10 Hewan Langka di Dunia Beserta Gambarnya

Loading...

Hewan Langka Di Dunia – Setiap tanggal 23 Mei masyarakat dunia memperingati Hari Spesies Langka 2016, World Wide Fund for Nature (WWF) dan sekaligus mengumumkan 17 hewan langka di dunia.

Hewan langka adalah sejumlah hewan yang keberadaanya di alam bebas mengalami penurunan jumlah populasinya.

Yang lebih menyedihkan lagi, dari 17 spesies langka itu, 5 spesies di antaranya merupakan hewan endemik asal Indonesia, mereka adalah: badak jawa, gajah jawa, orangutan sumatera, badak sumatera, dan macan sumatera.

Video Hewan Langka di Dunia Tahun 2010

Sebagaimana yang telah dilansir oleh Metro.co.uk, kampanye Hari Spesies Langka tahun ini lebih ditekankan pada harapan agar setiap orang, baik itu yang masih anak-anak, remaja, maupun orang dewasa diharapkan mau belajar tentang spesies dan binatang-binatang yang saat terancam punah itu.

Dan yang paling penting dari peringatan ini adalah kita ditekankan untuk ikut serta dalam menjaga dan melestarikan spesies langka tersebut. Selain itu juga, kita harus mengetahui apa yang mesti dilakukan untuk melindungi dan melestarikan hewan-hewan langka ini.

Hal ini dalam arti, seluruh kebun binatang, akuarium, taman, kebun raya, taman marga satwa, museum, sekolah, pusat-pusat komunitas, kelompok konservasi, maupun organisasi lainnya, perlu membuat satu agenda besar, yaitu edukasi tentang satwa-satwa liar.

Pihak-pihak itulah yang saat ini dianggap kompeten dan keberadaannya dianggap oleh masyarakat, dengan adanya lembaga-lembaga, organisasi-organisasi tersebut, mereka bisa membantu untuk menyampaikan ancaman-ancaman yang akan terjadi jika manusia tidak segera berbenah dan  mengubah perilakunya terhadap hewan-hewan terancam punah tersebut.

Sebagaimana ulasan tentang hewan langka di Indonesia yang telah kami publish sebelumnya, pada kesempatan ini kami ingin menyajikan ulasan tentang hewan langka di dunia. Tanpa berlama-lama mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Daftar Hewan Paling Langka Di Dunia

foto hewan langka

halalmedia.net

Bumi adalah satu-satunya tempat yang layak untuk dijadikan tempat tinggal bagi 10, 96 juta makhluk hidup. Pada tahun 1700-an, ada seorang ahli biologi bernama Carl Linnaeus membuat sebuah sistem pencatatan dan pengelompokan setiap makhluk hidup yang ada di dunia ini.

Sistem tersebut bernama sistem taksonomi. Saat itu beliau berhasil mencatat beraneka ragam makhluk hidup berdasar pada kemiripan fisik dan struktur organnya.

Hingga akhirnya beliau mampu mengumpulkan serta mencatat sekitar 1.25juta jenis makhluk hidup.

Berkat jasa dan penemuan beliau berdasarkan cara pencatatan taksonomi, setidaknya ada 8,75 juta makhluk hidup yang tinggal dan hidup di daratan.

Kemudian sekitar 2.21 juta makhluk hidup di dalam perairan. Dengan demikian total jumlah makhluk hidup yang beliau temukan sekitar 10.96 juta makhluk hidup.

Tetapi, dari seluruh jumlah tersebut hanya sebagian kecil saja yang berhasil diidentifikasi dan tercatat, yaitu sekitar 1.44 juta jenis termasuk di dalamnya 1.244 juta jenis mahkluk hidup di daratan dan 194 ribu jenis mahkluk hidup di perairan.

1  Hewan Langka Di Dunia: Saola (Pseudoryx nghetinhensis)

binatang aneh

www.deviantart.com

Saola merupakan hewan langka di dunia yang bentuknya sejenis kambing, hewan memamh biak ini hidup di daerah sekitar Vietnam dan Laos.

Jika dilihat dari struktur bentuk maka hewan ini bisa kita katakan mirip dengan kambing, hanya saja tubuhnya lebih tinggi yaitu 85 cm dan panjang kepala hingga ekor berkisar antar 150-180 cm (untuk betina dewasa).

Selain itu hewan ini memiliki ekor yang kecil dan pendek, telinganya sedikit panjang. Sekujur tubuhnya berwarna cokelat hanya sebagian kecil berwarna bercak putih di bagian kepala dan bagian belakang dekat ekor.

Hewan ini juga memiliki tanduk yang tidak terlalu panjang berkisar 8-20 cm sedangkan tanduk pejantan bisa mencapai 50 cm.

Jumlah populasi Saola yang berhasil dirilis oleh IUCN pada tahun 2013 berkisar antara 75-700 ekor saja di alam bebas.

2 Hewan Langka Di Dunia: Dugong atau Duyung (Dugong dugon)

hewan terlangka di dunia

animals.nationalgeographic.com

Dugong atau duyung adalah salah satu jenis hewan mamalia laut yang keberadaanya saat ini digolongkan ke dalam hewan langka dunia, menurut IUCN.

Hewan ini hidup di bebepa perairan asin di dunia, misalnya  Afrika Timur dan Asia Selatan (500 ekor), Samudra Pacific (50 ekor), perairan Australia (10000 yang sebelumnya 20000 ekor) dan perairan Mediterania (punah).

Ikan ini memiliki tubuh yang panjang dan berwarna abu abu gelap. Memiliki bulu-bulu di sekitar mulut dan moncongnya mengarah ke bawah.

Hewan ini merupakan herbivora; pemakan rumput laut dan banyak diburu sejak ribuan tahun lalu untuk diambil daging dan minyaknya.

3 Hewan Langka Di Dunia: Addax (Addax nasomaculatus)

foto hewan langka

animalcorner.co.uk

Addax merupakan salah satu hewan sejenis kijang yang berasal dari di Gurun Sahara. Hewan ini memiliki tanduknya melengkung ke belakang sepanjang 50-80 cm (untuk pejantan dewasa).

Tinggi hewan ini berkisar antara 105-115 cm (jantan) sedangkan yang betina berkisar antara 95-110 cm.

Hewan ini memiliki dua warna yang berbeda berdasarkan musim, saat musim dingin, hewan ini berwarna cokelat keabu-abuan dengan bagian belakangnya putih, dan panjang. Sedangkan saat musim panas tiba bulunya berwarna  putih atau putih kecoklatan.

Hewan ini pertama kali ditemukan oleh Henri de Blainville di tahun 1816. Jumlah populasi di alam bebas kurang dari 500 ekor.

Meskipun begitu hewan ini masih di temukan di beberapa tempat di Eropa (600) dan menjadi koleksi pribadi di Amerika Serikat (1000).

Loading...

 

4 Hewan Langka Di Dunia: Monito del Monte (Dromiciops gliroides)

10 hewan langka

picssr.com

Hewan langka selanjutnya adalah monito del monte, hewan yang mirip dengan tikus memiliki cara hidup yang unik, yaitu dengan bergelantungan di atas pohon sebagaimana halnya monyet.

Selain itu juga, makanan kesukaan hewan ini ternyata sama seperti monyet. Hewan ini pernah dianggap punah hingga akhirnya ditemukan lagi beberapa tahun terakhir di spanyol.

Habitat asli dari hewan ini adalah di Amerika bagian Selatan (Argentina dan Chile). Tubuhnya berukuran 15-30 cm, dimana yang 9-13 cm adalah panjang ekornya. Sedangkan beratnya berkisar antara 16-42 g.

 

5 Hewan Langka Di Dunia : Baiji (Lipotes vexillifer)

hewan hewan langka di dunia

www.vistaalmar.es

Baiji adalah hewan langka sejenis lumba-lumba namun bedanya ia hidup dan berkembang biak di air tawar, paling tepatnya di sungai Yangtze China.

Masyarakat Tiongkok biasa menyebutnya sebagai “Dewi Yangtze”. Hingga pada tahun 2007, IUCN akhirnya mengklasifikasikan Baiji sebagai salah satu hewan langka di dunia. Dimana pada tahun 2006 hewan sempat dinyatakan punah.

Namun pada tanggal 3 Oktober 2011 media China mengabarkan bahwa pesut ini kembali muncul sekitar 20 ekor.

6 Hewan Langka Di Dunia: Olm (Proteus anguinus)

www.taxi-sms.si

Hewan ini hidup di gua-gua Eropa bagian barat. Jika dilihat secara sekilas hewan ini mirip dengan seekor ular namun sebenarnya dia adalah seekor kadal.

Olm juga disebut sebagai ikan manusia karena kulitnya yang seperti manusia; kemudain ada juga yang menyebutnya salamander gua atau salamander putih. Selain itu, tubuhnya memiliki panjang sekitar 20-30 cm dengan kaki yang berjumlah 4.

Binatang menggunakan indra pendengaran dan penciumannya yang kuat untuk mendeteksi mangsa dan predatornya. Meskipun hewan ini handal dalam memanfaatkan indera pendengaran dan penciuman, namun tidak untuk indra penglihatannya karena hewan tak bisa melihat.

 

7 Hewan Langka Di Dunia:Hiu Berjumbai (Chlamydoselachus anguineus)

binatang langkah

fishesofaustralia.net.au

Hiu menjumbai merupakan salah satu hewan purba yang masih tersisa saat ini. Hiu berjumbai tergolong hewan langka dan memiliki ekor yang berbentuk rumbai.

Hiu ini bentuknya seperti belut yang berukuran besar hanya saja memiliki ekor yang menjumbai. Ikan ini hidup dengan panjang berkisar antara 100-170 cm (jantan) dan 130-200 cm untuk betina.

Hewan ini mendiami beberapa perairan diantaranya Atlantik dan Pasifik. Untuk Atlantik Timur  terdapat beberapa titik lagi, yaitu Utara Norwegia, Utara Skotlandia, dan Barat Irlandia, lanjut ke Prancis, Maroko termasuk Madeira, dan Mauritania.

Hiu ini merupaka penghuni lautan dalam atau berkisar antara 500-1570 meter.

 

8 Hewan Langka Di Dunia: Kelelawar Bumblebee (Craseonycteris thonglongyai)

foto hewan langka

elcuadernodelmundo.blogspot.co.id

Kelelawar ini pertama kali ditemukan oleh seorang zoolog asal Thailand, Kitti Thonglongya pada tahun 1974.

Hewan yang masih satu keluarga dengan kelelawar ini memiliki hidung yang berwarna merah muda dan bentuknya seperti hidung babi. Karean hal inilah hewan ini ada yang menjulukinya sebagai kekelawar hidung babi.

Hewan ini bersarang dan mendiami gua-gua di hutan Thailand dan Myanmar. Selain itu, hewan ini hanya memiliki berat tubuh tidak lebih dari 2 gram dengan panjang bekisar antara 2,5 cm – 3,3 cm saja.

Bentuk yang mungil bukan? Karena alasan bentuknya yang begitu mungil ada juga yang menjulukinya sebagai kelelawar lebah. Sebagaimana kekelawar lainnya hewan memakan serangga dan laba-laba.

 

9 Hewan Langka Di Dunia: Kakapo (Strigops habroptilus)

10 hewan langka di dunia

www.edgeofexistence.org

Adalah burung sejenis kakaktua yang berasal dari Selandia Baru. Meskipun disebut sebagai burung namun hewan ini tidak bisa terbang dan sangat langka keberadaanya.

Hewan ini memiliki wajah bundar datar seperti kakatua, bulu seperti vibrissa berwarna hijau bintik-bintik dibagian punggungnya, paruh berwarna abu-abu, serta memiliki sayap dan ekor yang relatif pendek.

Selain keunikannya tersebut, saat ini saudara kaka tua ini terancam punah karena keberadaannya terus menurun yaitu berkisar antar 86 – 156 ekor saja (IUCN 2016).

 

10 Hewan Langka Di Dunia: Solenedon (Solenodon paradoksus)

satwa langka

rockjumperbirding.com

Hewan yang mirip dengan tikus adalah salah satu jenis hewan langka selanjutnya, hal unik dari hewan ini terletak pada bentuk moncongnya yang bersisik.

Selain itu, hewan ini juga dikenal memiliki racun yang sangat berbisa. Solenedon mampu  mengeluarkan bisa sebagaimana ular berbisa untuk membunuh lawannya maupun mangsanya.

Solenedo terbagi menajdi dua subspesies yaitu Solenodon Kuba (Solenodon cubanus), dan Solenodon Hispaniolan (Solenodon paradoksus) yang sama-sama terancam punah.

Solenodon Kuba merupakan hewan endemik Kuba sedangkan Solenedon Hispian berasal dari Republik Dominika, Hispaniola, dan Haiti.

Untuk Solenodon Kuba terakhir ditemukan pada tahun 2003 oleh seorang ilmuan bernama Alejandrito, ia berhasil menemukan dan membawa pulang solenedon sebanyak 37 ekor untuk kepentingan penelitiannya.

Hewan ini memiliki berat sekitar 680 g serta panjang tubuhnya sekitar 40-56 cm dan kembali dirilis kembali ke alam liar setelah peneletian selesai selama dua hari.

Sedangkan Solenodon Hispaniolan terlihat seperti kebanyakan tikus yang kita lihat dari segi ukuran. Saat dewasa tubuhnya bisa mencapai panjang 49-72 cm, dan termasuk ekor sepanjang 20 – 25 cm.

Hewan ini memiliki berat sekitar 800 g dengan bulu berwarna cokelat kehitaman hampir di sebagian besar tubuhnya.

Demikianlah sekilas tentang hewan langka di dunia dengan berbagai keanehan dan keunikannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam hangat Infosiana.net.

Leave a Reply


Loading...