25 Jenis Ikan Mas Koki Terlaris dan Termahal di Pasaran

Ikan Mas Koki-Siapa yang tidak kenal dengan ikan yang satu ini? Ikan mas koki merupakan salah satu ikan hias yang cukup familiar di kalangan pecinta ikan Indonesia.

Dari segi warna, ikan ini tidak ada bedanya dengan ikan hias air tawar lainnya, terutama keluarga goldfish.

Namun, jika dilihat dari segi bentuk ikan ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi penggemarnya.

Bentuk ikan begitu sulit ditebak, sebenarnya cenderung aneh, tapi karena anehnya itu ikan ini jadi lucu dan “ngegemessin”.

“Kayak kamu, iya kamu!”

Selain itu, ikan mas koki memiliki banyak variasi bentuk dan warna sehingga membuat para penggemarnya bingung untuk memilihnya.

Bagi Anda yang masih “Newbie” di hobi ini, kebetulan pada kesempatan ini kami akan mengulas sedikit tentang jenis-jenis ikan mas koki untuk Anda.

Hitung-hitung memperkenalkan ikan imut ini kepada Anda. Agar tidak berlama-lama mari kita simak ulasannya berikut ini.

Sejarah Ikan Mas Koki

ikan mas

immagini.4ever.eu

Setelah dilakukan pengembang biakan secara selektif selama berabad-abad, ikan mas koi telah menghasilkan beberapa variasi warna dan bentuk.

Dimana kedua aspek tersebut telah jauh berbeda dengan nenek moyang ikan emas itu sendiri.

Menurut sejarah, Ikan mas koki yang ada saat ini berasal dari daratan Cina, tepatnya saat dinasti Jin berkuasa (265-420).

Ikan mas yang merupakan ikan hias saat itu di seleksi dan dipilih berdasarkan warna oleh para pembantu kekaisaran.

Pada zaman Dinasti song ikan mas bermutasi sehingga menurunkan jenis ikan emas yang bewarna emas.

Sehingga pada tahun 1162, para permaisuri dari dinasti Song memerintahkan para pelayan istana untuk membaut kolam khusus jenis ikan emas yang bewarna emas dan merah.

Pada saat itu, pihak kekaisaran mengeluarkan peraturan yang cukup kontroversial, yaitu melarang rakyatnya untuk memelihara jenis ikan mas yang bewarna merah dan emas.

Pihak istana beralasan karena ikan mas yang bewarna emas kekuning-kuningan merupakan warna kekaisaran.

Bahkan kepercayaan tersebut masih terus dijaga oleh sebagian besar orang tionghoa di dunia.

Mereka menganggap warna merah dan warna kuning/emas sebagai warna keberuntungan serta kejayaan dan sekaligus sebagai warna spesial di hari imlek.

Jenis-Jenis Ikan Koki

Setelah terjadi mutasi dan persilangan ikan emas kini memiliki bentuk tubuh yang berbeda, baik dari segi sirip dan maupun bentuk mata.

Beberapa varian ikan mas koki lebih kuat dibandingkan varietas yang hidup di alam bebas, seperti Shubunkin.

Saat ini, ada sekitar 300 keturunan ikan mas yang diakui di Cina. Disamping, memang sebagian besar keturunan ikan mas saat ini berasal dari Cina.

Diantara varietas utama dari ikan mas adalah sebagai berikut:

1. Ikan Mas Biasa

jual ikan mas koki

Pixabay

Ikan karper atau Ikan mas konsumsi (Cyprinus carpio) merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis karena ikan ini biasanya dijadikan sumber protein sehari-hari bagi masyarakat Indonesia.

Permintaan pasar akan ikan mas ini cukup tinggi sehingga banyak dari para petani ikan yang telah membudidayakannya di kolam-kolam.

Di Indonesia, budidaya ikan mas mulai marak sekitar tahun 1920-an.

Ikan mas yang banyak kita temukan di Indonesia merupakan jenis ikan mas yang diimpor langsung dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang.

Disamping itu, ada juga jenis ikan “ikan mas punten” dan “ikan mas majalaya” yang merupakan ikan mas pilihan yang dianggap unggul berdasarkan hasil seleksi oleh para petani ikan Indonesia.

Hingga saat ini, tidak kurang dari 6 jenis ikan mas konsumsi yang telah diidentifikasi berdasarkan karakteristik morfologisnya.

Diantara jenis ikan mas konsumsi yang telah diidentifikasi adalah: Ikan Mas Punten, Ikan Mas Sinyonya atau Putri Yogy, Ikan Mas Taiwan, Ikan Mas Merah, Ikan Mas Majalaya, Ikan Mas Yamato, dan Ikan Mas Lokal.

2.  Black teleskop atau Black Moor

ikan koki

Pinterest.com

Ikan Koki Black moor merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki keunikan berupa sepasang mata menonjol.

Black moor umumnya dikenal juga sebagai ikan Moor. Moor sendiri mengacu pada warna ikan yang bewarna hitam kecoklatan.

Ikan ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang 6 inci atau 15 cm.

Sedangkan usia ikan berkisar antara rentang 6-25 tahun.

Kelebihan dari ikan koki ini mudah dalam perawatannya sehingga banyak para penghobi ikan mengkoleksinya sebagai ikan hias.

3. Bubble Eye

budidaya ikan mas koki

musicalmana.blogspot.com

Bubble Eye atau mata gelembung merupakan jenis ikan koki yang berasal dari Cina dan memiliki penampilan yang unik.

Kita bisa lihat bersama mata ikan ini begitu besar seperti gelembung. Hal inilah yang menjadi alasan penamaan dan penyebutan ikan ini.

Karena bentuk matanya yang menggelembung membuat ikan ini sedikit sensitif terhadap benturan yang akan mengakibatkan infeksi pada kantung tersebut.

Ukuran ikan ini ummnya bisa mencapai 3-4 inci atau 7-10 cm. Ikan bubble eye biasanya bewarna kuning, orange, serta orange putih.

4. Ikan koki Celestial eye atau Choten

petirhitam.blogspot.com

Ikan mas mata ketiga atau Choten adalah salah satu jenis ikan mas koki double-tailed yang memiliki sepasang mata teleskop yang mengarah ke atas.

Mata ikan Choten mengarah keatas ketika telah berusia 6 bulan, sedangkan ketika masih kecil matanya sama dengan ikan-ikan jenis lainnya.

Ikan ini merupakan ikan koki yang berasal dari Cina dan Korea serta berhasil diekspor ke berbagai negara di Eropa dan Amerika pada tahun 1917.

Uniknya, pemerintah Cina pernah membuat perangko ikan Choten pada tahun 1960 sebagai salah satu produk ekspor unggulan pada masa itu.

Ikan Choten memiliki beberapa varian warna diantaranya adalah orange kemasan, putih dan merah-putih.

Ketiga varian tersebut telah dapat kita temukan di pasar-pasar ikan hias di Indonesia.

5. Ikan Komet

ikan mas koki mutiara

yanx-berwarna.blogspot.com

Ikan mas komet adalah salah satu jenis ikan mas yang berekor tunggal atau single-tail.

Ikan komet berasal dari Amerika Serikat yang secara tidak sengaja ditemukan oleh seorang pegawai sipil, Hugo Mulertt pada tahun 1880.

Ikan komet secara bentuk tubuh mirip dengan ikan mas biasa atau yang biasa kita konsumsi hanya saja tubuhnya lebih ramping dan kecil serta bentuk ekornya yang cagak.

Ikan Komet memiliki beberapa varian diantaranya adalah kuning, oranye, merah, putih, dan merah-putih dan lain-lain.

Dibandingkan dengan keturunan ikan goldfish lainnya, ikan komet merupakan ikan yang lincah dan aktif bergerak.

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para penghobi ikan komet. Selain itu, perawatan ikan ini tergolong mudah.

Beberapa kolektor biasa menggabungkan ikan komet dengan ikan koi dalam satu kolam agar terlihat bewarna dan lebih beragam.

Di habitat aslinya ikan ini mampu bertahan hidup hingga 14 tahun bahkan lebih jika perawatannya yang optimal.

6. Ikan Fantail goldfish (Ekor kipas)

akuarium ikan mas koki

Pinterest

Ikan koki Fantail atau Ikan mas Ekor Kipas adalah bentuk varietas barat dari jenis Ryukin, ikan imut ini memiliki tubuh berbentuk seperti telur, mempunyai sirip punggung yang tinggi dan sirip ekor yang 4 kali lipat lebih panjang.

Keindahan ikan hias ini terletak pada sirip ekornya yang menjuntai panjang dan begitu mempesona.

Jadi jangan heran jika ikan ini menjadi salah satu primadona bapi para pecinta ikan hias.

Untuk ukuran tubuhnya sendiri tidak beda jauh dengan ikan koki jenis lainnya, Umumnya ikan ini mempunyai panjang mencapai 10-15 cm.

Untuk warnanya ikan ini didominasi oleh warna kuning dan perak keemasan. Selain itu, ikan hias ini juga merupakan jenis ikan yang cepat untuk berkembangbiak sehingga sangat mudah untuk dibudidayakan.

7. Ikan Lionhead (Kepala Singa)

 

Ikan mas koki kepala singa yang satu ini dikenal unik dan sangat mudah dikenali karena tidak memiliki sirip atas. Ini adalah koki hasil persilangan antara lionheads dan ranchus dari Thailan.

Ikan gempal ini memiliki tubuh yang besar, lebar dan melengkung kebelakang serta memiliki kepala yang besar.

Daya tarik dari ikan ini terlatak pada kepalanya yang berbentuk hampir bulat dan menyerupai kepala singa, menuerut kepercayaan orang tionghoa.

Saat dewasa ikan ini mempunyai ukuran sekitar 10 cm sampai dengan 16 cm.

Ikan ini memiliki banyak sekali varian warna yang beragam, namun yang biasa dicari ialah warna kuning pucat, dan putih pada bagian bawah serta warna merah dibagian kepala.

8. Ikan Oranda

budidaya ikan mas koki

www.pinterest.com

Ikan koki Oranda adalah ikan hias yang berasal dari Cina dan Jepang, selain itu ikan ini merupakan jenis Ikan koki yang paling terkenal dan paling banyak dicari hampir di seluruh dunia.

Ikan cantik ini mempunyai ciri khas yang terletak pada kepalanya berupa tudung atau mahkota seperti raspberry. Ikan ini sebetulnya sangat mirip dengan ikan koki lionhead.

Namun, terdapat perbedaan pada sirip punggung mereka, jika ikan koki oranda memiliki sirip punggung, maka ikan mas koki lionhead tidak memiliki sirip punggung.

Ikan mas koki oranda mempunyai ukuran hampir sama dengan koki lionhead dan juga memiliki warna kuning pucat dan putih pada bagian bawah perutnya.

9. The fancy pearlscale or chinshurin (Ikan koki mutiara)

jual ikan mas koki

ourpetclub.com

Ikan mas koki yang satu ini lebih dikenal dengan nama Ikan mas koki Sisik Mutiara atau dalam bahasa Jepang disebut chinshurin.

Ikan ini termasuk ikan koki yang cukup unik karena bentuk sisiknya yang timbul dan mirip dengan mutiara.

Ikan chinshurin ini mempunyai tubuh seperti sebuah bola kasti yang ditutupi oleh sisik-sisik kecil yang mirip mutiara serta sirip yang mirip dengan Ikan mas koki Ekor Kipas.

Biasanya warna dari ikan ini kebanyakan didominasi oleh  warna merah dan putih, kuning, putih polos dan belang.

10. The Pompoms atau pompon atau hana Fusa

cara budidaya ikan mas

www.raingarden.us

Ikan mas koki yang lucu satu ini biasa disebut Pompom atau pompon atau biasa juga dinamakan dengan hana fusa.

Jenis ini bisa dikenali dengan adanya ciri khusus berupa adanya sekumpulan daging tumbuh yang terdapat diantara lubang hidungnya dan masing-masing lubang hidung memiliki satu daging tumbuh pada kedua sisi kepalanya.

Kadang pertumbuhan daging tersebut sampai melewati rahangnya.

Warna mas pompoms ini hampir sama dengan si Ekor Kipas, namun warna pada pompom lebih pucat atau kurang terang.

Untuk ukuran sendiri ikan yang satu ini hampir sama dengan ikan mas koki yang lainnya.

11. Ikan Ryukin

budidaya ikan koki

www.flickr.com

Si cantik teman kita yang satu ini berasal dari Jepang dan mempunyai nama panggilan lain seperti Ribbontail Jepang, Fringetail, Fantail dan juga Veiltail.

Ikan mas koki Ryukin ini memiliki bentuk tubuh yang pendek dan bungkuk serta memiliki punuk pada bahunya.

Ryukin juga mempunyai sirip besar yang panjangnya melebihi 2 kali panjang tubuhnya, dan dia juga mempunyai bentuk moncong yang lancip. Ikan ini dapat tumbuh hingga 21 cm.

Ikan imut ini memiliki warna yang cerah dan sangat menarik, Ryukin mempunyai aneka ragam warna mulai dari warna merah marun, merah-putih, putih, metalik dan juga belacu.

12. Fancy and hardy Japanese Shubunkins (Brokat Merah)

cara memelihara ikan koki

phillyrover.wordpress.com

Fancy and hardy Japanese Shubunkins, atau yang biasa disebut dengan “brokat merah” adalah ikan mas koki Jepang yang tangguh dan lincah.

Ikan mas Brokat Merah ini memiliki tubuh yang berbeda dengan kebanyakan koki lain yang gembul.

Sekilas seperti ikan koki komet namun ikan ini memiliki warna yang agak rame. Ikan ini memiliki ekor tunggal dengan sisik berkilau seperti mutiara.

Pola warna pada ikan koki ini merupakan pola warna tubuh yang disebut dengan kaliko.

Daya tarik ikan ini begitu kuat pada corak warnanya yang rame dan begitu perpaduannya begitu sempurna.

13. Ikan fancy Panda (Koki Panda)

jual ikan mas

www.fishlore.com

Ikan mas Koki Panda ini merupakan salah satu jenis mas koki yang sangat jarang kita temukan di pasaran. Hal ini disebabkan sulitnya menjaga konsistensi warna hitam dan putih pada ikan ini.

Ikan jenis ini mempunyai ciri bentuk tubuh yang membulat atau tidak lonjong serta memiliki ekor yang lebar.

Untuk ukuran tubuh ikan Panda sendiri bisa mencapai 20-30 cm. Ikan ini biasanya didominasi oleh warna hitam dan putih, Oleh sebab itulah ikan langka ini disebut sebagai ikan Panda.

14. Ikan Ranchu(Raja Ikan Mas)

ikan koki terbesar

en.wikipedia.org

Orang jepang menyebut ikan mas koki jenis ini dengan sebutan Raja Ikan Mas. Jika kebanyakan ikan mas koki memiliki jumbai ekor atau sirip yang panjang, maka beda halnya dengan ikan mas jenis ini.

Ikan raja ini tidak memiliki sirip yang menjumbai sehingga ikan mas koki ini kelihatan sangat lucu karena bentuk perutnya yang besar.

Selain itu, ikan ini memiliki banyak sekali variasi warna, namun yang paling banyak dicari adalah ikan mas koki Ranchu yang memiliki warna kuning pucat serta memiliki warna merah dibagian tengah kepalanya.

15. Ikan fancy telescope (Mata Naga)

foto ikan mas koki

en.wikipedia.org

Ikan mas koki Mata Teleskop atau disebut juga Demekin, atau bisa juga disebut dengan Ikan mas Koki Mata Globe atau Ikan Mas Koki Mata Naga.

Ikan mas koki jenis ini mempunyai ciri yang sangat mudah dikenali dan juga unik, yaitu bentuk matanya yang menyembul dan melotot keluar.

Bentuk tubuhnya bulat  dan biasanya diselimuti oleh warna hitam dan warna kuning pucat pada bagian bawah perutnya.

16. Ikan fancy veiltail

foto ikan koki

pixabay.com

17. he Butterfly Tail Moor or Butterfly Telescope(Ekor Kupu-kupu)

cara budidaya ikan mas koki

www.pinterest.com

Ikan Mas Koki Butterfly Tail atau disebut juga Jikin merupakan jenis ikan mas koki paling langka di dunia.

Ikan mas ini juga merupakan jenis keturunan dari ikan mas teleskop. Selain ciri pada matanya yang menonjol, ikan mas koki ini juga memiliki keunikan tersendiri dibagian ekornya yang berbentuk diagonal atau huruf “X”.

Ekornya ini akan semakin terlihat cantik ketika berenang dengan sirip ekor ganda yang mengembang seperti sayap kupu-kupu.

Adapun variasi warna terfavorit dan paling banyak peminatnya untuk jenis ikan ini adalah ikan dengan perpaduan warna merah dan putih.

18. The Meteor goldfish

foto ikan koki

www.tropical-fish-keeping.com

Ikan mas koki Meteor, dinamakan demikian karena bentuknya yang tak mempunyai sirip ekor. Jenis ini merupakan hasil pemijahan yang dilakukan oleh para pemijah ikan hias.

Jika kita lihat sekilas ikan ini memiliki bentuk yang sedikit aneh dan begitu tidak porposional, namun hal itulah yang menjadi daya tarik dan keunikan untuk ikan ini.

Sehingga jangan heran ikan ini tetap memiliki penggemar dan pecinta yang senantiasa memburunya.

19. Ikan Shukin

foto ikan mas koki

iqram-sufee.blogspot.com

Ikan Mas Koki Shukin atau Shukin Goldfish, merupakan ikan mas koki dari hasil perkawinan silang antara Ranchu goldfish dan Oranda goldfish.

Maka dari itulah jenis ikan hias ini memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dari kedua indukannya tersebut.

Ikan koki ini biasanya lebih banyak didominasi oleh warna kuning pucatdan sedikit putih pada bagian perutnya.

Ikan mas koki shukin ini pertama kali dilahirkan dari proses perkawinan silang di Jepang pada akhir abad ke-19.

20. The egg-fish goldfish(Koki Telur)

ikan hias kecil

commons.wikimedia.org

Egg goldfish atau Ikan koki telur mempunyai bentuk tubuh yang bulat menyerupai bentuk telur dan tidak memiliki sirip punggung sama sekali.

Ikan ini dapat tumbuh dengan panjang maksimal mencapai 20 cm dengan warna dominan kuning di sekujur tubuhnya mulai dari kepala sampai ekor.

Ikan koki telur ini biasanya digunakan sebagai indukan dalam proses perkawinan silang yang bertujuan untuk memperoleh varietas baru berbadan bulat dan gemuk.

21. The Lionchu or lionhead-ranchu (Ranchu Kepala Singa)

ikan tombro

www.fish-hub.com

Ikan mas Koki Lionchu atau Ikan Mas Koki Ranchu Kepala Singa, merupakan jenis koki dari hasil persilangan antara Ikan mas Koki Lionhead dan Ikan mas koki Ranchu.

Ikan ini mempunyai bentuk tubuh yang besar, lebar, melengkung serta tidak bersirip atas.

Bentuk kepalanya juga terbilang unik dan khas. Jenis ikan ini mempunyai ukuran kepala yang lebih besar daripada ikan-ikan koki yang lainnya.

Selainitu, Ikan ini banyak sekali ragam warna tubuhnya, ada yang berwarna kuning, merah-putih dan lain-lain.

Ikan unik ini banyak ditakarkan dan dikembangkan di negara Thailand.

22. The Tosakin or curly fantail goldfish(Ekor Kipas Keriting)

memelihara ikan

www.dandyorandas.com

Ikan mas Tosakin atau Ikan Mas Ekor Kipas Keriting, merupakan ikan koki cantik karena mempunyai sirip ekor yang bisa mengembang seperti kipas.

Bentuk ekor ikan ini sebetulnya 2 bagian yang menyatu pada bagian pangkal ekornya seperti membentuk ekor tunggal. Hal inilah yang menambah kecantikan dan keelokan ikan ini.

Banyak ragam warna untuk jenis ikan ini. Ikan jenis ini mampu tumbuh sampai dengan 4-8 inci.

Di pasaran ikan ini biasanya cukup familiar dan cukup akrab di kalangan para penghobi ikan hias.

23. The Tamasaba atau Sabao(ekor mackerel)

budi daya ikan mas

www.pinterest.com

Ikan mas koki Tamasaba atau yang dikenal juga dengan nama Ikan mas koki Sabao, adalah salah satu jenis ikan mas yang berasal dari Jepang.

Ikan hias ini memiliki bentuk dan warna yang unik dan tidak lazim sebagaimna koki-koki yang lain.

Ikan mas koki ini mempunyai bentuk tubuh seperti Ryukin dan mempunyai ekor tunggal yang sangat panjang mirip dengan ikan mackerel.

Oleh karena itu pula ikan ini sering disebut juga dengan ikan mas koki ekor mackerel.

24. The Curled-gill or Reversed-gill goldfish(Insang Keriting)

telur ikan mas

www.tropical-fish-keeping.com

Ikan mas Insang Keriting atau insang terbalik merupakan salah satu varietas ikan mas koki yang berbeda dengan jenis ikan mas koki yang lain pada umumnya.

Nama ikan mas koki ini diambil berdasarkan tutup insangnya yang terbalik.

Ikan hias ini biasanya memiliki corak warna silver dengan ekor berbentuk kipas.

Daya tarik dari ikan ini terletak pada keunikan bentuk tutup ingsangnya dan corak warna yang simple dan elegan.

25. The White teleskop

pembesaran ikan mas

www.solidgoldfish.com

Ikan mas koki Teleskop Putih, merupakan varian putih dari ikan koki mas teleskop, ikan jenis ini memiliki ciri khas yang melekat pada tubuh putihnya dan mata yang menonjol.

Ikan white teleskop ini mirip dengan ikan mas ekor kipas perunggu hanya saja memiliki corak warna yang berbeda.

Untuk ukuran, ikan putih ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang 6 inci atau 20 cm.

Ikan Ekor kipas ini memiliki tubuh berwarna putih bersih dan begitu kontras dengan warna hitam. Jenis ini lebih popular dibandingkan dengan ikan mas teleskop hitam.

Harga ikan mas koki

Secara umum harga ikan mas koki di pasaran berkisar antara 10.000- jutaan rupiah. Harga yang cukup tinggi bukan?

Namun harga segitu bukan berati apa-apa jika dibandingkan dengan keindahan yang ditawarkan oleh ikan ini.

Bagaimana penasaran untuk memeliharanya?

Harga Indonesia Ukuran
The White Teleskop 40.000 5-10 cm
The Curled-Gill 50.000 7-10 cm
The Tamasaba 45.000 5-10 cm
The Tosakin 10.000 5-7 cm
The Lionchu Goldfish 15.000 5-10 cm
The Egg Goldfish 10.000 5-7 cm
The Shukin 10.000 3-7 cm
The Meteor Goldfish 10.000 5-7 cm
Butterfly Tail 10.000 5-7 cm
fancy telescope 20.000 5-7 cm
Ranchu 30.000 5-10 cm
Fancy Panda 100.000 3-10 cm
Fancy Shubunkins 7.000 3-10 cm
The Ryukin 10.000 3-10 cm
The Pompoms 30.000 5-7 cm
The chinshurin 25.000 5-7 cm
Oranda 50.000 5-10 cm
Lionhead 50.000 5-7 cm
Fantail Goldfish 30.000 3-5 cm
Ikan komet 5.000 5-10 cm
Ikan koki celestial eye 20.000 5-7 cm
Bubble eye 40.000 5-7 cm
 Black moor 25.000 5-7 cm
 Ikan mas biasa

Harga diatas sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan pasokan ikan hias di pasar.

Demikian sekilas tentang jenis-jenis ikan mas koki. semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam hangat Infosiana.net.

2 Comments

  1. wadiyo September 20, 2016
  2. Silvie Amelia February 21, 2017

Leave a Reply