Jenis-jenis Ikan Hiu Terbesar dan Paling Mematikan di Dunia

Loading...

Jenis ikan hiu-Ikan Hiu adalah sekelompok (superordo Selachimorpha) ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap dan didukung dengan tubuh yang ramping.

Tuhan telah menganugerahi bumi dengan begitu banyak keanekaragaman didarat maupun dilaut.

Sebagian biasanya dimanfaatkan oleh manusia demi keberlangsungan hidup mereka,  dan sebagian lagi sebagai sebuah “perhiasan” dengan maha karya yang  luar biasa indah sekaligus menakjubkan.

Hanya sebagian kecil sisi dari keanekaragaman tersebut yang diketahui oleh manusia, sedangkan selebihnya masih menjadi misteri bagi manusia.

Diantara dari sekian banyak sisi keanekaragaman yang  menakjubkan itu ialah Kehidupan Bawah Laut.

Dengan berjuta-juta jenis biota laut yang menghuni didalamnya. Dari dunia tumbuhan sampai hewan, dari yang biasa sampai yang berbisa,  dari kelas mangsa sampai kelas para pemangsa.

Semuanya tersaji dalam sebuah kehidupan ekosistem laut yang  sangat luar biasa menakjubkan.

Maka untuk itu disini kita akan mencoba untuk membahas mengenai salah satu dari sekian banyak jenis penghuni laut.

Dan pada kesempatan ini pilihan kita jatuh pada  “Sang Penguasa Lautan”, yaitu Hiu.

Dari sekian juta biota laut, maka bisa dikatakan bahwa Hiu merupakan aktor utama di dalamnya.

Makhluk ini merupakan puncak dalam silsilah rantai makanan atau konsumen utama. Ini adalah penguasa laut paling terkenal sejagat raya, selain karena bobotnya,  ia juga merupakan tersangka utama didalam banyak laporan kasus serangan mematikan yang  banyak terjadi diberbagai belahan bumi.

Meskipun ada beberapa jenis hiu yang bukan tergolong predator  namun sebagian dari jenis yang lain masuk dalam golongan “Monster Ganas”.

Sebetulnya Hiu mencakup beberapa spesies dari yang  berukuran sebesar telapak tangan sampai dengan jenis yang berukuran mencapai belasan meter.

Tercatat terdapat sekitar 360  jenis ikan hiu yang  hidup diseluruh dunia dengan terbagi kedalam delapan kelas ikan hiu.

Namun berikut ini kita akan membahas beberapa jenis yang termasuk kelas monster  dengan ukuran dan bobot panjang tubuhnya serta beberapa jenis dari kelas predator ganas.

1. Blacktip Reef Shark (Hiu Lonjor)

foto ikan hiu bergigi tajam

aqua.org

Hiu ini bernama latin Carcharhinus Amblyrhnchos. Ia lebih familiar di Indonesia dengan sebutan hiu lonjor.

Jenis hiu ini adalah jenis hiu predator yang  pemalu dengan ukuran tubuhnya berkisar antara 70-230 cm. Jenis ini biasa hidup disekitar karang-karang didaerah perairan dangkal.

Jenis hiu ini meskipun tergolong predator,  namun ia tidak akan serta-merta menyerang manusia kecuali dalam keadaan air keruh atau dipropokasi.

Sayangnya menurut laporan IUCN jenis hiu ini termasuk yang terancam punah karena sering tertangkap oleh para nelayan.

2. Begeye thresher shark

ikan hiu monster terbuas

bbc.com

Bernama latin Alopias Superciliosus, termasuk salah satu jenis yang  terbesar karena dapat tumbuh dengan panjang mencapai 15 kaki (4,6 m) dan bobot mencapai 360 kg.

Ia dapat hidup pada kedalaman 1650 kaki (502 m).

Ciri khas dari hiu jenis ini adalah bagian mata yang agak besar serta bagian ekor yang sedikit memanjang dan melengkung.

Habitatnya banyak ditemui di daerah barat samudra atlantik serta perairan-perairan dibelahan bumi lainnya.Masa hidup hiu ini sekitar 17-20 tahun.

3. Shortfin Mako Shark

Hiu ini bernama latin; Isurus oxyrinchus, shortfin adalah hiu berbadan ramping  dengan moncong berbentuk kerucut panjang.

Jenis hiu ini mempunya habitat  hampir di seluruh dunia. Hiu ini merupakan salah satu hiu tercepat karena bisa mencapai kecepatan 46 mph dan bisa melompat ke udara mencapai ketinggian 6 meter.

Salah  satu ciri khas lainnya adalah bentuk giginya yang jongos,  sehingga anda masih dapat mengamati bentuk giginya meski mulutnya dalam keadaan masih tertutup.

Ikan bergigi tajam ini merupakan salah satu jenis hiu  predator ganas yang  sangat berbahaya bagi manusia.

Laporan menyebutkan hiu ini mempunyai rekor kasus penyerangan sebanyak 42 kali dengan 2  di antaranya berakhir dengan kematian. Maka hati-hatiya guys jika berenang dengan beliau.

4. Great White Shark (Hiu Putih)

ciri cirir hiu putih

www.themercury.com.au

Mungkin anda pernah menonton Film Jaws yang menceritakan tentang keganasan seekor hiu.

Dan tahukah anda bahwa actor utama hiu dalam film tersebut adalah teman kita yang satu ini.

Yak, betul sekali dialah Great White Shark (Latin; Carcharodon Carcharias) atau kita  orang Indonesia menyebutnya dengan “Hiu Putih”.

Habitat  hiu ini lebih banyak didaerah perairan Australia bagian selatan sampai Selandia Baru, hiu ini terkenal mempunyai daya tahan tubuh yang sangat kuat yang mampu menempuh perjalanan laut dari Tasmania  ke Selandia Baru yang berjarak 3000 Km dalam kurun waktu 3 minggu.

Kecepatan mereka ketika berburu bisa mencapai 55 Km/jam. Sehingga jika suatu hari kau ditakdirkan terlibat aksi kejar-kejaran dengannya,  maka jangan harap kita akan bisa bertahan.

Hiu ini bisa tumbuh dengan panjang mencapai 8 meter dengan berat bisa mencapai 3,5 Ton.

Oleh karena ukuran dan berat badannya tersebut serta kemampuannya dalam menyergap dan menyerang mangsanya, maka Carcharodon carcharias tak diragukan lagi predikatnya sebagai Pembunuh paling ganas di muka Bumi.

Ia adalah makhluk teritorial yang  sangat menjaga daerah kekuasaannya, dan ia tidak segan-segan menghabisi siapa pun yang  berani mengusik daerah teritorialnya termasuk kita.

5. Bull shark (Hiu Banteng)

foto jenis hiu banteng

Sharkopedia

Bernama latin Carcharhinus leucas, atau kalau di Indonesia  lebih dikenal dengan sebutan Hiu Banteng.

Menurut legenda inilah hiu yang  menjadi salah satu ikon kota Surabaya. Ini adalah salah satu dari jenis hiu terganas karena dia mempunyai reputasi beberapa kali  terlibat serangan terhadap manusia.

Namun begitu, reputasi keganasan hiu ini masih kalah dengan keganasan hiu putih dan hiu macan.

Habitat hiu ini hampir  terdapat diseluruh perairan tropis dan sub tropis diseluruh dunia.  Hiu banteng ini juga mampu hidup dalam lingkungan air tawar.

Perilaku ini mirip dengan ikan salmon yang  biasanya mereka merangsek jauh masuk kehulu sungai untuk bertelur atau berkembang biak.

Karena perilakunya yang demikian,  dimungkinkan intensitas pertemuannya dengan manusia menjadi lebih tinggi sehingga berakibat pada keberlangsungan kehidupan mereka.

Hiu banteng dapat tumbuh hingga panjangnya mencapai 4 meter  dan berat mencapai 500 kg.

Hiu ini tergolong agresif karena jumlah hormone  testosterone dalam tubuh mereka lebih banyak.

Sehingga mengakibatkan mereka cenderung untuk menyerang apa saja yang ada didekatnya.

6. Tiger Shark (Hiu Harimau)

foto jenis hiu harimau

postbulletin.com

Loading...

Tiger Shark atau dengan nama latin Galeo cerdo  Cuvier merupakan salah satu spesies hiu terbesar dengan panjang bisa mencapai 24 kaki dan berat mencapai 900 kg.

Ikan loreng ini juga mempunyai reputasi yang tak kalah ganasnya dengan hiu putih.

Habitatnya merupakan perairan tropis dan hangat terutama diperairan sekitar pulau tengan pasifik.

Ikan bergigi tajam sangat mudah dikenali karena warna kulitnya yang belang-belang gelap mirip macan.

Namun Belang tersebut akan semakin memudar seiring bertambahnya usia mereka.  Hiu ini dapat bertahan hidup sampai dengan 12 tahun.

Namun berita buruk terkait dengan hiu ini,  berdasarkan laporan dari Badan Konservasi Internasional menyatakan bahwa jenis hiu macan ini merupakan salah satu jenis hiu yang mulai terancam punah.

Selengkapnya klik disini.

7. GREAT HAMMERHEAD SHARK

Great Hammerhead Shark atau ikan hiu kepala martil adalah hiu yang memiliki panjang antara 2 hingga 6 meter.

Semua dari jenis spesies ini mempunyai bentuk kepala yang menyerupai martil atau palu gepeng.

Mata dan lubang hidungnya terdapat pada bagian ujung kepala martilnya. Kepala dengan bentuk martil ini berfungsi untuk memudahkan penciuman karena memiliki area yang lebih luas.

Berdasarkan penelitian para ahli, bentuk kepala martil ini akan meningkatkan potensi pendeteksian partikel di air 10 kali lipat dibandingkan dengan hiu klasik lainnya.

Great Hammerhead dari jenis Sphyma Mokarran adalah jenis hiu terbesar dari semua jenis hiu hammerhead yang dapat tumbuh besar dengan panjang mencapai 20 kaki.

Ikan hiu kepala martil ini dapat kita temukan di hampir seluruh perairan hangat khatulistiwa. Hiu ini juga bersifat sedikit lebih pemalu dibandingkan dengan jenis hiu lainnya.

Oleh karena itu hiu ini lebih menganggap manusia sebagai bahaya dan seringkali lebih memilih untuk menghindari manusia.

Ikan hiu kepala martil terbesar yang pernah ditangkap oleh manusia adalah jenis hiu martil betina dengan bobot mencapai 580,59 kg.

8. THRESHER SHARK

Ikan hiu jenis ini adalah salah satu hiu terbesar dari 3 spesies hiu dengan panjang tubuhnya yang bisa mencapai 6,1 meter.

Hiu thresher mempunyai ciri khas berwarna abu keunguan dengan ekor yang agak panjang melengkung.

Jenis hiu ini merupakan salah atu jenis hiu ganas yang ada didunia dengan gigi tajamnya sebagai senjata utama. Habitat mereka dapat ditemukan disemua perairan hangat didunia.

Namun sesuatu yang memprihatinkan ialah bahwa spesies hiu ini telah mengalami penurunan populasi yang cukup signifikan sebagi akibat perburuan oleh manusia.

9. WHALE SHARK

hiu tutul tebuas

Wikipedia

Hiu whale shark atau yang biasa disebut dengan hiu tutul;  geger lintang (dari bahasa Jawa: punggung berbintang). Ikan besar ini pernah ditemukan oleh penyelam yang berenang di perairan kepulauan Galapagos pada bulan agustus 2008.

Ini adalah jenis hiu raksasa yang dapat tumbuh panjang hingga 50 sampai 60 kaki dengan bobot dapat mencapai 10 ton.

Namun dengan ukurannya tersebut ikan hiu ini bukanlah jenis hiu predator ganas. Hiu ini Cuma memakan plankton.

Ikan hiu ini mempunyai cirri khas berupa warna tubuhnya yang berwarna tutul.

Jenis hiu ini dapat kita temukan pada samudera tropis yang hangat dan mampu hidup sampai dengan umur 70 tahun.

10. GOBLIN SHARK

Ikan hiu ini pertama kali ditemukan diperairan Jepang dan termasuk jenis hewan purba yang masih bisa hidup hingga saat ini.

Goblin shark merupakan hiu yang berasal dari family Mitsukurinidae dengan nama latin Mitsukurinidae owstoni.

Ikan Bergigi tajam ini merupakan jenis hiu yang hidup di perairan dalam sampai pada kedalaman hingga lebih dari 200 meter. Karena hidup di perairan dalam, kami sedikit kesulitan untuk mendapatkan gambar yang berkualitas baik.

Ikan hiu ini mempunyai panjang mencapai 1,3 meter dengan bentuk moncong pipih dan panjang yang unik.

Ciri khas mencolok yang terdapat pada hiu ini adalah bentuk jidatnya yang panjang seperti sebuah sekop.

Selain itu, predator ini ummnya mempunyai tubuh yang berwarna merah muda atau pink dengan tubuh yang panjang dan bentuk rahang yang menjulur keluar.

Menu utama ikan sangar ini adalah cumi – cumi, ikan laut dan kepiting.

Goblin shark mempunyai habitat dihampir perairan diseluru dunia; mulai dari Australia, Samudra Pasifik hingga di Meksiko dan Samudra Atlantik.

11. FRILLED SHARK

Frilled Shark (Chlamydoselachus Anguineus) atau yang juga disebut dengan Hiu berjumbai adalah hiu yang sangat jarang terlihat di permukaan.

Hiu ini terkenal karena bentuknya yang menyeramkan dan bentuk gigi mereka yang aneh. Memiliki tubuh berwarna cokelat gelap, mirip belut dan berumbai.

Jenis hiu langka ini bisa mencapai panjang 2 meter.

Ikan hiu ini adalah jenis hiu yang hidup dikedalaman laut yang mencapai 1.570 meter dibawah permukaan.

Secara umum bentuknya tidak sama dengan hiu – hiu klasik lainnya. Hiu ini pertama kali ditemukan di perairan Jepang pada tahun 2007.

Penyebaran jenis hiu ini hampir merata di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.

12. GREENLAND SHARK

Hiu ini disebut dengan hiu Greenland, mempunyai nama ilmiah Somniosus Microcephalus, dikenal juga dengan sebutan; sleeper shark, gurry shark, ground shar, dan juga grey shark.

Ikan ini merupakan salah satu jenis hiu terbesar yang hidup diperairan Samudra Atlantik Utara sekitar Greenland dan Islandia. Hewan besar ini hidup di perairan sekitar kutub utara berbeda jauh dengan spesies hiu lain yang biasa hidup diperairan hangat.

Hiu ini dapat tumbuh besar dengan panjangnya yang mencapai 6,4 m dan mencapai bobot 1 ton.

Diperkirakan ikan hiu jenis ini dapat hidup mencapai umur 200 tahun dan menjadi binatang bertulang punggung yang bisa hidup terlama.

Hiu Greenland hidup pada kedalaman 6600 kaki dibawah permukaan laut.

13. WHORL-TOOTH SHARK

Awalnya ketika pertama kali hiu ini ditemukan dilautan karbon, hiu ini dianggap sebagai hiu akibat mutasi.

Akan tetapi kemudian berdasarkan catatan fosil menunjukkan bahwa hiu ini merupakan salah satu binatang warisan purba yang telah ada sekitar 280 juta tahun yang lalu.

Hiu ini mempunyai bentuk aneh dan menyeramkan dengan adanya semacam lingkaran gigi yang menjulur panjang keluar menyerupai lidahnya.

14. MEGAMOUTH SHARK

foto hiu jenis megamouth

Mentalfloss.com

Hiu langka ini pertama kali ditemukan pada tahun 1976. Hiu ini adalah jenis hiu yang hidup diperairan dalam.

Megamouth yang berarti mulut yang sangat besar. Sesuai namanya ikan ini mempunyai ukuran mulut yang sangat besar seperi paus.

Ikan ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang 18 kaki dan bobot mencapai 2,5 ton. Megamouth shark bukanlah predator ganas yang sering menyerang manusia.

Akan tetapi hiu ini hidup dengan memangsa ikan – ikan kecil yang ada disekitarnya. Ikan ini juga tidak mempunyai gigi – gigi tajam seperti halnya hiu – hiu ganas yang lain. Itulah sebabnya ikan ini tidak berbahaya bagi manusia.

Hewan yang bermulut besar ini merupakan hewan yang mendiami lautan dalam sehingga kami kesulitan dalam memilih gambar yang berkualitas baik. Mengingat minimnya penyinaran di dalam laut.

Demikianlah pembahasan kita kali  ini terkait dengan beberapa jenis ikan hiu. Sebetulnya masih banyak lagi jenis-jenis hiu yang lain namun kali ini kita cukupkan sampai disini. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua.

 

 

 

One Response

  1. Riza abdilah January 14, 2017

Leave a Reply


Loading...