15 Jenis Ikan Komet Terlaris dan Termahal di Pasaran

Loading...

Ikan mas Komet-Ikan mas komet atau ikan komet adalah salah satu jenis goldfish yang besar di daratan Amerika Serikat. Jika dilihat secara sekilas ikan mas komet memiliki kesamaan dengan ikan mas pada umumnya, hanya saja memiliki tubuh yang sedikit lebih kecil dan lebih ramping di bandingkan ikan mas, selain itu ikan ini memiliki ekor yang menjuntai dan cagak.

Sejarah dan asal usul ikan mas komet

Baca juga: Jenis-jenis Ikan Hiu Terbesar dan Paling Mematikan di Dunia

Sejarah dan asal usul ikan mas komet masih dalam perdebatan sampai saat ini. Dalam perdebatan ini, sejarah ikan mas komet terbagi menjadi dua versi.

Versi pertama, Ikan mas Komet merupakan salah satu jenis goldfish yang berkembang biak di daratan Amerika Serikat bersamaan dengan jenis ikan goldfish lainnya. Sedangkan, ikan mas komet pertama kali di temukan oleh Hugo Mulertt, seorang PNS di otoritas pemerintahan, pada 1880-an.

Ikan mas komet pertama kali terlihat di kolam ikan pemerintah AS, Washington, DC tempat dimana Mullertt bekerja. Mulertt kemudian menjadi orang pertama yang menyebarkan ikan mas komet ini dan banyak menulis buku tentang goldfish. Selain itu, Dia juga dianggap sebagai ahli goldfish serta menjadi orang yang paling berjasa dalam mengembangbiakkan dan menyebar luaskan ikan mas komet di pasaran Amerika Serikat, terutama pasar ikan.

Baca juga: Untung Besar dengan Budidaya Ikan Wader di Kolam

Versi kedua, Ikan bertubuh ramping ini pertama kali dikembangbiakkan oleh masyarakat Cina sejak tahun 1729. Sebelumnya ikan mas komet memiliki bentuk yang mirip dan sama seperti ikan maskoki. Sebab kedua jenis ikan memiliki kedetan dalam segi keturunan, yaitu masuk dalam famili Cyprinidae.

Pada masa kekuasaan Dinasti Ming (tahun 1368-1644) ikan mas komet semakin popular dan terkenal di negeri Cina.
Hingga akhirnya, ikan mas komet menyeberang hingga ke Negeri Matahari Terbit melalui jalur perniagaan. Di negara inilah ikan mas komet di sebar luaskan ke seluruh penjuru dunia.

Sedangkan di Indonesia sendiri, ikan mas komet baru masuk ke pasar ikan hias Indonesia pada tahun 70an. Terbilang masih muda di bandingkan dengan ketiga negara di atas. Namun, kini banyak pembudidaya ikan komet di Indonesia.

Klasifikasi ikan mas komet

Ikan mas komet merupakan bagian dari famili Cyprinidae serta termasuk dalam genus Carassius. Kita ketahui bersama bahwa ikan mas komet merupakan satu diantara jenis Cypridae yang sudah umum kita kenal di masyarakat.

Ikan mas komet memiliki keindahan yang terlukis jelas di tubuhnya serta memiliki corak yang begitu eksotis. Disamping itu, ikan mas komet memiliki bentuk tubuh yang menarik. Berdasarkan sistematika Goernaso, ikan mas komet memiliki susunan klasifikasi sebagai berikut :

Filum : Chordata
Kelas : Pisces
Sub kelas : Teleostei
Ordo : Ostariphisysoidei
Sub ordo : Cyprinoidea
Famili : Cyprinidae
Genus : Carassius
Spesies : Carassius auratus

 

Baca juga: 10 Fakta Unik Tentang Ikan Buntal

Ikan mas komet jika dilihat dari segi bentuk tubuh, warna dan bentuk ekor memiliki perbedaan yang mencolok dengan jenis-jenis ikan goldfish lainnya.

Ikan mas Komet umumnya memiliki varian warna kuning, oranye, merah, putih, dan dan hitam mungkin jika dilihat dari segi warna masih ada kemiripan dengan famili Cyprinidae lainnya.

Namun jika dilihat dari segi kelincahan, Ikan mas komet lebih aktif dibandingkan jenis ikan goldfish lainnya. Selain itu juga ikan mas komet memiliki sirip ekor yang menjuntai. Hal ini membuatnya terlihat gagah dan indah dipandang ketika berenang bolak-balik di akuarium.

Bentuknya yang indah dan anggun membuat kita yang melihatnya pun ikut senang serta menentramkan. Karena ikan mas komet memiliki karakter gesit dan aktif maka sanagt cocok jika diletakkan di kolam maupun akuarium.

Selain itu, perawatan ikan mas komet terbilang relatif mudah dan simple sehingga memudahkan para penggemarnya dalam merawat.

Ikan mas komet merupakan ikan yang berumur panjang antara 5 hingga 14 tahun dan bisa hidup lebih lama lagi jika dalam perawatan yang optimal.

Jenis ikan mas komet dan harganya

Sama halnya dengan ikan goldfish lainnya ikan mas komet memiliki beberapa jenis dan beragam warna menarik untuk kita simak, untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan tentang jenis-jenis ikan mas komet berikut ini.

1. Sarasa komet

foto ikan komet sarasa

PetSolutions.com

Baca juga: 25 Jenis Ikan Mas Koki Terlaris dan Termahal di Pasaran

Sarasa komet merupakan salah satu jenis ikan mas komet yang memiliki warna merah-putih pada tubuhnya. Jika pada jenis ikan koi ikan mas komet sarasa memiliki kemiripan dengan ikan koi Kohaku.

Ikan Sarasa termasuk ikan yang tangguh sehingga mudah untuk dipelihara di rumah. Meskipun ikan komet Sarasa berasal dari China, namun kata ‘Sarasa’ sendiri berasal dari Jepang.

Jenis ikan komet ini masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis berekor ganda aatau double tail.

2. Ikan komet Tancho

jenis ikan komet tanco

www.dandyorandas.com

Ikan komet tancho memiliki sirip ekor tunggal serta mirip dengan komet sarasa hanya saja ikan ini memiliki tubuh yang berwarna silver dan sirip.

Kadang terlihat bintik merah di kepala. selain itu, jenis ikan komet ini masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis berekor tunggal atau single tail.

3. Yellow comet

foto ikan komet kuning

koi-pond-guide.com

Ikan yelow comet atau ikan komet kuning merupakan satu diantara ikan mas komet yang berwarna kuning di sekujur tubuhhnya serta merupakan jenis ikan komet Double tail (ekor bercagak).

Namun ada sebagaian ikan komet kuning masuk dalam klasifikasi ikan mas komet berekor tunggal atau single tail. Ikan ini mudah kita temukan di pasar-pasar ikan hias di sekitar kita.

4. Tiger Yellow cometfish

foto ikan komet tiger

Pinterest

Tiger Yellow cometfish atau ikan komet harimau adalah ikan mas komet yang memiliki corak warna yang menyerupai seekor harimau.

Ikan ini masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail atau jenis ikan komet yang berekor cagak. Ikan mas koki harimau ini masih sulit kita temukan di Indonesia kecuali di kota-kota besar.

Jadi jangan heran jika harga yang ditawarkan oleh ikan ini cukup tinggi.

5. Black cometfish

foto ikan komet hitam

Pinterest

Black comet atau ikan komet hitam adalah salah satu jenis ikan komet yang memiliki warna hitam di sekujur tubuhnya kecuali bagian perutnya saja yang berwarna keemasan.

Ikan ini masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail atau berekor cabang atau cagak.

6. Shubunkin comet

foto ikan komet shubunkin

fishtankmaintenance.net

Shubunkin comet atau ikan komet shubunkin adalah jenis ikan komet yang memiliki perpaduan warna yang serasi antara warna hitam, merah dan putih sebagai warna dasarnya.

Yang membedakan antara ikan komet shubunkin dnegan ikan komet lainnya adalah warna bintik-bintik atau bercak hitam yang menyelimuti tubuhnya.

Ikan komet shubunkin masuk dalam klasifikasi ikan mas jenis double tail yang mudah untuk kita temukan di paar-pasar ikan Indonesia.

7. Red shubunkin

foto ikan merah shubunkin

Raingarden.us

Red shubunkin atau komet shubunkin merah adalah salah satu jenis dari ikan goldfish yang memiliki perpaduan bintik-bintik hitam serta warna merah sebagai warna dasarnya.

Sedangkan dibagian kepalanya ada sedikit warna putih. jenis Ikan komet ini masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail.

8. Red Calico comet

foto ikan komet calico merah

fieldspetcare.com

Red calico comet merupakan satu diantara jenis ikan goldfish yang memiliki warna merah dan bintik hitam disekujur tubuhnya sedangkan ekor dan sirip atasnya bewarna putih.

jenis Ikan komet ini masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail atau berekor cagak.

Loading...

9. Marigold comet

foto ikan komet keemasan

pinterest.com

Marigold comet merupakan salah satu jenis ikan komet yang bewarna kuning keemasan serta masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis doubel tail atau berekor ganda.

Jika dilihat secara sekilas ikan ini mirip dengan yellow komet hanya saja yang membedakan antar keduannya adalah bentuk ekornya dan warna.

10. Common comet

foto ikan komet slayer

Wikipedia

Common comet atau ikan komet perak adalah salah satu jenis ikan komet yang bewarna perak kecuali pada bagian perutnya.

Ikan ini masuk dalam klasifikasi ikan mas jenis single tail atau berekor tunggal. Sama halnya dengan ikan komet lainya ikan ini adlah perenang yang handal.

11. Comet red black

foto ikan komet merah hitam double tail

Pinterest

Comet red black adalah salah satu jenis ikan komet yang memiliki warna merah sebagai warna dasarnya dan warna hitam sebagai coraknya.

Warna hitam ikan ini berada di punggung serta sirip dan sebagian ekornya. Ikan ini masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail atau cagak.

12. Comet black white

foto jenis ikan komet hitam putih

www.dandyorandas.com

Sesuai dengan namanya ikan ini memiliki corak hitam dan putih sebagai warna dasarnya. Jenis Ikan komet ini termasuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail atau berekor ganda.

13. Comet sara

foto ikan komet tancho

www.dandyorandas.com

Merupakan jenis ikan komet yang memiliki keunikan di corak warnanya yang putih bersih dibagian tubuhnya dan bercak merah di bagian kepala.

Ikan komet sara termasuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail atau berekor ganda.

14. Red comet

foto ikan komet pond

www.ozarkkoi.com

Sesuai dengan namanya ikan ini memiliki warna dasar merah di sekujur tubuhnya kecuali sirip-sirip dan ekornya yang bewarna putih.

Selain itu ikan komet merah ini memiliki bentuk tubuh sedikit pipih dan membulat. Red comet termasuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail.

15. Comet slayer

foto ikan komet slayer merah

www.majalahikan.com

Berbeda dengan red comet, ikan komet merah slayer ini memiliki tubuh yang lebih kecil dan ramping di bandingkan red comet.

Selain itu, jenis ikan komet ini memiliki sirip yang menjuntai terutama di bagian ekor.

Untuk warna sendiri, ikan komet merah slayer ini memiliki warna merah/orange di sebagian tubuhnya begitu juga dengan ekor namun ada warna putihnya. ikan ini termasuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail.

Perbedaan antara ikan komet Jantan dan Betina

No Letak Perbedaan Jantan Betina
1 Bentuk badan Ramping dan gagah Gemuk di bagian perut
2 Tutup Insang Kasar saat diraba Halus saat diraba
3 Jika dipijat bagian perut Mengeluarkan cairan putih Mengeluarkan cairan kuning (telur)
4 Bentuk dubur Lonjong Bulat
5 Bentuk ekor Panjang menjuntai Pendek
6 Warna Lebih terang Sedikit kusam
7

Harga ikan komet Termahal di Dunia dan di Pasaran

http://cara.pro/

http://cara.pro/

Dengan melihat keragaman warna dan corak ikan komet dia atas, mungkin sebagian dari kita tertarik untuk memeliharanya.

Perlu kita ketahui bersama, menurut penelitian terkini salah satu manfaat memelihara ikan hias di rumah adalah dapat mengurangi atau menghilangkan rasa stress dan penak kita setelah seharian bearktivitas.

Jika Anda tertarik unuk memelihara ikan hias komet jangan khawatir karna iakan ini terbilang ikan hias dengan harga yang ekonomis.

Anda tidak perlu repot-repot menguras dompet Anda karena ikan hanya di bandrol dengan harga Rp.5000-10000 di pasar Indonesia untuk ikan komet berumur 1-2 bulan.

Sedangkan ikan komet yang sudah dewasa bisa dibandrol dengan harga Rp. 25.000-50.000. Harga yang sangat terjangkau bukan.

Harga tersebut berlaku untuk kategori ikan komet yang banyak di pasaran. Sedangkan ikan komet import dan langka biasanya dibandrol dengan harga yang lebih tinggi.Perkembangan ikan mas komet di Amerika Serikat

Saat ini, Ikan mas komet banyak dibudidayakan hampir di seluruh dunia. Dalam kebanyakan kasus, ikan jenis goldfish atau ikan emas koki dibudidayakan untuk di pasarkan di pasar ikan hias maupun para pecinta ikan.

Namun, di Amerika bagian Utara, permintaan untuk ikan mas komet begitu tinggi saat ada acara karnaval-karnaval atau even-even yang berbau hiburan dimana setiap orang saling memberikan hadiah kepada sesamanya.

Selain itu juga, alasan ikan ini dipilih sebagai hadiah karena ikan komet termasuk ikan hias dengan harga ekonomis, sekitar 2-3 dolar atau setara dengan Rp. 25-40rb.

Sedangkan di beberapa negara di Eropa harga ikan ini cukup mahal bagi kita, misalkan saja di Inggris ikan ini bisa di bandrol sampai 15 Euro/ekor, dan di Scotlandia dijual dengan harga 10 Euro/ekor sedang harga ikan komet termahal dijual di Irlandia dengan harga 25 Euro/ekornya atau setara dengan Rp. 370.000-500.000( dengan kurs saat ini, 1 Euro = Rp. 14.639)

Di Indonesia sendiri budidaya ikan komet masih menjadi ladang bisnis yang cukup menggiurkan. Tidak jarang para pembudidaya ikan hias memelihara ikan komet ini di kolam-kolam peternakannya.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membudidaya ikan mas komet, kami akan membahas terlebih dahulu tentang cara memlihara ikan komet.

Cara mudah Memelihara ikan mas komet bagi para pemulaBagi Anda pecinta atau penghobi ikan hias pemula, tidak ada salahnya jika Anda memelihara ikan mas komet.

Karena ikan komet selain memiliki warna yang beragam dan indah, ikan ini juga mampu beradaptasi dan cukup tahan terhadap penyakit sehingga memudahkan Anda dalam memeliharanya. Berikut alat dan bahan yang perlu Anda siapkan.

1. Akuarium dan ukurannya

foto ikan komet gold

www.plantsrescue.com

pilihlah akurium yang sesuai dengan selera dan isi kantong Anda. Untuk ukuran akurium bisa disesuaikan dnegan jumlah ikan komet yang akan kita pelihara.

Seorang teman saya pernah memelihara 7 ikan komet pada akurium yang berukuran 50x30x30 cm dan ikan kometnya dapat hidup dengan optimal.

Cara pemeliharaan tersebut bisa di bilang cukup padat. Umumnya untuk 7 ekor ikan mas komet menggunakan akuarium ukuran 60x40x40 cm.

2. Melengkapi akuarium dengan sistem aerator dan sistem filterisasi serta tambahkan pasir dan tanaman air sebagai tempat bernaung ikan.

3. Menambahkan dan mengganti air secara teratur

Pastikan air yang Anda gunakan adalah ikan yang benar-benar seteril dan bersih. Jika Anda menggunakan air PDAM sebaiknya diendapkan dulu semalaman agar kotoran mengendap.

Mengganti air akuarium minimal 2 kali seminggu. Caranya dengan membuang separu air akuarium kemudian diganti dengan air yang baru.

4. Memasukkan ikan komet

Memasukkan ikan komet ada caranya juga, caranya memasukkan ikan komet beserta wadah atau kantong plastik tunggu beberapa menit.

Kemudian kantong plastik di buka agar ikan keluar dari kantong plastik menuju lingkungan akuarium. Hal ini berguna agar ikan dapat beradaptasi dengan air dan lingkungan baru.

5. Makanan ikan komet

Ikan komet merupakan ikan yang rakus sehingga kita tidak perlu repot-repot membeli pakan khusus. Anda bisa menggunakan dua jenis pakan yang banyak dijual di pasaran. Yaitu pakan buatan atau pellet dan pakan alami, misalnya jentik nyamuk, cacing darah, atau roti tawar.

6. Mengatasi hama penyakit

Hama yang sering menyerang ikan komet adalah kutu jarum. Indikasinya ikan komet yang terkena hama ini diantaranya adalah munculnya bercak-bercak pada tubuh ikan dan ikan terlihat lunglai.

Cara mengatasinya bisa secara manual, yaitu mencabut kutu jarum dengan pinset. Atau bisa juga menggunakan obat khusus.

Demikianlah sekilas tentang ikan mas komet dan cara memeliharanya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam hangat Infosiana.net.

Leave a Reply


Loading...