Jenis Bunga Sakura yang Penuh Pesona dan Filosofi Hidup

Loading...

Bunga sakura merupakan salah satu jenis bunga yang termasuk dalam keluarga Rosaceae dari genus Prunus.

Nama latin untuk tanaman ini adalah Prunus serrulata yang dalam bahasa inggris disebut dengan nama cherry blossoms.

Jenis lainnya dari kelompok keluarga tanaman ini adalah bunga prem, bunga persik dan juga apricot.

Nama sakura sendiri dalam bahasa Jepang berasal dari kata “saku” yang berarti “mekar”. Kemudian ditambah akhiran “ra” yang menunjukkan bentuk kata jamak.

Dari perpaduan suku kata terebut maka arti dari kata sakura adalah “bermekaran; bunga yang bermekaran”

Baca juga: Serum Pencerah Kulit

Bentuk dan Habitat Bunga Sakura

Bunga sakura merupakan salah satu jenis bunga yang berasal dari Jepang dan sekaligus menjadi bunga nasional Negara Jepang selain bunga Seruni.

Ciri khas dari bunga umumnya bewarna pink ini terletak pada keindahan warnanya. Selain itu bunga ini mengalami proses mekar sebelum keluarnya daun-daun di musim semi.

Bunga sakura akan mekar dengan indahnya saat musim semi tiba yaitu di akhir bulan Maret hingga akhir bulan juni.

Selain itu, Bunga indah ini memiliki beragam warna yang tergantung pada jenisnya, umumnya bunga musim semi ini berwarna putih dengan memiliki sedikit perpaduan warna merah jambu, kuning muda, hijau muda dan juga merah menyala.

Bentuk bunga yang berasal dari Jepang ini dapat digolongkan menjadi 3 berdasarkan pada susunan daun mahkotanya:

  • Bentuk bunga tunggal dengan daun mahkota selapis
  • Bentuk bunga ganda dengan daun mahkota berlapis
  • Bentuk bunga semi ganda

Baca juga: 12 Fakta Unik dan Gambar Bunga Bangkai

Jenis-Jenis Bunga Sakura

Sebetulnya sebagian besar dari jenis bunga sakura yang banyak tumbuh saat ini merupakan hasil dari persilangan.

Contohnya adalah jenis bunga someiyoshino yang sudah tersebar luas di seluruh Jepang semenjak zaman Meiji merupakan jenis sakura hasil persilangan dari zaman Edo akhir.

Berikut ini adalah beberapa jenis dari bunga sakura yang ada di dunia, yaitu:

Jenis Bunga Sakura Edohigan

Edohigan merupakan bunga yang berasal dari Jepang dan biasa mekar di hari ekuinoks pada musim semi dan merupakan jenis sakura yang memiliki umur paling panjang dari jenis sakura yang lain.

Edohigan ini juga memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah jenis ishiwarizakura dan jenis yamadakashinyozakura yang merupakan jenis sakura yang dilindungi.

Ishiwarizakura merupakan bunga yang unik, berbeda dengan jenis bunga sakura lainnya yang biasa bewarna merah muda, ungu hingga merah. Bunga yang satu ini memiliki corak berupa putih bersih. seperti pada gambar.

Ada juga jenis miharutakizakura yang juga merupakan salah satu jenis edohigan yang memiliki keunikan pada ranting-rantingnya yang menjuntai.

Dan terakhir ada edhohigan jenis Yaebenisshidare, adalah sakura yang dikenal karena memiliki daun bunga yang banyak dan berwarna cerah.

Jenis Bunga Sakura Hikanzakura

Jenis bunga Hikanzakura ini adalah jenis sakura yang memiliki daerah penyebaran mulai dari wilayah Tiongkok selatan sampai ke pulau Formosa.

Jenis Hikanzakura ini juga banyak ditemukan tumbuh liar di daerah Okinawa Jepang.

Bunga Sakura Jenis Shidarezakura

Ciri Khas utama shidarezakura ini ialah cara tumbuh dan mekarnya yang menyebar seperti air mancur.

Seperti halnya Someiyoshino, bunga ini merupakan varietas Edohigan yang tangkainya jatuh ke bawah sehingga disebut bunga sakura menangis.

shidarezakura ini juga terkenal dengan sebutan bunga Kota Kyoto.

Bunga Sakura Jenis Fuyuzakura

Fuyuzakura atau sakura musim dingin merupakan jenis sakura yang bunganya bermekaran setiap bulan November sampai dengan akhir Desember.

Onishimachi  merupakan tempat yang sangat terkenal di Prefektur Gunma dan sengaja disediakan khusus oleh Pemerintah Jepang untuk melihat bunga Fuyukura mekar.

Bunga Sakura Jenis Prunus campanulata atau Prunus pendula

foto bunga sakura

desktopimages.org

Prunus campanulata adalah salah satu jenis Bunga sakura yang berasal dari Jepang, Vietnam, dan China (termasuk Taiwan ).

Tidak jauh beda dengan bunga sakura jenis lainnya, sakura satu ini banyak ditanam sebagai pohon hias, dan simbol Nago, seperti yang ada di Okinawa, Kepulauan Ryukyu, Jepang.

Jenis sakura memiliki beberapa sebutan di Inggris seperti cherry Taiwan, cherry Formosa, atau bellflower cherry sebagai mana yang dijelaskan oleh Carl Johann Maximowicz pada tahun 1883.

Sedangkan bagi Northland Region Selandia Baru, pohon ini adalah spesies tanaman invasif(Tanaman yang di datangkan dari daerah lain) dan termasuk tanaman yang dilarang oleh pemerintah(ilegal) untuk dijual belikan.

Bunga Sakura Jenis Prunus Incisa

taman bunga sakura di Jepang

artsnursery.com

Prunus Incisa atau yang biasa dikenal dengan ceri Fuji adalah salah satu spesies dari bunga sakura yang memiliki bunga berwana putih dengan pertumbuhan yang cukup lambat.

Bunga ini merupakan jenis sakura tertua yang masih hidup karena tanaman ini sudah ditemukan sejak zaman Hondo, Jepang.

Tanaman ini dianggap sebagai tanaman hias, namun kayunya yang besar tidak bisa diolah dan tidak memiliki nilai ekonomis.

Hingga akhirnya disilangkan dengan Prunus speciosa dan telah menghasilkan varian baru yang bernama Prunus ‘Umineko’.

Bunga Sakura Jenis Prunus sargentii

gambar bunga sakura

www.ornamental-trees.co.uk

Prunus sargentii, atau yang umum dikenal sebagai cherry Sargent atau Sakura Pengunungan Jepang Utara adalah salah satu spesies ceri yang berasal dari Jepang, Korea, dan Sakhalin (Rusia).

Selain itu, tanaman ini juga dikenal juga sebagai Charles Sprague Sargent. Karakter prunus sargentii diantaranya adalah:

Tingginya mamapu mencapai 6-12 meter, saat masa pertumbuhan tunas barunya berwarna kemerahan, kemudian berubah menjadi hijau tua mengkilap.

Daunnya berbentuk bulat telur dan memiliki gerigi di ujung-ujungnya. Pada musim gugur tiba, daunnya berubah menjadi merah, oranye, bahkan kuning.

Sam halnya dengan jensi sakura lainnya prunus sargentii ini memiliki bunga berwarna merah muda tunggal, serta menghasilkan buah yang berwarna ungu-kehitaman di musim panas.

Saat ini tanaman ini mudah kita temukan diberbagai negara misalnya saja US dan Inggris. Menurut wikipedia bunga ini mulai masuk ke Inggris pada tahun 1908.

Bunga Sakura Jenis Prunus serrulata

Bunga sakura (prunus serrulata)

www.flickr.com

Prunus serrulata memiliki beberapa sebutan diantaranya ceri Jepang; cherry hill; cherry oriental dan cherry Asia Timur.

Spesies ini merupakan salah satu jenis bunga sakura yang berasal dari Jepang, Korea dan China.

Hingga saat ini tanaman ini mudah sekali kita temukan di ketiga negara tersebut terutama saat musim semi atau berbunga bahkan tak jarang disaat tersebut ramai sekali festival-festival untuk menyambut mekarnya bunga sakura.

Karakter prunus serrulata dianataranya adalah memiliki bentuk daun yang kecil , berbatang tunggal, dengan ketinggian mencapai 7,9-11,9 m.

Sama halnya dengan jenis sakura lainnya p. serrulata juag memiliki daun yang bergerigi disetiap ujungnya.

Saat musim gugur tiba, daun yang awalnya hijau berubah menjadi kuning, merah maroon atau merah.

Bunga berwarna putih saat kuncup dan menjadi merah muda saat mekar, dimana setiap bunganya terdir lima kelopak. Umumnya memeiliki buah yang berwarna hitam bulat.

Prunus serrulata banyak ditanam sebagai berbunga pohon hias, baik di negara asalnya dan di seluruh daerah beriklim dunia. Banyak kultivar telah dipilih, banyak dari mereka dengan bunga ganda dengan benang sari digantikan oleh kelopak tambahan.

di Eropa dan Amerika Utara, tanaman ini biasanya dicangkokkan dengan Prunus avium yang menghasilkan bunga sakura yang jarang berbuah.

Untuk menyaingi festival sakura di Jepang US pun mengadakan festival serupa yang diberi nama dengan The National Cherry Blossom Festival yang berlokasi di Washington DC tepatnya di Taman Tidal Basin.

Jumlah bunga sakura yang ditanaman pun tidak tanggung-tanggung yaitu tidak kurang dari 1.912 pohon jenis Prunus serrulata.

Bunga Sakura Jenis Prunus verecunda

Prunus verecunda

Flickr.com

Prunus verecunda adalah satu dianatara jenis bunga sakura yang berasal dari Korea dan pegunungan di Jepang.

Saat musism gugur tiba, daunnya berwarna merah coklat, kemerahan atau merah. Tanaman ini memiliki bunga yang berwarna kuning-putih terang.

 

Cara Penanaman dan Perawatan Bunga Sakura

Untuk proses penanaman bunga bewarna pink ini sebetulnya tidaklah terlalu sulit. Anda bisa melakukannya di rumah masing-masing.

Namun, satu hal penting yang harus diperhatikan adalah bunga sakura ini hanya akan tumbuh di daerah dataran tinggi yang mempunyai suhu udara sekitar 20-26 celcius.

Apabila anda ingin menanam bunga pink ini di rumah anda, maka pertama-tama harus menyiapkan bibit bunga.

Untuk mendapatkan bibit bunga ini anda bisa membeli langsung di tempat penjulan tanaman hias atau memesan secara online.

Untuk media tanam yang diperlukan dalam proses penanaman adalah bahan campuran tanah yang mengandung humus.

Sedangkan ukuran pot untuk menanam disesuaikan dengan besarnya bibit yang ingin ditanam.

Untuk ukuran bibit bunga yang telah berukuran 40 cm maka sebaiknya menggunakan pot yang memiliki diameter lebih dari 40 cm.

Kemudian letakkan bibit sakura yang telah ditanam di area terbuka yang memungkinkan bunga ini mendapatkan sinar matahari langsung sepanjang hari.

Selanjutnya lakukan penyiraman tanaman ini 2 kali sehari, baik pagi atau sore. Bisa juga dengan penyiraman sekali sehari pada waktu sore hari.

Bentuk perawatan selanjutnya adalah memberikan makanan tambahan berupa pemupukan yang berasal dari pupuk kandang atau pupuk kimia. Pemupukan ini disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu, jangan lupa melakukan pencegahan hama dan penyakit yang dapat merusak keindahan dan keanggunan tanaman yang memiliki bungabewarna pink ini.

Anda dapat melakukan penyemprotan menggunakan pestisida atau insektisida secara rutin minimal sebulan sekali pada tanaman tersebut.

Taman Bunga Sakura Di Indonesia

taman bunga sakura Indonesia

blog.jagaimo.com

Kabar baik bagi anda pencinta tanaman hias terutama pencinta sakura (prunus serrulata), anda tidak perlu jauh-jauh terbang ke Negara Jepang untuk menyaksikan bunga ini.

Karena di Indonesia juga telah ada beberapa tempat untuk menikmati “Hanami” atau tradisi melihat bunga sakura mekar.

Saat ini telah banyak tempat-tempat budidaya sakura di Indonesia, bahkan dibeberapa kota telah dibuat taman khusus bunga sakura seperti berikut ini:

1. Taman Sakura Surabaya, Jawa Timur

Taman sakura Surabaya atau taman harmoni ini dulunya merupakan sebuah tempat pembuangan sampah. Kemudian oleh walikota Surabaya, ibu Risma disulap menjadi sebuah taman yang indah.

Sesuai dengan namanya, taman sakura Surabaya memiliki keunikan yang tidak bisa kita dapatkan di taman kota daerah lain di Indonesia.

Keunikan tersebut adalah adanya tanaman cantik bunga sakura. meski tidak sebagus taman sakura di Negara asalnya Jepang namun masyarakat kota Surabaya tetap antusias dan sangat menyukai taman ini.

Walaupun pembangunan taman bunga ini belum sepenuhnya selesai, namun jika anda berkunjung kesini anda tidak akan menyesal.

Selain koleksi tanaman bunga sakuranya yang cantik, taman sakura Surabaya juga memiliki koleksi banyak jenis bunga cantik lainnya.

Seperti bunga jacaranda, bunga pagoda, bunga tabebaya serta bungur dan masih banyak jenis-jenis koleksi lainnya.

Untuk berkunjung atau masuk ketaman bunga ini anda tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Kekurangan taman bunga ini salah satunya adalah suhu yang panas.

Sampah yang masih berserakan disekitar tanaman juga sedikit mengganggu pemandangan, hal ini disebabkan karena dulu taman ini adalah tempat pembuangan sampah.

Lokasi taman bunga sakura Surabaya terletak bersebelahan dengan Hutan Bambu. Tepatnya dibelakang terminal line dekat SMK 10 Surabaya.

2. Taman Sakura Cibodas, Jawa Barat

Salah satu destinasi untuk mengamati bunga sakura di Indonesia yang cukup terkenal adalah di Kebun Raya Cibodas.

Bahkan didalam kebun raya ini terbilang cukup banyak memiliki koleksi sakura dengan berbagai jenis.

7 jenis diantaranya adalah jenis Prunus Cerasoides, Prunus yedoensis, prunus yamasakura, prunus lannesiana, prunus sp, prunus arbore dan juga prunus costata.

Kebun raya ini dibangun di lahan seluas 2 hektar. Kebun raya ini selain memiliki koleksi bunga sakura juga memiliki keunikan arsitektur tempat yang merupakan kombinasi budaya Jepang dan Sunda.

Loading...

Tidak semua jenis sakura di kebun raya ini berasal dari Jepang, sebagian merupakan jenis bunga sakura hasil pengembangan tim sakura KRC-LIPI Cibodas.

Tempat wisata Taman Sakura Cibodas terletak di Kampung Rarahan, desa Cibodas Jawa Barat.

Taman Sakura di Jepang

Di Jepang sendiri berdasarkan lembaga Asosiasi Bunga Sakura Jepang (Japan Cherry Blossom Association) pada tahun 1990 telah membuat daftar 100 tempat pilihan untuk mengamati keindahan bunga sakura, diantaranya adalah:

Tokyo : Taman Ueno (Taito-ku,) Taman Shinjuku-gyoen, Taman Sumida, Taman Koganei, dan Taman Inogashira.

Prefektur Gifu : Taman Usuzumi/Neodani, Pinggir sungai Shinsakai, dan Taman Kamagatani

Prefektur Osaka : Taman Istana Osaka, The Mint Bureau, dan Taman Expo ‘70

Prefektur Hyogo : Taman Istana Himeji, Taman Akashi, dan Taman Shukugawa.

Prefektur Nara : Taman Nara, Pegunungan Yoshino dan Taman Kooriyamajoshi.

Arti dan Filosofi Bunga Sakura

Di Negara asalanya Jepang, terdapat tradisi bertamasya bersama keluarga untuk menikmati musim mekar bunga sakura.

Tradisi unik ini disebut dengan istilah Hanami. Dengan membawa bekal bento atau masak-masak dilokasi tamsya, selalu dimanfaatkan masyarakat Jepang untuk berkumpul bersama keluarga.

Oleh karena itu tradisi ini selalu disambut antusias oleh keluarga-keluarga di Jepang.

Tradisi ini sebetulnya bukan sekedar untuk tamasya. Selalu ada alasan dalam setiap kegiatan yang mereka lalukan.

 

Melihat mekar dan gugurnya bunga sakura, merupakan bukti bahwa tidak ada kehidupan yang kekal di dunia. Kita tidak pernah tau kapan Tuhan akan memanggil kita dari dunia ini.

Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu sebaik mungkin untuk bersama keluarga dan orang-orang yang kita cintai.

Selalu berbuat baik kepada semua orang dan jadilah orang yang bermanfaat untuk sesama. Hal ini layaknya sakura, yang hanya tumbuh dan mekar sebentar saja namun waktu yang sebentar itu bisa membuat banyak orang bahagia.

Fakta-Fakta Unik Tentang Bunga Sakura

Bunga Nasional Negeri Matahari Terbit

gambar sakura

visitmontgomery.com

Cherry blossom yang biasa kita kenal dengan bunga sakura adalah bunga nasional dari Negara Matahari Terbit atau Jepang.

Bunga yang ummnya bewarna pink ini merupakan simbol pembaharuan dan harapan, mengapa?

Karena di Jepang bunga ini hanya akan mekar pada musim semi yang menandakan telah datangnya musim semi di tahun tersebut.

Tanaman sakura akan berbunga secara serempak tepat pada akhir Maret hingga menjelang pertengahan April.

Tradisi Hanami Dan Yozakara Yang Mengakar Dalam Budaya Jepang

Tradisi Yozakara

gethiroshima.com

Selama musim semi dan selama bunga sakura, kita akan banyak menjumpai sekerumunan orang yang piknik dan bernaung tepat di bawah pohon sakura.

Kegiatan merupakan sebuah tradisi yang telah turun-temurun di Negeri Sakura tersebut sejak berabad-abad lamanya.

Masyarakat Jepang menyebutnya sebagai “hanami” atau melihat bunga bersama orang terkasih. Pada saat hanami dirayakan masyarakat Jepang menyambutnya dengan penuh semangat, musik, dan hidangan khusus tidak ketinggaln sake (arak beras).

Selama musim ini, taman-taman di Jepang akan terasa lebih hidup dengan suasana orang-orang yang penuh sukacita dan kekagumannya terhadap bunga sakura.

Selain itu, disana kita juga akan mengenal istilah “yozakara” yang berarti sakura malam atau menikmati keindahan bunga sakura pada waktu malam hari.

Di beberapa kesempatan, lentera kertas menempel di pohon-pohon sakura yang membuat pemandangan semakin spektakuler.

Kuil Kinkaku-Ji Yang Legendaris

Taman Kinkaku-Ji

welcomekansai.com

Terdapat banyak lokasi untuk menyaksikan keindahan mekarnya bunga sakura di Jepang, jika dihitung jumlahnya tidak kurang dari 10 tempat di segala penjuru Jepang, satu diantaranya adalah Kinkaku-Ji atau Golden Pavilion di Kyoto.

Kuil ini merupakan salah satu peninggalan sejarah paling bersejarah dan monumental karena bangunan ini dibangun sejak tahun 1397 M.

Ditempat inikita serasa dibawa ke jaman Jepang kuna dan terasa negitu nyaman, tenang karena disini juga ada taman yang penuh dengan kedamaian.

Acara televisi bernama “sakura zensen”

Acara televisi bernama “sakura zensen”

ilovejpn.com

Negeri Sakura mempunyai televisi yang menyiarkan secara khusus tentang perkiraan musim semi dan mekarnya sakura, televisi ini didukung oleh Badan Meteorologi Negara.

The blossom moves north “sakura zensen” atau Cherry Blossom Front adalah sebuah acara dimana mereka bertugas untuk melacak tentang perkembangan sakura.

Keindahan Gunung Fuji Di Musim Semi

Di musim bunga sakura bermekaran sayang sekali jika kita melewatkan pemandangan yang begitu khas dan langka di Jepang.

Temen-temen tau apa yang kami maksud?

Gunung Fuji, iya gunung fuji. Karena di tempat ini kita dapat memandang sakura berbunga dengan indahnya yang seolah-olah membingkai gunung fuji dalam sebuah landscape serta menambahkan nilai eksotis pada gunung yang paling terkenal di negara tersebut.

Salah satu tempat yang bisa menjadi spot untuk melihat keindahan panorama gunung fuji adalah lokasi di sekitar danau, kenapa? Karena ditempat ini menjadi salah satu lokasi favorit para wisatawan untuk melihat bunga sakura dengan view gunung berapi yang sedikit bersaju tersebut, begitu sempurna.

Jepang Menjadi Rumah Bagi 200 Varietas Bunga Sakura

Jepang adalah rumah bagi lebih dari 200 varietas cherry blossom atau bunga sakura, diantara variatas yang paling terkenal bernama “Somei Yoshino”

yaitu, Bunga putih yang mempunyai sedikit warna pink pada bagian tengahnya.

Menikmati Keindahan Nara Park Yang Beserta Para Penghuninya

Salah satu tempat favorit untuk menikmati keindahan bunga sakura yang spektakuler adalah Nara Park, Nara Park adalah salah satu taman Sakura tercantik di Jepang ditambah dengan populasi rusa yang hidup didalamnya.

Rusa-rusa tersebut secara resmi dimasukkan dalam kategori harta nasional yang harus dijaga bersama, dan meskipun terkesan hidup bebas dn liar, namun mereka cukup bersahabat.

Gelar “cherry blossom capital of the world”

Gelar "Cherry Blossom Capital Of the World”

conniecarey.wordpress.com

conniecarey.wordpress.com

Tidak kalah fenomenal, ternyata gelar “cherry blossom capital of the world” bukan berasal dari Jepang, melainkan gelar tersebut disematkan kepada Kota Macon.

Macon adalah salah satu kota yang terletak di Georgia, Amerika Serikat, dimana di tempat ini menjadi rumah bagi 300.000 pohon sakura.

Sakura Tertua

Pohon bunga sakura tertua

conniecarey.wordpress.com

Sebagai tuan rumahnya bunga sakura, Jepang memiliki bunga sakura dengan usai tertua di dunia yang diberi nama Jindai Zakura.

Konon, pohon raksasa ini telah berusia sekitar 2000 tahun.

Dengan usai yang begitu tua yaitu 20 abad membuat pohon ini begitu besar dengan tinggi mencapai 13.5 meter. Pohon legendaris ini bisa kita lihat di sekitar kuil Jissou, prefektur Yamanashi.

Sakura Mochi Kudapan Khas Di Musim Semi

Mochi sakura

mimiclaire.com

Selain terkenal dan keindahannya, ternyata bunga sakura bisa diolah menjadi makanan atau kudapan yang unik dan khas. Misalnya saja Sakura mochi.

Sebelum diolah bunga sakura diproses terlebih dulu dengan teknik shiozake atau penggaraman. Olahan ini dicetus pertama kali oleh keluarga Mart dengan tujuan agar lebih mudah dimakan dan nikmati oleh para wisatawan.

Kudapan ini biasa akan ramai pada saat musim semi saja, dan biasa disajikan dalam keadaan hangat. Tidak terbayangkan betapa nikmatnya bukan?

Teh Bunga Sakura, Teh Yang Menghangatkan Musim Semi

Selain dimakan, ternyata bunga sakura bisa diolah menjadi minuman yang khas. Minuman yang terbuat dari daun sakura ini biasa disebut dengan sakurayu.

Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan memasukkan sakurazuke kedalam air panas, hidangkan selagi hangat. Selain itu, minuman khas ini biasa juga disajikan saat acara-acara besar misalnya acara pernikahan.

Makanan Spesial Ala Mcdonalds Di Musim Semi

Burger samurai sakura

www.hokangtao.com

Mengingat begitu istemawanya musim semi bagi masyarakat Jepang, Restoran cepat saji McDonalds memberikan sebuah trobosan baru dan terbilang unik.

Restoran cepat saji ini menyediakan burger yang dimana rotinya bewarna merah muda khas bunga sakura dan di musim semi McD juga menyediakan minuman khas yang bernama Sakura Cherry.

Bunga Sakura Lambang Dari Sebuah Harapan

Menurut kepercayaan masyarakat Jepang, bunga sakura dijadikan sebagai simbol pembaharuan dan harapan. Mereka menganngap bunga sakura datang membawa kedamaian, tepat saat musim semi datang.

Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan dan pesona bunga sakura adalah di bulan maret akhir hingga pertengahan April.

Bunga Sakura Satu Keluarga Dengan Bunga Mawar

Rosecea

Pixabay.com

 

Bunga sakura merupakan bunga yang berasal dari famili Rosacea (mawar-mawaran) dimana masih satu famili dengan bunga mawar.

Dalam bahasa Inggris bunga sakura lebih dikenal dengan cherry blossom.

Nama Sakura Disesuaikan Dengan Jumlah Daun Bunganya

Di Jepang, bunga sakura memiliki beberapa sebutan yang berbeda-beda berdasarkan jumlah daun bunganya. Misalnya untuk bunga sakura yang daun bunganya berjumlah 5 maka mereka menyebutnya “hitoe”.

Sedangkan, untuk daun bunganya yang berjumlah 5-10 maka disebut dengan “hanyae”. Selanjutnya jika daun bunga berjumlah 10 maka disebut dengan yae.

Simbol Untuk Mengawali Tahun Ajaran Baru Sekolah

Pohon sakura biasa berbunga pada bulan April bertepatan dengan dimulainya tahun ajaran baru di sekolahsekolah Jepang.

Biasanya bunga ini ditanam di sekitar lingkungan sekolah sehingga seakan-akan turut menyambut kedatangan siswa-siswa yang bersemangat untuk kembali bersekolah.

Es Krim Bunga Sakura

Menyambut musim semi tiba, salah satu kafe di Jepang bernama Euro Cafe membuat sebuah terobosan unik dan berani, yaitu dengan membuat es krim yang terbuat dari bunga sakura.

Dalam pembuatan es krimnya, pemilik kafe mengaku sengaja menambahkan bunga sakura ke dalam adonan es krim yang sebelumnya diolah dengan teknik shiotzuke atau penggaraman kelopak bunga sakura.

Rasa unik bunga sakura dengan teknik pengolahan shiotzuke yang khas dan unik ini, membuat es krim ini mempunyai beberapa keunggulan, yakni rasa manis alami khas bunga sakura, dan rasa asin yang menyatu dengan sempurna, sehingga memberikan sensasi es krim yang unik dan langka.

Es krim bunga sakura yang satu ini dapat kita nikmati dalam cangkir maupun cone. Untuk menikmati es krim langka ini, kita bisa mengeluarkan kocek sebesar 300 yen atau sekira Rp35 ribu.

Jangan sampai ku-date, pasalnya es krim ini hanya bisa kita nikmati di musim sakura berbunga dan jumlahnyapun terbatas.

Sakura Someiyoshino

bunga sakura Someiyoshino

savvytokyo.com

Salah satu jenis bunga sakura yang mudah kita temukan di Jepang adalah someiyoshino. Jenis bunga ini telah ditanam hampir di seluruh penjuru Jepang sejak zaman Meiji.

Yang unik dari bunga sakura ini adalah ketika musim semi tiba ia mekar seacar bergilir, dimulai dari Okinawa, kemudian pulau Honshu barat, lalu ke Tokyo, dan berakhir di Hokkaido bertepatan dengan Golden week.

Sebagai akhir penjelasan kami tentang bunga sakura. Kami sampaikan kepada teamn-teman “Jadilah inspirasi bagi semua orang yang memandang layaknya bunga Sakura”.

Mereka hanya butuh waktu 7 hari untuk membuat semua orang merasa damai dan hanyut dalam ketenangan. Semoga bermanfaat salam hangat Infosiana.net.

Jadilah inspirasi bagi semua orang yang memandangnya. Semoga bermanfaat salam hangat Infosiana.net.

Leave a Reply


Loading...