15+ Jenis Bunga Aster yang Menyejukkan Mata

Bunga Aster adalah salah satu jenis bunga yang berasal dari daratan Tiongkok (ada banyak pendapat yang menyebutkan bahwa asal bunga aster adalah Amerika Utara, hal ini dibuktikan dengan adanya 600 spesies bunga aster ang berasal dari sana) dengan tinggi berkisar antara 30-70 cm.

Deskripsi dan ciri-ciri bunga aster

Asal usul nama Aster sendiri berasal dari bahasa Yunani Kuno, yaitu kata ἀστήρ (ASTER), yang memiliki arti “bintang”, hal ini mengacu pada bentuk kepala bunganya yang menyerupai bintang.

Di Indonesia bunga ini banyak dibudidayakan oleh para petani di daerah Pacet dengan alasannya banyak orang-orang menyukainya.

Jika kita lihat sekilas bungai ini memiliki bentuk yang mirip dengan bunga deasy dan bunga matahari, hanya saja ukuranya saja yang lebih kecil.

Tanaman ini memiliki bentuk daun tersusun dan memiliki beberapa varian warna pilihan seperti putih, biru, ungu, dengan ciri khas warna kuning di bagian tengahnya.

Sedangkan untuk usia, bunga ini umumnya hanya berumur satu tahun. Di Tanah air kita ini, bunga aster ini menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah karangan bunga.

gambar bunga aster

www.greekflora.gr

Selain itu, bunga Aster merupakan bunga yang tidka kenal musim, artinya bunga ini akan mekar sepanjang tahun atau tidak mengenal musim untuk berbunga.

Bunga yang masuk dalam keluarga asteracea secara umum merupakan bunga yang dikategorikan sebagai bunga sempurna karena bentuk dan bagian-bagian bunga aster sudah cukup memenuhi syarat untuk disebut sebagai bunga sempurna.

Suatu bunga baru bisa dikatakan sebagai bunga sempurna jika bunga tersebut memiliki alat reproduksi yang lengkap, yaitu benang sari dan putik.

Diantara bagian-bagian bunga aster adalah: Calyx atau kelopak bunga, Corolla atau Mahkota bunga, Androecium atau benang sari, Gynoecium atau putik.

Dalam sejarah Revolusi Hungaria pada 31 Oktober 1918 atau yang biasa dikenal sebagai “Revolusi Aster atau Revolusi Chrysanthemum”, sebutan ini disematkan karena para demonstran di Bundapest saat itu secara serentak mengenakan bunga berbentuk bintang ini.

Klasifikasi Tanaman Bunga Aster

Kingdom: Plantae
(unranked): Angiosperms
(unranked): Eudicots
(unranked): Asterids
Order: Asterales
Family: Asteraceae
Subfamily: Asteroideae
Tribe: Astereae
Genus: Aster

Jenis-jenis Bunga Aster

  1. Eucephalus breweri

Bunga aster kuning (Eucephalus breweri)

www.americansouthwest.net

Eucephalus breweri merupakan salah satu jensi bunga aster yang berasal dari Amerika Utara yang biasa dikenal dengan aster Brewer.

Bunga berbentuk bintang ini merupakan bunga endemik, asli California, terutama di pegunungan Sierra Nevada. Tanaman ini tersebar mulai barat laut Nevada hingga barat daya Oregon.

Aster breweri juga merupakan tanaman yang tumbuh di sekitar kayu caudex dengan ketinggian berkisar antara 10 cm (4 inci) hingga 1 meter (39 inci).

Selain itu, tanaman ini memiliki bunga dengan warna kuning cerah dan berdiameter 5 cm.

  1. Symphyotrichum cordifolium (Aster kayu Biru)

bibit bunga aster

www.wikiwand.com

Symphyotrichum cordifolium, Aster cordifolius merupaakan salah satu jenis bunga aster yang berasal dari Amerika Utara bagian timur.

Ketika musim mekar pada bulan Agustus hingga Oktober, bunganya bewarna putih keunguan atau kebiruan dengan bagian tengahnya bewarna ungu tua. Bunga ini akan tetap berbunga diketinggian 1200 mdpl.

  1. Symphyotrichum dumosum

Buga aster putih (Symphyotrichum dumosum,)

usinggeorgianativeplants.blogspot.co.id

Symphyotrichum dumosum atau beras aster/aster lebat merupakan salah satu jenis bunga aster lama yang dulunya biasa dikenal sebagai Aster dumosus.

Bunga ini akan mudah kita temukan di seluruh bagian timur Amerika Serikat dari Texas hingga Florida dan di Maine hingga Wisconsin.

Selain itu, bunga ini juga bisa kita temukan di New Brunswick dan Ontario, dan mulai banyak dibudidayakan oleh masyarakat di tempat lain.

Tanaman ini mampu tumbuh hingga mencapai tinggi 100 cm (40 inci) tinggi dengan warna yang cukup kalem, yaitu putih pada mahkotanya dan kuning di bagaian tengahnya.

  1. Euribia divaricata

budidaya bunga aster putih

www.delawarewildflowers.org

Euribia divaricata (sebelumnya Aster divaricatus) atau yang bias disebut dengan aster kayu putih, merupakan salah satu jenis bunga aster yang berasal dari bagian timur Amerika Utara,

terutama di pegunungan Appalachian, Tenggara Kanada, di provinsi Ontario dan Quebec pun ada, hanya saja jumlahnya berkisar 25 populasi saja.

bunga ini memiliki mahkota yang bewarna putih dengan bagian tengah berwarna kuning cerah. Selain itu, buga ini hanya muncul di akhir musim panas hingga musim gugur saja.

  1. Symphyotrichum ericoides

jenis bunga aster

nhgardensolutions.wordpress.com

Symphyotrichum ericoides atau Aster ericoides ata yang bisa disebut dengan aster putih adalah salah satu spesies dari tanaman aster yang berasa dari Amerika Utara, serta bagian utara Meksiko.

Aster putih ini memiliki batang dengan ketinggian berkisar antara 1 sampai 3 ft (30-91 cm). Bunga ini umumnya memiliki mahkota bunga yang berwarna putih, tapi tidak jarang juga kita temui yang berwarna merah muda dengan pusat bunga berwarna kuning.

Seperti bunga aster lainnya bunga ini hanya muncul pada akhir musim panas hingga musim gugur saja.

Untuk ukuran mereka terbilang agak kecil, yaitu diameternya berkisar antara 8,5-12,7 mm.

  1. Symphyotrichum laeve (Aster Biru Halus)

tanaman bunga aster

growingsmallfarms.ces.ncsu.edu

Symphyotrichum laeve atau yang biasa disebut aster halus, aster keabu-abuan merupakan tanaman aster yang berasal dari Kanada dan Amerika Serikat. Aster halus mampu tumbuh dengan mencapai tinggi 20-70 cm.

  1. Symphyotrichum lateriflorum (Belacu Aster)

Symphyotrichum lateriflorum (Belacu Aster)

elizawaters.com

Symphyotrichum lateriflorum atau yang bisa disebut sebagai belacu aster adalah salah satu spesies bunga aster yang berasal dari Amerika Utara bagian timur.

Tanaman ini mampu tumbuh hingga 120 cm. Bunganya bewarna putih atau merah muda pada mahkotanya sedangkan untuk bagaian tengahnya berwarna ungu. Bunga ini mulai bermekaran pada akhir musim panas hingga musim gugur (musim gugur).

  1. Symphyotrichum novae-angliae (Aster New England)

Symphyotrichum novae-angliae (sebelumnya Aster novae-angliae L.), umumnya dikenal sebagai aster New England, Santo Michael daisy, adalah salah satu spesies dari bunga daisy yang berasal dari Pegunungan Rocky, Amerika Utara bagian Timur.

Bunga ini mulai diperkenalkan kepada bangsa Eropa pada tahun 1710. Tanaman ini mampu tumbuh hingga tinggi mencapau 120 cm.

Bunga ini memeiliki corak yang indah, yaitu warna kuning yang cerah terletak pada bagian tengah bunga, sedangkan untuk mahkotanya berwarna ungu, dibeberapa kasus berwarna putih.

  1. Oreostemma peirsonii

Oreostemma peirsonii (sebelumnya Aster peirsonii) memiliki beberapa sebutan diantaranya adalah aster Peirson dan mountaincrown Peirson ini.

Bunga ini merupakan bunga endemik untuk kawasan Sierra Nevada dan California, terutama di sekitar daerah tempat bertemunya Fresno, Tulare, dan Inyo Counties.

Tanaman ini merupakan tanaman yang berasal dari dinginya iklim gunung alpen yang tinggi.

Bunganya begitu indah, yaitu perpaduan sempurna antara warna ungu muda pada mahkota dan kuning pada bagian tengahnya dengan diameter mencapai 2 cm dan tinggi tanaman mencapai 8 cm.

  1. Pilosum Symphyotrichum

bunga Pilosum Symphyotrichum

www.minnesotawildflowers.info

Pilosum Symphyotrichum merupakan satu diantara jenis bunga aster yang berasal dari Kanada dan Amerika Serikat.

Bunga ini memiliki julukan aster putih berbulu dan aster berbulu, sama halnya dengan jenis-jenis bunga aster lainnya bunga ini memiliki mahkota berwarna putih dan kuning di bagian tengahnya.

  1. Ionactis alpina

Ionactis alpina (sebelumnya Aster scopuloru) atau yang sering disebut juga sebagai lava aster.

Bunga ini tumbuh di daerah kering di kawasan Amerika Serikat bagian barat, mulai dari California hingga Montana.

Tanaman ini umumnya memiliki tinggi 12 cm. Sedangkan untuk ukurannya, bunga ini mampu mencapai diameter 1 cm.

Keindahan bunganya tidak kalah cantik dengan jenis-jenis lainnya, ia memiliki bunga bewarna ungu, merah muda dengan bagian tenganya yang berwarna kuning cerah dan berbentuk seperti rambut.

  1. Euribia sibirica

Euribia sibirica atau yang biasa dikenal sebagai aster Siberia atau aster Arktik, adalah salah satu jenis tanaman berbunga tahunan yang berasal dari Amerika Utara dan Utara Eurasia .

Euribia sibirica tingginya bisa mencapai 60 cm. Umunya bunganya berwarna merah muda pada mahkotanya sedangkan bagian tengahnya berwarna ungu.

  1. Aster alpinus (Aster alpen)

merawat bunga aster

www.jparkers.co.uk

Aster alpinus adalah salah satu tanaman hias tercantik yang mendiami pegunungan Eropa (termasuk Pegunungan Alpen ), dengan subspesies asli berasal dari Kanada dan Amerika Serikat.

Perpaduan bunga yang sangat menarik menjadikan bunga ini banyak digemari di daratan eropa. Warnanya bisa berupa ungu, merah muda atau bahkan biru seperti genus Aster lainnya.

Selain itu, tanama­­n ini mampu tumbuh antara 15-30 cm. Kita akan menjumpai bunga cantik ini saat akhir musim semi atau awal musim panas atau, bahkan kadang-kadang di pertengahan musim panas.

Aster tataricus

budidaya bunga aster

commons.wikimedia.org

Aster tataricus atau yang bisa disebut juga sebagai aster Tatarinow adalah salah satu jenis bunga aster yang berasal dari Asia Selatan dan Timur.

Tanaman ini dijadikan sebagai salah satu dari 50 tanaman herbal dasar dari pengobatan tradisional Cina, mereka menyebutnya sebagai tanaman zǐwǎn ( Cina : 紫 菀 ) yang menjadi salah satu kandungan dalam tanaman tersebut.

Sebagai tanaman herbal, ia juga memiliki antibakteri yang sangat solid, dan mampu menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus, E. coli , Bacillus dysenteriae, B. typhi, Pseudomonas dan Vibrio proteus.

Di Jepang, bunga Aster tataricus dikenal sebagai Shion, atau紫苑. Dalam bahasa Jepang bunga ini memiliki makna “Aku tidak akan melupakan Anda.”

Dan hal ini sekalgus menjadi filosofi ataupun makna dari bunga aster di Seluruh Dunia.

Aster amellus (Michaelmas-daisy)

bunga ester

www.swamynursery.in

Aster amellus (Michaelmas-daisy) adalah salah satu tanaman herbal yang masuk dalam genus aster dan berasal dari pegunungan Eropa mulai dari Pyrenees dan Alpen ke Carpathians, Asia Barat (Turki), Kaukasus , Siberia dan Asia Tengah ( Kazakhstan ).

Dalam kamus istilah dan arti bunga , Bunga Michaelmas-daisy melambangkan perpisahan atau kepergian.

Ciri-ciri: tanaman ini memiliki tinggi 20-50 cm dan batangnya tegak serta bercabang, daunnya berwarna hijau gelap.

Bunganya berwarna ungu dengan masa berbunga berkisar anatar bulan Juli sampai Oktober. Proses penyerbukan bunga ini dibantu oleh serangga.

Demikian ulasn singkat tentang bunga Aster, semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam hangat Infosiana.net.

Percakapan Obrolan Berakhir

Leave a Reply