8+ Cara Mengobati Jantung Bengkak Tanpa Operasi!

Cara mengobati jantung bengkak – Penyakit jantung bengkak atau istilah medisnya yaitu Kardiomegali atau Cardiomegaly adalah kondisi di mana jantung manusia membesar hingga melebihi jantung manusia pada kondisi normal.

Hal tersebut dapat diketahui jika dilakukan pemeriksaan dalam dengan rongsen dada orang yang menderita penyakit jantung.

Pembengkakan pada jantung disebabkan oleh rusaknya otot jantung.

Masalah pada jantung bengkak ada dua macam, yang pertama yaitu kardiomegali dilatasi dan kardimegali hipertrofi.

Risiko Jantung Bengkak

algoafm.co.za

Adapun arti dari kardiomegali dilatasi yaitu kondisi di mana volume bilik pada jantung akan membesar yang dikarenakan otot pada jantung melonggar.

Kemudian untuk kardiomegali hipertrofi yaitu terjadi karena otot jantung yang menebal sehingga terjadi pembengkakan pada jantung.

Selanjutnya untuk gejala pembengkakan jantung antara lain penderita akan mengalami sesak napas yang terjadi ketika beraktivitas, kondisi kaki yang membengkak, dan bertambahnya berat badan disebabkan pembengkakan.

Gejala selanjutnya yaitu penderita akan sering merasa lelah, nyeri pada dada, dan penderita juga sering merasakan dada yang berdebar atau palpitasi.

Apabila jantung membengkak maka risiko jantung bengkak yang kemungkinan dapat terjadi adalah gagal jantung kongestif yaitu salah satu penyebab gagal jantung, hal tersebut dikarenakan otot jantung sudah tidak bisa memompa darah yang cukup ke seluruh tubuh.

Risiko selanjutnya aritmia jantung yaitu kondisi di mana membesarnya sel otot pada jantung serta dinding ventrikel akan menebal tidak pada umumnya.

Selain itu penderita juga mungkin akan mengalami atrial fibrilasi, stroke, serangan jantung yang diakibatkan adanya pembuluh darah yang tersumbat, emboli paru, henti jantung, murmur pada jantung, disfungsi pada paru-paru, dan yang paling mengerikan meskipun akan terjadi pada siapa pun yaitu kematian.

Melihat risiko yang akan terjadi membuat sebagian orang bertanya-tanya apakah jantung bengkak bisa sembuh total? Dan jawabannya adalah bisa.

Oleh karena itu Anda tidak perlu khawatir jika Anda maupun salah satu kerabat Anda terkena jantung bengkak karena penyakit jantung bengkak bisa sembuh total.

Yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengetahui lebih dalam mengenai jantung bengkak serta bagaimana cara menyembuhkannya.

Cara Untuk Pengobatan Jantung Bengkak

Mengetahui Ciri-Ciri Jantung Bengkak

Ciri-ciri dari seseorang yang menderita jantung bengkak adalah terjadinya edema, yaitu kelebihan cairan pada jaringan tubuh yang bisa membuat bengkak di area kaki, area pergelangan kaki, serta lengan.

Ada dua macam edema yaitu edema periferal yang muncul di bagian tubuh berbeda dalam waktu yang bersamaan, sedangkan edema pedal muncul hanya di bagian kaki.

Bertumpuknya cairan berlebih ketika seseorang menderita jantung bengkak berada di pembuluh darah bagian dalam serta di interstitial bagian dalam.

1. Lingkar Pinggang Meningkat

Apakah Jantung Bengkak Bisa Sembuh Total

Kompasiana.com

Abdomal girth yaitu pembengkakan yang terjadi pada bagian perut. Perlu Anda ketahui bahwa lingkar pinggang sehat untuk laki-laki maksimal adalah 90 cm dan maksimal 80 cm untuk lingkar pinggang seorang perempuan.

Untuk kesehatan pada liver, pada usus, serta jantung dapat menggunakan lebar dari lingkar pinggang sebagai tolak ukur.

2. Peningkatan Berat Badan

Sesorang yang kelebihan cairan karena jantung bengkak akan membuat dirinya mengalami berat badan yang naik dengan drastis.

3. Aritmia

Irama pada jantung tidak teratur atau yang disebut dengan aritmia, karena kondisi yang normal adalah 50 sampai 100 detak jantung per menit.

Aritmia sering muncul pada mereka yang menderita jantung bengkak karena kinerja untuk jantungnya sudah tidak maksimal.

4. Palpitasi

Palpitasi adalah kondisi di mana seseorang merasa tidka nyaman yaitu seperti merasa detak jantung menjadi cepat, menjadi kuat, dan tidak teratur.

Itulah beberapa ciri-ciri dari jantung bengkak, adapun ciri-ciri yang lain yaitu mudah lelah, napas menjadi pendek, nyeri pada dada, dan pingsan.

Pengobatan Jantung Bengkak

Pengobatan pada jantung bengkak sangat diperlukan apabila penderita ingin sembuh total, seperti diantaranya dengan pengobatan menggunakan ramuan tradisional untuk jantung bengkak atau dengan terapi penyembuhan penyakit jantung bengkak.

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

1. Ramuan Kulit Manggis

 

Ramuan Tradisional Untuk Jantung Bengkak

redmaxs.net

Kulit manggis ini dipercaya mampu untuk menyembuhkan segala macam penyakit, salah satunya adalah mengobati jantung bengkak.

Perlu Anda ketahui jika pada kulit manggis terdapat senyawa xanthones sehingga mampu melawan radikal bebas karena senyawa ini adalah anti oksida cukup tinggi.

Kandungan anti oksidan yang tinggi dalam kulit manggis juga berguna untuk dijadikan obat bagi penderita vertigo dan wasir atau ambeien, tentunya dengan konsultasi terlebih dulu dengan dokter anda.

Selain itu ada juga zat besi, fosfor, ada kalsium, ada kalium, niasin, serat, natrium, vitamin B1, B2, vitamin C, zat tannin serta protein.

Anti oksida pada kulit manggis mampu menangkal radikal bebas dalam proses penyumbatan nantinya akan di keluarkan dari dalam tubuh.

Zat xanthones juga terbukti bisa untuk meluaskan pembuluh serta peredaran darah yang lancar, hal ini dapat membuat penyakit jantung bengkak menjadi sembuh.

2. Bawang Putih

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan bumbu dapur yang satu ini bukan?

Bawang putih mempunyai kandungan anti inflamasi untuk meredakan nyeri serta sakit yang ditimbulkan dari otot jantung yang bengkak.

Selain itu anti oksida pada bawang putih juga dapat menjauhkan sel kanker dari tubuh serta dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami.

Cara mengobati jantung bengkak dengan ramuan ini yaitu dengan beberapa bawang putih yang telah dikupas dan dicuci bersih dihaluskan, kemudian ditambahkan dengan madu dan langsung di minum hingga habis.

3. Temu Giring

Penduduk Jawa mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman herbal yang satu ini, sebab temu giring dipercaya bisa menyembuhkan jantung bengkak.

Hal tersebut karena kandungan anti inflamasi dari temu giring yaitu minyak atsiri, amilum, tanin, damar, zat pahit, flavonoid, serta saponin yang cocok dalam mengobati penyakit jantung bengkak.

4. Mahkota Dewa

Tanaman herbal yang berasal dari Papua ini disebut juga dengan Phaleria Papuana yang mampu menjadi obat untuk jantung bengkak karena zat aktif yang terkandung di dalamnya yaitu zat polifenol, zat saponin, zat flavonoid, serta zat alkaloid.

Cara membuat ramuan dari mahkota dewa adalah daging buah dari mahkota dewa kering sebanyak 5 gram, daun pegagan 15 gram, daun sambilito yang sudah kering 10 gram, dan daun dewa sebanyak 15 gram.

Bahan-bahan tersebut di cuci bersih dan rebus dengan air bersih sebanyak 5 gelas. Rebus air hingga menyusut menjadi 3 gelas kemudian angkat lalu saring. Ramuan lebih baik di minum 3 kali dalam sehari.

Buat Anda yag menderita kista kandungan yang ada di dalam buah mahkota dewa juga sangat berguna untuk menyembuhkan penyakit kista secara alami.

Terapi Penyembuhan Penyakit Pembengkakan Jantung

Ciri Ciri Jantung Bengkak

Tomsguide.com

Beberapa terapi untuk penyembuhan penyakit jantung bengkak sesuai dengan penyebabnya yaitu jika dikarenakan hipertensi maka Anda harus rajin dalam olahraga, pola hidup dijaga dengan menjauhi konsumsi makanan yang berlemak tinggi dan alkohol.

Jika disebabkan di katup jantung maka solusinya adalah dengan mengganti atau memperbaiki kerusakan pada katup jantung.

Jika disebabkan oleh kelainan tiroid maka dapat diobati dengan obat-obatan dari dokter atau operasi pengangkatan untuk kelenjar tiroid.

Dan jika disebabkan oleh stress maka istirahat cukup atau konsultasi ke ahli jiwa agar kondisi stres tidak menjadikan jantung bengkak menjadi parah.

Kemudian langkah terakhir yaitu dengan transplantasi jantung pada penderita yang sudah terlalu parah.

Itulah di atas mengenai ciri-ciri dari jantung bengkak dan pengobatan untuk jantung bengkak yang dapat Anda lakukan.

Oleh karena itu jaga pola hidup yang sehat dan konsumsi lah makanan untuk penyakit jantung bengkak seperti kacang-kacangan, sayuran, bawang putih, buah yang mengandung anti oksida, makanan dengan kandungan omega 3, dan makanan sehat lainnya.

Leave a Reply