Ikan Komet

ikan hias koki

Sejarah dan asal usul ikan mas komet masih dalam perdebatan sampai saat ini. Dalam perdebatan ini, sejarah ikan mas komet terbagi menjadi dua versi.

Versi pertama, Ikan mas Komet merupakan salah satu jenis goldfish yang berkembang biak di daratan Amerika Serikat bersamaan dengan jenis ikan goldfish lainnya. Sedangkan, ikan mas komet pertama kali di temukan oleh Hugo Mulertt, seorang PNS di otoritas pemerintahan, pada 1880-an.

Ikan mas komet pertama kali terlihat di kolam ikan pemerintah AS, Washington, DC tempat dimana Mullertt bekerja. Mulertt kemudian menjadi orang pertama yang menyebarkan ikan mas komet ini dan banyak menulis buku tentang goldfish. Selain itu, Dia juga dianggap sebagai ahli goldfish serta menjadi orang yang paling berjasa dalam mengembangbiakkan dan menyebar luaskan ikan mas komet di pasaran Amerika Serikat, terutama pasar ikan.

ikan hias komet
akuariumhias.blogspot.com
Versi kedua, Ikan bertubuh ramping ini pertama kali dikembangbiakkan oleh masyarakat Cina sejak tahun 1729. Sebelumnya ikan mas komet memiliki bentuk yang mirip dan sama seperti ikan maskoki. Sebab kedua jenis ikan memiliki kedetan dalam segi keturunan, yaitu masuk dalam famili Cyprinidae.

Pada masa kekuasaan Dinasti Ming (tahun 1368-1644) ikan mas komet semakin popular dan terkenal di negeri Cina.
Hingga akhirnya, ikan mas komet menyeberang hingga ke Negeri Matahari Terbit melalui jalur perniagaan. Di negara inilah ikan mas komet di sebar luaskan ke seluruh penjuru dunia.

Sedangkan di Indonesia sendiri, ikan mas komet baru masuk ke pasar ikan hias Indonesia pada tahun 70an. Terbilang masih muda di bandingkan dengan ketiga negara di atas. Namun, kini banyak pembudidaya ikan komet di Indonesia.

Leave a Reply