7 Jenis Ikan Aligator Terbesar yang Banyak Diburu Oleh Kolektor

ikan aligator jatiluhur

www.monsterfishkeepers.com

Ikan Aligator-Ikan aligator atau yang banyak kita sebut dengan ikan Buaya adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki bentuk seperti buaya. Dengan alasan tersebutlah ikan ini sering disebut dengan ikan buaya.

Ikan buaya banyak ditemukan di perairan Amerika bagian utara, Amerika Tengah dan di perairan yang ada di pulau Karibia. Ikan aligator ini memiliki kemampuan hidup yang luar biasa. Ikan buaya bisa hidup di perairan air tawar, payau bahkan terkadang muncul di dekat perairan laut.

Dengan perkembangan zaman yang begitu cepat, ikan aligator yang dulu banyak ditemukan di perairan-perairan Amerika kini bisa kita temui dengan mudah di akuarium-akuarium para kolektor atau penghobi ikan. Jika Anda tertarik untuk melihat-lihatnya Anda bisa mengunjungi pasar-pasar ikan hias terdekat.

Ikan aligator sendiri merupakan ikan air tawar yang berumur panjang, di alam bebas ataudi habitat aslinya ikan ini mmapu bertahan hidup hingga 20 tahun.

Sebelum kita menyelami lebih dalam tentang ikan Buaya atau Aligator, kami akan memetakan pembahasan pada kesemptan kali ini. Pembahasan ikan ini akan kita mulai dari sejarah dan asal usul ikan aligator, kemudian dilanjut dengan jenis-jenis ikan aligator.

Setelah kita membahas tentang jenis-jenis ikan aligator kita akan melanjutkan pembahasan tentang klasifikasi dan harga ikan buaya, selanjutnya cara memelihara dan membudidayakan ikan aligator yang akan membahas tentang perawatan dan makanan ikan aligator.

Terakhir untuk menambah pengetahuan Anda tentang ikan buaya kami akan menyajikan tentang fakta-fakta unik dari ikan aligator dan ikan aligator terbesar yang pernah ditemukan manusia.

Untuk mempersingkat waktu mari kita simak ulasan pada kesempatan kali ini tentang ikan aligator.

Sejarah dan Asal Usul ikan Aligator

foto ikan aligator

id.walls321.com

Baca juga: Jenis-jenis Ikan Hiu Terbesar dan Paling Mematikan di Dunia

Ikan spatula atau ikan buaya banyak di temukan di perairan dan sungai-sungai di Amerika Utara dan Amerika Tengah.

Awalnya ikan aligator banyak dimanfaatkan oleh penduduk Amerika asli dalam pembuatan mata panah, baju dan pelapasi baju baja yang digunakan untuk perang.

Kulit ikan buaya banyak dipilih dengan alasan bahwa bahan yang berasal dari kulit ikan buaya lebih elastis dan tahan lama sehingga pada masa itu banyak digunakan untuk peralatan perang dan alat-alat pertanian, seperti bajak sawah.

Selain itu, kulit ikan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai dompet dan berbagai perhiasan dan peralatan lainnya. Sedangkan bagi suku Arkansas minyak dari ikan buaya biasa dimanfaatkan sebagai alat pengusir lalat.

Hampir selama 50tahun ikan buaya diburu dan ditangkap secara besar-besar oleh pihak keamanan karena diangggap sebagai ikan pengganggu ekosistem.

Selain itu, karena bentuknya yang mirip sekali dengan buaya ditakutkan akan mencederai penduduk sekitar.

Seiring berjalannya waktu ikan aligator mulai menurun jumlahnya sedikit demi sedikit. Hingga pada tahun 1995, untuk pertama kalinya pihak pemerhati lingkungan dari Universitas of Houston membuat video dokumenter yang membahas tentang ikan aligator gar.

Bahkan video tersebut sempat menjadi tranding topik di bulan Juli pada masa itu. Dengan tema “Alligator Gar: Predator or Prey” video dokumenter tersebut mengkritisi tentang pembantai iakn buaya di perairan Texas dan Louisiana.

Lebih dari satu dekade ikan ini telah dilindungi dan diperhatikan oleh beberapa pihak seperti Missouri Department of Conservation dan didukung oleh beberapa mitranya seperti Tennessee, Arkansas, Kentucky, Illinois, Alabama, Mississippi, Texas, Oklahoma, dan Louisiana dalam kegiatan restorasi dan manajemen ikan buaya di alam bebas.

Jenis-jenis ikan buaya

aligator spatula

www.monsterfishkeepers.com

Baca juga: Untung Besar dengan Budidaya Ikan Wader di Kolam

Setelah habitat dan hidup ikan buaya ini dilindungi oleh para pengamat dan pemerhati lingkungan, mereka mendata dan menyimpulkan bahwa ikan ini berasal dari keluarga Lepisosteidae.

Dalam satu keluarga Lepisosteidae ikan buaya dibagi menjadi dua genus. Dua genus tersebut adalah.

Genus Atractosteus (oleh Rafinesque , 1820)

  1. spatula ( oleh Lacepede , 1803) ( buaya gar )
  2. tristoechus (oleh Bloch & JG Schneider , 1801) ( gar Kuba )
  3. tropicus Gill , 1863 ( gar tropis )

Genus Lepisosteus (oleh Linnaeus , 1758)

  1. Lepisosteus oculatus (oleh Winchell, 1864) (spotted gar)
  2. Lepisosteus osseus (oleh Linnaeus, 1758) (longnose gar)
  3. Lepisosteus platostomus (oleh Rafinesque , 1820) (shortnose gar)
  4. Lepisosteus platyrhincus (oleh DeKay 1842) (Florida gar)

Namun seiring berkembangnya zaman, ikan buaya kini memiliki varian jenis beragam dan setiap jenisnya memiliki keunikan masing-masing, dimana varian baru merupakan hasil persilangan dari berbagai jenis ikan aligator.

Diantara jenis-jenis ikan aligator yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini adalah.

1. Alligator Gar (Atractosteusspatula)

ikan aligator spatula

kinhquyen.wordpress.com

Baca juga: 10 Fakta Unik Tentang Ikan Buntal

Dari berbagai jenis ikan aligator yang ada ikan Alligator Gar merupakan jenis ikan buaya terbesar, yakni bisa mencapai panjang hingga 3 meteran. Waw?

Selain ukurannya yang besar ikan Alligator Gar juga memiliki bobot yang terbilang berat yakni 140 kg.

Meskipun ukuran dan bobotnya yang jumbo, ikan aligator terbesar ini kini banyak dipelihara oleh kolektor sebagai hewan peliharaannya.

Jika dilihat berdasarkan penemuan fosilnya, ikan Alligator Gar ini dulunya merupakan ikan yang banyak tersebar di empeta benua, yaitu Amerika Tengah, Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

Meskipun berasal dari berbagai benua namun keluarga ikan aligator yang masuk dalam kategori ikan ini hanya di batasi menjadi tujuh jenis yang berasal dari Amerika utara dan Tengah.

Saat ini ikan Alligator Gar ini dilindungi karena jumlah populasinya yang terus menurun karena penangkapan secara berlebihan, serta beberapa proyek pembangunan di sekitar habitat ikan aligator yang membuat mereka harus bermigrasi ke sungai atau perairan lain yang lebih tenang.

Makanan Ikan Aligator Florida

Dengan ukuran paling besar bahkan Terbesar di keluarganya. Wajar saja jika ia merupakan ikan predator yang buas yang memakan hewan-hewan kecil disekitarnya.

Misalnya saja makanan favoritnya udang, serangga seperti jangkrik, belalang, tikus dan hewan air lainnya yang ukurannya lebih kecil.

Sedangkan bagi ikan aligator muda makanan terbaiknya di alam bebas adalah plankton dan jentik-jentik nyamuk. Dan untuk ikan aligator yang hidup di akuarium Anda bisa memberikannya cacing tanah atau anakan ikan.

Alligator Gar (Atractosteusspatula)

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan : Animalia
Devisi : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Order : Holostei
Family : Lepisosteiformes
Genus: : Lepisosteidae
Species: : Atractosteus

Nama Binomial

Atractosteus spatula (Oleh Lacépède, 1803)

Sinonim Atractosteus adamantinus (Oleh Rafinesque, 1818)

Baca juga: 25 Jenis Ikan Mas Koki Terlaris dan Termahal di Pasaran

2. Tropical Gar (Atractosteus Tropicus)

jual ikan aligator

xaquaticart.wordpress.com

Ikan Tropical Gar (Atractosteus Tropicus) banyak ditemukan di perairan tropis Amerika mulai dari Meksiko hingga perairan di Kostarika.

Seperti jenis ikan aligator lainnya, ikan Tropical Gar merupakan ikan air tawar yang memiliki ukuran jumbo, yaitu beratnya mencapai 3 kg. Sedangkan untuk panjangnya ikan ini bisa mecapai panjang 1,25 meter jika hidup di habitat aslinya.

Ikan Tropical Gar memiliki kemiripan dengan aligator gar longsone, baik dari segi warna maupun dalam segi bentuk. Hanya saja yang membedakan diantara keduanya adalah bentuk dari kedua moncong ikan ini.

Ikan Tropical Gar biasa hidup di perairan air tawar seperti danau, dan sungai-sungai yang memiliki aliran air yang tenang dan lambat.

Makanan Ikan Aligator Tropical

Ikan ini merupakan ikan predator yang menguasai  perairan. Ikan ini biasa memakan udang, serangga seperti jangkrik, belalang dan hewan air lainnya yang ukurannya lebih kecil.

Sedangkan bagi ikan aligator muda makanan terbaiknya di alam bebas adalah plankton dan jentik-jentik nyamuk. Dan untuk ikan aligator yang hidup di akuarium Anda bisa memberikannya cacing tanah atau anakan ikan.

Tropical Gar (Atractosteus Tropicus)

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan : Animalia
Devisi : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Order : Lepisosteiformes
Family : Lepisosteidae
Genus: : Atractosteus
Species: : A. tropicus

Nama Binomial

Atractosteus tropicus

Oleh T. N. Gill, 1863

3. Spotted Gar (Lepisosteus Oculatus)

ikan aligator terbesar

calphotos.berkeley.edu

Ikan Spotted Gar (Lepisosteus Oculatus) atau yang banyak disebut sebagai ikan aligator tutul atau tutul gar.

Sesuia dengan namanya ikan ini memiliki sisik dan corak warna yang menyerupai dengan macan tutul.

Jika dibandingkan dengan jenis ikan aligator lainnya ikan Spotted Gar (Lepisosteus Oculatus) merupakan ikan jenis aligator yang paling kecil. Kenapa?

Jika dilihat dari segi ukurannya ikan ini memiliki panjang tubuh yang berkisar antara 0,6-0,9 meter, sedangkan untuk beratnya ikan ini memiliki bobot antara 1,8-2,7 Kilogram.

Seperti ikan jenis aligator lainnya ikan ini memiliki usia yang cukup panjang, yakni mencapai maksimal 18 tahun dan yang berumur panjang biasanya berjenis kelamin jantan.

Habitat asli dari ikan Spotted Gar adalah perairan dangkal dan tenang di Amerika Utara, kemudian di aliran sungai Ontario yang dibagian selatan berlanjut ke sungai Nueces, Texas kemudian menuju pantai utara yakni Teluk Meksiko serta sebagian di sungai Florida.

Makanan Ikan Aligator Spotted

Meskipun ukuranya yang lerbilang kecil jika dibandingkan dengan jenis ikan aligator lainnya. Namun, ikan ini tetap buas dan predator bagi hewan air lainnya. Makanan kesukaan ini diantaranya adalah udang, serangga seperti jangkrik, belalang dan hewan air lainnya yang ukurannya lebih kecil.

Sedangkan bagi ikan aligator muda makanan terbaiknya di alam bebas adalah plankton dan jentik-jentik nyamuk. Dan untuk ikan aligator yang hidup di akuarium Anda bisa memberikannya cacing tanah atau anakan ikan.

Spotted Gar (Lepisosteus Oculatus)

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan : Animalia
Devisi : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Order : Lepisosteiformes
Family : Lepisosteidae
Genus: : Lepisosteus
Species: : L. oculatus

Nama Binomial

Lepisosteus oculatus

Winchell, 1864

 

4. Longnose Gar (Lepisosteus Osseus)

ikan aligator di waduk jatiluhur

www.tier-fotos.eu

Ikan Longnose Gar adalah satu diantara ikan aligator yang memiliki ukuran jumbo, yakini dengan panjang berkisar antara 0,71-1,2 meter bahkan ikan Longnose Gar pernah ditemukan dengan panjang mencapai 1,8 meter.

Sedangkan untuk berat ikan ini bisa mencapai hingga 25 kg. Diantara jenis ikan aligator lainnya ikan Longnose Gar memiliki usia yang paling panjang, yaitu maksimal 39 tahun.

Ikan Longnose Gar biasa mendiami perairan yang ada di Amerika Utara, Tengah, Kuba serta kepulauan Pines.

Konon ikan ini telah mendiami perairan Amerika Utara sejak 100 juta tahun yang lalu, waw?

Namun jika dilihat dari penemuan fosil, ikan Longnose Gar dulunya pernah mendiami 4 benua besar, yaitu Afrika, Asia, Eropa dan Amerika.

Karena perubahan iklim dan lain-lain akhirnya ikan ini bermigrasi dan mendiami perairan Amerika utara dan tengah.

Makanan Ikan Aligator Longnose

Dengan bobot yang lumayan besar ikan ini merupakan ikan karnivora yang memakan hewan air seperti udang, serangga seperti jangkrik, belalang dan hewan air lainnya yang ukurannya lebih kecil.

Sedangkan bagi ikan aligator muda makanan terbaiknya di alam bebas adalah plankton dan jentik-jentik nyamuk. Dan untuk ikan aligator yang hidup di akuarium Anda bisa memberikannya cacing tanah atau anakan ikan.

Longnose Gar (Lepisosteus Osseus)

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan : Animalia
Devisi : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Order : Lepisosteiformes
Family : Lepisosteidae
Genus: : Lepisosteus
Species: : L. osseus

Nama Binomial

Lepisosteus osseus

(Oleh Linnaeus, 1758)

 

5. Cuban Gar (Atractosteus Tristoechus)

jenis jenis ikan aligator

fishlaboratory.com

Aligator Kuba atau Kuba gar merupakan satu diantara jenis ikan hias air tawar yang masih satu keluarga dengan Lepisosteidae.

Sesuai dengan namanya ikan ini pertama kali ditemukan di Western Kuba dan Isla de la Juvented.

Dari sekian jenis ikan aligator, aligator kuba merupakan jenis ikan aligator paling kecil yaitu berkisar antara 100-200 cm.

Jika daging dan telur ikan aligator lainnya bisa dikonsumsi, berbeda halnya dengan aligator yang satu ini. Dagingnya bisa bisa dimakan namun telonya mengandung racun bagi manusia.

Ikan ini bias hidup di perairan tenang dan tawar seperti di danau-danau dan sungai-sungai yang beraliran tenang. Dengan temperatur suhu 180-230 Celsius.

Makanan Ikan Aligator Cuban

Sama halnya dengan ikan aligator lainnya, Ikan ini juga merupakan ikan karnivora yang memakan udang, serangga seperti jangkrik, belalang dan hewan air lainnya yang ukurannya lebih kecil.

Sedangkan bagi ikan aligator muda makanan terbaiknya di alam bebas adalah plankton dan jentik-jentik nyamuk. Dan untuk ikan aligator yang hidup di akuarium Anda bisa memberikannya cacing tanah atau anakan ikan.

Cuban Gar (Atractosteus Tristoechus)

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan : Animalia
Devisi : Chordata
Kelas : Vertebrata
Order : Actinopterygii
Family : Semionotiformes
Genus: : Lepisosteidae
Species: : Atractosteus

Nama Binomial

Atractosteus tristoechus

Oleh Bloch & Schneider, 1801

 

6. Florida Gar (Lepisosteus Platyrhincus)

ikan aligator

fishinrules.com

Ikan aligator Florida adalah satu diantara jenis ikan aligator yang lahir dan besar di Amerika Serikat.

Ikan ini dulu banyak ditemukan di sungai Savannah dan sungai Ochlockonee, Georgia dan seluruh semanjung Florida. Inilah yang menjadi alasan mengapa ikan ini disebut dengan aligator Frorida.

Ikan ini memiliki ukuran panjang hingga mencapai 91 cm, namun pada umumnya ikan ini ditemukan dengan panjang antara 52-132 cm dengan berat antara 1,36-4,36 kg.

Meskipun begitu ikan ini pernah ditemukan dengan ukuran 10 kg.

Sama halnya dengan ikan aligator lainnya ikan ini biasa hidup diperairan tenang dan danau-danau.

Jika moncongnya dilihat secara sekilas ikan ini hampir mirip dengan Aligator tutul. Yang membedakan antar keduanya adalah panjang moncong yang dimiliki ikan aligator tutul lebih panjang dibandingkan aligator Florida.

Makanan Ikan Aligator Florida

Ikan ini merupakan ikan karnivora yang memakan udang, serangga seperti jangkrik, belalang dan hewan air lainnya yang ukurannya lebih kecil.

Sedangkan bagi ikan aligator muda makanan terbaiknya di alam bebas adalah plankton dan jentik-jentik nyamuk. Dan untuk ikan aligator yang hidup di akuarium Anda bisa memberikannya cacing tanah atau anakan ikan.

Florida Gar (Lepisosteus Platyrhincus)

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan : Animalia
Devisi : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Order : Lepisosteiformes
Family : Lepisosteidae
Genus: : Lepisosteus
Species: : L. platyrhincus

Nama Binomial

Lepisosteus platyrhincus

Oleh DeKay, 1842

 

7. Shortnose Gar (Lepisosteus Platostomus)

jenis ikan aligator

kinhquyen.wordpress.com

Ikan Aligator Shortnose merupakan satu diantara ikan hias air tawar yang termasuk keluarga Lepisosteidae.

Ikan ini berasal dari Amerika Serikat dan hidup di sungai Mississippi dan Missouri, di barat di mulai dari Montana hingga ke timur sungai Ohio.

Ikan Shortnose Gar hidup di perairan yang berarus tenang dan danau-danau.

ikan Aligator Shortnose memiliki panjang 60 cm namun ikan ini pernah ditemukan dengan panjang 88 cm. Sedangkan beratnya bisa mencapai hingga 4 kg.

Dagingnya bisa dikonsumsi oleh manusia. Sedangkan telurnya, jangan sekali-kali Anda mencobanya kecuali jika Anda ingin keracunan.

Makanan Ikan Aligator Shortnose

Ikan ini merupakan ikan karnivora yang memakan udang, serangga seperti jangkrik, belalang dan hewan air lainnya yang ukurannya lebih kecil.

Sedangkan bagi ikan aligator muda makanan terbaiknya di alam bebas adalah plankton dan jentik-jentik nyamuk. Dan untuk ikan aligator yang hidup di akuarium Anda bisa memberikannya cacing tanah atau anakan ikan.

Shortnose gar

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan : Animalia
Devisi : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Order : Lepisosteiformes
Family : Lepisosteidae
Genus: : Lepisosteus
Species: : L. platostomus

Nama Binomial

Lepisosteus platostomus

Oleh Rafinesque, 1820

Harga Ikan Aligator

Meskipun bentuknya bengis dan buas namun ikan ini tetap saja memiliki penggemar berat. Ikan yang juga pernah di temukan di waduk jati luhur ini juga banyak diburu dan dikoleksi oleh para pencintanya.

Tidak tanggung-tanggung, menurut penuturan seorang penjual ikan hias di Jl. Sumenep, Menteng, Jakarta Pusat, Ahmadi.

Ia mengatakan bahwa ikan ini banyak cari oleh para orang-orang berduit, karena ikan ini merupakan ikan yang memiliki harga yang lumayan tinggi.

Tingginya harga ikan aligator didasarkan pada ukuran dan usia. Semakin besar tentunya semakin mahal.

Pada 2011, ikan aligator ini pernah dibandrol dengan harga $ 40.000 atau setara dengan RP 520.000.000,- (dengan Kurs $1=Rp 13.000) di Amerika Serikat.

Namun, karena ikan ini merupakan jenis ikan langka yang dilindungi disana maka ikan ini dilarang untuk diperjual belikan.

Di pasar Indonesia ikan di bandrol dengan harga yang cukup miring mulai dari Rp 50.000 hingga jutaan rupiah.

Ukuran

Harga

19 cm Rp 25.000
30 cm Rp 125.000
100 cm Rp 650.000
300 cm Rp 800.000

Data di atas di ambil pada tahun 2011, harga sewaktu-waktu bisa naik sesuai dengan ketersediakan ikan aligator itu sendiri.

Demikianlah 7 jenis ikan aligator yang bisa kami uraikan, masih banyak jenis ikan aligator lainnya yang belum bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam hangat Infosiana.net.

 

Percakapan Obrolan Berakhir

Leave a Reply