu, dan tambahkan pupuk organik
  • Pilihlah cabang yang berkualitas, misalnya berdaging daun tebal
  • Selanjutnya potonglah daun tersebut sepanjang 15 cm dan simpan ditempat yang teduh dan kering.
  • Siapkan pot yang berukuran kecil saja, umumnya bunga ini mampu tumbuh dengan akar yang berdesak desakan
  • Jangan lupa lakukan perawatan dan pemeliharaan yang ekstra untuk menghasilkan tanaman yang berkualitas baik, karena bunganya hanya akan mekar jika perawatannya baik.

Jenis-Jenis Bunga Wijaya Kusuma

Bunga wijayakusuma merupakan tanaman bunga yang berasal dari genus epiphyllum, dimana dalam genus ini memiliki banyak spesies yang bunganya tidak kalah indah dengan bunga wijayakususma.

Berikut ini adalah bunga-bunga yang berasal dari genus Epiphyllum, saudara wijayakusuma:

Epiphyllum pumilum

foto bunga wijaya kusuma

www.youtube.com

Epiphyllum pumilum adalah salah satu jenis tanaman kaktus berbunga seperti bunga wijaya kusuma yang berasal dari Meksiko (Vera Cruz, Tabasco, Oaxaca, Chiapas dan Guatemala.

Sama halnya dengan bubga wijaya kusuma tanamn ini biasa dijadikan tanamn hias di rumah.

Ciri-ciri: bunganya berwarna kuning keputih-putihan atau kream dan beraroma wangi serta berdiameter 10-15 cm, Batangnya berbentuk silinder dengan tinggi bisa mencapai 80-150 cm.

Epiphyllum crenatum

kembang wijayakusuma

www.deutscheeiche.ch

Epiphyllum crenatum adalah salah satu jenis tanaman kaktus berbunga seperti bunga wijaya kusuma yang berasal dari Mexico ( Oaxaca & Chiapas ) dan Honduras.

Ciri-ciri: memiliki daun berwarna hijau keabu-abuan, bunganya berwarna putih kream dan memiliki panjang sekitar18-29 cm dengan panjang diameter 15-20 cm serta beraroma harum.

Selain itu, epiphyllum jenis ini memiliki bunga yang berbentuk bulat lonjong dan berbiji hitam.

Epiphyllum laui

bunga jaya kusuma

www.liveinternet.ru

Epiphyllum laui adalah salah satu jenis tanaman kaktus berbunga seperti bunga wijaya kusuma yang berasal dari Meksiko (Chiapas).

Ciri-ciri: tanaman ini mampu tumbuh hingga mencapai tinggi 30-50 cm. Bunganya memiliki panjang 15-16 cm, dan berdiameter 14-16 cm serta bunganya berwarna putih kream.

Daunnya berwarna hijau, berliku namun tidak tajam dan memiliki panjang sekitar 13-15 cm. Tanamn ini memiliki buah berbentuk lonjong berukuran 6-7 cm, dengan ketebalan daging sekitar 3-4 cm.

Daging buah umumnya berwarna merah, putih, atau merah muda ketika sudah matang. Sedangkan, bijinya berbentuk bulat telur hitam, berukuran 2 x 1 mm.

Epiphyllum oxypetalum

pohon wijaya kusuma

thebiggestplantdictionary.blogspot.co.id

Epiphyllum oxypetalum adalah salah satu jenis tanaman kaktus berbunga seperti bunga wijaya kusuma yang berasal dari Amerika Selatan, Meksiko Selatan dan China.

Ciri-ciri: Batang berbentuk selinder, daunnya berwarn hijau gelap dengan panjang 4 cm, dan lebar 1 cm.

Bunganya saat mekar bisa mencapai panjang 30 cm dan berdiameter 17 cmdengan aroma yang wangi dan khas.

Bunganya berwarna kream atau putih, dan kadang kuning. Buahnya berbentuk lonjong, berukuran panjang x diameter= 12 x 8 cm dan berwarna merah keunguan.

Epiphyllum Phyllanthus

Epiphyllum Phyllanthus atau kaktus tebing adalah salah satu jenis tanaman kaktus berbunga seperti bunga wijaya kusuma yang berasal dari Meksiko.

Daunnya bergerigi lembut,. Bunganya akan mekar saat malam hari tiba dan menghasilkan aroma yang kuat.

Phyllanthoides Disocactus

mustika wijaya kusuma

www.flickr.com

Phyllanthoides Disocactus atau bunga permaisuri Jerman, adalah salah satu jenis tanaman kaktus berbunga seperti bunga wijaya kusuma yang berasal dari Amerika Selatan dan Mesoamerika .

Masyarakat Amerika Selatan kuno dan Mesoamerika. Tanaman ini disebut Nopalxochitl oleh suku Aztec.

Ciri-ciri: tanaman ini mampu tumbuh hingga ketinggiannya mencapai 1 m, memiliki cabang primer yang berukuran 40 cm dengan ketebalan berkisar 6 mm.

Panjang daunnya berkisar antara 15-30 cm, dan lebar 2,5-5 cm dengan bentuk daun bergiri lembut.

Bunganya berbentuk lonceng dengan panjang 8-10 cm, dan berdiameter 7-9 cm, warnanya berwarna merah muda dan kadang ungu.

Epiphyllum caudatum

bunga kembang malam

nguyentienquang-huongtram.blogspot.co.id

Epiphyllum caudatum adalah satu diantara jenis tanaman kaktus berbunga seperti bunga wijaya kusuma yang berasal dari Meksiko (Vera Cruz, Tabasco, Oaxaca, Chiapas) dan Guatemala.

Ciri-ciri: bantang berbentuk selinder dengan tinggi berkisar antara 80-150 cm. Daunnya berwarna hijau dengan panjang berkisar antara 10-60 cm dan lebar 3-8,5 cm.

Bunganya memiliki panjang 10-15 cm, dengan aroma harum yang khas dan berwarna putih kehijauan.

Epiphyllum chrysocardium

kembang jaya kusuma

Academia.edu

Epiphyllum chrysocardium adalah satu diantara jenis tanaman kaktus berbunga seperti bunga wijaya kusuma yang berasal dari Gurley, Alabama dan California (Agustus, Castro Valley, Garden Grove, Lakeside).

Ciri-ciri: daunnya memiliki panjang 15-30 cm dan berdiameter 6-12 cm serta berwarna hijau terang dengan bentuk bergerigi lembut.

Bunganya berwarna putih kream, atau ada juga yang menyebutnya golden heart.

Epiphyllum Hookeri

bunga joyo kusumo

www.flickr.com

Epiphyllum Hookeri adalah satu diantara jenis tanaman kaktus berbunga seperti bunga wijaya kusuma yang dapat kita temukan di California (Fontana, Garden Grove, San Diego, Woodcrest).

Ciri-ciri: tanaman ini mampu tumbuh hingga 90-120 cm dan berdiameter batang 36-48 mm. Bunganaya berwarna putih dengan tangkai putik berwarna ungu atau merah mudah, begitu indah.

Mahkota bunganya berjumlah anatara 20-25 helai, jika lihat dari jauh seperti bunga teratai yang sedang mekar.

Demikianlah sekilas tentang Bunga Wijayakusuma, semoga bermanfaat salam hangat Infosiana.net.

Leave a Reply