Jenis Bunga Terompet yang Tersebar di Dunia

Brugmansia adalah salah satu genus dari tujuh spesies tanaman berbunga yang termasuk dalam keluarga Solanaceae .

Keluarga Brugmansia merupakan tanaman semak dengan bunga yang berbentuk menjumbai, dan buahnya tidak berduri.

Tanaman ini biasa disembut dengan Angle’s trumpet (terompet malaikat), atau yang dalam bahasa Indonesia bias disebut dengan Bunga terompet; bunga kecubung.

Bunga Terompet ungu

engelstrompete.eu

Bunga terompet biasa dikait-kaitkan dengan genus erat Datura. Padahal genus Datura sendiri berbeda dengan Brugmansia, mulai dari bentuk bunga yang tegak dan sebagian besarnya buahnya berduri.

Sebagaimana tanaman hias lainnya, Brugmansia merupakan tanaman semak yang memilki racun hampir disetiap bagian.

Saat ini ada tujuh spesies dari Bunga terompet yang dimana ketujuh-tujuhnya merupakan spesies terdaftar dalam Extinct in the Wild oleh IUCN Red List , meskipun dalam kenyataannya tanaman ini masih bisa ditemukan di alam liar.

Deskripsi dan ciri-ciri bunga terompet

ciri ciri dan deskripsi bunga terompet

Flickr.com

Sebagaimana tanaman semak lainnya, bunga terompet juga merupakan tanaman dengan ranting kecil, dan semi-kayu, serta memiliki banyak batang bercabang.

Untuk ukuran, tanaman ini mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 3-11 m. Daun memiliki panjang sekitar 10-30 cm dengan lebar berkisar antara 4-18 cm.

Daunnya memiliki ujung yang kasar dan bergigi, selain itu daunnya memiliki sejenis bulu-bulu halus yang jika terkena kulit akan mengakibatkan gatal.

foto dan gambar bunga terompet

gkplants.com

Nama “Angle’s Trumpet (terompet malaikat)” mengacu bentuknya yang menjuntai seperti terompet, dengan panjang berkisar antara 14-50 cm.

Tidak jauh berbeda dengan tanaman hias lainnya, bunga terompet memiliki beberapa varian warna diantaranya adalah putih, kuning, merah muda, oranye, hijau, dan merah.

Selian itu, bunganya mengeluarkan aroma yang kuat (terutama Brugmansia sanguinea), dan akan semakin kuat ketika malam tiba. Sedangkan bunganya bisa berupa bunga tunggal, ganda, maupun lebih.

Asal-usul dan Habitat

foto pegunungan andes

Sci-News.com

Bunga terompet merupakan tanaman asli yang tumbuh dan hidup di daerah tropis Amerika Selatan, sepanjang pegunungan Andes yang membentang mulai dari Venezuela hingga Chile utara, dan juga dapat kita temukan di sebagian kecil Brasil.

Tanaman ini menjelma menjadi tanaman hias yang menyebar hampir ke seluruh dunia mulai dari Amerika Utara, Afrika, Australia, dan Asia. Baik itu dengan cara alami maupun melalui bantuan manusia dengan dibudidayakan.

Di alam bebas tanaman bunga terompet sangat berguna untuk keberlangsungan kupu-kupu (terutama jenis Placidula euryanassa).

Dimana kupu-kupu tersebut memanfaatkan bunga terompet jenis Brugmansia suaveolens sebagai salah satu sumber makanan bagi larva kupu-kupu.

Selain itu kandungan alkoloid tropane pada tanaman sangat berguna untuk melindungan larva dari sancaman predator.

Jenis-jenis bunga terompet

Brugmansia insignis

brugmansia insignis (Bunga terompet merah muda)

www.latin-wife.com

Brugmansia insignis merupakan salah satu spesies bunga terompet atau kecubung dan merupakan tanaman endimik yang mendiami kawasan Amazon dan Pegunungan Andes bagian Timur perbatasan Peru.

Bunga kecubung ini memiliki ukuran yang cukup besar, dengan aroma harum yang khas. IUCN telah memasukkan bunga ini ke dalam daftar spesies Extinct in the Wild .

Tanaman ini mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 3 – 4 m. Bunga berukuran sedang, merunduk, dan berbentuk corong layaknya terompet.

Untuk warna bunga ini memiliki warna putih di pangkal dan merah muda pada bagian ujung bunganya.

Brugmansia sanguinea

Brugmansia sanguinea (bunga terompet merah)

www.latin-wife.com

Brugmansia sanguinea atau Angel red Trumpet; terompet merah, adalah slaah satu spesies bunga terompet asli endemik Amerika Selatan.

Bunga kecubung merah ini memiliki tinggi hingga hingga mencapai 10 meter. Bunganya merunduk dengan kombinasi warna yang unik, yaitu dimulai dengan warna hijau di pangkal bunga, kemudian kuning, lalu orange dan merah pada ujungnya.

Tanaman ini tumbuh dan hidup di sepanjang pegunungan Andes terutama kawasan pegunungan Kolombia hingga Utara Chili pada ketinggian berkisar antara 2.000 – 3.000 mdpl.

Kecubung Hutan (B. suaveolens)

brugmansia suaveolens (bunga terompet putih)

www.engelstrompete.eu

Kecubung Hutan (B. suaveolens) atau bunga terompet putih; Brazil’s white Angel Trumpet, juga dikenal sebagai Air mata Angel.

Kecubung hutan merupakan tanaman asli endemik penghuni hutan Amerika Selatan, sama halnya degan tanaman kecubung lainnya bunga ini tumbuh selayaknya semak dan memiliki bunga yang beraroma wangi.

Sebagaimana bunga terompet lainnya bunga ini memiliki bentuk yang menyerupai terompet dengan aroma wangi yang khas dan bunga yang berwarna putih.

Pohonnya mamapu tumbuh hingga mencapai ketinggian 3-5 m. Daunnya berbentuk oval, dengan panjang 25 cm dan lebar 15 cm.

foto bunga terompet putih

www.engelstrompete.eu

Sedangkan bunga memiliki panjang berkisar antara 24-32 cm dan berbentuk seperti terompet.

Jenis bunga terompet ini awalnya merupakan tanaman endemik hutan tropis pesisir Tenggara Brasil, yang tumbuh di ketinggian 1.000 m di sepanjang tepi sungai dan hutan tepi dengan suhu hangat, kelembaban tinggi, serta curah hujan  yang cukup khas kawasan tropis.

Namun saat ini, seiring berkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan tanaman ini dapat dengan mudah kita temukan tumbuh di daerah perumahan Amerika Selatan; dan kadang-kadang di Amerika Tengah, Meksiko, California bahkan di beberapa bagian Florida.

Brugmansia versicolor

Bunga terompet kuning-Brugmansia vulcanicola

Brugmansia versicolor adalah salah satu jenis bunga terompet yang berasal dari Amerika Selatan atau tepatnya di kawasan Ekuador dan biasa dikenal dengan nama bunga Sangkakala.

Sejak bulan Maret tahun 2014, IUCN memasukkan jenis tanaman ini kedalam daftar Extinct in the Wild sebagai tanamn yang dilindungi.

Brugmansia versicolor memiliki tinggi yang mencapai 3-4,9 m. Bunganya memiliki ukuran panjang antara 30-50 cm seperti halnya bunga terompet lainnya.

Bunga memiliki beberapa varian ketika masih muda, namun umumnya bewrana orange pucat, putih peach, pink, atau aprikot.

Tanaman ini akan mudah kita temukan tumbuh di daratan tinggi (790 mdpl) Ekuador mulai dari Guayaquil Basin hingga dan selatan Teluk Guayaquil.

Brugmansia vulcanicola

bunga Brugmansia vulcanicola

www.flickr.com

Brugmansia vulcanicola merupakan salah satu jenis spesies tanaman bunga kecubung yang mendiami Benua Amerika bagian Selatan, tepatnya di pegunungan Andes terutama daratan tinggi di kawasan Kolombia dan Ekuador pada ketinggian 2.800-3.300 mdpl.

Tanaman ini tumbuh sebagai pohon semak yang memiliki bunga yang cukup indah untuk dipandang.

Brugmansia vulcanicola mamapu tumbuh hingga mencapai ketinggian 4 m. Bunganya memiliki panjang antara 15 sampai 22 cm dengan warna bernuansa damai dengan perpaduan sempurna antara wrana merah pada pangkalnya, merah muda dan kuning pada bagian ujungnya.

Mereka endemik ke Andes pegunungan Kolombia dan Ekuador pada ketinggian 2.800 ke 3.300 m (9.200 10.800 ft).

Brugmansia aurea

Brugmansia aurea (bunga terompet kuning)

Brugmansia aurea (Golden Angel Trumpet) adalah salah satu spesies bunga terompet yang merupakan tanaman endemik hutan Ekuador.

Sejak Maret 2014, terompet emas ini dimasukkan ke daftar Extinct in the Wild sebagai tanaman yang dilindungi oleh IUCN.

Saat ini spesies ini sudah mudah kita temukan di pemukiman-pemukiman rumah warga dan digambarkan sebagai tanaman semak subtropis besar yang mampu tumbuh hingga 20 kaki tingginya.

Tanamn ini memiliki bunga yang berwarna kuning atau putih dengan mengeluarkan aroma wewangian yang khas terutama saat malam hari.

Sinonim: Brugmansia affinis; Brugmansia aurea; Datura aurea; Datura affinis

Brugmansia arborea

bunga Brugmansia arborea

commons.wikimedia.org

Brugmansia arborea merupakan salah satu spesies dari bunga terompet yang memiliki tinggi batang hingga mencapai 7 meter dan merupakan tanaman yang di lindungi oleh IUCN dan masuk sebagai Extinct in the Wild.

Bunganya memiliki panjang 12-17 cm dan merupaka jensi bunag terompet terkecil. Bunganya memiliki warna putih gading atau krem.

Sama halnya dnegan bunga terompet lainnya bunga ini merupakan tanaman endemik pegunungan Andes di ketinggian 2000-3000 mdpl, tepatnya di Kolombia bagian Selatan, Ekuador, Peru, Bolivia barat, dan utara Chili dengan curah hujanyang cukup tinggi.

Demikianlah sekilas tentang Jenis-jenis Bunga Terompet yang ada di seluruh dunia semoga bermanfaat. Salam hangat Infosiana.net.

Percakapan Obrolan Berakhir

Leave a Reply