31 Jenis Ikan Koi yang Paling Laku di Pasaran

Jenis Ikan Koi Termahal dan Terbesar-Bagaimana kabar pecinta ikan hari ini? Sehat bukan. Seperti biasa admin Infosiana.net akan melanjutkan kembali pembahasan tentang ikan hias air tawar terpopuler di dunia. Namun, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ikan mas koi atau lebih akrab kita sebut dengan  ikan koi.

Jadi tema utama perbincangan kita pada segmen kali ini adalah ikan koi secara global. Mulai dari jenis ikan koi, cara memelihara ikan koi, cara membudidayakan atau beternak ikan koi serta harga ikan koi terkini.

Untuk mempermudah para pembaca di rumah kami juga akan menampilkan foto dan gambar ikon koi berdasarkan jenis dan macamnnya.

Secara garis besar jenis ikan koi dibedakan menjadi dua, yaitu berdasarkan harga jual ikan koi dan yang kedua berdasarkan corak warna.

Untuk jenis ikan berdasarkan harga maka terbagi lagi menjadi dua yaitu ikan koi termahal dan ikan koi murah walaupun untuk jenis ikan hias yang satu ini jarang dibilang murah.

kolam ikan

http://pernikdunia.com/

Agar teman-teman mudah memahami dan menyerap informasi yang kami sampaikan, kami usahakan setiap jenis ikan koi akan kami sertakan foto, video serta harga ikan koi, baik itu murah maupun mahal sekalipun.

Nah, perbincangan kita selanjutnya membahas tentang cara memelihara ikan koi, mulai dari kolam atau akuarium untuk ikan koi, makanan atau pakan ikan koi dan semua perlengkapan budidaya ikan koi.

Untuk budidaya atau ternak ikan koi sendiri, kita usahakan informasi yang kami sampaikan benar-benar fix atau akurat dan yang umum dilakukan oleh para pelaku budidaya ikan hias, terutama ikan hias koi. Dan sebisa mungkin kami sampaikan sedetail dan rerinci mungkin agar teman-teman di rumah bisa mengaplikasikannya di rumah.

Baik itu, Anda yang ingin menjadikannya sebagai kesenangan atau hobi semata atau bagi Anda yang ingin menjadikan budidaya ikan koi ini sebagai lahan bisnis. Apapun itu, kami doakan semoga artikel ini bisa membantu para membaca dalam melengkapi informasi tentang ikan koi.

 

Sejarah dan Asal usul Ikan Koi

Contents

kolam ikan koi

bisnis.10terbaik.com

Ikan koi adalah merupakan satu diantara jenis ikan hias air tawar yang paling populer di seluruh dunia. Ikan berwarna warni ini pertama kalinya dikembangbiakkan di Negara kelahirannya, yaitu Jepang.

Sebenarnya ikan koi sendiri merupakan ikan mas hasil perkawinan dari berbagai warna ikan mas (karper). Pada awalnya, ikan koi merupakan ikan yang dijadikan sebagai makanan atau lauk favorit bagi masyarakat Jepang.

Namun, seiring dengan berkembangnya zaman ikan koi dibudidayakankan menjadi beragam jenis warna serta corak warna yang begitu cantik.

Sebutan ikan koi sendiri asalnya dari bahasa Jepang, yaitu nishikigoi (錦鯉). Nishikigoi mempunyai arti ikan karper. Oleh sebab itu, jika Anda mendengar orang mencari atau menyebutkan ikan karper maka ikan yang dimaksud ialah ikan koi.

Ikan karper sendiri dapat kita artikan sebagai ikan yang bersulam emas atau perak. Memang jika kita perhatikan secara seksama, corak serta warna yang ada pada sisik ikan koi terlihat seperti emas ataupun perak. Teman-teman setuju bukan?

jual ikan koi

www.suryamina.com

Disamping itu, ikan koi mempunyai nama ilmiah Cyprinus carpioCyprinus carpio termasuk spesies dari common carp (ikan karper/ikan mas), namun antara ikan koi dan ikan mas memiliki perbedaan. Meskipun mereka berbeda, tapi mereka masih dalam satu keluarga yang sama. Cieee….

Berdasarkan informasi yang kami gali dari wikipedia, common carp (ikan karper/ikan emas) merupakan ikan air tawar yang banyak ditemukan di sungai-sungai besar ataupun danau-danau yang ada di daratan Asia maupun Eropa.

Beberapa jenis populasi yang hidup secara liar sudah punah, kalaupun hidup saat ini sudah sampai level terancam punah, sedangkan sebagian yang lainnya sudah dibudidayakan atau dipelihara oleh kolektor ikan.

Dengan banyaknya corak dan jenis ikan koi yang telah dikembangkan saat ini, banyak dari para penghobi ikan berbondong-bondong memburunya untuk dipelihara di rumah.

Variasi warna dan jenis ikan koi yang banyak kita temukan di pasaran saat ini adalah berwarna putih, hitam, orange, kuning, merah dan biru.

 

Jenis-Jenis Ikan Koi Termahal Dan Tercantik

jenis ikan koi

www.hobiikanhias.com

Semakin berkembangnya zaman saat ini, ikan koi kini kaya akan corak dan pola warna yang bermacam-macam nan indah. Selanjutnya kami akan memaparkan jenis-jenis ikan koi yang disusun berdasarkan klasifikasi dan identifikasi. Dalam setiap kelasnya ada beberapa sub kategori yang jenisnya juga cukup banyak.

Jensi ikan koi secara garis besar berdasarkan klasifikasi diantaranya adalah ikan koi Gosanke, Shiro, Utsurimono, Asagi, Tancho, Hikarimono, Goromo, Hikarimoyo, Matsuba, dan Kawarimono.

Untuk lebih selengkapnya, berikut ini adalah ulasan mengenai jenis-Jenis ikan koi termahal dan terindah yang disertai gambar ikan koi, selamat menyimak.

A. Klasifikasi Ikan Koi Gosanke

Klasifikasi ikan koi yang pertama adalah ikan koi Gosanke ialah ikan koi yang paling familiar serta banyak kita dijumpai di pasar-pasar ikan hias maupun di kalangan para penghobi ikan hias.

Klasifikasi ikan koi gosanke ialah perpaduan warnai koi yang terdiri atas warna hitam, merah serta putih, kecuali ikan koi Kohaku karena ia tidak memiliki corak warna hitam sama sekali. Ikan koi yang termasuk dalam klasifikasi ini diantaranya adalah Kohaku, Sanke, dan Showa.

1) Jenis Ikan Koi Kohaku

filter kolam ikan

www.satwapedia.com

Ikan koi Kohaku adalah satu diantara jenis ikan koi tertua serta paling populer dibandingkan dengan jenis ikan koi lainnya. Kohaku ini mempunyai warna dasar putih yang dibalut dengan warna merah secara sempurna.

Kohaku yang berkualitas ialah kohaku yang mempunyai warna yang cerah menyala, warna dasarnya tidak ada bintik noda, warna merah menyala, serta pola perpaduan warna putih dan merah menyelimuti sekujur tubuhnya.

Variasi dari ikan koi kohaku adalah Kohaku Doitsu, Kohaku Gin Rin, Kohaku Maruten, serta Kohaku Tancho.

2) Ikan Koi Sanke Taisho

bibit ikan koi

aquariumhias.blogspot.com

Sanke Taisho atau umum kita kenal dengan Sanke merupakan satu diantara jenis ikan koi yang mempunyai warna putih sebagai warna dasarnya dan dikombinasi dengan pola warna merah serta bercak hitam pada punggungnya.

Ikan koi Sanke sendiri merupakan hasil perkawinan antara ikan koi Kohaku dan Shiro Bekko. Ikan koi Sanke bisa dikatakan bagus jika mempunyai perpaduan warna merah dan putih layaknya koi Kohaku, tapi dilengkapi dengan bintik hitam di bagian punggungnya dan tidak sampai pada kepalanya.

Varian dari ikan koi Sanke diantaranya adalah: Sanke Doitsu, Sanke Maruten, Sanke Tancho, dan Sanke Gin Rin Sanke.

3) Ikan Koi Showa Sanshoku

filter ikan koi

www.duniaikanku.com

Showa Sanshoku, atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Showa, ialah satu diantara jenis ikan koi yang mempunyai perpaduan warna dasar merah serta putih yang disempurnakan dengan corak hitam di tubuhnya.

Kombinasi ketiga warna tersebut adalah hasil dari persilangan kedua orang tuanya, yaitu ikan koi shiro utsuri dan kohaku.

Perpaduan warna pada ikan showa sanshoku sekilas mirip dengan corak warna ikan koi Sanke, sehingga membuat kita sulit untuk membedakan keduanya. Bila Anda belum paham betul tentang kedua jenis ikan koi tersebut maka siap-siaplah tertipu. Hehe..

Cara untuk membedakan ikan koi Showa dan ikan koi Sanke ialah terletak pada pola perpaduan warnanya. Jenis kan koi Showa mempunyai corak warna hitam disekujur tubuhnya, sedangkan Sanke hanya memiliki warna hitam di bagian punggungnya saja.

Dan cara yang paling mudah untuk memmisahkan antara keduanya ialah jika corak hitam di atas kepalanya maka itu adalah Showa, sedangkan jika tidak ada maka itu pasti ikan koi Sanke.

Ada beberapa varian warna ikan Showa yang perlu anda ketahui, yaitu Showa Tancho, Showa Maruten, Showa Gin Rin, Showa Doitsu, serta Showa Kin.

 

B. KLASIFIKASI IKAN KOI BEKKO

Jenis klasifikasi ikan koi selanjutnya adalah ikan koi bekko. Ikan koi jenis ini merupakan ikan koi dengan perpaduan dua warna saja, bisa bewarna putih-hitam(shiro bekko), kuning-hitam(ki bekko), atau orange/merah-hitam(aka bekko).

Warna hitam sebagai pola atau coraknya sedangkan warna putih, merah, dan orange adalah warna dasar dari ikan koi bekko. Ikan koi yang termasuk dalam klasifikasi ini diantaranya adalah shiro bekko, ki bekko, dan aka bekko.

4) JENIS IKAN KOI SHIRO BEKKO

memelihara ikan koi

koibali.blogspot.com

Ikan koi shiro bekko adalah ikan koi yang memiliki warna dasar putih dengan pola warna hitam kecil-kecil disekujur tubuhnya. Corak hitam (Sumi) pada ikan koi Shiro Bekko begitu seimbang serta memiliki tepian yang tajam atau Kiwa.

Jika dilihat secara sekilas maka kita akan kesulitan untuk membedakan antara ikan koi jenis Shiro Utsuri dan Shiro Bekko. Karena keduanya memiliki pola warna yang sama persis, seperti pepatah “bagai pinang dibelah dua”Atau seperti pertanyaan “bagaimana cara membedakan anatara Zebra betina dan Zebra jantan?”hehe.

Yang membedaan antara jenis ikan koi Shiro Bekko dan Shiro Utsuri adalah warna dasar dari kedua ikan tersebut. Warna dasar dari ikan Shiro Utsuri adalah warna hitam dan putih sebagai polanya(hitam bercorak putih). Sedangkan warna dasar dari ikan koi shiro bekko adalah putih bercorak hitam.

Nama Ikan Warna Dasar Corak/Pola Warna Kesimpulan
Shiro Bekko Putih Hitam Putih bercorak hitam
Shiro Utsuri Hitam Putih Hitam bercorak putih

Anda bingung? Ingat ini bukan Zebra! hehe

5) JENIS IKAN KOI KI BEKKO

ikan koi

cara.pro

Ikan koi ki bekko ialah satu diantara dari jenis ikan koi yang memiliki warna dasar kuning dan warna hitam sebagai coraknya.

Tidak jauh beda dengan saudaranya ikan koi Shiro Bekko yang memiliki “kembaran”shiro utsri, ikan koi ki bekko juga memiliki saudara “kembar”, yaitu ki Utsiri.

Perbedaan antara ikan Shiro bekko dengan shiro utsiri adalah terletak pada warna dasar dan coraknya. Jika Ki bekko bewarna dasar kuning bercorak hitam sedangkan “kembarannya” Ki utsiri bewarna dasar hitam bercorak kuning.

Nama Ikan Warna Dasar Corak/Pola Warna Kesimpulan
Ki Bekko Kuning Hitam Kuning bercorak hitam
Ki Utsuri Hitam Kuning Hitam bercorak kuning

Corak hitam(Sumi) pada ikan koi Ki Bekko begitu seimbang dan memiliki tepian (Kiwa) yang tajam. Saat ini ikan koi jenis ini cukup sulit untuk ditemukan jika dibandingkan dengan jenis ika koi lainnya.

6) JENIS IKAN KOI AKA BEKKO

kolam koi

koikichi.com

Ikan koi aka bekko adalah salah satu jenis ikan koi yang memiliki warna dasar orang/merah dan pola hitam sebagai coraknya, biasanya terletak pada punggung ikan.

Warna hitam pada tubuhnya begitu kontras dan serasi dengan warna dasarnya yang orange/merah. Tidak jauh beda dengan saudara-saudaranya di atas, koi aka Bekko memiliki “saudara kembar”aka Utsiri.

Perbedaan antara keduanya adalah terletak pada warna dasar dan corak masing-masing. Jika aka Bekko bewarna dasar merah bercorak hitam sedangkan “kembarannya” aka Utsiri bewarna dasar hitam bercorak orange/merah. Ingat ini bukan Zebra loh. Hehe.

Nama Ikan Warna Dasar Corak/Pola Warna Kesimpulan
Aka Bekko Merah Hitam Merah bercorak Hitam
Aka Utsuri Hitam Merah Hitam bercorak Merah

 

3. KLASIFIKASI IKAN KOI UTSURIMONO

Jenis klasifikasi ikan koi selanjutnya adalah ikan koi Utsurimono. Koi jenis Utsurimono ini merupakan ikan koi dengan perpaduan dua warna saja, bisa bewarna hitam-putih(shiro Utsuri), hitam-kuning(ki Utsuri), atau hitam-orange/merah(aka Utsuri).

Ciri khas dari ikan ini adalah terletak pada warna dasarnya yang berwarna hitam. sedangkan warna putih, merah, dan orange adalah corak atau pola warna dari ikan koi Utsuri ini. Ikan koi yang termasuk dalam klasifikasi ini diantaranya adalah shiro Utsuri, ki Utsuri, dan aka Utsuri.

7) Jenis Ikan Koi Shiro Utsuri

budidaya ikan koi

www.duniaikanku.com

Ikan koi shiro Utsuri adalah satu diantara jenis  ikan koi yang memiliki warna hitam dan putih. Dimana warna hitam sebagai warna dasarnya dan putih sebagai coraknya. Jadi, bisa dikatakan ikan yang berwarna hitam dengan belang putih.

Jika Anda bingung coba perhatikan dengan teliti gambar di atas. Warna hitam pada ikan shiro Utsuri begitu dominan dibandingkan yang putih. Inilah yang membedakannya dengan ikan Shiro Bekko. Sudah jelas ya?

Selain itu, kepala ikan koi Shiro Utsuri juga harus terdiri atas dua warna, yaitu hitam dan putih. Untuk lebih jelasnya lihat kembali tabel perbedaan di atas.

8) Jenis Ikan Koi Ki Utsuri

kolam ikan minimalis

www.binatangpeliharaan.org

Ikan koi shiro Utsuri adalah salah satu jenis  ikan koi yang mempunyai warna hitam dan kuning. Ikan koi ki Utsiri memiliki warna hitam sebagai warna dasarnya dan kuning sebagai coraknya.

Jadi, bisa dibilangkan ikan shiro Utsiri adalah ikan yang berwarna hitam dengan belang kuning atau berbanding terbalik dengan ikan koi ki Bekko.

Corak warna dan standar penilaiannya tidak jauh beda dengan ikan koi shiro Utsuri, hanya saja warna ikan Ki Utsuri ialah hitam dan kuning. Awas jangan terbalik. Lihat lagi tabel.

9) Jenis Ikan Koi Hi Utsuri

kolam ikan

abikoifarm.blogspot.com

Ikan koi hi Utsuri merupakan satu diantara jenis ikan koi yang memiliki warna dasar hitam dengan corak merah/orange yang  unik. Agar temen-temen di rumah tidak bingung ikan koi ki Utsuri adalah ikan koi yang bewarna hitam bercorak orange/merah. semoga Anda nggak bingung. Hehe.

Ikan Koi Hi Utsuri umumnya mempunyai warna orange saat masih berusia muda dan seiring waktu warnanya akan berganti ketika memasuki usia dewasa.

 

4. KLASIFIKASI IKAN KOI TANCHO

 

Ikan koi Tancho adalah salah satu jenis ikan koi yang mempunyai pola bulatan merah di bagian kepalanya kecuali Tancho Goromo yang memiliki bulatan bewarna anggur (goromo). Tapi jika pola merahnya telah melewati mata serta mulutnya, maka ikan koi tersebut tidak dapat kita sebut lagi sebagai koi Tancho lagi.

Di belakang Tancho atau bulatannya bisa saja ada corak lain.  Pola bulat merah dibagian kepala adalah corak yang timbul secara tidak sengaja serta tidak bisa didapat melalui gen atau keturunan maupun perkawinan.

Jenis ikan koi  Tancho diantaranya adalah Tancho goromo, Tancho Sanke, Thanco Kohaku, Tancho Goshiki, dan Tancho Kujaku.

10) JENIS IKAN KOI TANCHO GOROMO

jual koi

www.binatangpeliharaan.org

Jenis Ikan koi Tancho Goromo merupakan satu diantara jenis ikan koi yang memiliki corak bulatan di bagian kepalanya, yang menyerupai pola Goromo atau anggur.

11) JENIS IKAN KOI TANCHO KOHAKU

cara budidaya ikan koi

archive.kaskus.co.id6

Jenis tancho selanjutnya adalah, Ikan koi Tancho Kohaku merupakan salah satu jenis ikan koi yang berwarna dasar putih  dan disertai bulatan merah di bagian kepala. Semakin bulat dan tterang warnanya maka akan semakin cantik ikan koi tersebut.

12) JENIS IKAN KOI TANCHO GOSHIKI

jenis jenis ikan koi

cara.pro

Selanjutnya, Jenis ikan koi tancho goshiki adalah ikan koi yang memiliki warna putih bercak merah di bagian atas kepalanya. Disamping itu, bagian kepalanya mempunyai warna dasar putih kekuning-kuningan serta disempurnakan dengan warna kehitam-hitaman di bagian punggungnya.

13) JENIS IKAN KOI TANCHO KUJAKU

ikan mas koi

blog-jenisikan.blogspot.com

Satu lagi, jenis ikan koi tancho. Ikan koi Tancho Kujaku adalah jenis ikan koi yang memiliki pola layaknya ikan koi asagi di bagian badannya, sedangkan corak menyelimuti sisik di sekujur tubuhnnya. Ciri khas yang menjadi identifikasi dari jenis ikan koi ini ialah warna merah bulat di bagian kepalanya.

14) JENIS IKAN KOI TANCHO SANKE

budidaya koi

www.binatangpeliharaan.org

Ikan koi Tancho Sanke  ini seperti tanco kujaku, tetap coraknya tidak beraturan. Ciri yang menonjol dari jenis ikan koi ini adalah warna merah berbentuk bulat di kepalanya.

Jenis ikan tancho yang selanjutnya adalah koi Tancho Sanke. Sekilas ikan ini mirip seperti Tancho Kujaku, namun pola warna yang dimiliki tancho sanke tidak teratur.

Ciri khusus yang khas dari jenis ikan Tancho samke ini ialah bulatan merah yang terletak di kepalanya.

E. KLASIFIKASI IKAN KOI ASAGI

15) JENIS IKAN KOI ASAGI

memelihara ikan koi

ikanhiashias.blogspot.co.id

Jenis Ikan koi Asagi merupakan satu diantara jenis ikan koi yang keberadaannya cukup lama di mukabumi. Hehe. Extreme juga ya? Hehe.

Ikan koi Asagi juga memiliki warna biru serta diselimuti warna merah atau orange pada bagian perutnya. Warna tersebut senantiasa berkembang  bersamaan dengan usia ikan yang terus bertambah.

Umumnya ikan koi Asagi memiliki kepala yang bewarna putih bersih. Daya tarik dari ikan koi Asagi adalah terletak pada bagian sisik yang nampak seperti pola jaring halus dengan warna dasar indigo di bagian punggungnya..

16) Jenis Ikan Koi Shusui

ikan koi murah

hobiagro.blogspot.com

Jenis Ikan koi shusui merupakan salah satu jenis ikan koi dari family asagi namun  tidak memiliki sisik kecuali di bagian punggung.

Koi Shusui mempunyai warna dasar putih yang diselimuti dengan warna merah atau orange yang cukup lebar. Umumnya sisik ikan ini berwarna gelap serta terdapat di sekujur punggungnya secara rapi dan lengkap.

Koi Shusui memiliki persamaan warna dengan ikan koi Asagi, namun ikan koi Shusui mempunyai ciri khusus berupa pola garis yang memebentang di bagian punggungnya, sementara ikan koi Asagi hanya mempunyai corak jaring yang berwarna biru di bagian punggungnya.

6. Klasifikasi ikan lainnya

17) Jenis Ikan Koi Matsuba

harga koi

www.youtube.com

Matsuba mempunyai warna dasar yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainya. Misalnya saja, Koi Gin Matsuba ikan koi yang berwarna dasar putih, Ki matsuba ikan koi yang mempunyai warna dasar kuning, dan aka Matsuba ikan koi  mempunyai warna dasar merah.

Dari ketiga jenis dan warna tersebut, masing-masing ikan koi Matsuba mempunyai pola yang berwarna biru dan berbentuk seperti jaring-jaring.

 

18) Ikan Koi Ogon Platinum

ikan koi dijual

www.koiphen.com

Ogon Platinum atau acap kali dipanggil dengan Ogon Purachina. Ikan koi ini mempunyai warna putih tanpa perpaduan warna-warna lainnya. Jadi benar-benar putih tanpa belang.

Ikan koi orgon platinum yang ideal dan berkualitas adalah yang memiliki warna putih bersih pada bagian kepalanya. Beberapa varian dari ikan koi Ogon Platinum diantaranya adalah Ogon Platinum Gin Rin serta Ogon Platinum Doitsu.

 

19) Ikan Koi Ogon Yamabuki

jenis jenis koi

www.pinterest.com

Koi Ogon Yamabuki merupajkan ikan koi yang mempunyai pola warna yang persis sekali dengan family ogon. Selain itu, ciri khas yang menandakan ikan koi ini berkualitas adalah mempunyai warna kuning di sekujur tubuhnya serta di bagian kepalanya berwarna kuning bersih.

Diantara varian atau jenis dari koi Ogon yamabuki di antaranya adalah: koi Ogon Yamabuki Gin Rin serta koi Ogon Yamabuki Doitsu.

 

20) Ikan Koi Kujaku

cara pelihara ikan koi

www.koi-s.org

Ikan koi Kujaku adalah ikan koi yang mempunyai warna dasar putih yang dihiasi dengan pola jaring berwarna kehitam-hitaman serta diselimuti oleh pola berwarna merah atau orange atau bisa juga berwarna kuning yang berpadu sempurna dengan pola jaring di tubuhnya.

Ada beberapa varian jenis  dari Kujaku yang kita kenal diantaranya: Kujaku Doitsu, Kujaku Tancho, serta Kujaku Maruten.

 

21) Ikan Koi Hariwake

cara beternak ikan koi

binatang.net

Ikan koi Hariwake ialah ikan koi yang mempunyai warna dasar putih solid yang berpadu sempurna  dengan bercak merah atau orange.

Ikan koi hariwake memiliki warna putih yang khas dan berbeda dengan yang lain, baik itu koi Kohaku maupun koi Sanke. Warna putih Hariwake nampak lebih terang dan bersih daripada warna putih milik koi Kohaku maupun koi Sanke.

Beberapa varian jenis dari Hariwake diantaranya adalah ikan koi Hariwake Tancho, koi hariwake Gin Rin, termasuk koi Hariwake Doitsu atau yang banyak kita kenal dengan Kikusui.

 

22) Ikan Koi Tancho Kikusui

ikan koi tancho

www.pinterest.com

Secara tertulis dan teknis, ikan Tancho Kikusui ini termasuk dalam versi Doitsu dari  jenis koi Hariwake, ikan koi yang mempunyai perpaduan warna dasar putih dengan merah atau orange ini lebih kita kenal dengan nama ikan Kikusui. Untuk sementara tancho Kikusui ialah satu-satunya varian dari jenis Kikusui.

 

23) Ikan Koi Kumonryu

fish koi

www.satwapedia.com

Ikan koi Kumonryu adalah satu diantara jenis ikan koi yang cukup menarik bila dibandingkan dengan jenis koi lainnya. Sebab pola perpaduan warna bisa bermacam-macam dan berubah-ubah sepanjang karirnya di ikan hias. Hehe.

Pola kombinasi warna yang ada pada ikan kumoryu ialah warna keabu-abuan atau putih dengan warna sedikit hitam.

 

24) Ikan Koi Kumonryu Beni

harga ikan mas koi

www.koi-fritz.de

Ikan koi kumonryu Beni adalah salah satu ikan koi yang masuk merupakan bagian dari family Kumonryu. Tidak jauh berbeda dengan Kumonryu, koi Kumonryu Beni juga mempunyai kekhasan yang unik, yaitu pola atau corak warnanya bisa berganti-ganti selama masih hidup.

Namun, ada hal yang sangat membedakan diantara keduanya, yaitu letak kombinasi warna yang dimiliki oleh keduanya. Ikan koi Kumonryu hanya mempunyai warna abu-abu atau putih dengan perpaduan corak yang berwarna hitam, sementara ikan Kumonryu Beni mempunyai perpaduan warna abu-abu atau putih, serta corak hitam, dan merah.

25) Ikan Koi Chagoi

harga ikan mas koi

www.blueridgekoi.com

Ikan koi Chagoi adalah salah satu dari jenis ikan koi yang mempunyai warna coklat atau perunggu serta memiliki ciri khas berupa pola jaring-jaring  yang ada di punggungnya.

Bentuk pola jaring-jaring di bagian punggungnya mempunyai warna yang mirip sekali dengan warna dasar ikan. Walaupun corak jaring-jaringnya mempunyai warna yang nyaris mirip dengan tubuhnya, namun pola jaring tersebut tetap nampak jelas berbeda karena polanya nampak begitu jelas.

Beberapa jenis ikan koi yang termasuk dalam varian ikan koi Chagoi diantaranya adalah Gin Rin Chagoi serta Doitsu Chagoi.

26) Ikan koi Soragoi

cara memelihara ikan koi

www.blueridgekoi.com

Ikan koi Soragoi mempunyai kemiripan dengan koi Chagoi, yaitu ada pola jaring-jaring halus yang terletak di bagian punggungnya. Ciri khas yang membedakan antara ikan soragoi dan chagoi adalah warna dasar yang menyelimuti sekujut tubuhnya.

Jika ikan Soragoi mempunyai warna abu-abu atau perak pada tubuhnya, maka koi Chagoi mempunyai warna dasar coklat atau perunggu di seluruh bagian tubuhnya. Jelas nampak berbeda bukan?

Ada dua jenis ikan koi yang termasuk dalam varian koi Soragoi ini diantaranya adalah Gin Rin Soragoi dan koi Doitsu Soragoi.

 

27) Ikan Koi Shigure Ochiba

koi fish

www.koimag.co.uk

Ikan koi Shigure Ochiba atau yang biasa kita sebut dengan Ochiba ini mempunyai perpaduan warna seperti yang dimiliki koi Chagoi serta warna perak/keabu-abunya milik koi Soragoi.

Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka kata Shigure Ochiba mempunyai arti daun yang jatuh di atas air saat musim gugur. Wuihh keren yak?

Ada dua jenis ikan koi yang termasuk dalam varian koi Shigure Ochiba ini diantaranya adalah Ochiba Gin Rin dan Ochiba Doitsu.

 

28) Ikan Koi Goromo

fish koi

http://www.blueridgekoi.com/

Koi Goromo yang pada dasarnya adalah koi Kohaku namun dengan tepian biru atau hitam yang tercampur sempurna ke masing-masing skala merah. Koi goromo memiliki tiga sub jenis, diantaranya adalah: Budo Goromo yang mempunyai tepian biru di samping timbangan yang menghasilkan efek cluster seperti layaknya anggur;.

Koi Ai Goromo mempunyai tepian biru yang hanya ada di bagian dalam timbangan merah. Yang terakhir, adalah Sumi Goromo, yaitu koi yang mempunyai tepian hitam pada timbangannya serta dapat menimbulkan pola hitam yang hampir sepenuhnya muncul.

Ada dua jenis ikan koi yang termasuk dalam varian koi goromo ini diantaranya adalah Tancho Goromo(sudah dijabarkan di atas) serta Maruten Goromo.

 

29) Ikan Koi Goshiki

ogon koi

http://www.blueridgekoi.com/

Koi Goshiki merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna dasar putih solid dengan bercak hitam dan merayap biru, serta merah dan hitam dengan warna dasar putih, kemudian ada juga yang berwarna hitam dan biru dasar.

Istilah Goshiki bila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, maka memiliki arti “lima warna”. Beberapa jenis ikan koi yang termasuk dalam varian koi goshiki ini diantaranya Gin Rin Goshiki dan Tancho Goshiki.

 

30) Ikan Koi Kikokuryu

koi free wallpaper

http://www.blueridgekoi.com/

Ikan koi Kikokuryu merupakan salah satu ikan koi dengan warna dasar putih serta bercampur sempurna dengan warna hitam yang berbaris lurus di sisik-sisik ikan.

Barisan warna  hitam tersebut membentang sepanjang bagian belakang luar baris hingga kepala di seputar mata dan hidung. Di luar sana, kebanyakan orang menganggap ikan koi Kikokuryu sebagai ikan koi Kumonryu versi metalik.

 

31) Ikan Koi Kin Kikokuryu

koi aquarium

http://www.blueridgekoi.com/

Ikan koi Kin Kikokuryu adalah ikan koi yang menggabungkan warna oranye atau kuning dengan sempurna dan disertai dengan pola hitam dan putih Kikokuryu untuk menciptakan warna terbaru dari varian jenis koi yang ada selama ini.

 

Harga Ikan Koi Termahal Dan Terbaik

kolam ikan hias

ferboes.com

Harga ikan koi saat ini beragam dan disesuaikan dengan kualitas serta prestasinya di kontes ikan koi. Komunitas ikan koi yang menaungi berbagai kegiatan kelompok pecinta ikan koi, baik skala nasional maupun internasional adalah Zen Nippon Airinkai atau disingkat dengan ZNA.

Kegiatan dan kontes ZNA rutin diselenggarakan namun informasi harga ikan koi termahal yang mampu kami himpun paling terakhir adalah pada tahun 2014 dengan harga  26 juta yen atau setara dengan Rp. 2,68 M.

Ikan tersebut diberi nama dengan black dragon dengan umur dua tahun, serta panjang 57cm. Ikan tersebut dilelang di Momotaro farm, Okayama-Jepang.

Di tanah air sendiri harga ikan koi di pasaran berkisar antara Rp. 2000-10000 untuk ukuran 3-5cm. Nah, demikianlah beberapa ulasan tentang jenis-jenis ikan koi. semoga bermanfaat untuk kita semua.

Cara Memelihara Ikan Koi Bagi Pemula

harga koi

tiperumah.com

Memelihara ikan Koi adalah hobi yang sangat menarik bagi sebagian orang, sebab pesona warna ikan koi yang indah dapat menyejukkan pandangan serta bisa menjadi salah satu alternatif stresskiller(penghilang stress) yang efektif.

Ada sebagian masyarakat Jepang memeiliki keyakinan jika memelihara koi bisa mengundnag keberuntunga(hoki) bagi si empunya ikan. Namun, tidak sedikit juga orang orang yang tidak terlalu mempedulikan hal tersebut.

Selain itu, memelihara ikan koi bagi Anda yang masih pemula tentunya ada beberapa hal yang harus dipahami serta mempertimbangkannya matangmatang sebelum memelihara ikan Koi.

Banyak dari penghobi ikan koi pemula yang harus stress dan sakit hati sebab ikan koi yang dibeli dengan harga selangit malah mati sia-sia.

Bukanya ingin menghilangkan stress yang ada malah pusing tujuh keliling melihat ikan koi terapung di pinggiran kolam yang terus-terusan memakan korban.

Jika Anda mengalami hal tersebut jangan cemas, di bawah ini ada beberapa tips dalam memelihara Koi bagi pemula, walaupun kami tidak bisa memberikan jaminan 100% berhasil namun setidaknya mengurangi resiko kematian pada ikan koi Anda.

TIPS MEMELIHARA KOI bagi pemula

1. Mempersiapkan Air dan Kolam yang Baik

cara memelihara ikan koi

tiperumah.com

Kualitas air kolam koi termasuk satu diantara hal yang menentukan tingkat keberhasilan Anda dalam memelihara Ikan Koi, para pakar ikan koi berkata bahwa memelihara koi berarti Anda sama saja dengan selalu memperhatikan dan menjaga kualitas air dalam kolam yang baik.

Lebih jelasnya dapat kita rincikan bahwa kolam koi mesti jauh dari zat-zat kimia, umumnya kolam Koi baru yang dibuat dari semen masih mengeluarkan bau yang membahayakan ikan koi.

Cara untuk menghilangkan bau tersebut adalah dengan cara merendam kolam terlebih dulu dengan air selama 5-7 hari, serta jangan tergesa-gesa untuk memasukkan ikan koi ke kolam. Pastikan terlebih dahulu air rendaman kolam terbuang dengan sempurna kemudian barulah memasukkan ikan koi kesayangan kita.

2. Pastikan Anda Membeli Ikan Koi yang Sehat

jenis koi

benzano.com

Beragam Jenis serta kualitas ikan Koi yang tersedia di pasar ikan hias, mulai dengan harga murah hingga yang harganya selangit.

Hal paling penting dalam membeli ikan koi adalah kesehatan ikan koi itu sendiri kemudian hal yang tidak kalah pentingnya juga adalah harga, pilihlah ikan koi yang sesuai isi dompet dan selera Anda. Meskipun harganya murah tapi sehat bukan masalah bukan?

Banyak dari penghobi ikan koi yang menyarankan lebih baik memelihara koi 3 ekor koi dengan kualitas baik daripada memelihara 100 koi tapi dengan kualitas jelek. Jika anda bersikukuh memilih opsi kedua maka jangan heran jika kolam anda menjadi kuburan bagi ikan koi Anda.

3. Kolam dan Jumlah Ikan Koi yang ideal

 

Penempatan ikan koi dalam Kolam harus disesuaikan antara ukuran kolam dengan jumlah ikan yang akan ditempatkan di kolam. Penempatan ikan koi yang padat pada kolam akan membuat pertumbuhan ikan koi tidak optimal sehingga mudah terkena penyakit.

4. Pakan ikan yang berkualitas dan terukur

ikan mas koi

stockisthcs.com

Mudah sekali untuk kita menemukan makanan koi di pasaran, baik itu yang harganya murah sampai mahal sekalipun. Perlu kita akui bahwa makanan Koi yang baik dan berkualitas mahalnya karena masih diimport dari negara Jepang.

Disamping pemberian pakan yang bermutu, hendaknya juga kita perhatikan jumlah pakan yang kita berikan pada ikan dan pastikan kualitas pakan sesuai dengan kualitas ikan koi Anda.

Jangan sampai koi yang hanya seharga 20 ribu diberi pakan senilai 150ribu per/kg, karena hal itu hanya akan menguras isi kantong Anda saja sedangkan pertumbuhan koi gitu-gitu aja, sama sekali tidak sebanding dengan dana yang Anda keluarkan.

Selain itu juga pemberian pakan secara berlebihan akan mengakibatkan kolam cepat keruh. Sebenarnya seberapapun pakan yang kita berikan, ikan koi akan tetap memakannya tapi makanan tersebut akan segera keluar menjadi kotoran.

5. Pastikan Kualitas air kolam baik dan bersih

jenis jenis ikan koi

www.bluewateraquarium.in

Kualitas air sebaiknya selalu dijaga dan pastikan selalu dalam keadaan bersih, perubahan suhu dan kondisi air secara mencolok akan membahayakan ikan. Cara paling mudah untuk menjaga kualitas air kolam adalah dengan membuat sistem filterisasi yang baik.

Disamping sistem filterisasi kolam yang baik, penggantian air secara rutin juga sangat disarankan minimal seminggu sekali. Caranya dengan mengurangi air kolam sebanyak 10% kemudian diganti dengan yang baru.

Faktor yang memepengaruhi warna ikan koi diantaranya adalah kualitas koi/bloodline (70%), air (20%), serta faktor luar lainnya (10%).

6. Mengkarantina Ikan Baru

Bila ingin memasukkan ikan baru sebaiknya Anda karantina terlebih dulu, dan pastikan ikan tersebut tidak membawa hama penyakit.

Karantina sendiri memiliki fungsi sebagai upaya pencegahan menyebarnya hama penyakit padaikan. Setelah Anda pastikan ikan aman dari penyakit barulah Anda masukkan ke dalam kolam.

7. Perhatikan kesehatan dan perilaku ikan setiap hari

ternak ikan koi

bisniswisata.co.id

Jika Ikan koi sakit umumnya menunjukkan perilaku yang berbeda dan tidak biasa, jika anda melihat perubahan tersebut maka segera karantina dan obati ikan koi.

Jika ikan koi Anda selalau mengambang di permukaan air serta membuka mulut maka ini mengidentifikasikan bahwa ikan kekurangan Oksigen.

Jangan anggap remeh masalah ini karena bisa menyebabkan kematian pada ikan koi. Untuk mengatasi masalah ini Anda hanya perlu menambahkan aerator pada kolam.

8. Memulai dengan ukuran Ikan dan kolam kecil

Bagi pemula tidak disarankan untuk memelihara ikan koi dalam jumlah dan kolam yang besar. Sebaiknya anda mulai hobi ini dengan memelihara ikan koi berukuran 10-20 cm agar dapat mempelajari dan mengamati perkembangan koi dari masa ke masa.

Pada ukuran tersebut umumnya ikan koi sudah lumayan gampang untuk dipelihara selain itu harganya juga belum terlampau mahal malah cenderung murah.

Demikianlah penjelasan tentang jenis-jenis ikan koi dan cara memeliharanya semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam Infosiana.net.

 

Leave a Reply