6 Jenis Ikan Discus Termahal Beserta Harganya di Tahun 2016

Prolog

6 Jenis Ikan Discus Termahal Beserta Harganya di Tahun 2016-Pada kesempatan kali ini Infosiana.net akan membahas tentang ikan discus atau discuss {baca ikan diskus).

Dimulai dari jenis jenis ikan discuss, cara memelihara;budidaya ikan discuss, selanjutnya pakan;makanan ikan hias discuss serta tidak lupa juga kami sertakan tentang harga ikan discuss.

Pembahasan pertama, kita aiak menggali lebih jauh tentang jenis jenis ikan discus yang meliputi berbagai macam jenis ikan discuss yang akan di jabarkan secara luas pada pembahasan selanjutnya.

Baca juga: 31 Jenis ikan Koi Terlaris dan termahal di Pasaran 2016

Kemudian dilanjutkan dengan cara memelihara dan cara budidaya atau ternak ikan discuss. Tidak lupa juga kami sertakan tulisan tentang pakan atau makanan ikan discus yang baik. serta bagaimana perkembangan para peternak ikan hias discuss di Indonesia.

Selanjutnya kita akan membahas tentang harga ikan discus, mulai dari ikan discus termahal sampai dengan ikan hias discus murah. Semua akan dibahas seacara singkat dan sederhana dalam tulisan berikut ini. Semoga bermanfaat.

Sejarah dan Asal Usul ikan DIscuss

Ikan Discus yaitu salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak digemari oleh banyak pemburu ikan hias di tanah air. Nama ikan Discus sendiri diadopsi dari karakter tubuhnya yang menyerupai seperti piringan.

Ikan hias Discus ini termasuk bagian dari keluarga genus Symphysodon dan cichlidae. Ikan ini lahir di daratan Amerika, tepatnya dari sungai Amazon.

Saat ini ikan Discus memiliki banyak jenis dan setiap jenis-jenis ikan Discus dapat dibedakan dari corak warna yang melekat pada tubuhnya. Diluar itu, kekhasan yang cukup menarik pada ikan Discus yaitu garis-garis tubuh yang terlukis dari ujung ekor hingga kepalanya.

Hal inilah yang membuat para penggemar ikan hias memilih ikan Discus untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan di aquariumnya.

HARGA IKAN DISCUS TERMAHAL DAN TERCANTIK

harga ikan discus

www.pinterest.com

Harga ikan Discus rata-rata dikategorikan berdasarkan corak warna dan keistimewaan pola garis yang melintang pada tubuhnya. menggambar tubuhnya semakin cerah dan pola batiknya semakin istimewa, jadi, harga tawar ikan Discus tersebut akan semakin mahal.

Baca juga: Jenis-jenis ikan hias air tawar yang populer di Indonesia 2016

Umumnya harga bibit ikan Discus berkisar antara Rp2.000,00 – Rp10.000,00 tiap ekornya serta harga ikan hias Discus dewasa Rp20.000,00-Rp100.000,00 per ekor.

JENIS IKAN DISCUS TERMAHAL DAN TERCANTIK

ikan discuss

AquariumNetwork.com

Untuk mengetahui jenis ikan hias Discus termahal yang populer. Berikut beberapa tipe ikan hias Discus beserta gambar ikan Discus yang harus kita pahami:

1. JENIS IKAN DISCUS CHECKER BOARD PIGOEN

ikan hias discus

ShaShinKi.com

Ikan Discus Checker Board Pigoen merupakan salah satu jenis ikan Discus yang mempunyai warna dasar putih yang dihiasi dengan corak berwarna merah.
Corak tipe ikan Discus ini tergambar goresan namun goresan tersebut tidak lurus melainkan berpola seperti urat. Diluar itu, ada beberapa warna kuning di bagian kepalanya.

2. JENIS IKAN DISCUS RED RIBBON

harga ikan discus di pasaran

YouTube.com

Ikan Discus Red Ribbon ialah satu diantara jenis ikan Discus yang mempunyai warna kuning dan sebagian agak kemerah-merahan.
Jenis ikan Discus ini juga dihiasi dengan lukisan berwarna putih di sekujur tubuhnya dan pola batiknya cenderung berbentuk panjang-panjang. Hal ini lah yang membedakan tipe ikan ini dengan Pearl Pigeon yang mempunyai batik bulat-bulat.

3. JENIS IKAN DISCUS PEARL PIGEON

jual ikan discus murah

SimplyDiscus.com

Ikan Discus Pearl Pigeon merupakan salah satu tipe ikan Discus yang memiliki warna dasar putih.
Diluar itu, tipe ikan Discus ini dilengkapi dengan corak bintik-bintik kecil berwarna merah muda di hampir di seluruh tubuhnya dan bagian kepalanya berwarna orange.

Warna tersebut begitu cantik dan sangat sesuai bagi wanita yang mempunyai hobi ikan hias.

4. JENIS IKAN DISCUS MARLBORO RED

jenis jenis ikan discus

diskus-direkt.de

Baca juga: 15 Jenis Ikan Komet Termahal dan terlaris di Indonesia 2016

Ikan Discus Marlboro Red merupakan salah satu jenis ikan Discus yang mempunyai warna orange kemerah-merahan dan terlihat seperti menyala.

Diluar itu, ada beberapa warna merah menyala di sekitar siripnya dan ada pola titik-titik putih di bagian sirip hingga sekitar matanya. Buntutnya nampak sedikit kehitam-hitaman.

5. JENIS IKAN DISCUS GOLD YELLOW DIAMOND

harga ikan discuss

YouTube.com

Ikan Discus Gold Yellow Diamond adalah salah satu jenis ikan Discus yang mempunyai warna kuning menyala.

Hal tersebut sesuai dengan namanya yaitu gold yellow. Selain itu, jenis ikan Discus ini dipercantik dengan corak bintik-bintik putih di bagian siripnya dan di bagian sekitar mata.

6. JENIS IKAN DISCUS ANGEL BLUE DIAMOND

Cara memelihara ikan discus

Pinterest.com

Baca juga: 7 Jenis Ikan Aligator Terbesar yang Banyak Diburu oleh Kolektor

Ikan Discus Angel Blue Diamond ialah salah satu tipe ikan Discus yang mempunyai warna biru polos.

Warna biru yang tergambar pada jenis ikan Discus ini layaknya warna biru telur bebek, yaitu warna biru yang agak putih.

Ikan Discus Angel Blue Diamond didikatakan berkualitas jika ikan ini memiliki warna yang seakan-akan bercahaya.

CARA TERNAK IKAN DISCUS

Untuk membudidayakan atau ternak ikan Discus, kita memerlukan air dengan suhu hidupnya sekitar 25-30 derajat celsius. Dengan kadar ph pada kisaran 5-6,5.

PAKAN IKAN DISCUS

louhan bonsai

id.aliexpress.com

Ikan Discus menyukai pakan yang alami daripada pakan buatan. Fungsi dari makanan alami yaitu merangsang insting serta naluri ikan itu sendiri. Ikan ini akan bertambah lincah, gesit, sehat dan warnanya juga akan lebih indah jika diberi pakan yang alami terutama terjaga segarannya.

Disamping itu, makanan alami gampang dicari tanpa harus mengeluarkan biaya yang dapat menguras saku kita lebih dalam. Makanan ikan Discus alami diantaranya yaitu cacing, jentik nyamuk dan larva semut merah.

Baca juga: 18 Jenis ikan Cupang Hias Termahal dan Tercantik 2016

Cara memelihara ikan hias discus dan perawatan untuk para pemula

Ada beberapa permasalahan yang paling biasa terjadi pada ikan hias discus peliharaan kita adalah stress. Hal semacam ini dapat menyebabkan ikan discus mudah terjangkit penyakit.

Selain itu, setiap akuarium memiliki koloni mikroorganisme yang kurang bermanfaat bagi ikan dan menjadi salah satu faktor pendorong penyebab penyakit pada ikan.

Namun, hal sejenis ini tidak akan terjadi jika kita memiliki pengetahuan tentang tips memelihara ikan discus ini. Berikut ini ada beberapa tips yang harus dipahami dalam memelihara ikan discus oleh para penggemar di rumah.

1. Menyediakan akuarium yang layak bagi ikan

cara memelihara ikan louhan

asyrafkhalib.blogspot.com

Kondisi akuarium sangat berpengaruh terhadap kesehatan ikan discus. Oleh karena itu, Pastikan kita menyediakan beberapa perlengkapan pendukung dan peralatan yang dibutuhkan.

Satu diantara peralatan yang diperlukan adalah heater. Heater ini memiliki fungsi untuk mengatur suhu panas pada air akuarium sesuai yang dibutuhkan ikan.

Ketika air dingin, kita dapat memanfaatkan alat ini untuk mengatur suhu air yang dibutuhkan oleh ikan discus. Biasanya, suhu normal yang cocok untuk ikan discus kurang lebih 27-32 derajat celcius.

2. Penerangan yang cukup pada akuarium

Pencahayaan pada akuarium ikan discus juga menjadi salah satu faktor penting dalam memelihara dan merawat ikan discus. Siapkanlah pencahayaan yang cukup pada akuarium ikan discus.

Disamping mampu membuat ikan discus lebih sehat, pencahayaan juga bisa menjadikan ikan discus kita terkesan lebih indah dan menyala. Namun, penerangan umunya membuat suhu air pada akuarium berubah menjadi panas.

Untuk itu, sesuaikanlah pencahayaan pada akuarium ikan discus anda agar tidak ter jadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Menjaga kebersihan air

Faktor utama yang dapat mempengaruhi kondisi kebugaran ikan discus lainnya yaitu kondisi air itu sendiri. Jika kita kurang rajin memperhatikan kebersihan air akuarium, maka jangan salahkan jika ikan discus anda akan mudah terserang penyakit.

Sebab air yang kurang bersih terdapat banyak bakteri jahat yang mengancam kesehatan ikan discus anda. Oleh sebab itu, kita harus senantiasa menjaga kebersihan air akuarium ikan discus.

Biasanya, pergantian air yang mestinya dilakukan ialah seminggu dua kali atau jika kita terlalu sibuk, kita dapat menguras akuarium ikan discus seminggu sekali. Cara menguras air akuarium pun tidak disarankan sekaligus dikuras semuanya. namun, dibuat bertahap.

4. Makanan ikan hias discus

jenis discus

kamaleshtewari.blogspot.com

Memberikan pakan yang terbaik bagi ikan discus kesayangan kita bisa menghasilkan ikan discus yang sehat serta bisa tumbuh dengan baik. Di alam bebas, ikan discus merupakan ikan pemakan apapun atau rakus.

Biasanya, makanan yang dimakan ikan discus ini bisa berupa larva serangga, cacing, bahkan buah-buahan. Makanan-makanan tersebut bisa kita aplikasikan untuk ikan discus peliharaan kita.

Saat ini, makanan ikan yang tersedia di toko-toko perikanan untuk ikan peliharaan bisa dibedakan menjadi dua jenis, antara lain:

a. Makanan Alami

Makanan alami adalah makanan yang diambil langsung dari alam atau sudah melimpah di alam bebas tanpa perlu memprosesnya terlebih dahulu. Pakan alami yang kami maksud adalah:

Pakan alami ikan discus bisa berupa:

Artemia, Telur udang galah, Telur udang lobster, Jentik nyamuk, Blood Worm atau Cacing Darah, Cacing Tubifex, Kutu air, dan Infusoria serta rotifera.

1) Infusoria dan rotifera

Infusoria dan rotifera yaitu sejenis microorganisme yang biasanya dimanfaatkan untuk makanan anakkan ikan. Keistimewaan dari Infusoria dan rotifera ini ialah memiliki bentuk yang rentik atau kecil. Sehingga, pakan ini sangat sesuai untuk anakkan ikan discus.

2) Kutu air

Kutu air ialah sejenis udang-udangan dan umumnya juga dimanfaatkan untuk pakan anakkan ikan. Kutu air acap kali kita temukan di genangan air.

Kelebihan dari pakan ini adalah memiliki bentuk yang cukup kecil. Sehingga, anakkan ikan discus mudah untuk memakan dan mencerna makanan jenis ini.

3) Cacing Tubifex

Cacing Tubifex adalah nama lain dari cacing sutera. Cacing ini mempunyai banyak kandungan vitamin yang sangat baik untuk ikan discus, antara lain: mineral, protein, dan lemak. Namun, kebanyakan penghobi ikan hias berpendapat bahwa pakan jenis ini acap kali menimbulkan penyakit pada ikan.

Karena pengembangbiakan cacing ini menggunakan tempat yang kotor. Oleh sebab itu, sebelum kita memberi pakan pada ikan discus dengan cacing sutera ini, kita harus membersihkannya terlebih dahulu agar ikan kesayangan kita tidak terjangkit penyakit.

4) Blood Worm atau Cacing Darah

louhan bonsai

id.aliexpress.com

Blood Worm atau Cacing Darah adalah larva yang berasal dari lalat Chironomus yang mengalami pembusukan. Cacing darah ini mempunyai kandungan protein cukup banyak, sehingga pakan ini cukup bagus untuk ikan discus kita.

Biasanya, cacing darah ini akan dibekukan terlebih dahulu agar gampang dalam penyimpanan dan jauh lebih awet.

5) Jentik nyamuk

Jentik nyamuk ini cukup gampang untuk kita peroleh. Kita bisa menemukanya di selokan atau tempat yang terdapat genangan air.

Kita juga mampu membudidayakannya sendiri. Selain itu, jentik nyamuk juga mempunyai kandungan protein cukup banyak. Sehingga, sangat dianjurkan untuk makanan ikan discus.

6) Telur udang

makanan ikan discuss

ikanhiasairtawars.blogspot.co.id

Telur udang yang sering kali dimanfaatkan untuk pakan adalah telur udang galah dan telur udang lobster. Telur ini sengaja dikembangkan untuk pakan ikan dan umumnya dijual dalam kondisi beku. Pakan ini sangat baik untuk pembentukan warna alami ikan dan memacu kesuburan.

7) Artemia

Artemia merupakan planktonik yang sering hidup di perairan yang memiliki kandungan garam yang tinggi. Pakan ini mempunyai kandungan nutrisi cukup banyak, seperti 50% protein dan 25% lemak.

Disamping itu, arteria dianggap sebagai pakan alami yang terbaik karena pakan ini bebas dari penyakit.

b. Makanan buatan

Pakan buatan yaitu pakan ikan yang dihasilkan dari tangan manusia. Pakan buatan ini sangat praktis dan mempermudah kita dalam pemberian pakan pada ikan peliharaan kita. Pakan ini sangat mudah untuk kita dapatkan.

Biasanya, di setiap toko ikan menyediakan pakan buatan. Namun, pakan buatan ini kurang baik bagi ikan discus kita. Sebaba ikan discus kita akan melambat perkembangannya bila kita berikan pakan buatan.

Dengan alasan tersebut, berikanlah pakan jenis ini seperlunya saja dan variasikan dengan pakan alami.

Sekian segmen kali ini tentang jenis jenis ikan Discus beserta harga ikan discus termahal, cara memelihara serta makanan ikan discus. Semoga bermanfaat untuk Anda yang tengah mencari informasi mengenai ikan Discus yang menggoda ini.

8 Comments

  1. Muchlis June 22, 2016
    • AdminInfosiana August 16, 2016
  2. discus metri October 11, 2016
    • AdminInfosiana October 11, 2016
      • ezi November 15, 2016
        • AdminInfosiana November 15, 2016
    • joko November 12, 2016
  3. Silvie Amelia March 5, 2017

Leave a Reply