15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium yang Mudah Dipelihara dan Terpopuler Tahun 2016

Ikan Hias Air Tawar-Negara kita, Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang kaya akan makhluk hidup mulai dari tanaman hingga hewan-hewannya. Ikan merupakan jenis hewan yang banyak di temukan di Indonesia, baik itu ikan konsumsi mapun ikan hias.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh kementerian kelautan dan perikanan, Indonesia memiliki lebih dari 400 spesies jenis ikan air tawar dari 1.100 spesies ikan air tawar yang diperjualbelikan di berbagai negara.

Dari data di atas, ternyata Indonesia memiliki potensi ikan hias yang luar biasa. Percaya atau tidak kita harus mengakuinya, berdasarkan data pemerintah melalui Kementerian kelautan dan perikanan, Indonesia merupakan pemasok ikan hias air tawar terbesar di Dunia, yaitu mencapai 70%. Tidak kurang dari 363 jenis ikan hias air tawar kita laris manis di manca negara.

Dalam membudidayakan ikan hias, jenis Ikan hias air tawar dianggap paling mudah untuk dibudidayakan jika dibandingkan dengan ikan hias laut. Karena dalam membudidayakan ikan air tawar kita hanya membutuhkan teknologi-teknologi sederhana yang banyak ditemukan ditoko-toko perikanan.

Video Ikan Hias Aquarium

 

Selain itu biaya yang dikeluarkan lebih tejangkau dibandingkan teknologi untuk ikan air laut. Hal ini yang menjadi alasan mengapa ikan air tawar banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia.

Untuk pembudidayaan atau pemeliharaan ikan hias air tawar sendiri, masyarakat Indonesia biasanya meletakkannya di akuarium atau kolam. Sesuai dengan tujuan pemeliharaan ikan hias tersebut.

Bagi kita yang ingin menjadikan ikan hias sebagai hewan peliharaan dan hiasan ruangan maka akuarium adalah tempat yang cocok untuk memelihara ikan hias.

Sedangkan jika kita ingin menjadikan ikan hias sebagai penghasilan maka pembuatan kolam ikan sangat dianjurkan. Semua tergantung tujuan kita.

Ikan hias merupakan salah satu primadona hewan peliharaan keluarga Indonesia, keindahannya bisa kita lihat dari sisik dan bentuk ikan itu sendiri.

Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara di Indonesia

Ikan hias sesuai dengan namanya memiliki fungsi sebagai hiasan. Keindahan ikan hias bisa kita letakkan di akuarium mapun di kolam hias. Ikan hias yang cocok diletakkan di kolam hias dinataranya adalah ikan koi, wakin, kumpai, komet dan lain-lain. Sedangkan ikan yang cocok dipelihara di akuarium diantaranya adalah ikan Guppy, ikan Arwana dan lain-lain.

Dari beragam ikan hias tersebut, tidak semua jenis ikan dapat dibudidayakan dalam sekala besar hal ini berkaitan dengan permintaan pasar dan tingkat kesulitan pemeliharaan. Umumnya pembudidaya hanya akan memelihara atau membudidayakan ikan hias yang banyak peminatnya.

Trend ikan sendiri setiap tahunnya berubah-ubah, hanya ada beberapa ikan hias yang mmeiliki peminat yang tetap. Berikut ini adalah jenis-jenis ikan hias air tawar yang banyak dibudidayakan serta diperjualbelikan di Indonesia.

1. Profil Ikan Hias Discus

Ikan hias discus

Sepeb.com

Sesuai dengan namanya, Discus memiliki bentuk bundar pipih seperti piring (disc). Ikan ini berasal dari benua Amerika tepatnya di perairan Amazon. Yang menarik dari ikan ini adalah warna sisiknya yang menawan dengan perpaduan warna beragam.

Ikan Discus hidup menyendiri dan berkoloni jika bertemu dengan koloninya. Matanya yang berwarna merah memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Untuk harga, ikan Discus merupakan ikan hias termahal di seluruh dunia.

Ikan jenis ini sangat cocok dikembang biakan di wilayah yang beriklim tropis. Suhu tropis yang hangat membuat ikan ini dapat berkembang biak. ikan Discus mulai berkembang biak ketika usia memasuki bulan ke 12-18.

2. Profil Ikan Hias Cupang

cupang double tail

TheSpruce.com

Ikan Cupang memiliki nama latin Betta splendens yang merupakan family dari Belontiidae. Ikan berselendang ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak hidup diperairan air tawar Asia Tenggara.

Sifatnya yang agresif dan protektif membuatnya dijuluki sebagai ikan petarung. Ya. Ikan petarung. Selain keindahan siripnya ikan ini juga biasa diadu dengan ikan sejenisnya.

Selain itu, kemampuan bertahan hidupnya terbilang unik. Ikan ini mampu hidup di lingkungan yang minim akan oksigen. Hal ini yang membuatnya mudah untuk dipelihara dan dikembang biakkan.

baca juga : 6 Jenis Ikan Cupang Hias dan Aduan Termahal di Dunia 2016

3. Profil Ikan Hias Guppy

ikan hias guppy

pinterest.com

Guppy terlahir sebagai family Poeciliidae dengan nama latin Poecilia Reculata, panjang ikan ini hanya berkisar 2 sampai 2,5 inchi saja. Bentuknya yang unik bak penari wanita yang mengenakan rok warna-warni, menjadikannya layak untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah.

Ikan Guppy jantan memiliki warna yang cenderung menyala dan indah, kelebihan ini digunakan sebagai para betina yang memiliki warna lebih kusam.

Ikan Guppy merupakan ikan yang banyak hidup di Amerika tengah, Amerika Selatan, dan Venezuela. Baru pada tahun 1920an ikan ini mulai diemukan di Indonesia sebagai ikan hias akuarium.

Perkembangan biakan ikan ini terbilang cepat, dengan kemampuan beradaptasi yang luar biasa ikan Guppy kini banyak ditemukan di seluruh dunia. Dalam perkembangannya ikan Guppy hanya membutuhkan 4-5 minggu untuk menghasilkan 30-100 anakan.

Baca juga: 18 Jenis Ikan Guppy Termahal dan Tercantik Tahun 2016

4. Profil Ikan Hias Arwana

Ikan hias arwana

pinterest.com

Siapa yang tidak kenal dengan ikan yang satu ini? Bahkan di Indonesia ada seorang aktor dan pembawa acara talkshow terfenomenal yang menjadikan nama Arwana sebagai nama tenarnya. Pasti tau dong? Yapz, Om Tukul Arwana.

Banyak mitos yang tersebar di masyarakat bahwa dengan memilihara ikan Arwana akan melancarkan rizky si pemiliknya.

Terlepas dari mitos tersebut, ikan Arwana merupakan ikan hias termahal yang peminatnya hampir tidak pernah berkurang sedikitpun. Ikan Arwana yang menjadi idola saat ini adalah ikan Arwana super red dan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan ikan Arwana jenis lain.

Arwana jenis ini memiliki beberapa nama dan sebutan diantaranya iakn payang, ikan naga, ikan khayangan, ikan silok atau siluk, dan ikan kalasa.

Ikan yang memiliki nama latin scleropages ini banyak ditemukan di perairan Amazon dan beberapa daerah lain di Amerika bagian Selatan serta Asia Tenggara dan Australia.

Di Indoensia sendiri ikan ini banyak ditemukan di Kalimantan dan Papua. Namun dengan teknologi saat ini, banyak para peternak ikan hias yang membudidayakan ikan jenis ini karena peminatnya yang tidak pernah surut.

baca juga: 10 Jenis Ikan Arwana Termahal yang Paling Banyak Diburu 2016

5. Profil Ikan Hias Louhan

ikan hias louhan

pinterest.com

Ikan louhan merupakan ikan hias yang banyak pengemarnya di Indonesia, sempat Booming dan tenar di tahun 2000an ikan louhan kini tetap menjadi primadona bagi pecintanya. Terlahir sebagai keluarga Cichild, ikan ini banyak ditemukan di alam bebas dan pertama kali dikembang biakkan di negeri Jiran Malaysia.

Yang menjadi daya tarik dari ikan ini adalah terletak pada warna sisik yang seolah-olah melukiskan sebuah tulisan (yang senantiasa saya harapkan, itu adalah tulisan nama saya, meskipun ini mustahil dan tidak pernah terjadi).

Selain itu, benjolan pada kepala ikan louhan menjadikannya sebagai daya tarik tersendiri bagi pencintanya. Selain di Malaysia ikan Louhan juga banyak dikembang biakkan di Taiwan dan sampai saat ini ikan louhan merupakan ikan yang banyak digemari dan dikembang biakkan di seluruh dunia.

Ikan louhan memiliki karakter yang agresif dan predator yang siap memangsa ikan-ikan jenis lain. Ikan Louhan tergolong jenis ikan hias termahal yang banyak dicari.

6. Profil Ikan Mas Koki

ikan hias mas koki

pinterest.com

Ikan maskok terlahir dengan nama latin Carrrassius auratus dan merupakan keluarga besar ikan mas. Ikan koki pertama kali dikenal sebagai ikan hias rakyat Cina. Namun, yang berjasa dalam mempopolerkannya adalah masyarkat Jepang.

Ditangan orang Jepang ikan koki dikembangkan menjadi beragam variasi warna dan bentuk sehingga bentuknya semakin indah dan cantik dibandingkan bentuk yang sebelumnya.

Ikan ini merupakan ikan yang banyak di buru oleh pecinta ikan hias karena bentuk dan gerakannya yang lucu. Ikan mas koki biasa dipelihara dalam akuarium agar gerakan dan keindahannya bisa dilihat.

Di Indonesia sendiri ikan koki banyak dikembang biakkan di daerah Tulungagung, Jawa Timur. Berdasarkan sensus, daerah Tulungagung mmapu memproduksi sebanyak 55 juta ton ikan koki setiap tahunnya.

7. Profil Ikan Hias Koi

ikan hias koi

AquaticVillageWordPress.com

Ikan koi ter;ahir dengan nama latin Cyprinus carpio L. Ikan koi lahir dan populer di Jepang, lahirnya ikan koi bermula pada ahun 1820 saat itu masyarakat jepang menyilangkan berbagai ikan yang bewarna merah dan putih dan akhirnya menghasilkan ikan yang cantik bernama ikan koi.

Ikan koi merupakan ikan hias yang cocok dipelihara dikoalm hias bukan di akuarium. Alsannya karena ikan ini merupakan ikan yang doyan gerak dan memiliki agresifitas yang cukup mempesona. Keindahan ikan ini terlihatpada sirip-siripnya yang berwarna merah dan putih.

Namun belakangan ini ikan koi tidak lagi hanya berwarna merah dan putih melainkan beragam warna-warni yang menyilaukan mata. Anda tertarik memeliharanya?

Baca juga: 31 Jenis Ikan Koi yang Paling Laku di Pasaran

8. Profil Ikan Hias Oscar

ikan hias oscar

pinterest.com

Ikan Oscar terlahir dengan nama Astronotus ocellatus dari keluarga Cichlidae. Secara ukuran kan oscar memiliki ukuran 8 sampai 14 inchi, ukuran yang cukup besar untuk jenis ikan hias. Ikan Oscar berasal dari daratan amerika terutama perairan Amazon.

Jika diperhatikan secara sekilas ikan Oscar memiliki kemiripan dengan ikan gurame, ya nggak? Bentuknya yang lebar, siripnya, semua mirip sekali dengan ikan gurame.

Hanya saja yang membedakan diantara keduanya adalah warna sisiknya. Sisik ikan oscar terlihat lebih berwarna dan cerah berbeda dengan suadaranya ikan gurame.

9. Ikan Neon Tetra

ikan hias tetra neon

pinterest.com

Ikan neon tetra merupakan jenis ikan hias air tawar yang berasal dari daratan amerika selatan. Ikan ini memiliki nama latin Paracheirodon innesi dan termasuk ke dalam family characin (Characidae) order Characiformes.

Spesies ini banyak kita temukan di sebagian besar sungai Amazon dan sistem irigasinya atau anakan sungai amazon, yang meliputi sungai-sungai yang ada di kolombia bagian tenggara, peru timur, serta brazil bagian barat. Dan tidak jarang ditemukan di anak sungai Solimoes yang memiliki suhu air antara 20 hingga 25 0C.

Cara hidup ikan neon tetra yaitu dengan berkoloni atau berkelompok, Sedangkan untuk menjaga suhu air akuarium agar tetap stabil di suhu 20-230C maka masukkan juga tanaman air yang banyak ada disekitar Anda.

Sedangkan untuk ukuran tubuhnya sendiri terbilang kecil karena hanya berkisar antara 3-4cm. Karena bentuknya yang kecil maka Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak.

Disamping itu juga, dengan membeli ikan neon tetra dalam jumlah yang banyak maka Anda sama saja membawa koloninya ke akuarium tempat tinggal baru yang asing menurutnya. Hal tersebut tentunya akan membuat ikan neon tetra Anda merasa nyaman dan tidak mudah stress.

Selain itu, keindahan ikan ini akan sangat nampak ketika mereka bersama. Keindahan ikan neon tetra tergambar pada perpaduan warna sisiknya.

Mulai dari punggung yang berwarna abu-abu, kemudian disusul dengan warna biru muda yang membentang dari atas hidung hingga ekor ikan ini, tidak ketinggalan ada warna silver putih dibagian perutnya dan warna merah yang mencolok di bagian tengah setelah perut sampai mendekat ke sirip ekornya. Untuk lebih mudahnya bisa kita lihat pada gambar berikut.

Ikan tetra merupakan ikan yang berumur panjang, yaitu 5-10 tahun. Ikan ini merupakan jenis ikan omnivora yang memakan segalanya. Selain itu, ikan neon tetra merupakan ikan hias yang banyak diburu oleh penhgobi ikan hias di dunia, salah satunya Amerika Serikat.

Di Amerika serikat sendiri jumlah ikan neon tetra yang masuk mencapai 1,6 juta atau setara dengan nilai nilai traksaksi sebesar $ 174.000 setiap bulannya. Angka yang sangat fantastis bukan? Bagaimana Anda tertarik untuk memeliharanya?

10. Ikan Maskoki

ikan mas Koki

www.satujam.com

Ikan mas koki yang kita kenal saat ini ternyata memiliki sejarah panjang soal nenek moyang mereka. Ikan mas koki lahir dari hasil persilangan secara rendom baik it secara alami maupun dengan bantaun manusia.

Menurut cerita nenek moyang dari si ikan imut ini adalah crucian carp atau Carrassius  auratus. Walaupun jika kita lihat dari segi warna ikan ini jauh berbeda dengan ikan mas koki yang bias kita lihat saat ini.

Bentuk ikan mas koki yang bisa kita kenal adalah badannya yang bulat seolah-olah tidak proporsional namun disinilah letak keunikan ikan ini, selanjutnya corak warna yang mirip dengan ikan komet.

Ikan mas koki pertama kali ditemukan di daratan China pada tahun 800-1000 {mempunyai|memiliki} atau saat Dinasti Sung berkuasa(960-1279).

Kemudian ikan mas koki masuk ke Jepang pada abad 12-13 {mempunyai|memiliki}. Di Jepang ikan mas koki semakin populer dan menjadi hobi bagi kebanyakan orang Jepang pad atahun 1500. Saat ini ada tiga kawasan di Jepang yang terkenal sebagai peghasil ikan mas koki diantaranya adalah Koriyama, propinsi Nara, Yatomi di Propinsi Aichi, serta Tokyo. Dan saat ini Jepang masih menjadi  salah satu negara pengekspor ikan maskoki terbesar.

Selanjutnya ikan mas koki China di Ekspor ke Eropa pada tahun 1611-1728. Sedangkan untuk Amerika Serikat, ikan ini baru masuk pada tahun 1876. Sedangkan di Nusantara ikan mas koki masuk pad atahun 70an.

11. Profil Ikan Komet

ikan hias comet

pinterest.com

Ikan hias komet  atau Carassius auratus adalah satu diantara jenis ikan hias air tawar yang familiar di kalangan pecinta ikan hias. Selain itu, tidak sedikit dari para pelaku bisnis ikan hias saat ini yang memulai bisnis ikannnya melalui hobi.

Tidak terkecuali ikan komet, ikan komet sendiri mempunyai corak dan kombnasi warna yang indah nan anggun serta memiliki bentuk dan gerakan berenang yang menarik untuk dipandang bak penari salsa dengan ekor yang sedikit menjuntai.

Ikan komet juga dikenal sebagai ikan jinak sebab ikan ini mudah sekali hidup berdampingan dengan jenis ikan lain dalam satu tempat yang sama, karakternya yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru membuat ikan kmet banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias hampir seluruh tempat di dunia dengan syarat tempatnya bersih dan sehat.

Ikan komet adalah satu diantara jenis ikan hias yang mudah sekali kita temukan saat ini, kelebihan ikan komet sendiri terletak pada corak dan perpaduan warna yang bermacam-macam seperti merah, kuning, putih, hingga kombinasi sempurna dari ketiga warna tersebut.

Hal jugalah yang membuat ikan komet mempunyai nilai jual yang cukup menarik, sehingga tidak sedikit orang yang berusaha mendapatkan keuntungan dari membudidayakan dan berbisnis ikan hias ini.

Cara membudidaya ikan komet tidaklah sulit, Anda bisa memulainya hanya dengan berbekal modal kecil dan seluruh anggota keluarga kita pun dapat dilibatkan didalamnya. Selain itu, kita hanya membutuhkan beberapa petak lahan yang tidak terlalu luas atau pekarangan rumah kita.

Modal utama dari bisnis atau budidaya ikan komet malah terletak pada keterampilan atau teknik budidaya kita miliki. Dimana kita bisa belajar di seminar-seminar dan atau terjun langsung dalam membudidayakan ikan.

Baca juga: 15 Jenis Ikan Komet Terlaris dan Termahal di Pasaran

Klasifikasi Ikan Komet (Carassius auratus)

Ikan komet merupakan bagian dari family Cyprinidae dalam genus Carassius. Ikan komet adalah satu diantara jenis ikan dari Cypridae yang umum dikenal oleh masyarakat luas karena mempunyai warna yang indah dan anggun serta bentuk yang unik.

Posisi ikan komet di dalam sistematika menurut Goernaso (2005), yaitu :

Filum : Chordata
Kelas : Pisces
Sub kelas : Teleostei
Ordo : Ostariphisysoidei
Sub ordo : Cyprinoidea
Family : Cyprinidae
Genus : Carassius
Spesies : Carassius auratus

12. Ikan Rainbowfish

ikan hias rainbowfish

pinterest.com

Ikan Boesemani Rainbowfish atau Melanotaenia boesemani merupakan spesies ikan yang masuk dalam keluarga Melanotaeniidae. Ikan Ini merupakan ikan endemik Danau Ayamaru serta sungai-sungai di kawasan pegunungan Semenanjung Kepala Burung, Papua Barat, Indonesia.

Ikan ini banyak kita temukan di pasaran maupun di penghobi ikan hias. Selain itu ikan rainbowfish ini terkenal dengan kecantikan dan perpaduan warna yang sangat sempurna serta sikapnya yang damai terhadap ikan jenis lain dalam satu tempat.

Corak warna yang dimiliki ikan rainbowfish ini berbeda-beda setiap jenisnya namun secara umum warna yang dimiliki ikan Ranbowfish adalah setengah oranye-merah di bagian belakang serta ada warna kebiruan-abu atau ungu di depan.

Ikan rainbowfish mempunyai ukuran tubuh sekitar 10 cm dan warna sisik yang berkilau namun itu hanya terjadi jika pemberian pakan yang tepat serta didukung dengan kondisi air yang baik.

Cara terbaik memelihara hias ini adalah dengan selalu mengkondisikannya dalam kelompok, karena karakter berkoloni serta sifat ramahnya maka ikan ini bisa dengan gampang kita pelihara dengan mencampurkan banyak spesies ikan dalam satu tempat. Ikan hias yang bisa kita pasangkan dengan ikan ini diantaranya, tetras, barbs, loaches dan lain-lain.

13. Ikan Hias Black Ghost

ikan hias black ghost

LaTimes.com

Ikan black Ghost merupakan salah satu ikan hias air tawar yang berasal dari Amerika Selatan terutama di sepanjang aliran sungai amazon.

Ikan ini memiliki bentuk dan warna yang unik, yaitu warna hitam di sekujur tubuhnya kecuali warna putih pada ekornya. Bentuk tubuhnya menyerupai bulu ayam sehingga kebanyakan orang menyebutnya sebagai ikan bulu ayam.

Selain warna dan bentuk tubuhnya yang unik, gaya berenang ikan ini pun terbilang aneh bin ajaib, yaituberenang dengan gerakan maju mundur dan naik turun.

Penamaan black ghost sendiri berawal dari kepercayaan orang Amerika selatan yang menganggap bahwa roh orang yang meninggal akan bersemayam di ikan ini.

Meskipun terkesan horor namun banyak para penghobi ikan hias menjadikan ikan sebagai peliharaannya di rumah. Bagaimana apakah Anda tertarik?

14. Ikan Hias Bala Shark

ikan hias bala shark

pinterest.com

Ikan bala shark (Balantiocheilos melanopterus)  juga dikenal sebagai hiu tricolor, hiu perak, atau ikan hiu kecil, merupakan ikan hias yang berukuran kecil dan merupakan spesies dari keluarga Cyprinidae.

Selain itu, ikan bala shark adalah salah satu dari dua spesies dalam genus Balantiocheilos.

Jenis ikan ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan hiu. Tapi umumnya disebut demikian karena bentuk tubuh dan siripnya menyerupai hiu.

ikan bala hiu dapat kita temukan di Semenanjung Melayu , Sumatera , dan Kalimantan. Ada juga yang menyebutkan terdapat juga di sungai Mekong dan Sungai Chao Phraya.

Padahal spesies yang dimaksud adalah jenis B. ambusticauda yang populasinya telah punah.

15. Ikan Lemon

ikan hias lemon

SpaceTouristMarvDeviantArt.com

Ikan lemon memiliki nama latin Neolamprologus Leleup atau bisa juga disebut sebgaai Lemon Cichlid.

Ikan lemon merupakan salah satu spesies dari genus cichlid dan merupakan ikan endemik Danau Tanganyika, Afrika.

Danau Tanganyika merupakan danau terbesar dan terdalam di dunia setelah danau Baikal di Siberia. Dan merupakan danau terpanjang di dunia.

Lebih uniknya lagi, danau ini dimiliki oleh empat negara yang berbeda, yaitu mulai dari Tanzania, Republik Demokratik Kongo (DRC), Burundi , dan Zambia.

Dimana Negara Tanzania mengambil bagian danau sebanyak 46% dan DRC memiliki bagian sebanyak 40%.

Spesies ini mencapai panjang 10 cm. Warna ikan ini cukup khas dan unik, yaitu mulai dari kuning cerah hingga cokelat tua tergantung daerah danau itu sendiri.

16. Ikan Palmas atau Ikan Naga

ikan  hias palmas

SemuaIkan.Com

Ikan palmas atau yang biasa ikta sebut dengan ikan naga merupakan salah satu jenis ikan hias yang berasal dari benua Afrika.

Ikan seram ini akan mudah kita temui di rawa atau sungai-suangai yang beraliran tenang misalnya saja Sungai Cavally, Sungai Liberia Timur, Sungai Casamance, dan Sungai Sanit Poul yang masih terletak di Liberia bagian Barat.

Meskipun ikan ini terbilang seram, namun tidak jarang banyak para pecinta ikan mengoleksinya di akuarium-akuarium kesayanagnnya.

Ikan ini memiliki beberapa jenis yang diantaranya adalah Sinegal Bichir, Armoured bichir, Ikan naga ornate, naga teugelsi dan masih banyak lagi yang lain.

Untuk ukurannya sendiri predator ini bisa mencapai panjang hingga 30 cm-45cm dengan warna loreng seperti ular membautnya begitu seram dan menakutkan.

Ikan ini termasuk ikan yang suka berenang di dasar dan di habitat aslinya ia biasa memakan ikan-ikan yang memiliki ukuran lebih kecil.

Sedangkan pemeliharaan dalam akuarium maka ikan ini bisa diberi makan berupa pellet, serangga, dan cacaing sutra.

Untuk menemukan ikan ini, kamu cukup mengunjungi pasar ikan hias terdekat. Namun tak jarang ikan ini sulit dutemukan.

Sedangkan untuk harga ikan ini dibandrol mulai dari harga 250.000 hingga 500.000 sesuai pasokan di lapangan.

17. Ikan Manfish

ikan hias manfish

Infoikan.com

Ikan manfish ( Pterophyllum scalare ) merupakan salah satu ikan hias air tawar yang cukup familiar dikalangan pecinta dan kolektor ikan hias.

Gerakannya yang begitu tenang dan anggun sangat menyejukkan mata, dan didukung dengan warnanya yang indah menjadikannya sebagai salah satu ikan yang penuh dengan daya tarik.

Ikan indah ini berasal dari perairan-perairan yang ada di Amerika Selatan seperti sungai Amazon, Brazil, Columbia, serta Peru.

Namun, seiring berkembanganya zaman ikan manfish saat ini telah banyak dibudidayakan oleh Masyarakat Indonesia untuk kepentingan komersil.

Ikan manfish termasuk dalam family Cichlidea, dengan ciri-ciri morfologis berupa bentuk tubuh yang pipih dan sirip bagian atas serta sirip bagian perut yang membentang lebar ke arah ekor menjadikan ikan manfish bagaikan busur panah.

Didukung dengan sirip di dada yang cukup panjang dan menjuntai sampai ke ekor menjadikan ikan manfish begitu unik dan menarik.

Sama halnya dengan ikan hias lainnya ikan manfish memiliki beberapa varian jenis atau spesies  yang keindahannya tidak kalah dengan ikan hias lainnya.

Jenis ikan manfish yang ada di pasaran diantaranya adalah Manfish berlian, Manfish Marble, Manfish Black-White, dan masih banyak yang lainnya.

18. Ikan Sumatra

ikan sumatra, ikan bendera

wikipedia.org

Ikan sumatra (Puntius tetrazona ) adalah salah satu ikan hias yang berasal dari suku Cyprinidae dan banyak ditemukan di Tanah Air.

Dalam bahasa inggris ikan ini biasa disebut sebagai sumatra Barb, atau tiger barb(Barb Harimau) sedangkan masyarakat Lampung biasa menyebutnya sebagai ikan bendera.

Selain itu, ikan ini termasuk dari jenis ikan yang banyak di temukan diperairan Asia Tenggara, terutama di kawasan sekitar Selat Sunda seperti Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan.

Untuk warna, ikan ini memiliki corak yang unik dan tentunya menarik, yaitu dengan warna dasar bewarna perak dan garis hitam yang cukup tebal di setiap sisinya serta warna merah pada sirip dada, membuatnya terkesan sporti dan cantik

ikan sumatra

merifish.com

Selain itu, Ikan loreng ini umumnya hanya berukuran 70 mm, dan tergolong ikan hias mini. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu koleksi di akuarium kita.

Sebagaimana jenis ikan hias lainnya ikan sumatra pun memiliki beberapa varian jenis yang tidak kalah cantiknya dengan ikan lain.

Mulai dari yang bewarna hijau, kemudian loreng (seperti yang kami jelaskan di atas) dan ada juga yang berwarna perak.

 

Cara Budidaya Ikan Hias

jual ikan hias Indonesia

grosirkulakan.blogspot.com

Tehnik budidaya ikan hias air tawar memang sudah semakin berkembang saat ini, hal ini disebabkan karena bisnis ikan hias bisa menjadi salah satu bisnis jangka lama yang cukup menjanjikan.

Hanya dengan mengantongi modal yang terbilang tidak terlampau besar dan memiliki bekal keahlian dasar dalam budidaya ikan, maka diharapkan anda juga bisa mendapatkan passive income dari usaha budidaya ikan hias air tawar seperti orang-orang sukses di luar sana.

Untuk daerah kota-kota besar, permintaan terhadap ikan hias air tawar bisa dibilang tidak ada surutnya setiap harinya.

Mengapa usaha budidaya ikan hias air tawar banyak dicari orang? Karena usaha budidaya ikan hias tidak memerlukan lahan yang terlalu luas, kemudian dari segi modal yang cukup murah dan dapat dilakukan oleh setiap keluarga Indonesia.

Selain itu juga, waktu yang dibutuhkan dalam bisnis ini bisa kita katakan tidak terlalu lama untuk proses pemeliharaanya

1. Teknik budidaya ikan hias air tawar yang pertama yaitu wadah perawatan ikan hias

Tempat pemeliharaan ikan bisa menggunakan dari berbagai bahan, asalkan tidak bocor. Namun, Tempat yang umum dimanfaatkan adalah akuarium, kolam bak semen dan kolam terpal.

Tempat ini dapat dibuat mengalir ataupun yang tergenang, namun dalam hal ini kami lebih menyarankan memilih tempat yang mengalir untuk menjaga kesegaran air dan kandungan oksigennya.

Wadah budidaya ini terdiri dari tempat pemeliharaan induk, pemijahan, penetasan telur, pendederan, pembesaran dan penampungan hasil. Sesuaikan bentuk tempat dengan luas lahan yang anda miliki dan sesuai dengan modal masing-masing.

2. Teknik budidaya ikan hias air tawar yang selanjutnya yaitu Lingkungan hidup

Lingkungan hidup yang dimaksud di sini adalah air, suhu, derajat keasaman (PH), kesediaan air, kandungan oksigen terlarut dan kecerahan air.

Untuk membudidayakan ikan hias, tempat hidup ikan yang disarankan adalah haruslah sesuai dengan kondisi lingkungan air yang ada disekitar kita. Lingkungan air yang ideal dan layak untuk ikan hias rata-rata adalah untuk suhu air 24–300C, PH 6-7, oksigen terlarut > 3 ppm dan kecerahan air 30 – 60 cm.

Sumber air utama yang dimanfaatkan untuk budidaya ikan hias adalah air tanah, air sungai dan air PAM. Dari berbagai jenis air tersebut harus didiamkan terlebih dahulu minimal 12-24 jam sebelum dimanfaatkan agar kandungan oksigen terlarutnya cukup dan zat-zat yang membahayakan hilang.

Untuk mengubah PH yang diharapkan, anda dapat mengakalinya dengan mencampurkan kapur bordo dengan dosis sesuai kebutuhan, tergantung tingkat keasaman air.

Kekerasan air bisa menunjukkan kandungan mineral pada air tersebut seperti kalsium, magnesium dan seng. Tingginya tingkat kesadahan air sangat dipengaruhi oleh kondisi sekitar seperti jenis tumbuhan dan mikroorgnisme yang hidup.

Kesadahan atau kekerasan air yang bagus untuk budidaya ikan hias kira-kira berkisar antara 70 – 100 HD. Kandungan nitrit dalam air sering kali berasal dari sisa pakan, kotoran ikan, lumut, tanaman mati yang terdekomposisi dalam siklus nitrogen.

Kandungan nitrit dalam air sangat berpengaruh terhadap tingkat kesehatan ikan hias yang berakibat pada pertumbuhan dan perkembangan ikan hias itu sendiri.

3. Cara budidaya ikan hias air tawar yang ketiga yaitu pakan ikan hias

Makanan ikan hias bisa berupa pakan alami dan buatan. Pakan alami yang bisa diberikan diantaranya adalah kutu air, jentik nyamuk, cacing sutera, serangga, kodok, bahkan ikan hidup/mati.

Sedangkan pakan buatan banyak kita temukan di toko-toko terdekat yang berupa pellet yang komposisi proteinnya dapat diatur sesuai kebutuhan pertumbuhan ikan itu sendiri.

4. Cara budidaya ikan hias air tawar yang keempat yaitu menyeleksi calon indukan ikan hias

Indukan yang dipilih setidaknya harus memenuhi umur untuk dipijahkan dan sudah matang gonadnya (kelamin). Untuk memahami tingkat kesiapan gonad bisa dilihat dari ciri-cirinya.

Ciri indukan betina yang siap gonadnya diantaranya adalah dengan memerhatikan perut indukan yang mulai besar ke arah genital dan apabila diraba terasa lembek serta halus, bentuk genital menonjol (membuka) dan bila diurut akan mengeluarkan beberapa telur.

Sedangkan untuk indukan jantan yang matang gonadnya bisa dicirikan bila perut indukan jantan diurut ke arah genital maka akan mengeluarkan cairan spermanya.

Umumnya Ikan hias akan mengalami masa matang gonad dan mulai dapat dipijahkan pada berusia sekitar 4 – 12 bulan dan sesuai dengan jenis ikan hiasnya. Bakalan indukan ikan hias, kondisinya harus sehat, tidak terjangkit penyakit dan berasal dari keturunan (gen) yang berkualitas dan bagus.

4. Cara budidaya ikan hias air tawar yang selanjutnya yaitu Proses pemijahan ikan hias

Pemijahan ikan untuk mekanisme pembuahan telurnya dapat berlangsung secara internal dan eksternal. Perlu kita ketahui bersama bahwa ikan hias ada yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dengan cara beranak.

Perlakuan mekanisme pemijahan berbeda-beda sesuai dengan jenis ikan yang dikembang biakkan. Oleh karena itukita harus menyiapkan media, bahan, serta alat yang diperlukan dan tentunya sesuai prosedur dalam proses pemijahan.

Nggak semua spesies ikan hias bisa melangsungkan pemijahan secara alami. Untuk spesies ikan hias yang tidak bisa memijah secara alami perlu dilakukan dengan cara menyuntikkan hormon perangsang agar bisa memijah, baik secara alami(yaitu, melalui organ reproduksi) atau melalui teknik pengurutan (stripping).

5. Cara budidaya ikan hias air tawar yang selanjutnya yaitu penetasan telur ikan hias

Jumlah telur yang akan menetas dan waktu menetasnya tergantung dari jenis ikannya. Biasanya telur ikan akan menetas menjadi larva setelah 24 jam. Penetasan telur bisa dilakukan di dalam akuarium, kolam permanen maupun corong.

Dalam mekanisme penetasan telur ikan hias tidak mesti sama, ada yang dilakukan dengan cara mengangkat kedua induknya dan ada juga yang meninggalkan salah satu induknya.

6. Cara budidaya ikan hias air tawar yang selunjutnya yaitu Perawatan Larva hingga Pembesaran

Telur yang sudah berkembang menjadi larva akan mulai berenang. Larva ikan tersebut dapat diletakkan dalam akuarium, hapa, kolam bak, bak plastik dan kolam tanah serta tempat lainnya.

Sejak masa penetasan sampai berumur berkisar semingguan, larva tidak perlu diberi makan karena masih membawa cadangan makanan dari sisa telur. Setelah berumur semingguan maka larva ikan sudah bisa diberikan pakan seperti kutu air atau artemia, cacing sutera atau jenis makanan lainnya.

Baik itu dari pakan alami atau pakan buatan yang ukurannya lebih kecil dari mulut larva. Setelah ikan mulai membesar, pakan yang diberikan berupa kutu air, jentik nyamuk, cacing sutera, serangga, kodok, atau pellet. Pemberian pakan dilakukan dua kali sehari yaitu pagi dan sore.

Perkembangan Bisnis Ikan Hias di seluruh Dunia

budidaya ikan hias yang mudah

bibitikan.net

Secara global perdagangan ikan hias sangat manjanjikan baik itu di dalam maupun diluar negeri. Komoditas ikan hias air tawar mempunyai jumlah lebih banyak daripada ikan hias air laut. Pangsa pasar ikan hias air tawar saat ini mendekati kisaran 85 %.

Hal itu dikarenakan ikan hias air tawar lebih banyakdibudidayakan sehingga pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan dengan ikan hias air laut yang umumnya berasal dari tangkapan para nelayan.

Selain itu permintaan akan ikan hias air tawar setiap harinya semakin melambung, walaupun harganya cenderung lebih murah tetapi memiliki faktor kali yang besar. Pada dasawarsa belakangan negara Indonesia hanya memperdagangkan hasil budidaya ikan hiasnya ke Singapura.

Tetapi saat ini ikan hias dari Indonesia sudah diekspor ke lebih dari 60 negara dengan nilai transaksi menembus angka 50 juta dolar As dan terus mengalami peningkatan kira-kira mencapai 9% setiap tahunnya.

Saat ini Indonesia menjadi salah satu dari negara pengekspor ikan hias terbesar ke 5 di dunia. Dari sisi keragaman jenis Indonesia mempunyai sekitar 300 jenis ikan hias air tawar maupun laut.

Peluang bisnis di bidang ikan hias ini sangat menarik bukan? Bagaimana apakah Anda tertarik untuk menjadi salah satu pebisnis ikan hias ini? pastinya budidaya ikan hiasa air tawar merupakan usaha yang sangat menarik dan sangat patut untuk dicoba.

7 Comments

  1. Andana Paringga June 13, 2016
  2. AdminInfosiana September 14, 2016
  3. Jamey Hoppus December 9, 2016
    • AdminInfosiana December 9, 2016
    • tasikoi December 25, 2016
      • AdminInfosiana December 26, 2016
  4. smart August 6, 2017

Leave a Reply