9 Jenis dan Gambar Bunga Tulip yang Menyejukkan Mata

Bunga Tulip – Ketika kita mendengar istilah bunga tulip pasti yang terbayang di kepala kita adalah bunga indah yang menjadi salah satu wisata favorit di Negeri Belanda.

Bunga tulip adalah salah satu bunga hias yang memiliki tidak kirang dari 100 spesies yang berasal dari Asia Tengah.

foto bunga tulip

pinterest.com

Kita akan mudah menemukan bunga ini di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan, karena biasanya tumbuhan ini tumbuh liar disana. (Wikipedia)

Keindahan bunga tulip tidak bisa diragukan lagi sehingga wajar jika Iran dan Turki menjadikannya bunga ini sebagai bunga Nasionalnya.

Berdasarkan beberapa literatur sejarah terpercaya bunga ini pertama kali ditemukan pada masa pemerintahan Kekhilafahan Turki Usmani.

Asal Usul dan Klasifikasi ilmiah bunga tulip

Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Monokotil
Ordo: Liliales
Famili: Liliaceae
Upafamili: Lilioideae
Genus: Tulipa

Saat ini bunga tulip yang biasa kita kenal lebih identik dengan bunga yang menjadi ciri khas dari Negara Eropa, misalnya saja Belanda.

Jika kamu ingin menanam bunga kuncup ini di rumah, siap-siap kecewa. Pasalnya tanaman ini hanya mampu tumbuh di daerah yang bersuhu dingin.

Jadi jika teman-teman masih ingin menanam bunga tulip di Indonesia maka daerah yang cocok untuk tanaman ini adalah kawasan Dieng, puncak, dan lainnya.

Meskipun terbilang tanaman yang tidak cocok dengan suhu tropis namun bunga kuncup ini sudah bisa kita jumpai di Indonesia, tepatnya di Taman Bunga Nusantara yang berada di Cipanas.

Keindahan kelopak bunga serta warna bunga yang cerah dipastikan akan membuat para pecinta bunga terkesima dan kepincut untuk menanamnya di rumah.

 

Jenis-jenis Bunga Tulip yang Populer di Dunia

lukisan bunga tulip

InspirationSeek.com

Bunga tulip merupakan satu dari diantara tanaman hias berbunga yang memiliki keindahan bentuk dan keaneka ragaman warnanya sehingga wajar jika banyak orang yang menyukainya.

Sama-halnya dengan bunga matahari yang telah kita bahas pada pembahasan sebelumnya, bunga ini memiliki ciri khas dan warna yang berbeda disetiap spesies atau jenisnya.

Berbagai corak warna yang bisa kita nikmati dari bunga kuncup ini diantaranya adalah berwarna putih, merah, ungu, pink (merah muda), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun diantara spesies yang ada hanya ada beberapa jenis saja yang populer di telinga masyarakat. Hal ini karena bunga tulip yang populer tersebut memiliki keindahan yang unik dan sangat menyejukkan mata.

Nah untuk menjawab rasa penasaran teman-teman tentang jenis-jenis bunga tulip, berikut kami berikan ulasan tentang bunga tulip terpopuler di seluruh dunia. Selamat menikmati.

 

Bunga Tulip Double Late

bunga tulip ungu

www.longfield-gardens.com

Jenis double late atau yang biasa disebut dengan Peony Flowered Tulip adalah salah satu jenis bunga tulip bentuk bunganya seperti bunga peony.

Ciri-ciri: Bunganya berukuran besar atau bisa juga dibilang terbesar dibandingkan jenis bunga tulip lainnya, selanjutnya susunan daun mahkotanya berlapis-lapis, hal inilah yang membuat bunga nasional dari negara Turki dan Iran ini disebut Double late.

Jenis tulip ini hendaknya ditanam di lokasi yang terlindung dari cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang dll. Hal bertujuan agar bunganya tetap tegak terlindungi.

Tanaman ini memiliki tinggi berkisar antara 30-41 cm dan akan mulai berbunga di akhir bulan April.

Dengan bentuk bunganya yang besar dan indah, tak heran jika bunga ini menajid salah satu favorit warga dan wisatawan.

Jenis double late hanya mempunyai beberapa kultivar, seperti ‘Angelique’ (putih merah jambu), ‘Mount Tacoma’ (putih), dan ‘Ice Cream’ (bagian bawah merah jambu, bagian atas putih).

 

Bunga Tulip Single Late

harga bunga tulip

www.dutchgrown.com

Jenis Single Late merupakan salah satu jenis bunga tulip yang memiliki satu lapis susunana mahkota, itulah yang membuatnya disebut sebagai single late.

Ciri-ciri: hampir serupa dengan jenis bunga tulip sebelumnya, hanya saja ukuran mahkota bunganya lebih kecil.

Single late tergolong bunga yang agak lambat dibandingkan bunga tulip lainnya dalam hal berbunganya. Umumnya bunga ini akan bermekaran saat memasuki bulan April, dan terkadang lebih lambat hingga akhir bulan April atau awal Mei.

Semua kultivar dari jenis single late memiliki karakter batang yang panjang dan kuat. Jenis ini merupakan hasil persilangan dari berbagai jenis tulip seperti ‘Breeder,’ ‘Darwin’ dan ‘Cottage’, dimana ciri-ciri dari indukannya sudah tidak lagi nampak karena sudah hilang akibat proses hibridisasi.

Jenis single late memiliki tinggi sekitar 37-76 cm. Meskipun terbilang lambat namun ada jenis ‘Ile-de-France’ yang berbunga lebih cepat dibandingkan dengan jenis tulip single lainnya.

Contoh dari single late adalah: ‘Pink Diamond’ (merah jambu) dan ‘Queen of Night’ (ungu tua).

 

Bunga Tulip Greigii

cara membuat bunga tulip

wildgingerfarm.com

Bunga ini merupakan jenis bunga tulip (Tulipa greigii) yang berasal dari Turkestan. Ciri khas dari tulip gregii terletak pada bentuk bunganya yang mempunyai kelopak yang berukuran sedang serta terbuka. Dimana pada bagian dasar bunganya terkadang berwarna lebih gelap.

Sedngakan Pada bagian daunnya mempunyai ciri khas berupa motif garis-garis atau berwarna ungu dengan batang tanaman yang kokoh dan tinggi tanaman berkisar antara 20-30 cm.

Tulip jenis ini umumnya akan mulai berbunga ketika memasuki bulan April.

 

Bunga Tulip Darwin Hybrid

bunga tulip

wildgingerfarm.com

Bunga jenis ini tergolong jenis baru karena baru dikenal setelah Perang Dunia ke-2 berakhir. Bunga ini merupakan hasil persilangan antara Tulipa fosteriana yang berukuran besar dan tulip jenis ‘Darwin.’

Darwin Hybrid mempunyai bunga yang besar dibandingkan dengan bunga jenis-jenis lainnya. Hal ini lah yang membuat bunga ini ditanam dan dijadikan sebagai bunga taman.

Bahkan banyak petani yang menjadikannya sebagai bunga komersil atau budidaya untuk dijual dan dijadikan bunga potong.

Bunga jenis ini banyak dipilih oleh petani karena terbilang mudah dalam hal penanaman, memiliki batang yang kuat dan kokoh serta tahan dengan serangan virus.

Tanaman memiliki tinggi sekitar 30-51 cm dan akan mulia berbunga saat pertengahan bulan April. Diantara jenis bunga Darwin hibryd yang banyak dibdidayakan adlaah: ‘Pink Impression’ (merah jambu), ‘Apeldoorn’ dan ‘Oxford’ (merah).

Selain kedua jenis di atas, ada juga warna-warni dan jenis lain yang merupakan hasil keturunan dari ‘Apeldoorn’ dan ‘Oxford,’ seperti ‘Golden Oxford’ (kuning tua), ‘Blushing Apeldoorn’ (oranye kekuningan), dan ‘Oxford Elite (oranye dengan pinggir kekuningan).

 

Bunga Tulip Triumph

filosofi bunga tulip

www.blackberrygarden.co.uk

Bunga  Triumph merupakan hasil dari hibrida Single Early yang termasuk ke dalam bunga yang lambat berbunga. Bunga ini memiliki batang yang kuat dengan bunga berbantu bulat telur, bunga ini tahan terhadap terpaan cuaca buruk.

Tulip Triumph merupakan jenis bunga tulip yang dihasil dari proses hibrida antara jenis Single Early dengan bunga tulip yang berbunga lambat.

Ciri-ciri: bunganya berebntuk bulat telur khas Tulip, batangnya kokoh dan kuat. Dan hebatnya lagi, bunganya mampu bertahan diberbagai kondisi dan cuaca bahkan di cuaca buruk sekalipun.

Bunga ini umunya dimanfaatkan untuk diambil bunganya dan dijadikan sebagai bunga potong. Tanaman ini memiliki tinggi sekitar 25-41 cm dan baru mulai berbunga ketika memasuki pertengahan April.

Diantara jenis-jenis tulip triumph adalah ‘Negrita’ (ungu), ‘Kees Nelis’ (campuran merah dan kuning), ‘White Dream’ (putih), ‘Prominence’ (merah), ‘Cairo’ (coklat), ‘Zurel’ (campuran ungu dan putih), ‘Gavota’ (merah tua dengan pinggiran kuning).

Bahkan ada salah satu turunan bunga ini menggunakan nama kota di Indonesia, yaitu Tulip ‘Makassar’ yang bunganya berwarna kuning.

Bunga Tulip Apricot (Single early)

buket bunga tulip

www.whiteflowerfarm.com

Jika teman-teman menginginkan tanaman tulip yang berbunga cepat, teman-teman bisa menjadikan tulip Apricot sebagai pilihannya.

Bunga Apricot tergolong kembang tulip yang cepat berbunga. Dengan karakter mahkota yang tersusun rapi dan berlapis membuatnya begitu menarik dan menawan.

Uniknya lagi bunga ini hanya memiliki mahkota bunga yang berjumlah 6 helai saja. meskipun hanya 6 helai soal keindahan tidak kalah saing dengan jenis bunga tulip lainnya.

Selain itu bunga jenis ini memiliki batang yang cenderung pendek dengan tinggi tanaman berkisar antara 20-30 cm.

Diantara contoh kembang tulip yang tergolong jenis ini adalah Apricot Beauty dan Christmas Dream.

 

Bunga Tulip Kaufmaniana

nama latin bunga tulip

www.vanengelen.com

Jenis tulip ini merupakan spesies hasil perkembangan dari jenis Tulipa kaufmanniana asal Turkestan. Bunga ini tergolong tanaman yang cepat berbunga, umumnya bunga jenis ini akan mulai berbunga saat memasuki bulan Maret sebagimana yang terdapat di Washington DC.

Ciri-ciri: Tanaman ini tergolong tanaman yang berbatang pendek, yaitu sekitar 10-20 cm saja tingginya.

Karakter bunga terbuka lebar atau mekar di bawah terik sinar matahari sehingga terlihat seolah-olah bintang segi enam.

Selain itu, bunganya berwarna kuning dengan garis merah di tepinya membuat tanaman ini terlihat begitu istimewa dan mewah.

 

Bunga Tulip Double Early

manfaat bunga tulip

www.jparkers.co.uk

Bunga ini memiliki 6 mahkota bunga bahkan yang sering lebih dari angka tersebut, meskipun begitu jumlahnya tidak bisa sebanyak jenis Double Late.

Soal keindahan, jangan ditanya. Sama halnya dengan jenis bunga tulip lainnya bunga ini memiliki kuncup bunga ynag begitu menawan dan manis, kayak kamu, iya kamu.

Bunganya memiliki tinggi sekitar 20-30 cm serta mempunyai batang yang tergolong kuat dan kokoh serta yang lebih menariknya lagi bunganya lebih tahan lama.

Tulip jenis ini umumnya akan mulai berbunga saat memasuki bulan April awal. Warna bunganya juga cukup beragam, namun warna yang paling populer adalah warna merah muda. Warna tersebut mewakili warna dan sifat wanita yang begitu feminim.

Jika kita telusuri bunga ini merupakan keturunan dari tulip jenis ‘Murillo’ yang bunganya berwarna putih. Contoh dari bunga jenis ini adalah: ‘Peach Blossom’ dan ‘Monte Carlo.’

Bunga Tulip Fosteriana

bunga tulip di belanda

www.jparkers.co.uk

Tulip jenis Fosteriana merupakan jenis bunga yang berbunga cepat dan sangat mudah untuk dikembang biakan.

Tulip Fosteriana merupakan hasil proses hibrida dari berbagai jenis bunga tulip yang berasal dari Asia Tengah.

Jenis ini akan mulai berbunga di sekitar bulan April awal. Sedangkan tinggi tanaman ini berkisar antara  25-51 cm.

Jensi tulip yang tergolong Fosteriana adalah: ‘Purissima’ (putih) dan ‘Sweetheart’ (kuning dengan warna putih pada tepi daun mahkota).

Harga Bunga Tulip di Indonesia

sketsa bunga tulip

Pinterest.com

Buat teman-teman yang daerahnya kseulitan dalam menanam bunga ini dengan berbagai alasan, baik itu daerah yang panas, daerahnya sudah banyak pemukiman, atau berbagai alasan lainnya.

Teman-teman tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada menjual rangkaian bunga tulip, meskipun hanya sebagian kecil kota besar di Indonesia. Misalnya saja di Jakarta ada toko yang bernama Florist Jakarta.

Toko tersebut menjual beberapa jenis bunga, termasuk bunga tulip untuk berbegai kebutuhan teman-teman sekalian.

Soal harga? Jangan ditanya karena bunga ini masih jarang dijumpai di Indonesia maka jangan heran jika harganya selangit.

Bayangkan harga bunga tulip disetiap paketnya berkisar antara Rp 375.000-500.000, Harga yang menggiurkan bukan?

Dimana setiap paketnya terdiri dari 12-20 tangkai bunga tulip. Jika dihitung-hitung maka setangkai bunga tulip harganya sekitar Rp 30.000-40.000. bayangkan setangkai bunga tulip dihargai sebegitu fantastis.

Bagaimana? Harga yang cukup fantastis bukan? Buat teman-teman yang tinggal di daerah atau kawasan pegunungan yang dingin tidak ada salahnya jika membudidayakan bunga yang indah ini.

Untuk apa? Untuk dijadikan sebagai objek wisata atau bisa juga di jual pertangkainya ke kota-kota besar.

Demikianlah sekilas tentang bunga tulip yang bisa kami ulas pada kesempatan kali ini, mudah-mudahan bisa disambung dilain waktu. Semoga bermanfaat, salam hangat Infosiana.net.

 

Leave a Reply