18 Jenis Ikan Guppy Termahal dan Tercantik Tahun 2016

Ikan Guppy atau Ikan Gapi

18 Jenis Ikan Guppy Termahal dan Tercantik Tahun 2016-Ikan guppy atau ikan gapi yaitu salah satu jenis ikan hias yang berasal dari ikan liar. Sebab ikan hias guppy atau ikan gobi  mempunyai bentuk dasar yang indah, sehingga ikan tersebut mulai dikembangbiakkan serta disilangkan dengan jenis ikan hias lainnya untuk menghasilkan ikan hias guppy atau ikan gobi  baru nan cantik, yang lebih beragam.

Saat ini, sudah banyak kita temukan jenis ikan hias guppy atau ikan gobi  di perjualbelikan di pasaran. Ikan guppy merupakan satu diantara family Poeciliidae.

Siapa yang tidak terpikat dengan keindahannya. Ikan hias yang kecil dan menawan ini. Disamping, penampakannya yang menawan, ikan guppy mempunyai sisi-sisi lucu dan menyenangkan juga, sehingga tidak kalah menggemaskannya dengan ikan hias model lain.

Baca juga: Jenis Ikan Black Ghost Terlaris dan Cara Membudidayakannya

Ikan hias guppy atau ikan gobi  memiliki badan yang kecil dan berwarna-warni. Sirip-siripnya menjuntai begitu menggoda saat ia bergerak, bak tarian penari dengan pakaian warna-warni yang cantik.

Ikan guppy ini mempunyai gaya yang sangat unik serta menggemaskan ketika memasuki musim kawin. Gaya tersebut bertujuan untuk menarik perhatian lawan jenis. Ikan hias guppy atau ikan gobi  merupakan salah satu pujaannya para pecinta ikan hias untuk dijadikan sebagai ikan hias peliharaan pilihan.

JENIS-JENIS IKAN GUPPY TERMAHAL DAN TERCANTIK

ikan gobi

en.wikipedia.org

Jenis Ikan guppy atau ikan gapi yang berada di seluruh dunia tidak kurang dari 40 jenis ikan guppy atau ikan gapi silangan( hybrid) yang sudah dikembangbiakan oleh para pecinta dan pembudidaya ikan hias di Indonesia. Berikut ini ada 18 Jenis Ikan guppy atau ikan gapi Termahal dan Tercantik yang perlu Anda ketahui:

1. JENIS IKAN GUPPY GREEN RED DRAGON

jual ikan guppy

1080.plus

Baca juga: 31 Jenis Ikan Koi yang Paling Laku di Pasaran

Jenis Ikan guppy atau ikan gapi ini bisa dikatakan sebagai salah satu primadona dari semua tipe ikan guppy atau ikan gapi yang beredar di Indonesia. Harga jenis ikan guppy atau ikan gapi ini juga lumayan tinggi, dapat kita bayangkan, 3 ekor ikan guppy atau ikan gapi red dragon ini bisa dihargai hinga 1 juta rupiah.

Harga yang Luar biasa, bukan? Harga yang ditawarkan tentunya sebanding dengan keindahan dan kemolekkan warna dan bentuk tubuhnya yang menggoda. Kelemahan ikan green red dragon terlihat ketika berenang. Gerakkannya agak sedikit aneh ketika berenang, seakan-akan keberatan ekor, yang kita ketahui bersama ikan jenis ini memiliki bentuk yang panjang dan lebar.

Ikan guppy red dragon ini mempunyai rupa sirip ekor yang melebar ke samping yang disebut juga ekor delta sama seperti yang dimiliki Ikan guppy jenis Blue Grass.

Baca Juga: 6 Jenis Ikan Cupang Hias dan Aduan Termahal di Dunia 2016

2. JENIS IKAN GUPPY GERMAN PLATINUM CROWN TAIL

jenis jenis ikan guppy

guppydreams.wordpress.com

Sepertinya belum ada lagi ikan guppy atau ikan gapi jenis lain yang mempunyai ekor yang aneh dan unik seperti yang dimiliki ikan Jerman ini. Bentuk ekornya persis mahkota atau sisir. Karena itu, ikan german platinum crown tail dinamakan crown tail.

3. JENIS IKAN GUPPY BLUE MOSCOW

ikan guppy import

livefins.com

Ikan guppy blue moscow ialah model ikan guppy atau ikan gapi yang lahir di Moscow, Rusia.

Jenis guppy ini mempunyai warna yang unik, yaitu dengan warna dasar pink dan dilengkapi dengan sedikit warna ungu.

Selain itu, ikan guppy atau ikan gapi ini memiliki ekor yang panjang dan terkesan eksotis ketika berenang.

Oleh karena itu ikan guppy atau ikan gapi jenis blue moscow ini banyak dicari oleh para penghobi ikan hias di Indonesia.

4. JENIS IKAN GUPPY BLUE MOSCOW ALBINO

cara beternak ikan guppy

www.pinterest.com

Baca juga: 7 Jenis Ikan Aligator Terbesar yang Banyak Diburu Oleh Kolektor

Jenis ikan guppy atau ikan gapi yang ke 4 adalah bernama blue moscow albino, jenis ikan hias ini juga lahir di Moscow.

Nama Guppy Blue Moscow Albino berasal dari tubuhnya yang berwarna pink dan tercampur dengan warna ungu.

Ekornya yang menjuntai membuat jenis ikan guppy atau ikan gapi ini terlihat anggun ketika bergerak.

5. JENIS IKAN GUPPY BLACK MOSCOW

budidaya ikan hias guppy

guppydreams.wordpress.com

Ikan guppy black moscow ialah jenis ikan guppy atau ikan gapi yang memiliki warna hitam gelap di seluruh tubuhnya. Jenis ikan guppy atau ikan gapi ini lahir di Moscow, Rusia.

Selain ikan guppy back Moscow, Ada juga jenis ikan guppy atau ikan gapi yang memiliki karakter dan warna yang sama yaitu ikan guppy full black Thailand, yang membedakan antar keduanya adalah asal muasal ikan tersebut ditemukan.

Baca juga: Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium yang Mudah Dipelihara dan Terpopuler Tahun 2016

 6. JENIS IKAN GUPPY MOZAIC

cara ternak ikan guppy

www.tropical-fish-keeping.com

Ikan guppy mozaic ialah jenis ikan guppy atau ikan gapi yang memiliki warna biru di pangkal dan sirip ekor. Biasanya jenis ikan guppy atau ikan gapi ini mempunyai struktur warna yang teratur.

Kalau ikan ini mempunyai warna biru, maka warna campurannya umumnya adalah warna kuning dan Apabila memiliki warna biru tua, maka warna campurannya umumnya adalah merah. Disamping, jenis ikan guppy atau ikan gapi ini juga memiliki pola garis bergelombang pada siripnya yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pecinta nya.

7. JENIS IKAN GUPPY RED MOZAIC

ikan guppy betina

greatfishusa.com

Jenis guppy red mozaic mirip sekali dengan Guppy Red Blonde. Tetapi yang membedakannya antar kedua jenis ikan tersebut yaitu postur tubuhnya yang lebih memanjang serta warna merah yang membalut tubuhnya. Selain itu tubuhnya berpola seperti kepingan batu.

8. JENIS IKAN GUPPY SUPER RED SINGAPORE

ternak ikan guppy

cara.pro

Ikan guppy super red singapore yaitu jenis ikan guppy atau ikan gapi yang berasal dari Singapore. Jenis ikan guppy atau ikan gapi ini memiliki warna merah menyala di sekujur tubuhnya. Disamping itu, ikan guppy atau ikan gapi jenis ini mempunyai ekor dan sirip yang menjuntai. Jenis ikan guppy atau ikan gapi ini mempunyai postur badan menyerupai dengan jenis guppy lainnya.

9. JENIS IKAN GUPPY JAPAN BLUE

jenis ikan hias guppy

fuckyeahaquaria.tumblr.com

Ikan guppy japan blue diperkirakan lahir di Jepang. Ada ciri khas yang menonjol untuk jenis ikan guppy atau ikan gapi import ini, yaitu memiliki warna biru di pinggang guppy jantan.

Tetapi saat ini, ikan guppy atau ikan gapi jenis ini mempunyai banyak variasi warna. Hasil persilangan jenis ikan guppy atau ikan gapi terbaru pada guppy japan blue adalah memiliki warna biru di kepala dan pada pangkal ekor.

10. JENIS IKAN GUPPY FULL BLACK THAILAND

beternak ikan guppy

www.pets-lover.com

Jenis ikan guppy atau ikan gapi full black Thailand hampir sama dengan jenis ikan guppy atau ikan gapi black Moscow. Jenis ikan guppy atau ikan gapi import yang satu ini juga memiliki warna hitam di seluruh tubuhnya.

Tetapi yang membedakannya adalah tempat mereka dilahirkan. Jika ikan guppy atau ikan gapi ini berasal dari Thailand sedangkan guppy black moscow berasal dari Moscow.

11. JENIS IKAN GUPPY METAL LACE THAILAND

ikan gobi hias

animals-library.blogspot.com

Jenis ikan guppy atau ikan gapi import yang selanjutnya ini juga lahir di Thailand. Badannya cenderung berwarna metal dan ekornya memiliki corak bergaris.

12. JENIS IKAN GUPPY COBRA

foto ikan guppy

publichobby.com

Baca juga: 25 Jenis Ikan Mas Koki Terlaris dan Termahal di Pasaran

Sesuai dengan namanya, Ikan guppy atau ikan gapi cobra diidemtikkan dengan corak yang mirip seperti ular kobra.

Corak yang dimiliki ikan ini terletak di seluruh tubuhnya yang berupa warna hitam, putih atau kuning.

Dengan alasan tersebut, jenis ikan guppy atau ikan gapi ini banyak diburu oleh para pecinta ikan hias di Indonesia.

13. JENIS IKAN GUPPY METAL RED KING KOBRA HALFMOON

ternak guppy

aquaticmag.com

Jenis ikan guppy atau ikan gapi ini memiliki julukan guppy metal red king kobra halfmoon.

Hal ini dikarenakan Sirip ekornya yang panjang nan anggun serta diselimuti dengan warna merah metal membuatnya terkesan elegan.

14. JENIS IKAN GUPPY FULL PLATINUM

ikan cobra

www.jualguppy.com

Jenis ikan guppy atau ikan gapi selanjutnya mempunyai warna tubuh secara keseluruhan berupa platinum dengan sirip atas dan ekor yang panjang.

15. JENIS IKAN GUPPY METALIK

ikan guppy termahal

fishkeepingtip.blogspot.com

Baca Juga: 10 Fakta Unik Tentang Ikan Buntal

Ikan guppy metalik yaitu jenis ikan guppy atau ikan gapi yang mempunyai warna biru atau abu-abu gelap metalik dan khusus dimiliki olah ikan guppy atau ikan gapi janyan.

Oleh sebab warnanya itu, ikan ini dijuluki ikan guppy atau ikan gapi metalik.

Jenis Ikan hias guppy atau ikan gobi  yang sangat mudah kita peroleh ialah ikan hias guppy atau ikan gobi  jenis metalik cobra.

Jenis ikan hias guppy atau ikan gobi  ini ialah hasil pekawinan dari guppy metalik dengan guppy cobra. yang menjadi ciri ikan ini yaitu memiliki warna metalik pada dada dan belakang badannya berwarna cobra.

16. JENIS IKAN GUPPY REDLACE SNAKESKIN

guppy ribbon

www.alphaprobreeders.com

Baca juga: 18 Jenis Paus Raksasa yang Populasinya Hampir Punah

Jenis Ikan hias guppy atau ikan gobi  redlace snakeskin yaitu jenis ikan hias guppy yang mempunyai warna dengan pola seperti batik yang berwarna merah.

Disamping itu, jenis ikan guppy atau ikan gapi ini juga mempunyai sirip dan ekor yang menjuntai.

Hal ini membuat ikan guppy atau ikan gapi ini terlihat begitu mempesona.

17. JENIS IKAN GUPPY GRASS BLUE

ikan gapi hias ikan cobra

www.livetropicalfish.net

Ikan guppy grass blue ialah perkembangan dari ikan guppy atau ikan gapi mozaic.

Ciri-ciri pada jenis ikan guppy atau ikan gapi ini yaitu memilki titik-titik yang berwarna hitam atau biru gelap di sirip ekor dan punggungnya.

18. JENIS IKAN GUPPY RED BLONDE

ikan guppy murah

www.wetwebmedia.com

Baca juga: 12 Fakta Menyeramkan dari Sang Predator Ikan Piranha

Dan jenis ikan guppy atau ikan gapi yang terakhir yaitu guppy red blonde.

Jenis ikan guppy atau ikan gapi ini memiliki bentuk tubuh yang lebih mini dibandingkan ikan hias guppy atau ikan gobi jenis lain.

Tapi, pesonanya tetap tak pernah pudar, dan tetap cantik sebab dibalut dengan ekor yang berwarna merah.

HARGA IKAN GUPPY TERMAHAL DAN TERCANTIK

Pesona dan uniknya ikan hias guppy atau ikan gobi  terpancar ketika kita mampu merawatnya dengan baik. Tentunya ini berlaku juga untuk ikan hias jenis yang lain.

Salah satu manfaat kita memelihara ikan hias guppy atau ikan gobi  adalah mampu menghilangkan rasa penat dan stress setelah seharian beraktivitas.

jual ikan hias air tawar

freshwateraquatics.co.uk

Harga untuk ikan hias guppy atau ikan gobi  cukup bermacam-macam sesuai jenisnya dan tentunya dapat dijangkau oleh semua golongan.

Di pasaran, harganya berkisar antara Rp. 1.500,00 sampai ratusan ribu rupiah. Penawaran ikan hias guppy atau ikan gobi  termahal dilihat dari jenis dan uniknya keindahan dari sisik ikan hias tersebut.

Selain itu juga, yang menjadi keunggulan ikan hias ini dengan ikan hias lain adalah mudah saat dipelihara.

Ikan hias guppy atau ikan gobi  yaitu ikan hias yang tidak rewel dan tidak lemah, asalkan air tempat ia hidup tetap terjaga dan terpelihara kebersihannya serta tidak mengandung zat-zat kimia yang berbahaya atau tercemar.

Maka dengan demikian ikan ini akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Demikian ulasan tentang 18 jenis ikan hias guppy atau ikan gobi  termahal dan tercantik. Semoga dengan ini semakin menambah wawasan para pecinta ikan hias di Indonesia.

MAKANAN IKAN GUPPY TERBAIK

makanan anak ikan guppy

www.youtube.com

Makanan untuk Ikan hias guppy atau ikan gobi  tidaklah terlalu sulit, di alam bebas yang menjadi pakan ikan hias guppy atau ikan gobi  ialah plankton dan binatang air yang renik serta lelumutan yang banyak tersedia di alam.

Sedangkan, pada dalam kolam pembudidayaan makanan ikan hias guppy atau ikan gobi  terbagi dua, yaitu makanan buatan dan makanan alami.

Yang dinamakan dengan pakan buatan diantaranya adalah; pelet, tahu putih, roti tawar, kuning telur yang sudah direbus atau sisa-sisa makanan kita, sedangkan makanan alami ikan hias guppy atau ikan gobi  bisa berupa kutu air, microworm, jentik nyamuk, cacing halus dan yang lainnya.

Dalam hal pemberian pakan, sebaiknya pakan ikan hias guppy atau ikan gobi  seimbangkan antara pakan alami dan makanan buatan, hal ini untuk menjaga pertumbuhan ikan hias guppy atau ikan gobi  agar optimal.

Pakan buatan bisa dijadikan pakan utama sedangkan makanan yang lain bisa dijadikan makanan pengganti. Dalam memilih pelet sebaiknya perhatikan kualitasnya dan pastikan bahwa itu pelet yang berkualitas.

ikan molly balon

freshwateraquatics.co.uk

Jangan sekali-kali memilih pelet yang murah tanpa memperhatikan kualitasnya. Tentunya hal ini bukan tindakan yang bijaksana.

Dalam hal pemberian pakan, hendaknya makanan pengganti diberikan dua atau tiga kali dalam seminggu, bisa berupa makanan alami atau bisa juga pakan buatan yang berupa tahu atau roti tawar.

Tahu dan roti tawar sangat disarankan karena sangat baik untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh ikan hias guppy atau ikan gobi  dari berbagai penyakit, terutama buat burayak atau anakan ikan hias guppy atau ikan gobi.

Akan tetapi, porsi pakan harus senantiasa diawasi sebab apabila terlampau banyak maka akan menjadi tumpukan sampah dan jika sisa pakan tersebut tidak segera diangkat dikhawatirkan akan menjamur dan menimbulkan datangnya berbagai macam bibit penyakit.

Jentik nyamuk sangat baik untuk indukan yang sedang dalam tahap perkawinan, umumnya berdasarkan dari pengalaman indukan yang diberi makanan berupa jentik nyamuk hasil produksi telurnya akan lebih optimal.

budidaya ikan molly

virqfarm.wordpress.com

Sedangkan, Microworm sangat baik diberikan kepada burayak atau anakan ikan hias guppy atau ikan gobi yang baru lahir minimal berusia tiga hari sampai satu minggu.

Burayak yang baru menetas memiliki cadangan makanan untuk beberapa hari kemudian pemberian makanan microworm difungsikan sebagai nutrisi sekaligus makanan yang bergizi sebelum diberi makanan buatan berupa pelet.

Pada umumnya burayak yang dikenalkan dengan pakan microworn terlebih dulu sebelum pelet memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga tingkat kematian burayak pun sangat rendah.

Akan tetapi, pemberian pakan terbaik bagi ikan hias guppy atau ikan gobi  adalah pakan alami (kutu air). Hal ini dapat membuat ikan lebih gesit dalam bergerak dan warna ikan pun akan menjadi lebih bagus.

Sedangkan kelemahan pemberian pakan buatan, seperti pelet ataupun roti bisa membuat air cepat keruh serta gampang terkena lumut yang mengakibatkan bersarangnya penyakit-penyakit yang berbahaya bagi ikan hias guppy atau ikan gobi  itu sendiri.

Cara budidaya  dan Memelihara ikan guppy

ikan goby

carabudidayaikann.blogspot.com

10 Cara Budidaya Ikan hias guppy atau ikan gobi-Dari seluruh jenis ikan hias yang ada, bagi para kolektor bahkan pembudidaya ikan hias, ikan hias guppy atau ikan gobi  adalah ikan hias yang paling populer, dan paling favorit serta digemari, baik bagi para pembudidaya pemula, maupun komersial.

Hal ini bukan tanpa alasan, ikan hias guppy atau ikan gobi  dipilih karena dari berbagai jenis ikan hias yang ada, tidak ada ikan akuarium yang memiliki keragaman jenis sebanyak ikan hias guppy atau ikan gobi .

Selain itu, keragaman corak warna pada ikan hias guppy atau ikan gobi  lebih kaya dan variatif. Saat ini sudah banyak orang yang membudidayakan ikan hias yang satu ini.

Mulai dari hanya sekedar seorang penggemar atau kolektor yang bertujuan untuk kesenangan semata hingga para pembudidaya yang melakukan pembiakan secara itensif dan modern untuk tujuan komersial serta ingin menghasilkan ikan hias guppy atau ikan gobi  yang lebih kaya dengan corak warna yang lebih unik dan variatif lagi.

10 Cara Budidaya dan Memelihara Ikan Guppy

amerika selatan

www.pinterest.com

Guppy atau ikan Poecilia reticulata yaitu ikan jenis air tawar yang mudah berkembang biak. Tempat tinggal ikan hias guppy atau ikan gobi  di danau dan sungai dengan karakter air yang tenang. Selain itu, Ikan ini juga dapat bertahan hidup di air payau yang mengandung garam.

Ikan hias guppy atau ikan gobi  memiliki kampung halaman di daerah Amerika bagian Tengah dan Selatan. Baru masuk ke Indonesia pada tahun 1920 sebagai ikan hias akuarium. Kemudian lambat tahun ikan ini hidup bebas di alam liar serta berkembang biak dengan sangat cepat.

Saat ini Ikan hias guppy atau ikan gobi  bisa kita temukan di hampir seluruh air tawar yang ada di Indonesia.

Ikan Guppy merupakan Ikan yang populer banyak dijadikan sebagai ikan hias untuk akuarium karena keanggunan warna dan bentuk siripnya. Terlebih ikan hias guppy atau ikan gobi  jantan, karena hanya jantan yang mempunyai sirip yang indah dan hidup.

Sedangkan ikan guppy betina cenderung berwarna tikar dan kusam. Tidak beda jauh dengan ikan cupang.

Budidaya ikan hias guppy atau ikan gobi  tidak membutuhkan peralatan yang mahal. Cukup dengan peralatan sederhana di rumah, kita dapat melakukan pengembangbiakan ikan ini.

Berikut ini Adalah Langkah-Langkah Budidaya Ikan hias guppy atau ikan gobi

1. Peralatan budidaya ikan hias guppy atau ikan gobi

ikan hias

carabudidayaikann.blogspot.com

Sebelum kita mulai membudidayakan ikan hias guppy atau ikan gobi , berikut adalah peralatan yang diperlukan untuk budidaya ikan hias guppy atau ikan gobi, peralatan tersebut antara lain adalah:

  • tempat yang higienis dan pastikan steril,
  • Aerator, adalah pompa air khusus untuk akuarium yang berguna untuk menghasilkan gelembung-gelembung dan oksigen,
  • Tanaman air,

Tempat yang digunakan untuk pemijahan dapat berupa akuarium kaca atau bak semen, serta bak plastik.

Wadah atau tempat yang diperlukan untuk membudidaya ikan hias guppy atau ikan gobi  memiliki empat fungsi, yaitu:

  • 2 wadah dimanfaatkan untuk memisahkan indukan,
  • 1 wadah dimanfaatkan untuk melakukan perkawinan,
  • 1 wadah dimanfaatkan untuk penetasan,
  • 1 wadah dimanfaatkan untuk pembibitan dan peliharaan larva.

Ukuran luas wadah yang digunakan untuk membudidayakan ikan hias guppy atau ikan gobi bervariasi, disesuaikan dengan banyaknya ikan yang akan dibudidayakan.

Sedangkan, ketinggian ke 5 wadah diatas setidaknya 30 cm, kecuali tempat pembibitan. Ketinggian wadah pembibitan dan pemeliharaan minimal 50 cm.

2. Proses memilih Indukan Ikan Hias Guppy berkualitas

makanan anak ikan guppy

www.youtube.com

Perbedaan antara indukan pejantan dan betina mampu kita perhatikan dari sisi bentuk tubuhnya. Indukan betina ikan hias guppy atau ikan gobi  memiliki bentuk tubuh yang lebih bulat dengan corak warna yang cenderung kusam serta kurang menarik dan tidak memiliki sirip yang menjumbai.

Sementara ikan pejantan memiliki corak warna yang hidup dan bercahaya, selain itu, tubuhnya lebih langsing dengan sirip yang panjang menjumbai.

Ukuran tubuh ikan hias guppy atau ikan gobi  betina pada umumnya lebih besar daripada ikan hias guppy atau ikan gobi  pejantan. Indukan yang siap untuk melakukan perkawinan paling tidak sudah berusia 4 bulan.

Warna dan bentuk ikan hias guppy atau ikan gobi  sangat dipengaruhi oleh faktor genetik. Untuk menghasilkan yang optimal sangat disarankan untuk memilih indukan yang unggul.

3. Pemisahan Indukan

ikan molly balon

freshwateraquatics.co.uk

Sebelum kita melakukan pemijahan ikan hias, pisahkan terlebih dulu antara indukan pejantan dan betina. Setelah dipisahkan. Wadah indukan diisi dengan air bersih dan disetiap 1-3 hari, air diganti dengan air yang baru.

Cara menggantinya adalah dengan menyisakan air lama sebanyak sepertiga dari total air yang ada kemudian air ditambah dengan air yang baru.

Berbeda dengan proses pemijahan ikan hias pada umumnya, pemijahan dilakukan sambil kita beri pakan yang ber kualitas . Hal ini bertujuan untuk memperoleh sperma dalam jumlah yang banyak dan berkualitas agar proses pembuahan berjalan sacara optimal.

Jangan lupa juga berikan makanan pendukung seperti daphnia atau moina sebanyak 2 X sehari. Hal ini dilakukan dengan harapan untuk mempercepat bila proses perkawinan.

4. Proses persilangan ikan hias guppy

makanan anak ikan guppy

www.youtube.com

Sebelum pemijahan berlangsung kita harus menyiapkan wadah terlebih dahulu, wadah perkawinan diisi dengan air bersih yang telah diendapkan minimal 24 jam. Ketinggian air pada wadah perkawinan minimal memiliki kedalaman 25 cm.

Proses pemijahan dilakukan dengan cara menebar indukan secara padat pada wadah setiap 100 liter air terdiri dari 30 ekor indukan ikan hias guppy atau ikan gobi .

Pada umumnya untuk ukuran akuarium lebar 1 x 0,5 meter, cukup untuk menampung 30 ekor indukan, yang terdiri dari 10 pejantan dan 20 betina ikan hias guppy atau ikan gobi .

Jika memungkinkan siapkan tanaman air seperti hydrilla yang difungsikan sebagai tempat ikan bermain. Perkawinan ikan bisa dilakukan secara bersamaan atau bisa juga satu-satu.

Persilangan secara bersamaan sangat dianjurkan karena lebih cepat, juga lebih ekonomis dan praktis.

Komposisi persilangan antara indukan ikan hias guppy atau ikan gobi  pejantan dan ikan betina umumnya 1: 5. Akan tetapi jika Anda ragu maka anda bisa mengubah komposisinya menjadi 1: 2.

Tahapan pertamanya adalah memasukkan induk ikan hias guppy atau ikan gobi  betina pada pagi hari. Kemudian baru pada saat sore hari, kita bisa menambahakan induk jantan ikan hias guppy atau ikan gobi.

Pada waktu proses pemijahan berlangsung, tidak semua ikan bertelur pada hari yang sama. Umumnya proses pemijahan dibiarkan selama 4-7 hari.

Indukan betina ikan hias guppy atau ikan gobi  sesegera mungkin dipisahkan dengan wadah pemijahan agar proses penetasan burayak dapat berjalan dengan optimal.

5. Proses Penetasan Benih

jual ikan hias air tawar

freshwateraquatics.co.uk

Tempat penetasan diisi dengan air bersih dan diberi aerasi. Pemberian aerasi tidak terlalu kuat agar tidak mengganggu larva ikan.

Kualitas air harus senantiasa dipelihara dengan cara mengganti air lama dengan air baru setiap 1-3 hari sekali. Jangan lupa juga tambahkan nutrisi tambahan untuk beruyak berupa daphnia atau moina.

Ikan hias guppy atau ikan gobi  betina memiliki kemampuan untuk menyimpan sperma dalam tubuhnya. Sehingga indukan betina dapat hamil sebanyak 1-3 kali dalam satu setiap konsepsi. Waktu yang dibutuhkan dari kehamilan awal ke kehamilan berikutnya sekitar 1-5 pekan.

Setiap bertelur, ikan hias guppy atau ikan gobi  bisa menghasilkan 3000-10000 telur, Akan tetapi dari semua telur yang ada tidak semua telur menetas dengan sempurna.

Burayak yang telah menetas harus segera dipindahkan ke wadah pendederan benih agar burayak atau anakan ikan hias guppy atau ikan gobi  dapat berkembang lebih optimal di tempat yang baru.

6. Pendederan Benih

ikan hias

carabudidayaikann.blogspot.com

Baca juga: 10 Jenis Ikan Arwana Termahal yang Paling Banyak Diburu 2016

Kolam harus diletakkan di tempat terbuka. Cahaya matahari dibutuhkan ikan hias guppy atau ikan gobi  agar menghasilkan ikan hias guppy atau ikan gobi  yang berwarna cerah dan indah.

Akuarium yang bias digunakan oleh pembudidaya ikan hias guppy atau ikan gobi  berukuran 1 x 1 x 0,5 meter atau 2 x 2 x 0,5 meter sebagai tempat pembibitan.

Jangan lupa tambahkan tumbuhan air seperti hydrilla atau eceng gondok sebagai tembat bernaung ikan hias guppy atau ikan gobi . Berikan aerasi pada akuarium agar sirkulasi oksigen dapat berjalan secara optimal.

Isi akuarium dengan air sampai ketinggian minimal 40 cm. Air perlu rajin dikuras seminggu 3 kali hal ini bertujuan agar bibit kuman dan penyakit tidak dapat berkembangbiak dalam wadah.

7. Pemberian Makanan

ikan goby

carabudidayaikann.blogspot.com

Untuk burayak atau ikan hias guppy atau ikan gobi  yang baru saja menetas tidak perlu diberikan pakan tambahan terlebih dahulu karena burayak masih memiliki makanan cadangan yang merekat di perutnya sampai kurang lebih 3-5 hari.

Kemudian, benih bisa diberikan makanan tambahan berupa Artemia (organisme) atau kutu air (Daphnia dan moina) yang telah disaring. Setelah lebih dari 20 hari, burayak atau anakan ikan hias guppy atau ikan gobi  mampu diberi makanan tambahan berupa kuning telur rebus dan cacing sutra.

8. Ikan Siap Dipelihara Dalam Akuarium

jual ikan guppy

1080.plus

Baca juga: 11 Jenis Ikan Naga Palmas Terbesar di Dunia

Ikan hias guppy atau ikan gobi  yang telah berumur 20 hari bisa kita bedakan antara ikan hias guppy atau ikan gobi  pejantan dan betina. Ikan hias guppy atau ikan gobi yang banyak kita temukan di pasaran dan dipelihara oleh banyak orang adalah ikan hias guppy atau ikan gobi jantan.

Hal ini karena hanya ikan hias guppy atau ikan gobi  jantan saja yang memiliki corak warna yang indah dan menyala. Sedangkan, ikan hias guppy atau ikan gobi  betina hanya difungsikan sebagai indukan.

Ikan hias guppy atau ikan gobi  bisa kita perjualbelikan saat memasuki usia satu bulan atau 30 hari. Hal tersebut dikarenakan ikan hias guppy atau ikan gobi  yang sudah berusia satu bulan sudah matang dan memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Keberhasilan pengembangbiakan ikan hias guppy atau ikan gobi  dipengaruhi oleh jumlah kelahiran ikan jantan. Karena hanya ikan pejantan saja yang memiliki warna yang menarik dan indah serta layak dijadikan sebagai ikan hias akuarium.

Selain itu keindahan ikan hias guppy atau ikan gobi  jantan dapat kita lihat pada bentuk siripnya yang lebar dan berwarna menarik.

9. Penjualan Ikan guppy hias

ikan guppy hias

grosir-kulakan.blogspot.com

Bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari budidaya ikan hias guppy atau ikan gobi dapat menjual Ikan hias guppy atau ikan gobi  di pasar ikan hias terdekat atau melalui media online.

Dengan kemajuan teknologi saat ini saat memungkin kita untuk mengembangkan bisnis kita lebih maju lagi.

Baca juga: 20 Jenis Ikan Terbesar yang Banyak Diburu di Dunia

10. Selamat Mencoba

Demikianlah cara membudidayakan ikan hias guppy atau ikan gobi  semoga bermanfaat bagi kita semua. Semoga tuhan memudahkan usaha dan bisnis kita. Salam hangat Infosiana.net.

One Response

  1. ferdi August 4, 2016

Leave a Reply