10 Jenis Ikan Arwana Termahal yang Paling Banyak Diburu 2016

Jenis Ikan Arwana Terindah 2016-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ikan arwana atau ikan arowana. Kita akan mulai dari membahas tentang jenis jenis ikan arwana, harga ikan arwana, dilanjutkan dengan cara budidaya dan makanan ikan arwana.

Ikan hias arwana merupakan ikan hias yang banyak diidolakan oleh para kolektor di seluruh dunia karena ikan hias ini terkenal dengan harganya yang selangit. Selain itu, ikan hias arwana memiliki corak warna yang cukup variatif berdasarkan jenis dan spesiesnya.

Diantara jenis-jenis ikan hias arwana yang tercantik dan termahal yang pernah ada, diantaranya adalah arwana super red, arwana golden red, arwana red banjar, arwana irian, arwana silver, arwana golden pino dan masih banyak yang lain yang akan dipaparkan secara singkat pada tulisan ini.

ikan arowana

akuariumhias.blogspot.com

Selanjutnya, tentang harga ikan arwana. Harga ikan arwana di pasar ikan saat ini berkisar antara Rp. 1.000.000 hingga miliaran rupiah harganya.

Selain itu, artikel ini juga akan membahas tentang cara budidaya dan memelihara ikan hias arwana yang baik dan benar serta tidak ketinggalan juga, kami akan menyertakan makanan yang sehat untuk ikan arwana.

Jika Anda termasuk seorang kolektor ikan arwana, jangan khawatir karena sudah banyak gerai dan toko ikan hias yang menjual ikan arwana, mulai dari harga yang murah sampai yang harganya selangit.

Perkembangan teknologi saat ini memeudahkan kita untuk menemukan ikan hias arwana di toko online dari harga terendah sampai dengan ikan arwana termahal. Semua tersedia di online.

Sebagai tambahan, kami akan menyajikan juga tentang ikan arwana terbesar di dunia yang jarang sekali diangkat oleh penulis-penulis sebelumnya. Untuk mempersingkat waktu mari kita simak tulisan berikut ini.

 

Asal usul dan Sejarah Ikan Arwana

Ikan arwana merupakan salah satu ikan hias air tawar yang sudah terkenal dikalangan para pecinta ikan hias. Ikan ini memiliki daya tarik yang sangat memikat untuk dipelihara. Karena ikan arwana ini mempunyai warna sisik yang teramat anggun.

Ikan arwana mempunyai nama latin Scleopages sp. Ikan arwana juga sering dijuluki dengan ikan naga (dragon fish), barramundi, saratoga, pla tapad, kelesa, siluk, kayangan, peyang,tangkelese atau arowana.

Nama Lain Ikan Arwana 

Ikan Naga (Dragon Fish) Siluk
Barramundi Kayangan
Saratoga Peyang
Pla Tapad Tangkelese Atau Arowana
Kelesa

Ada sebuah kepercayaan yang telah beredar di masyarakat secara luas bila memiara ikan arwana atau arowana, bisa mengundang hoki dan dipercaya dapat melindungi rumah dari gangguan roh-roh.

ikan arwana super red

indonesian.alibaba.com

Tetapi ini hanyalah mitos belaka yang berkembang di masyarakat, tidak lebih. Disamping itu, ikan arwana memang amat memikat dan mempunyai bermacam-macam jenis dan corak warna.

Ikan arwana umumnya hidup di rawa-rawa atau danau yang tersebar di Asia Tenggara. Di Indonesia ikan ini banyak kita temui di sekitar Pulau Irian dan Kalimantan. Ikan arwana memiliki bentuk badan yang unik dan anggun.

Badannya yang memanjang dan ramping mirip sekali dengan pisau. Selain itu, ikan cantik ini juga mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu dua buah sungut yang terletak di bibir bagian bawah.

belalai pendek tersebut dimanfaatkan sebagai sensor getar untuk mengetahui letak mangsanya. Gerakan renang ikan ini juga sangat menawan serta kilauan sisik-sisiknya membuat mata para pemburu terpesona memandangnya.

 

10 Jenis Ikan Arwana Termahal dan Terbesar Beserta Gambarnya

Ada beberapa jenis ikan arwana yang sudah begitu populer di Indonesia dan tidak jarang juga para pecinta ikan hias mempunyai ikan ini di rumahnya. Tetapi, kebanyakan orang belum mengetahui jenis-jenis ikan arwana.

Ada banyak jenis ikan arwana yang ada di seluruh dunia. Pada kesempatan kali ini kita akan menggali 10 jenis ikan arwana termahal dan terindah berserta gambar nya.

1. Jenis Ikan Arwana Super Red/Arwana Merah

ikan arwana

www.binatangpeliharaan.org

Ikan arwana super red atau arwana merah ialah ikan arwana yang berasal dari Indonesia. Jenis ikan arwana ini sering kita temukan di daerah Kalimantan Barat, misalnya di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum.

Akan tetapi, sekarang ini ikan arwana super red sangat mudah kita temukan karena jenis ikan arwana ini telah banyak dikembangbiakkan oleh para pecinta ataupun petani ikan arwana.

Ikan arwana merah memiliki empat macam yaitu merah cabe (Chilli Red), merah orange (Orange Red), merah darah (Blood Red), dan merah emas (Golden Red). Keempat jenis itu disebut dengan super red arwana atau ikan arwana merah great pertama.

Meskipun, dalam perjalananya saat ini, yang dijuluki dengan super red arwana lebih cenderung mengarah pada arwana merah cabe dan merah darah saja. Sebaliknya, arwana merah orange atau merah emas disebut dengan super red tingkatan paling bawah.

Ikan arwana terbesar

www.bursapancing.web.id

Sesuai dengan namanya, ikan arwana ini memiliki warna merah pada sirip, ekor, dayung dan sungut. Ketika berukuran 25 cm cincin akan mulai nampak, akan tetapi belum mengeluarkan warna merah.

Warna merah pada arwana akan mulai muncul saat ikan berumur sekitar 3-4 tahun. Cincin yang terukir pada tubuh arwana adalah setiap kilauan warna yang mengkilap di pinggir sisiknya seolah-olah membentuk cincin.

Tetapi para penggemar ikan arwana biasanya menggunakan suatu trik agar mempersingkat waktu munculnya warna merah pada sisik.

Treatment yang di maksud yaitu dengan melakukan tanning, menyediakan pakan yang bagus dan dengan menempatkan ikan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

2. Jenis Ikan Arwana Cross Back Golden/x Back Golden

jenis ikan arwana

indogoldenarowana.blogspot.com

Jenis ikan arwana cross back golden atau x back golden lahir di dari Malaysia. Ikan arwana cross back ini adalah satu diantara jenis ikan arwana golden.

Ikan arwana ini dijuluki cross back golden karena setelah dewasa, ring pada sisik membentang sampai melewati punggung ikan.

Warna pada jenis ikan arawna ini bermacam-macam, mulai dari blue base, purple base, silver base dan gold base.

Dari varietas ikan arwana yang ada cross back golden memiliki ring yang paling terang dibandingkan jenis yang lainnya, sehingga tak jarang para kolektor harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan ikan yang satu ini.

3. Jenis Ikan Arwana Red Tail Golden/Golden Red

harga arwana

www.flickr.com

Jenis ikan arwana red tail golden ialah salah satu jenis golden yang lahir dari daratan Indonesia, terutama Pekan Baru Sumatera. Ikan arwana ini memiliki sifat lebih gesit dibandingkan cross black golden.

Sama halnya X Cross Back Golden, ikan ini juga mempunyai bermacam-macam warna dasar misalnya blue base, green base dan gold base. Jenis arwana ini bisa berkembang lebih besar daripada cross black golden.

Kekurangan dari jenis ikan arwana ini adalah terletak pada warna sisik yang biasanya tidak sampai melewati punggung atau hanya sampai pada level sisik ke 4 (dihitung dari sisik bagian bawah badan ke atas).

Harga ikan arwana jenis ini lebih murah dibandingkan, namun ikan arwana ini tetap mempunyai daya tarik tersendiri bagi pemiliknya.

4. Jenis Ikan Arwana Silver/Arwana Brazil

harga arwana super red

www.monsterfishkeepers.com

Jenis ikan arwana silver ialah satu diantara jenis ikan arwana yang paling sering kita temukan. Karena jenis ikan arwana ini biasanya diperjualbelikan dengan harga yang cukup ekonomis.

Namun ketika jenis arwana ini telah dewasa serta berukuran besar, maka kilauan sisiknya akan membuat kita terterpana memandangnya.

Jenis ikan arwana ini lahir di wilayah Brazil, akan tetapi saat ini sudah dapat dikembangbiakkan di Indonesia. Ikan ini mempunyai bentuk tubuh yang sangat berbeda dengan jenis ikan arwana lain.

Arwana ini mempunyai bentuk tubuh yang panjang serta sirip yang panjang pula, mulai dari bagian tengah badan sampai ujung ekor.

Hal ini terkesan ikan arwana silver terlihat begitu cantik saat berenang. Jenis ikan Arwana ini bisa tumbuh mencapai panjang 50-60 cm.

Akhir-akhir ini beredar kabar bahwa jenis ikan arwana ini telah mempunyai saudara baru dengan warna platinum silver (warna silvernya layaknya warna platinum dan merata di sekujur bagian tubuhnya).

5. Jenis Ikan Arwana Banjar

jual ikan arwana

www.exportersindia.com

Ikan arwana banjar atau banjar arwana merupakan salah satu ikan arwana yang memiliki bentuk kepala yang membulat dengan mulut.

Jenis Ikan arwana ini dapat dikatakan sebagai jenis dari arwana merah great dua dan  belakangan sudah diketahui bahwa ikan tipe ini bukan bagian dari ikan arwana merah.

Ikan arwana ini memiliki corak sirip berwarna orange pucat, ekornya bercorak kuning atau orange. Jika diperhatikan secara sekilas, ikan arwana banjar menyerupai seperti ikan arwana merah muda.

Sehingga, para penghobi ikan arwana baru tidak jarang terkecoh dengan kemiripan yang dimiliki keduannya.

6. Jenis Ikan Arwana Jardini/Arwana Irian

jual arwana super red

hewanpedia.com

Jenis ikan arwana jardini aslinya lahir di daratan Australia. Akan tetapi, ikan arwana ini lebih banyak ditemui di sepanjang sungai di kabupaten Merauke dan Papua.

Oleh sebab itu, jenis ikan arwana ini disebut juga dengan ikan arwana Irian. Ikan arwana jardini sendiri mempunyai saudara kandung, yaitu ikan arwana dengan warna dasar yang lebih gelap dan yang satunya dengan berwarna lebih terang.

Ikan yangmempunyai warna dasar lebih gelap ialah scleropages jardini sedangkan yang mempunyai dasar lebih terang adalah scleropages leichharti. Ikan arwana jenis jardini ini merupakan satu diantara jenis ikan arwana yangcukup unik dan menarik.

Ikan yang biasanya kita kenal dengan nama jardini ini, mempunyai warna utama kecokelatan dan bintik-bintik keemasan pada bagian tengah sisiknya, kepala, sirip, serta pada bagian ekornya.

7. Jenis Ikan Arwana Golden Pino/Arwana Hijau/Green Arwana

arwana red

indonesiaarowana.blogspot.com

Ikan arwana golden pino adalah satu diantarajenis ikan arwana yang bisa kita jumpai dibeberapa negara Asia seperti Indonesia (tepatnya di Kalimantan), Malaysia, Thailand serta Kamboja.

Ikan arwana golden pino merupakan satu diantara ikan arwana yang bisa kita jumpai di beberapa negara kepulauan di Asia Tenggara, seperti Kalimantan di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Kamboja.

Sirip ekornya mempunyai warna kombinasi antara abu-abu dan hijau sehingga menghasilkan efek warna abu kehijau-hijauan.

Untuk bagian kepalanya, ikan arwana hijau memiliki bentuk kepala dan mulut yang lebih besar dan membulat jika disejajarkan dengan jenis ikan arwana lainnya.

Ikan arwana hijau ini tidak memiliki ring, akan tetapi arwana ini tetap mempunyai keindahan tersendiri dengan warna hijau mudanya yang cerah.

8. Jenis Ikan Arwana Black Golden

arwana irian

www.binatangpeliharaan.org

Ikan arwana black golden ialah salah satu jenis ikan arwana yang banyak kita temui di beberapa wilayah di Malaysia misalnya daerah Bukit Merah, Johor, Trengganu dan Perak.

Perlu kita ketahui bersama bahwa ikan arwana black golden ini adalah salah satu keluarga dari jenis ikan arwana golden.

Sesuai dengan namanya jenis arwana black golden ini mempunyai warna emas yang berkilau dan diselimuti dengan sisik tebal yang berwarna hitam.

Saat ini Arwana black golden sedikit sulit untuk kita temui di pasar ikan hias maupun alam bebas. Sehingga, jenis ikan arwana ini harganya lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis ikan arwana lainnya.

9. Jenis Ikan Arwana Afrika/African Arwana

Ikan arwana afrika adalah salah satujenis ikan arwana yang berasal dari Afrika bagian timur, seperti Kamerun, Senegal dan Gambia. Ikan arwana jenis ini mempunyai tubuh yang hampir menyerupai ikan arwana silver.

Akan tetapi, ada beberapa perbedaan diantara keduanya yaitu dilihat dari bentuk kepala kedua ikan tersebut. Ikan arwana afrika mempunyai bentuk kepala yang lebih kecil dari pada ikan arwana silver.

Selain itu ikan ini mampu berenang mencapai 2 sampai 3 kilo dalam sekali napas. Pada umunya ikan ini naik kepermukaan sebanyak 3-4 kali dalam satu jam atau setiap 20 menit sekali.

10. Jenis Ikan Arwana Arapaima Gigas

ikan arowana

www.pinterest.com

Ikan arwana arapaima gigas merupakan satu diantara ikan air tawar yang berukuran jumbo di dunia. Ikan ini memiliki kerabatan dekat dengan ikan arwana, ketika dewasa panjang tubuh ikan ini bisa mendekati lebih dari 3 meter, dengan bobot sampai dengan 200 kg.

Mereka termasuk ke dalam ikan yang bernapas dengan mengambil udara langsung dari atmosfer. Oleh sebab itu, ikan ini harus muncul ke permukaan air setiap 5-20 menit sekali, tergantung pada ukurannya.

Ikan muda, biasanya akan naik dipermukaan air setiap 5 menit sekali, sedangkan ikan Arwana Arapaima Gigas dewasa akan muncul ke permukaan sebanyak 3-4 kali dalam satu jam.

Ikan arwana arapaima hanya dapatkita jumpai di sungai Amazon dan ekosistem sungai Essequito. Sama halnya ikan arwana pada umumnya, mereka juga masuk dalam daftar satwa langka yang perlu dilindungi.

Tidak tanggung-tanggung beberapa organisasi besar seperti CITES, IUCN pun turut ikut serta dalam melindungi ikan yang satu ini.

Di samping itu, ikan arwana arapaima juga dilindungi oleh otoritas Guyana dengan undang-undang satwanya. Di habitatnya, Arwana arapaima adalah sumber protein bagi penduduk setempat.

Tercatat hingga dengan bulan Desember 2001, jumlah mereka tidak sampai dari 850 ekor di daerah hutan Iwokara pada ekosistem lahan basah Rupununi.

Arawana arapaima mempunyai lidah yang panjangnya mencapai kurang lebih 15 cm dan merupakan salah satu bagian yang sering dimakan oleh warga sekitar.

Ketika ikan arwana arapaima besar, permukaan kulitnya yang kasar biasanya di gunakan oleh masyarakat setempat sebagai amplas atau alat yang digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu.

ikan arwana silver

bigfootevidence.blogspot.com

Pada saat air di lingkungan ikan arwana ini menyusut dan miskin akan kadar oksigen, arapaima akan mengambil udara langsung dari atomosfer.

Dan setelah air di habitatnya kering, ia akan menggulung dirinya menyerupai bola, dan masuk dalam lubang sampai air kembali datang.

Pada musim kering mendekati datangnya musim penghujan ikan arwana arapaima melakukan perkawinan secara alami.

Demikian 10 jenis ikan arwana termahal dan terindah beserta gambarnya. Sebagian orang memburu ikan arwana karena dilatar belakangi oleh beberapa alasan, ada yang hanya sekedar sebagai ikan peliharaan hingga ada yang beralasan kepercayaan-kepercayaan yang kurang realistis sebagaimana sudah kami sampaikan di atas.

Ada kolektor yang memilih ikan arwana ini dengan alasan untuk menolak arwah atau hal-hal lain yang masih berupa kepercayaan-kepercayaan saja.

Namun, kami disini hanya sebagai pengagum biasa yang senang akan ke indahan bentuk serta citra makhluk ciptaan Tuhan ini, serta berupaya tidak memasukkan kepercayaan-kepercayaan tertentu yang diluar penalaran kami, seperti paparan di atas. Semoga bermanfaat.

 

Harga ikan Arwana Termahal 2016

jual ikan arwana super red murah

www.ikanhias-yuli.org

Banyak orang yang percaya bila memelihara ikan arwana sebagai ikan hias piaraan di akuarium maka akan mendatangkan banyak keberuntungan bagi pemiliknya, tapi hal itu sesuai keyakinan masing-masing orang, maksudnya tidak bisa dipaksakan.

Tidak heran jika setiap ekor arwananya bisa dibandrol sampai puluhan, ratusan bahkan miliaran rupiah, woww harga yang sangat mahal, bukan?

Anda belum percaya? Dikutip dari kabar berita online finance.detik.com pada tahun 2009, tepat saat berlangsungnya pameran Indonesia Pets Plants Aquatic Expo (IPPAE) di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara.

Pameran tersebut direncanakan berhasil mengumpulkan transaksi sebesar 3 M. Sedangkan, jenis ikan yang diperebutkan dengan harga paling fantastis adalah merupakan jenis ikan arwana jenis super red albino.

ikan arwana murah

www.arofanatics.com

Pembelinya sendiri mengaku terpesona dengan ikan tersebut. Berdasarkan kabar berita online tersebut pembelinya berasal dari Jepang yang tidak disebutkan namanya.

Sebagai gambaran betapa menggiurkannya ikan ini, kami akan menampilkan daftar kisaran harga ikan arwana tahun 2016 :

– Super Red = + Rp. 6.750.000,-
– Golden (Cross Back, Cross Back Golden,CBG) = Rp. 18.000.000,-
– Golden Red (Red Tail Golden, RTG) = Rp. 4.500.000,-
– Banjar Merah = Rp. 2.000.000,-
– Arwana Irian (Jardini) = Rp. 3.700.000,-
– Arwana Silver = Rp. 1.900.000,-
– Araipama Gigas = Rp. Rp 850.000 – 15.000.000,-
– Arwana Hijau (Green Arwana / Golden Pino) = Rp. 4.300.000,

 

Cara Memelihara Ikan Arwana

arwana

www.binatang.mewarnaigambar.web.id

Mahalnya harga ikan arwana tidak menurunkan hasyrat para kolektor untuk memelihara ikan yang satu ini. Hal ini beralasan karena, para pecinta ikan hias ingin menikmati keindahan yang dimiliki oleh ikan arowana.

Memelihara ikan arwana pada akuarium bisa dibilang gampang-gampang susah tergantung kesungguhan dan kecintaan penggemar nya kepada ikan peliharaannya.

Dibilang mudah jika kita tahu cara untuk memiara ikan arwana di dalam akuarium. Namun, hal ini dibilang susah bila kita tidak tahu cara untuk memiara ikan arwana di dalam akuarium.

Bedanya sangat tipis, bukan? Nah Oleh karena itu, kita perlu mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara memiara ikan arwana dalam akuarium dengan baik dan benar.

Selanjutnya akan kami sampaikan tentang beberapa tips untuk memelihara ikan arwana dalam akuarium.

a. Sediakan Akuarium

jenis jenis ikan arwana

www.youtube.com

Hal yang terpenting dalam memilih akuarium adalah kualitas dari akuarium itu sendiri, baik itu kaca, perekat yang digunakan oleh pengrajin hingga desain landscape yang selaras dengan selera Anda.

Selanjutnya, ikan arwana tidak bisa langsung dimasukkan pada akuarium yang kita beli namun harus kita penuhi terlebih dulu peralatan-peralatan pendukung akuarium tersebut. Alat-alat tersebut diantaranya adalah:

b. Aerator atau pompa udara

Aerator atau pompa udara berfungsi untuk menyalurkan udara ke dalam akuarium serta membuang udara hasil respirasi ikan ke luar akuarium.

Pompa udara yang baik adalah aerator yang mampu menyingkirkan banyak udara, tetapi memerlukan aliran listrik yang terjangkau.

c. Heater dan Thermometer

Heater atau alat pemanas digunakan saat suhu air dingin, sedangkan thermometer berfungsi untuk melihat keadaan suhu pada air. Suhu air yang ideal untuk akuarium berkisar kurang lebih 25-27 0C.

d. Filter

Filter atau penyaring air berfungsi untuk menyaring air agar selalu bersih. Jika tidak menggunakan filter, kita akan direpotkan untuk memelihara kebersihan akuarium dan rajin menguras air pada akuarium.

e. Lampu TL

Lampu TL berguna untuk penyinaran akuarium dan memperindah akuarium. Namun, penggunaan lampu TL perlu diperhatikan.

Karena lampu TL menghasilkan suhu panas yang dapat meningkatkan suhu air pada akuarium. Lampu TL yang ideal untuk akuarium berukuran 80 X 40 cm ialah 20 watt.

f. Pengontrolan Akuarium

foto arwana

indonesian.alibaba.com

Hal yang harus dilakukan dalam pengawasan adalah suhu air, ph air, dan kebersihan air. Pengontrolan suhu air harus dilakukan setiap hari.

Manfaatkan thermometer untuk mengecek kondisi suhu pada air. Bila suhu air akuarium menurun, maka segera nyalakan heater hingga suhu udara kembali ideal.

Sedangkan, ph air yang normal untuk akuarium sekitar 6-8,5. Jika ph air mengalami penurunan, maka masukkan kapur ke dalam akuarium. Selanjutnya, awasi pula sanitasi air. Tambahkan malachite green 3 minggu sekali.

Pengendalian air juga sangat urgen untuk dilakukan. Umumnya, hal yang banyak acuhkan oleh para kolektor ikan arwana adalah menguras air pada akuarium.

Buatlah jadwal untuk menguras air pada akuarium supaya tetap dalam keadaan bersih. Penggantian air bisa direncanakan dengan menggunakan dua cara.

Langkah awal, air akuarium diganti seminggu tiga kali dengan volume 10% saja dari keseluruhan air yang ada di akuarium.

Cara selanjutnya, air akuarium dikuras semuanya selama tiga bulan sekali. Jika Anda menggunakan air PDAM, sebaiknya didiamkan terlebih dulu selama 24 jam supaya kotoran turun.

4. Penataan Interior Akuarium

ikan hias arwana

www.bluewateraquarium.in

Ikan arwana pada mulanya hidup di alam bebas, seperti sungai dan danau. Oleh sebab itu, jika ingin memelihara ikan arwana di dalam akuarium, buatlah suasana akuarium Anda layaknya lingkungan yang ada di habitat asli ikan arwana agar ikan arwana merasa di rumah sendiri dan tidak stress.

Berikut merupakan replika yang dibutuhkan supaya akuarium Anda sesuai dengan lingkungan yang ada di habitat asli ikan arwana.

5. Tanaman Air

Di ekosistem aslinya, ikan arwana biasanya suka bersembunyi di bawah tanaman air untuk melindungi diri Oleh karena itu, siapkanlah tanaman air bila Anda ingin memiara ikan arwana Anda.

6. Pasir Batuan

Pasir bermanfaat untuk dasar penempatan bebatuan. Pasir yang baik untuk akuarium adalah pasir sungai yang masih bercampur dengan humus.

Masukkan juga krikil berwarna berukuran sekitar 3 mm. Untuk mempercantik tampilan akuarium Anda.

7. Makanan ikan arwana

arwana golden pino

Dokumen pribadi

Ikan hias ialah ikan yang mempunyai ke cantikan, baik dilihat dari segi siripnya, bentuknya bahkan bentuk sisiknya dan umumnya dipelihara oleh para penghobi ikan hias.

Secara umum, Ikan hias dibagi menjadi dua yaitu ikan hias air tawar serta ikan hias air laut. Sedangkan yang sering dipelihara oleh para pecinta ikan hias yaitu ikan hias air tawar.

Ikan hias air tawar mempunyai bermacam pilihan yang bisa kita gunakan sebagai hewan peliharaan kita. Salah satunya yaitu ikan arwana.

Ikan arwana merupakan hewan peliharaan tingkat atas atau ikan yang mempunyai harga yang fantastis. Ikan arwana ini memiliki banyak jenis dan semua jenis ikan arwana kelihatan sangat indah.

Tetapi, keindahan ikan arwana bisa saja pudar jika kita salah dalam mensuplai pakan pada ikan kesangan kita. Oleh sebab itu, kita harus meneliti dalam memberikan makanan pada arwana kita.

a. Cacing Darah Beku

Cacing darah beku merupakan salah satu pakan yang sangat baik untuk anakan ikan arwana. Pakan ini sangat cocok untuk perkembangan anakan ikan arwana yang memiliki ukuran sekitar 8 cm.

bila arwana sudah agak dewasa, Anda dapat beralih dengan pakan lainnya. Selain itu, makanan ini juga sangat mudah didapatkan. Anda bisa mendapatkannya dari para pedagang ikan hias di sekitar rumah Anda.

b. Kodok

Satu lagi makanan yang sangat ideal untuk perkembangan ikan arwana kita adalah kodok. Kodok memiliki kandungan lemak dan daging yang bagus sehingga sangat cocok untuk perkembang ikan kita.

Tetapi, jangan jadikan kodok sebagai hidangan utama pada ikan arwana. Karena efeknya ikan akan berwarna pucat jika keseringan mengonsumsi kodok.

c. Jangkrik

arwana banjar red

www.infopeternakan.com

Jangkrik merupakan sangat ideal untuk makanan utama ikan arwana kita. Pakan ini sangat baik untuk memperbaiki kecerahan corak pada ikan arwana kita, khususnya ikan arwana jenis golden red dan super red arwana.

Karena hewan ini mempunyai kandungan betacarotene yang berguna untuk memperbaiki kecerahan sisik ikan. Jangkrik yang baik untuk arwana kita adalah jangkrik yang masih kecil dan ketika kita ingin memasukkan jangkrik.

Jangan lupa untuk mematahkan kakinya terlebih dahulu karena kaki jangkrik dapat melukai mulut dan alat pencernaan ikan arwana kita.

d. Udang

cross back golden

majalahasri.com

Udang memiliki fungsi yang sama dengan jangkrik. Makanan ini sangat ideal untuk meningkatkan kecerahan warna pada ikan arwana kita.

Udang ini bisa diberikan pada ikan arwana kita, baik dalam kondisi segar ataupun beku. Akan tetapi tetap hati-hati, sebelum memasukkan pakan n ini, hendaknya dibuang terlebih dahulu kumisnya karena dapat melukai ikan arwana kita.

e. Kadal dan Cecak

Kadal maupun cecak juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan ikan arwana kita. Tapi, makanan ini hanya digunakan sebagai makanan pendamping saja dan.

f. Kelabang

Kelabang mempunyai kasiat seperti jangkrik yaitu dapat membantu memperbaiki kecerahan warna pada ikan arwana kita karena kelabang mempunyai kandungan betacarotene.

Namun, jangan posisikan kelabang sebagai makanan utama arwana karena selain harganya lumayan, hewan ini juga dapat mengakibatkan ikan arwana kita susah. Dengan alasan tersebut, hendaknya kelabang kita jadikan sebagai pakan pendukung saja.

g. Kecoa

Binatang ini akrab dengan istilah jorok, menjijikan, serta kotor. Tapi, kecoa mengandung protein yang bagus dan tersiar kabar kecoa juga mampu membangkitkan nafsu makan ikan arwana kita.

Oleh karena itu, makanan ini sangat cocok untuk ikan arwana kita yang sedang mengalami penurunan nafsu makan.

h. Ikan Kecil

Ikan kecil juga dapat digunakan sebagai pakan pendamping ikan arwana kita. Tidak disarankan memberikan makanan ini terlalu rutin, lebih baik seminggu sekali saja sebab ikan memiliki kandungan bibit penyakit.

i. Makanan Buatan

Makanan buatan atau biasa yang lebih terkenal pellet ikan. pellet merupakan makanan yang paling praktis dan membantu kita dalam memberi makan ikan. Selain itu pakan ini sangat mudah diperoleh.

Demikianlah segmen kali ini smeoga bermanfaat bagi kita semua. slama hagat Infosiana.net.

Leave a Reply