Jenis Ikan Neon Tetra Termahal dan Terlaris 2016

Ikan neon tetra atau yang dalam nama ilmiahnya Paracheirodon innesi adalah spesies ikan air tawar yang berasal dari keluarga Characidae ordo Characiformes.

Jenis ikan hias unik yang satu ini berasal dari sungai blackwater atau Clearwater di sebelah Tenggara Kolombia, Peru bagian timur dan Brazil bagian barat.

Selain itu, ikan ini bisa juga kita temukan di perairan anak sungai Solimoes yang mempunyai temperatur antara 20 – 26 derajat Celsius. Meskipun demikian, ikan ini tidak akan dapat ditemukan disungai – sungai berarus deras seperti yang terdapat dialiran pegunungan Andes.

Ikan neon tetra memiliki keunikan yang membuatnya menjadi salah satu ikan hias paling popular di dunia.

Bentuk dan Warna Tubuh

ikan hias tetra

AkuariumHias.blogspot.com

Salah satu keunikan dari ikan kecil ini adalah warna tubuhnya yang sangat cerah sehingga akan tampak bercahaya jika berada didalam perairan atau suasana yang gelap.

Ikan neon tetra memiliki cahaya berwarna biru yang sangat cantik yang akan bertambah cerah dengan perpaduan warna perak putih dibagian perutnya.

Ikan ini memiliki garis warna – warni biru yang horizontal disepanjang setiap sisi ikan dari hidung hingga pangkal sirip belakang.

Jika dilihat secara sekilas maka bentuk dan warna tubuhnya sangat mirip dengan jenis cardinal tetra.

Perbedaan dari keduanya hanya terletak pada warna garis merah dibawah garis biru disepanjang tubuhnya yang tidak dimiliki oleh ikan neon tetra.

Karena garis merah pada ikan neon tetra hanya terletak disetengah badan sampai ekornya. Garis merah warna – warni ini dimulai dari tengah tubuh kemudian meluas posterior ke dasar sirip ekor.

Kebanyakan jenis ikan ini akan mengembangkan warna kemilau zaitun yang melapisi punggung mereka.

Ikan ini akan terlihat transparan termasuk bagian sirip kecuali pada beberapa bagian. Warna biru dan merah akan menjadi warna perak bercahaya ketika pada malam hari.

Namun kedua warna tersebut akan kembali aktif ketika waktu sudah kembali terang – benderang.

Ikan neon tetra dapat tumbuh dengan panjang hanya mencapai 3 cm dari keseluruhan tubuhnya.

Perbedaan jenis kelamin antara jantan dan betina sangat sedikit sekali. Perbedaaan tersebut ditunjukkan oleh bentuk perut betina yang sedikit lebih besar.

Ikan neon tetra pejantan memiliki tubuh yang ramping serta garis biru yang tegak. Sedangkan tetra betina memiliki tubuh yang bulat serta garis biru yang membungkuk.

Habitat Hidup dan Cara Memelihara Ikan Neon Tetra

Jika dialam liar, ikan ini bisanya hidup diperairan tenang dengan suhu perairan 25 derajat Celsius.

Namun jika anda berminat memelihara di aquarium, maka sangat disarankan menyiapkan aquarium yang berukuran 60 cm ( 24 inci ).

Kadar air didalam aquarium tersebut sebaiknya memiliki Ph 6,0 – 7,8. Ikan ini termasuk jenis ikan yang sangat sensitive terhadap perubahan air yang terjadi di lingkungannya.

ikan neon tetra bisa mengalami stress atau bahkan bisa menyebabkan kematian jika mereka mengalami trauma dengan perubahan yang drastic pada lingkungannya.

Ikan ini dapat hidup sampai berumur 10 tahun di alam liar sedangkan jika diaquarium biasanya hanya mampu bertahan selama 5 tahun.

Ikan jenis ini cenderung pemalu, dank arena ukurannya yang cukup kecil, maka sebaiknya ikan ini dipelihara secara terpisah dari jenis ikan-ikan aktif lainnya.

Selain itu jika anda ingin mengoleksi ikan hias ini, sebaiknya anda dapat memelihara lebih dari sepuluh ekor.

Hal ini bertujuan agar anda bisa melihat efek cahaya bergerombol yang sangat cantik ketika mereka sedang berenang disekitar tangki didalam aquarium.

Jenis –Jenis Ikan tetra

cara memelihara ikan neon tetra

qube-aquarium.com

Terdapat beberapa jenis ikan tetra yang hidup didunia, diantaranya adalah jenis ikan tetra guppies, ada juga rummy nose tetra, kemudian ada juga cardinal tetra serta ada juga glowlight tetra.

Jenis Makanan

Ikan neon tetra merupakan ikan yang bersifat omnivore, jenis makanan yang bisa diberikan untuknya bisa seperti jenis artemia, daphnia, frozen bloodworm, tubifek dan micropellet.

Namun dari sekian jenis makanan untuk ikan tetra tersebut, jenis pellet tenggelam sangatlah cocok untuk mereka, karena dengan jenis makanan ini terdapat kandungan untuk merangsang agar warna neon tetra keluar.

Proses Reproduksi

Untuk perkembangbiakan ikan neon tetra, maka dapat dilakukan dengan cara menempatkan sepasang spesies dalam kolam penangkaran yang sedikit cahaya.

Kemudian secara bertahap pencahayaan ditingkatkan sampai terjadinya proses pemijahan.

Selain itu kita disarankan untuk meningkatkan konsentrasi kandungan pakan nitrat dan juga melakukan perubahan 50 % kadar air untuk mensimulasikan hujan yang didapatkan ikan tetra dihabitat alaminya di amazon.

Setelah terjadi pemijahan maka segera pisahkan indukan agar mereka tidak memakan sendiri telur-telurnya.

Telur – telur ikan tetra sangat sensitive terhadap cahaya, telur – telur hasil pemijahan tersebut akan menetas menjadi seperti bentuk – bentu larva dalam waktu 24 jam.

Larva – larva ikan ini kemudian bisa diberi makan infusoria dan juga kuning telur selama kurang lebih empat minggu.

Potensi Ekonomi dan Harga Ikan Neon Tetra

ikan hias tetra neon

pinterest.com

Ikan neon tetra pertama kali ditemukan di Amerika Selatan yang kemudian diberi nama oleh Dr William T. Innes dengan nama Pracheirodon innesi.

Ikan ini merupakan salah satu ikan aquarium paling popular yang sekarang sudah banyak dibudidayakan dibanyak negara dalam jumlah besar untuk tujuan bisnis ekspor.

Sekarang ikan – ikan neon tetra telah dijadikan sebagai salah satu ikan ekspor oleh Negara – Negara seperti Hongkong, Singapura, dan Thailand, Kolumbia, Peru, Brazil dan Indonesia pun turut meramaikan persaingan di pasar Ekspor ikan hias ini.

Bahkan selama satu bulan, terdapat sekitar 1,8 juta ikan neon tetra yang diekspor ke Amerika Serikat dengan nilai ekspor $ 175.000.

Sedangkan di Indonesia sendiri jenis ikan hias yang satu ini cukup banyak peminatnya, sehingga peluang bisnis budidaya ikan neon ini di dalam negeri cukup menjanjikan.

Oleh karena itu para pencinta ikan hias dalam negeri sudah mulai ikut membudidayakannya baik untuk tujuan pemenuhan permintaan dari local maupun untuk keperluan ekspor.

untuk harga di pasaran, ikan neon di dalam negeri sendiri adalah sekitar Rp.1500/ ekornya.

Demikianlah sekilas mengenai profil ikan hias Neon Tetra, semoga setelah membaca artikel ini anda akan mempunyai satu lagi alternative pilihan tentang jenis ikan hias yang bisa anda koleks.

Leave a Reply