Ingin Belajar SEO? Jangan Lupakan 6 Langkah Berikut Ini

Belajar SEO untuk Pemula – Banyak yang ingin belajar dan menguasai SEO, ya Search Engine Opitimization atau lebih akrab dengan SEO ini dibutuhkan setiap perusahaan yang menggunakan mesin pencari seperti Google atau Bing.

Mempelajari SEO ini gambang-gampang sulit karena bagi Anda yang tidak mempelajarinya di akademi bisa belajar dengan banyak browsing. Kini mempalajari suatu hal lebih mudah karena adanya internet.

6 Langkah Mudah Mengaplikasikan SEO di Blog

belajar seo dengan mudah

SlideShare.net

Nah untuk mempelajari SEO ada beberapa langkah penting yang harus diterapkan.  6 langkah ini cukup sederhana bagi Anda yang ingin Belajar Seo untuk PemulaBerikut ini langkah-langkah yang waji dilakukan dan dijalani.

  1. Setup

Sebagai landasan menguasai SEO di masa depan Anda melakukan setup awal. Di sini Anda harus mengaktifkan dan menguasai alat-alat yaitu Google Adwords, Google Analytics dan Google Webmaster Tools.

Masing-masing tools memiliki fungsinya, Google Adwordsakan digunakan meneliti keywords. Sehingga Anda akan mengetahui apa yang pengguna cari dan butuhkan. SedangkanGoogle Analytics berfungsi sebagai pelacakan berapa banyak visitor yang datang ke website Anda. Terkahir Google Webmaster Tools digunakan untuk melihat peringkat website Anda di mata Google.

  1. Navigasi

Anda perlu mengatur navigasi yang memberikan kemudahan pengunjung untuk menjelajahis website Anda serta mempermudah mesin pencari menemukan hubungana natara link dan halaman. Untuk itu Anda harus membuat struktur website dengan baik mulai dari halaman home dan tampilannya serta membaginya menjadi katagori yang tepat sesuai sasaran. Jangan mempersulit pengunjung ketika berada di website Anda.

  1. Mencari Keyword

Jika Anda sudah mempersiapkan pondasi dari website maka beralihlah pada pencarian keyword untuk membuat konten yang bermanfaat dan banyak dicari orang. Menggunakan keyword yang powerfull akan memudahkan pembaca untuk mencari konten yang dimiliki pada website Anda. Dari konten inilah Anda akan mendapatkan trafik yang menentukan apakah webiste Anda berhasil.

Dalam pencarian keyword ini ada beberapa alat yang bisa digunakan seperti Google Adwords, Goofgle Webmaster Tools, Ubbersuggest, Google Trends, Google Suggest. Bahkan jika website Anda sudah berkembang, banyak tools berbayar yang bisa Anda beli dengan harga bervariasi.

  1. Konten

Anda membutuhkan konten on page yang berkualitas. Konten ini akan dinilai oleh algoritma Google, ingat algoritma Google sering berubah untuk menentukan konten yang benar-benar berkualitas.

Nah untuk mendapatkan konten ini Anda juga harus menggabungkannya dengan keyword dan pastikan Anda telah memilih keyword yang kuat dan banyak dicari. Anda bisa menargetkan satu keyword per halaman dan di setiap pengaturan pada setiap halaman terdapat judul yang berbeda.

  1. Meta Deskripsi

Pada sebuah konten Anda harus memberikan meta deskripsi atau meta tags. Fungsinya adalah untuk memudahkan para pencari mengetahui apa isi konten yang telah Anda sediakan. Kalimat yang diberikan harus padat jelas dan mudah dimengerti, sekali membaca orang bisa tertarik dan melakukan klik.

Pembuatan meta deskripsi ini harus sesuai dengan aturan seperti memiliki 160 karakter maksimal dan memiliki keyword. Nah untuk mempermudah Anda mengisi meta deskripis Anda bisa menambahkan tools pada website Anda seperti Yoast.

  1. SEO Off Page

belajar seo untuk pemula

SEOBlog.id

Nah hal terakhir ini juga sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Anda ingin trafic website Anda naik maka lakukan hal ini. Jangan hanya mengatur dari dalam namun Anda juga harus membuat link dari luar.

Membangun link dari luar ini maka Anda harus menggunakan berbagai macam cara seperti sosial media lain seperti Instagram, Facebook, Twitter dan sosial media lainnya. Anda perlu membangunkan link ke website Anda.

Leave a Reply