15 Jenis dan Gambar Bunga Matahari Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Bunga matahari (Helianthus annuus L.) merupakan salah satu tanaman bunga musiman yang berasal dari Amerika Utara (Meksiko).

Jika kita lihat dari klasifikasi ilmiah, bunga matahari masih tergolong tanaman bunga dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) dari genus Helianthus.

Dari genus Helianthus, bunga matahari terbagi lagi menjadi 70 jenis atau spesies yang tersebar hampir di seluruh penjuru dunia.

Tanaman ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat dunia baik hanya dijadikan sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak.

Bunga tanaman ini sangat mudah kita kenali dan begitu khas, yaitu: bunganya berukuran besar (diameter bisa mencapai 30 cm), umumnya berwarna kuning terang, dan dilengkapi dengan mahkota bunga yang indah.

Bunga ini tergolong bunga majemuk, yaitu bunga yang tersusun dari ratusan bahkan ribuan bunga kecil pada satu bongkol.

Perilaku khas dari Bunga Matahari yang sering kita temui, yaitu bunganya selalu menghadap/ condong ke arah matahari atau heliotropisme.

Nggak percaya? Coba aja sendiri. Hehe

Orang Perancis biasa menyebutnya dengan sebutan tournesol atau “pengelana Matahari”.

Di Ukraina dan Negara bagian Kansas, Amerika Serikat: bunga berwarna kuning cerah ini dijadikan sebagai bunga Nasional di kedua negara tersebut.

Untuk mengenal bunga matahari lebih jauh kami akan menyebutkan beberapa poin tentang ciri-ciri tanaman ini, ciri-ciri tersebut diantaranya adalah:

  • Tanaman ini ketika di tanam tingginya bisa mencapai 1m hingga 3m tergantung varietas dan kesuburan tanahnya.
  • Memiliki daun yang berbentuk tunggal lebar
  • Biasanya di bagian batangnya ditumbuhi rambut atau bulu-bulu kasar, tegak, dan jarang bercabang. Hati-hati dengan rambut-rambutnya keran jika terkena kulit maka akan mengakibatkan gatal-gatal dan iritasi pada kulit.
  • Bunganya berwarna kuning cerah, dan menghasilkan biji
  • Dalam satu tandan, bunga ini jumlahnya bisa mencapai 2000 kuntum
  • Proses penyerbukan bunga ini terbuka (silang) dan dibantu oleh serangga
  • Biji bunga matahari memiliki cangkang yang cukup keras dan biasa dijual di toko-toko, maupun supermarket atau yang biasa kita kenal dengan kuaci.

Berdasarkan kebutuhan dan kegunaannya, maka pembudidaya bunga matahari dibedakan menjadi 4 kelompok, diantaranya adalah:

jual bunga matahari

ww.picswalls.com

a. Pembudidaya yang mengambil bijinya untuk diolah menjadi minyak biji bunga matahari. Salah satu kekhasan biji bunga matahari adalah ia memiliki cangkang biji yang tipis.

Meskipun begitu, bijinya mengandung minyak yang berkisar antara 48% hingga 52%. Untuk menghasilkan satu liter minyak biji bunga matahari maka dibutuhkan sekitar 60 tandan bunga majemuk.

b. Pembudidaya yang menjadikan tanaman bunga matahari sebagai pakan ternak, mereka biasa mengambil daunnya untuk dijadikan sebagai pakan atau pupuk organik.

c. Pembudidaya yang ini menikmati keindahan bunganya atau yang menjadikannya sebagai tanaman hias. Sebaiaman kita ketahui bersama bunga ini mempunyai warna kelopak yang cukup bervariasi dan memiliki banyak bunga di setiap cabangnya

d. Pembudidaya yang mengambil bijinya untuk diolah menjadi bahan pangan atau cemilan biji bunga matahari atau yang biasa kita kenal dengan kuaci.

Sejarah dan Asal Usul Tanaman Bunga Matahari

jual biji bunga matahari

theflorallife.com

Tanaman ini telah dibudidayakan dan menjadi tanaman andalan bagi orang-orang Indian Amerika Utara sejak ribuan tahun lalu.

Kemudian tersebar ke Amerika Selatan dan menjadi salah satu sumber makanan pokok bagi suku Inka.

Setelah benua Amerika ditaklukan oleh orang Eropa, bunga Matahari mulai dikenalkan ke orang-orang Eropa dan seluruh dunia pada abad ke-16.

Sementara baru abad ke-17 biji bunga matahari diolah dan digunakan untuk dijadikan sebagai bahan pelengkap campuran roti atau sebagai minuman pengganti kopi atau cokelat.

Sedangkan, pemanfaatan dan penggunaannya sebagai sumber minyak pangan baru dimulai dan dirintis pada abad ke-19.

 

Minyak bunga matahari

gambar bunga matahari

www.liku.co.ke

Setelah dirintis pada abad 19, pemanfaatan bunga Matahari sebagai sumber minyak semakin dikenal oleh banyak orang, baik itu untuk kebutuhan pangan maupun industri.

Sebagai bahan pangan, minyak bunga ini cocok dipakai untuk menggoreng, mengentalkan, serta sebagai campuran salad.

Minyak bunga matahari sendiri mengandung asam linoleat (C18:2), yaitu suatu asam lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan manusia.

Untuk kepentingan industri yang lebih besar, para peneliti dan pembudidaya ingin memodifikasi tanaman bunga matahari menjadi tanaman baru yang memiliki kandungan asam oleat yang lebih tinggi.

Hal itupun telah berhasil, merekapun berhasil menemukan kultivar bunga Matahari yang menghasilkan minyak dengan kualitas sesuai seperti yang mereka inginkan, yaitu mengandung 80% hingga 90% asam oleat.

Manfaat bunga matahari

gambar bunga matahari

ouroneacrefarm.com

Sebagaimana bunga wijayakusuma yang telah kita bahas sebelumnya, bunga yang satu ini pun kaya akan khasiat dan manfaat. Simak ulasannya berikut ini.

Setelah berkembangnya zaman, saat ini banyak negara yang membudidayakan tanaman berwarna kuning ini, diantara negara-negara tersebut adalah: Rusia, Cina, Amerika Serikat, dan Argentina.

Di Indonesia sendiri tanaman ini baru dibudidayakan pada tahun 1919 di pulau Jawa. Tanaman ini akan tumbuh optimal jika ditanam di kawasan pegunungan.

Kenapa di kawasan pegunungan? Karena hanya di kawasan tersebutlah tanaman ini mendapatkan kelembaban yang cukup dan banyak memperoleh paparan matahari secara langsung.

Selain sebagai tanaman hias, bunga matahar juga bisa kita ambil manfaatnya, mulai dari bunganya, biji, batang, dan daunya pun memiliki manfaat bagi manusia.

Ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat bunga matahari? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Manfaat Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari mempunyai panjang yang berkisar antara 6 mm hingga 10 mm dan memiliki cangkang tipis berbentuk kerucut dengan permukaan halus.

Cangkangnya berwarna hitam mantel dengan berisi biji tunggal di dalamnya yang berwarna abu-abu putih.

Setiap bonggol bunga matahari memiliki ratusan biji yang mengandung minyak nabati di dalamnya.

Kandungan biji bunga matahari per sajian 100 g.
Kandungan Nutrisi Nilai gizi Persentase
Energi 584 Kcal 29%
Karbohidrat 20 g 15%
Protein 20.78 g 37%
Lemak 51.46 g 172%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat 8.6 g 23%
Vitamins
Folates 227 µg 57%
Niacin 8.335 mg 52%
Pantothenic acid 1.130 mg 22%
Pyridoxine 1.345 mg 103%
Riboflavin 0.355 mg 27%
Thiamin 1.480 mg 123%
Vitamin A 50 IU 1.6%
Vitamin C 1.4 2%
Vitamin E 35.17 mg 234%
Electrolytes
Sodium 9 mg 1%
Potassium 645 mg 14%
Minerals
Kalsium 78 mg 8%
Tembaga 1.800 mg 200%
Zat Besi 5.25 mg 63%
Magnesium 325 mg 81%
Manganese 1.950 mg 85%
Phosphorus 660 mg 94%
Selenium 53 µg 96%
Zinc 5.00 mg 45%
Phyto-nutrients
Carotene-ß 30 µg
Crypto-xanthin-ß 0 µg
Lutein-zeaxanthin 0 µg

 

Manfaat vitamin E dan Anti-inflamasi

panas pada anak

abiummi.com

Kandungan Vitamin E yang terdapat pada tanaman bunga matahari merupakan antioksidan yang terlarut dalam lemak tubuh.

Vitamin E sendiri dipercaya mampu untuk menetralkan radikal bebas yang dapat merusak struktur lemak seperti membran sel, sel-sel otak, dan kolesterol.

Dengan menjaga komponen dan unsur seluler dan molekuler, vitamin E mempunyai efek anti-inflamasi yang signifikan, sehingga dapat mengurangi dan mencegah gejala asma, osteoarthritis, rheumatoid arthritis.

Selain itu juga, Vitamin E juga telah terbukti menurunkan risiko kanker pada usus besar, serta membantu menurunkan frekuensi hot flashes pada wanita yang telah mengalami menopause, serta membantu menurunkan resiko komplikasi pada penyakit diabetes.

Menurut penelitian, Vitamin E dalam biji bunga matahari juga berperan penting dalam mencegah penyakit kardiovaskular.

Vitamin E merupakan satu diantara antioksidan pokok yang terdapat pada partikel kolesterol yang dapat mencegah radikal bebas dari oksidasi kolesterol.

Kolesterol sendiri dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung, atau stroke.

Menurut sebuah studi, Vitamin E secara signifikan dipercaya mampu mengurangi risiko mengembangnya atherosclerosis.

Studi tersebut membuktikan bahwa seseorang yang menerima asupan vitamin E dalam jumlah yang cukup akan memiliki risiko kematian (diakibatkan serangan jantung) yang lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang menerima asupan vitamin E dalam jumlah yang kurang memadai.

Mampu Menurunkan kolesterol

manfaat matahari

hellosehat.com

Kandungan pitosterol dalam biji bunga matahari dipercaya mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh serta bisa meningkatkan menurunkan risiko kekebalan kanker pada tingkat tertentu.

Sebuah studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, para peneliti menunjukkan bahwa sebagian besar jumlah pitosterol hadir dalam kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji wijen memiliki kandungan fitosterol antara 400-413 mg per 100 gram, kenari antar 113 mg / 100grams, biji bunga matahari  memiliki kandungan pitosterol antar 270-289 mg / 100 g, dan biji  labu antara 265 mg / 100 g.

Selain kedua penyakit diatas, biji bunga matahari dipercaya juga dapat  menenangkan saraf, otot, dan pembuluh darah, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan proses detoksifikasi dan pencegah kanker, dapat mencegah serangan jantung dan stroke, baik untuk pertumbuhan anak, menurunkan kadar gula dalam darah, menjaga kesehatan kulit, bermanfaat untuk perkembangan janin, dan mengurangi depresi.

Daun Mahkota Bunga Matahari berguna untuk mengobati sakit kepala, menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain bijinya, daun mahkota bunga matahari pun memiliki manfaat bagi kesehatan kita, diantara kandungannya adalah helianhoside A-B-C, quercimeritrin, asam echinocysat, dan asam oleanolat.

Daun mahkota bunga matahari dipercaya ampuh untuk mengobati sakit kepala. Caranya adalah cukup dengan merebus bunga matahari bersamaan telur ayam utuh (ingat, telur ayamnya utuh tidak dipecahkan).

Rebus bunga matahari dengan dua gelas air, tunggu hingga airnya menysust jadi satu gelas. Terakhir minumlah ramuan ini sehari dua kali.

Jika tidak membuahkan akan hasil, segera periksakan ke dokter terdekat.

Sumsum Batangnya Berkhasiat Untuk Menambah Vitalitas

Sumsum batang bunga matahari dipercaya mampu menambah vitalitas, mengobati liver, alagesik, dan lainnya.

Untuk mengobati luka pada bagian luar juga bisa, caranya haluskan bunga Matahari kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit atau luka.

yang kami maksud luka bagian luar adalah, untuk mengobati bisul, radang payudara, dan rematik.

Jenis-jenis bunga matahari

Helianthus Agrestis

taman bunga matahari

plants.findthedata.com

Helianthus Agrestis adalah salah satu jenis atau spesies bunga matahari yang berasal dari Amerika Serikat (Florida dan Georgia).

Ciri-ciri: tanaman ini merupakan tanaman tahunan dengan tinggi yang bisa mencapai 200 cm. Satu tanaman dapat menghasilkan sebanyak 15 kelopak bunga.

Tanaman ini tumbuh di tanah basah seperti bekas rawa-rawa dan bekas tanaman pinus pada ketinggian kurang dari 50 meter.

Bunganya berwarna kuning cerah dengan ukuran lebih kecil dibandingkan bunga matahari.

Bunga Matahari Ambigu (Helianthus ambiguus)

cara menanam bunga matahari

www.plantes-shopping.fr

Helianthus ambiguus adalah salah satu jenis atau spesies bunga matahari yang berasal dari Amerika Utara.

Tanaman ini juga bisa temukan di beberapa danau di sekitar negara bagian di Amerika Serikat, seperti New York, Michigan, Ohio, dan Wisconsin.

Ciri-ciri: tanaman ini memiliki tinggi sekitar 80 cm. Daunnya panjang dan sempit, berbentuk tombak, dengan panjang daunnya berukuran 15 cm dan berwarna kuning cerah.

Setiap satu tanaman menghasilkan beberapa kepala bunga, masing-masing bunga berdiameter 7-8 cm.

Bunga Matahari Rawa (Helianthus angustifolius)

manfaat bunga matahari

en.paperblog.com

Helianthus angustifolius adalah salah satu jenis atau spesies bunga matahari yang berasal dari sebagian kecil Amerika Serikat dan beberapa negara bagian yang dekat pantai seperti Texas, Long Island, Florida, Illinois dan Missouri.

Tanaman ini juga bisa kita temukan di kawasan sekitar pantai (baik itu yang dekat Atlantik maupun Teluk ).

Ciri-ciri: bunganya berwarna kuning terang. Daunnya memiliki panjang sekitar 15 cm dan sempit. Tanaman ini tingginya bisa mencapai 150 cm.

Setiap satu tanaman bisa menghasilkan 3-16 kepala bunga.

Bunga Matahari Barat (Helianthus anomalus)

davesgarden.com

Helianthus anomalus adalah salah satu jenis atau spesies bunga matahari yang berasal dari barat daya Amerika Serikat (Arizona, New Mexico, Nevada dan Utah).

Bunga matahari Barat merupakan hasil persilangan antara H. annuus dan H. petiolaris , yang telah terjadi sekitar 60.000 dan 200.000 tahun yang lalu.

Ciri-ciri: tanaman ini memiliki tinggi sekitar 1.2 meter, dengan bunga berwarna kuning cerah. Daunnya memiliki panjang 8-10 cm.

Helianthus argophyllus

bunga matahari putih

www.actaplantarum.org

Helianthus argophyllus adalah salah satu jenis atau spesies bunga matahari yang berasal dari Amerika Utara (ke daerah pesisir Negara Texas di Amerika Serikat, dan telah banyak dibudidayakan di Florida , North Carolina , Argentina , Afrika , Australia , dll).

Ciri-ciri: tinggi tanaman bisa mencapai 300 cm. Daun dan batang berwarna keperakan karena tanaman ini memiliki banyak rambut/bulu-bulu halus yang bisa bikin gatal. Setiap satu tanaman dapat menghasilkan 1-5 kepala bunga.

Bunga Matahari Arizona (Helianthus arizonensis)

lukisan bunga matahari

swbiodiversity.org

Helianthus arizonensis adalah salah satu jenis atau spesies bunga matahari yang berasal dari Amerika Serikat (Arizona dan New Mexico).

Ciri-ciri tanamna: tinggi bisa mencapai 30 cm. Daun tidak memiliki rambut. Ssetiap satu tanaman bisa menghasilkan 1-7 kepala bunga.

Selain dikedua negara dia tasa tanaman ini juga bisa kita temukan di negara-negara pantai seperti Louisiana dan Virginia, dan di negara-negara bagian lain seperti Kentucky dan Tennessee.

Helianthus atrorubens

Helianthus atrorubens adalah satu diantara jenis atau spesies bunga matahari yang berasal dari Amerika.

Ciri-ciri: tanaman ini memiliki tinggi 200 cm. Setiap satu tanaman bisa menghasilkan 1-15 kepala bunga yang berwarna kuning cerah..

Tanaman ini biasanya tumbuh liar di pinggir-pinggir jalan di daerah-daerah berudara sejuk.

Bunga Matahari Bolander (Helianthus Bolanderi)

ciri khusus bunga matahari

www.flickr.com

Helianthus bolanderi adalah satu diantara jenis atau spesies bunga matahari yang berasal dari California dan Oregon.

Ciri-ciri: tanaman ini biasa tumbuh liar di Amerika, selain itu tanaman ini tingginya bisa mencapai 1 meter.

Batang dan daunnya memiliki bulu, dan daunnya berbentuk oval dan panjangnya berkisar antara 3 sampai 15 cm.

Bunganya memiliki diameter 2 cm dan berwarna kuning cerah.

Bunga Matahari Danau (Helianthus carnosus )

Helianthus carnosus adalah satu diantara jenis atau spesies bunga matahari yang berasal dari Amerika Utara, lebih tepatnya di bagian timur laut negara bagian Florida, Amerika Serikat.

Ciri-ciri: tinggi tanaman bisa mencapai 60 cm. Daunnya memiliki berbulu halus, berwarna hijau, dengan panjang sekitar 25 cm.

Hanya ada daun kecil pada batang, satu-satunya spesies di Florida dengan karakteristik itu. Setiap satu tanaman biasanya hanya menghasilkan satu kepala bunga saja (kalaupun 2 atau 3 itu sangata jarang).

Texas Blueweed (Helianthus ciliaris)

Helianthus ciliaris adalah satu diantara jenis atau spesies bunga matahari yang berasal Amerika Serikat (Texas, Kansas, California dan Mexico bagian Utara) dan sebagian kecil ada di Amerika Utara.

Di Amerika Utara tanaman ini tumbuh liar dimana saja sehingga masyarakat skitar menganggapnya sebagai gulma.

Cir-ciri: tanaman ini memiliki tinggi sekitar 40 sampai 70 sentimeter (16-28 inci). Daunnya berwarna hijau kebiru-biruan, bentuknya sedikit sempit seperti tombak dan bergelombang dengan bulu-bulu kasar dibagian tepinya.

Bunganya berwarna kuning terang, dan setiap bunga memiliki daun bunga/mahkota sekitar 10-18 helai.

Bunga Matahari California (Helianthus californicus)

Helianthus californicus adalah satu diantara jenis atau spesies bunga matahari yang berasal dari Amerika Utara (California, California steel, dan Meksiko).

Ciri-ciri: tanaman ini memiliki tinggi sekitar 1 hingga 3 meter. Daunnya berbentuk tombak dengan panjang sekitar 20 cm dan sedikit bergigi dibagian tepinya.

Bunganya berdiameter 2-3 cm, dan di bagian tengahnya berwarna coklat dengan daun mahkota berwarna kuning.

Bunga Matahari Merah (Sunflower “Velvet Queen”/ Velvet Queen Sunflower Seeds)

tanaman bunga matahari merah

fiorenzasunflower.blogspot.co.id

Bunga Matahari Merah merupakan salah satu jenis bunga matahari yang berasal dari spesies Helianthus annus.

Tanamna ini akan mulai bermekaran dari awal musim panas – akhir musim semi. Tinggi tanaman bisa mencapai 1-2 meter.

Sedangkan bunganya bisa mencapai berdiameter 6 – 8 inchi atau 15-20 cm.

Bunga Matahari putih (Sunflower Italian White)

foto bunga matahari putih

fiorenzasunflower.blogspot.co.id

Bunga Matahari Putih atau yang biasa disebut sebagai Bunga Matahari Italia merupakan salah satu jenis bunga matahari yang berasal dari spesies Helianthus debilis.

Tanamna ini akan mulai bermekaran dari awal musim panas – akhir musim semi. Tinggi tanaman bisa mencapai 1-2 meter.

Sedangkan bunganya bisa mencapai berdiameter 4 – 6 inchi atau 10-15 cm. Dalam satu kuntum bunga biasanya memiliki 50 biji yang siap ditanamn kembali.

Sebagaimana namanya bunga ini berwarna putih bersih dengan tengahnya berwarna coklat kehitam-hitaman.

Bunga Matahari Api (Sunflower Ring of Fire)

foto bunga matahari cincin api

HGTV.com

Bunga Matahari Api atau yang biasa disebut oleh orang Barat sebagai Bunga Matahari “Ring Of Fire” merupakan salah satu jenis bunga matahari hasil persilangan.

Ciri-ciri: tanaman ini memiliki tinggi sekitar 80- 100 cm. Sesuai dengan namanya tanaman ini memiliki bunga yang berwarna coklat dibagian tengahnya dan dikelilingi dengan mahkota yang berwarna coklat kemerahan atau maroon dibagian tengahnya dan kuning di bagian ujungnya.

Saat mekar diameter bunganya bisa mencapai 4 – 5 inci atau 15-20 cm. Bunga ini biasa dijadikan sebagai tempat bermain serangga-serangga, misalnya saja kupu-kupu dan lebah.

Filosofi Bunga Matahari

Jiak kita perhatikan secara seksama, bunga matahari selalu mengikuti pergerakan matahari nah, dengan alasan ini banyak orang menamakannya sebagai bunga matahari, yaitu bunga matahari yang selalu setia mengikuti kemana arah matahari bergulir atau bergerak.

Nggak percaya? Pantengin aja seharian. Hehe

Mai kita perhatika secara seksama lagi, ketika pagi datang bunga ini akan menghadap ke timur, sebagai tempat terbitnya matahari kemudian seiring berjalannya waktu bunga ini akan mengikuti arah pergerakan matahari ke arah barat, tempat matahari terbenam.

Sifat dari bunga matahari ini bisa diartikan sebagai tanda; bukti kesetiaan yang patut untuk dijadikan pedoman hidup kita. Ya, Setia, tata dan patuh akan ketentuan sang pencipta tanpa adanya protes.

Selain itu, bunga matahari juga bisa diartikan sebagai lambang keriangan, kegembiraan dan kebahagiaan.

Jika kita perhatikan secara seksama bunga matahari ini mempunyai warna kuning yang indah dan cerah sebagaimana keriangan dan keceriaan yang terpangpang di wajah kamu, iya kamu.

Mungkin bagi kamu yang lahir di tahun 90an, pasti nggak asing dong dengan acara teletubies? Ya, si badut warna-warni yang lucu.

Coba perhatikan lagi tayang anak-anak tersebut,  pasti kita akan melihat dan sering bahkan yang namanya kebun bunga matahari. Admin nggak tahu apakah ini sebuah konspirasi atau apa lah?

Coba perhatikan lagi wajah matahari di teletubis, ya. Tepat sekali matahari di tayang titu di wakili oleh seorang bayi yang ketawa ketiwi dan penuh kegembiraan serta keriangan.

Hem mmm jadi inget masa-masa indah itu. Mungkin cukup sekian ulasan tentang bunga matahari. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam hangat Infosiana.net.

 

Percakapan Obrolan Berakhir

Leave a Reply