5 Cara Penularan dan Menyembuhkan Penyakit Hepatitis B Dengan Bahan Alami

Cara Menyembuhkan Penyakit Hepatitis B –¬†Pengertian hepatitis B yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis B atau HBV. Jika penyakit ini tidak ditangani dengan cepat dan tepat maka bukan tidak mungkin penderitanya bisa mengalami kondisi yang lebih kronis.

Hal ini akan mengakibatka komplikasi yang jauh lebih berbahaya misalnya risiko terkena sirosis dan kanker hati.

For our info nih guys, selain penyakit yang berbahaya ternyata penyakit hepatitis B ini tergol0ng penyakit yang menular, hanya saja penularannya bukan melalui konak fisik maupun makanan melainkan melalui infeksi darah dari si penderita.

Misalnya saja  hubungan seksual, penggunaan jarum suntik, dan transfusi darah yang terinfeksi oleh virus. Jika pada bayi, biasanya penularannya melalui ibunya pada saat proses melahirkan.

Bahaya hepatitis B tentunya bisa mengancam siapa saja, namun bisa ditangani dengan cara yang tepat. Namun, tidak perlu khawatir karena hepatitis B bisa dicegah.

Adapun cara pencegahan hepatitis B bisa dengan melakukan vaksinasi agar tubuh kebal terhadap virus. Meskipun vaksinasi tidak sepenuhnya bisa mencegah datangnya penyakit hepatitis B.

Berikut ini mengenai penyakit hepatitis B mulai dari gejala, ciri-ciri, dan bagaimana cara menyembuhkannya.

Ketahui Sejak Dini Ciri Hepatitis B

Penyakit Hepatitis B

WHO memperkirakan sebanyak 680 ribu orang lebih meninggal dunia setiap tahunnya karena komplikasi hepatitis B.

Di Indonesia, dari hasil riset kesehatan pada tahun 2015 menunjukkan bahwa sekitar 28 juta jiwa menderita hepatitis B.

Dari keseluruhan penderita tersebut, 50% penderita berpotensi menjadi kronis, dan 10 persen dari penderita kronis tersebut berisiko mengalami sirosis dan kanker hati.

Jenis Hepatitis B

Infeksi hepatitis B terdiri dari dua jenis, yaitu hepatitis B akut dan hepatitis B kronis.

Untuk hepatitis B akut biasanya bisa sembuh dalam beberapa bulan karena sistem kekebalan tubuh yang dapat membunuh virus.

Hepatitis B akut ini biasanya diderita oleh orang dewasa. Sedangkan infeksi hepatitis B kronis biasanya menyerang bayi dan anak-anak.

Infeksi kronis ini terjadi jika virus sudah berada selama lebih dari 6 bulan di dalam tubuh. Anak yang terinfeksi sejak lahir memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan anak yang terinfeksi setelah lahirnya.

Hepatitis B kronis yang menyerang orang dewasa berpotensi mengalami sirosis atau kerusakan hari jangka panjang karena luka pada hati.

Pengobatan Hepatitis B Akut dan Kronis

cara pengobatan hepatitis b

Cara menyembuhkan penyakit hepatitis B akut bisa mengikuti perawatan di rumah sakit, penderita biasanya akan segera pulih dalam beberapa bulan jika tidak terkena hepatitis B kronis.

Untuk itu penderita disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter. Penderita yang sudah merasa sehat belum tentu terbebas sepenuhnya dari virus.

Sehingga pemeriksaan kesehatan dan tes darah harus secara rutin dilakukan.

Kalimat pertama. Cara menyembuhkan penyakit hepatitis B akut yag ebnar dan tepat adalah dengan mengikuti pengobatan dan perawatan di rumah sakit terdekat, penderita biasanya akan segera pulih dalam beberapa bulan jika tidak terkena hepatitis B kronis.

Sedangkan untuk penyakit hepatitis B kronis, pada umumnya akan membutuhkan obat-obatan dalam jangka panjang untuk mencegah kerusakan hati.

Dunia kesehatan telah mengalami perkembangan, sehingga obat-obatan sudah banyak ditemukan untuk menghambat proses kerusakan pada hati.

Namun kemampuan dari obat-obat tersebut untuk menghilangkan virus sangat kecil. Oleh karena itu, penderita bisa melakukan tes darah secara rutin dan melakukan cek kesehatan untuk mengetahu perkembangan organ hati yang terinfeksi.

Namun jika kerusakan pada hati sudah terlalu parah, tidak jarang jika dokter sering menyarankan untuk melakukan transplantasi hati.

Gejala Hepatitis B

Tanda-tanda penyakit hepatitis B tidak secara langsung dapat diketahui, karena gejalanya tidak terasa dan hampir tidak muncul.

Gejala awal hepatitis B ini biasanya dimulai dari singgah dan berkembang selama 1 hingga 5 bulan. Berikut ini merupakan gejala hepatitis B yang harus diketahui, yaitu:

  • Nafsu makan menghilang
  • Mual dan muntah
  • Nyeri di bagian bawah perut
  • Sakit kuning, yang ditandai dengan kulit dan bagian putih mata yang menguning
  • Lelah, nyeri tubuh, dan sakit kepala

Gejala penyakit hepatitis B tersebut bisa menjadi perhatian khusus, sehingga bisa langsung melakukan penanganannya sebelum bertambah parah.

Penularan Hepatitis B

Hepatitis B memang merupakan penyakit menular, untuk penularannya sendiri bisa melalui berbagai cara.

Namun, penularan hepatitis B hanya bisa melalui cairan tubuh yang terinfeksi oleh virus hepatitis B ini. berikut ini beberapa cara penularan hepatitis B dari orang yang terinfeksi pada umumnya.

1. Kontak seksual, biasanya penyakit hepatitis bisa menular melalui cairan pada saat berhubungan intim dengan pasangan.

Salah satu pasangan yang terinfeksi hepatitis B bisa menularkan penyakitnya kepada pasangannya.

2. Jarum suntik, berbagi jarum suntik dengan penderita hepatitis B berpotensi menularkan penyakitnya kepada orang lain.

Kontak secara tidak langsung dengan jarum suntik, seperti petugas medis yang secara tidak sengaja menyentuh jarum yang terinfeksi, maka bisa tertular.

Oleh karena itu, setiap berhadapan dengan jarum suntik supaya lebih waspada supaya terhindar dari berbagai penyakit menular.

3. Transfusi darah, darah yang terinfeksi seharusnya tidak diperbolehkan untuk didonorkan kepada orang lain.

Sehingga sebelum transfusi dilakukan, biasanya sebelumnya ada pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui kondisi tubuh.

4. Berbagi peralatan dengan penderita, contohnya seperti berbagi sikat gigi, alat cukur yang sudah terinfeksi.

5. Ibu dan bayi, cara penularan yang terakhir ini sulit untuk dihindari. Pada umumnya virus menular pada saat proses persalinan. Virus ini bisa menular kepada bayi dari ibunya yang telah terinfeksi virus hepatitis B.

Cara Pengobatan Hepatitis B dengan Bahan Alami

Jika penyakit hepatitis B semakin lama diobati, maka bukan tidak mungkin jika virus akan berkembang dan bertambah parah.

Kondisi tubuh juga berisiko semakin lemah dan semakin kurus. Untuk mengobati penyakit ini ada beberapa bahan alami yang bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan infeksi ini.

Salah satu cara alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan hepatitis B ini adalah buah mengkudu.

Buah yang memiiki bau khas ini ternyata sangat efektif mengobati hepatitis B. Penderita bisa mengkonsumsi air dari rebusan buah mengkudu tersebut.

Atau bisa dengan mengkonsumsi jus dan ekstrak yang mengandung vitamin dari buah mengkudu ini. Selain itu buah beraroma khas ini juga bisa diguakan sebagai tanaman obat untuk penyakit cacar air.

Brotowali baik untuk mengobati penyakit hepatitis, khasiatnya mampu menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh virus ini. Jika anda memiliki masalah dengan asam urat. tanaman ini bisa dijadika obat tradisional untuk penyakit asam urat.

Berbagai macam rempah-rempah memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Misalnya seperti rempah-rempah ini, yaitu temulawak.

Konsumsi temulawak setiap hari bisa menyembuhkan infeksi penyakit hepatitis B. Caranya misalnya dengan membuat temulawak menjadi jamu.

Demikian itu adalah mengenai penyakit hepatitis B yang bisa menyerang anak-anak hingga orang dewasa.

Memang gejala-gejala hepatitis B tidak bisa secara langsung muncul. Bagi penderita hepatitis B bisa melakukan berbagai cara pengobatan.

Cara penyembuhan hepatitis B bisa dilakukan dengan cara alami maupun dengan bantuan medis.

Dalam dunia kedokteran terdapat istilah HbsAg (Hepatitis B Surface Antigen), yaitu protein permukaan virus hepatitis B, atau jika pemeriksaan dilakukan maka bisa diketahui hasil yang positif atau negatif. Sedangkan untuk penderitahepatitis B bisa sembuh HbsAg negatif 1.

 

Leave a Reply


Loading...