9 Jenis Ikan Louhan Termahal 2016 dan Cara Merawatnya

Jenis ikan louhan– Ikan louhan atau lohan(nama ilmiah: Flowerhorn) merupakan ikan hias air tawar yang cukup populer di mata para penghobi ikan hias di dunia.

Nah, pada kesempatan kali ini Infosiana.net akan membahas secara global tentang ikan louhan yang mencakup diantaranya jenis ikan louhan, cara memelihara ikan louhan.dan cara beternak atau cara budidaya ikan louhan serta tak lupa juga kami lampirkan harga ikan louhan terbaru.

Pertama, kita akan membahas tentang jenis-jenis ikan arwana yang dilengkapi dengan foto dan gambar ikan lohan. Jenis ikan arwana yang banyak di koleksi oleh para kolektor diantaranya adalah louhan golden base, louhan censu, louhan bonsai, luohan srd, dan masih banyak lagi jenis louhan yang lainnya.

Kedua, cara memelihara ikan louhan. dalam pembahasan ini kita akan menampilkan tulisan tentang bagaimana cara agar jenong ikan louhan bisa keluar. Hal tersebut berkaitan erat dengan usia serta asupan nutrisi yang terdapat pada makanan ikan louhan itu sendiri.

Ketiga, kita lanjutkan dengan bahasan cara budidaya atau cara ternak ikan louhana. di sini juga akan dipaparkan tentang kriteria indukan ikan hias yang bagus, serta perlatan-peralatan yang berkaitan dengan pemijahan ikan louhan.

Terakhir pada tulisan ini akan di bahas tentang harga ikan louhan di pasaran ikan nasional hingga di manca negara. Mulai dari ikan louhan yang murah sampai dengan harga ikan louhan termahal.

 

Asal Usul Dan Sejarah Ikan Louhan

louhan

pinterest.com

Baca juga: Jenis-jenis Ikan Hiu Terbesar dan Paling Mematikan di Dunia

Kita coba bernolstalgia terlebih dulu, di era milenium awal, kira-kira tahun 2002-2003 ikan ini menjadi ikan yang fonemenal di Indonesia. Nama ikan louhan tiba-tiba booming dan tiba-tiba ramai digandrungi oleh para penghobi ikan.

Tidak jarang pada saat itu ikan louhan menjadi primadona bagi keluarga di Indonesia, mulai dari yang tidak suka ikan hias, Eeh tiba-tiba suka. Seolah-olah terjadi demam ikan louhan mendadak. Mulai dari anak-anak, remaja bahkan orang dewasa pun memburunya.

Persis sekali dengan demam Pokemon yang sedang gandrung saat ini. Disetiap tempat, disetiap waktu, bahkan setiap pertanyaan yang keluar masih saja berkaitan dengan louhan. tapi itu dulu. Dulu! Sekarang era louhan tidak se populer dulu.

Namun, ikan yang terkenal dengan jinongnya ini memiliki akhir kisah yang masih penuh mister. Ikan louhan tiba-tiba meredup di tahun 2003, dan meredupnya tetap menjadi tanda tanya besar bagi pembudidaya dan penghobi ikan hias sampai saat ini.

Meskipun namanya telah meredup ikan louhan tetap menjadi pujaan, primadona bagi kolektor ikan. Sebagian kecil dari mereka beranggapan bahwa ikan ini bisa membawa hoki. Untuk soal ini kami tidak berani bicara banyak deh.

Masalahnya ini berkaitan dengan mitos dan kepercayaan masing-masing orang, sedangkan kami disini hanya sebagai seorang penghobi ikan, tidak lebih dari itu. Adapun mitos-mitos yang berkembang di masyarakat, kami anggap sebagai angin lalu.

jual ikan louhan

pinterest.com

Baca juga: Untung Besar dengan Budidaya Ikan Wader di Kolam

Kembali ke inti, ikan Louhan merupakan salah satu jenis spesies ikan hias baru yang diciptakan oleh manusia melalui hasil perkawinan sejumlah jenis chiclid (persilanagan ini disebut juga dengan hybrid) secara random. Karena sampai saat ini belum ditemukan data yang valid tentang nenek moyang ikan louhan.

Tetapi jika diperhatikan secara fisik dan corak warnanya maka dapat kita pastikan bahwa ikan red devil dan parrot turut ambil bagian dalam susunan genetic dan persilangan ikan louhan pertama.

Ikan louhan berasal dari sungai-sungai di asia tenggara terutama Taiwan dan Malaysia. Sejarah ikan louhan awalnya dibudidayakan di Malaysia dengan mengawinkan sejumlah jenis chiclid. Selanjutnya lahirlah louhan generasi pertama, Louhan kemudian di sempurnakan secara berlahan dengan cara mengawinkannya lagi dengan chiclid-chilid jenis lain.

Riset perkawinan ikan luohan dilaksanakan di Singapura, Thailand dan Taiwan, hingga saat ini sudah banyak negara yang ikut ambil bagian dalam penyempurnaan ini, salh satunya US. Hal ini bertujuan untuk menciptakan ikan louhan yang jauh lebih bagus dan sempurna.

Dari sejumlah riset yang dilakukan, ada yang berhasil melahirkan ikan louhan jenis baru dan ada yang gagal. Misalkan saja louhan kamfa, yaitu ikan louhan yang memiliki gen dari louhan dan vieja. Horee!

 

Jenis-jenis ikan louhan termahal dan terindah 2016

Ikan louhan tetap ada dna tentunya tetap laku. Meskipun pemburu ikan ikan louhan ini tidak sebanyak dulu tapi ikan ini tetap ada di hati penggemarnya. Sama halnya “KangenBand” lah hilang ketika berada dipuncak karier.

Asal temen-temen tahu ya, ikan louhan masuk dalam deretan ikan-ikan mahal lhooo. Mau tau jenis ikan louhan apa aja? Berikut ini ada 9 jenis ikan louhan termahal dan terindah, selamat menyimak.

1. Ikan Louhan Kamfa

Baca juga: 10 Fakta Unik Tentang Ikan Buntal

Jenis ikan louhan yang pertama kali kita bicarakan ialah ikan golden flower atau banyak dikenal dengan sebutan ikan louhan louhan kamfa. Ikan louhan ini tergolong jenis ikan louhan yang banyak dikenal oleh para kolektor ikan hias hingga detik ini.

Jenis Ikan louhan kamfa mudah sekali untuk kita kenali, ciri pertama ikan louhan kamfa terlihat pada sirip yang khas dan lebar serta agak kaku jika disejajarkan dengan ikan louhan jenis lainnya.

Bahkan sirip atas burayak(ikan louhan anakan) ikan louhan sudah muncul lebih cepat dibandingkan sirip burayak ikan louhan jenis lainnya.

Baca juga: 25 Jenis Ikan Mas Koki Terlaris dan Termahal di Pasaran

Namun, jika diperhatikan dari segi marking, ikan louhan kamfa tidak mempunyai marking di badan maupun kepalanya, berbeda jauh dengan ikan louhan cencu.

Bila ada ikan louhan kamfa yang memiliki marking, bisa jadi ibunya selingkuh. Eeh keceplosan. Maksudnya, kemungkinan besar ikan louhan tersebut adalah hasil persilangan dengan ikan louhan jenis lain.

Untuk harga ikan louhan kamfa atau golden flower termahal yang pernah tercatat dengan harga penawaran tertinggi adalah mencapai  Rp. 200 juta tiap ekornya. Harga yang fantastis bukan?

2. Ikan Louhan Kemalau

jual ikan louhan murah

satwapedia.com

Ikan louhan kemalau merupakan salah satu ikan yang pernah menjuarai kontes ikan louhan di Indonesia di tahun 2003. Adapun tempat kontes tersebut masih kami gali informasinya lebih jauh.

Ikan louhan kemalau merupakan jenis louhan yang sangat ramai diburu. Meski ramai diburu, namun, keberadaan ikan louhan ini bisa dikatakan langka di pasaran. Kalau pun tersedia, maka pasar akan menawarkannya dengan harga yang tinggi.

Berdasarkan informasi yang kami himpun, harga penawaran tertinggi untuk ikan louhan jenis kemalau untuk sementara ini mencapai lebih dari Rp 50 juta,

Ikan louhan jenis kemalau mempunyai ciri khas yang unik, diantara ciri-cirinya adalah mempunyai mutiara yang membentang hingga kepalanya, mutiaranya membentuk huruf S, bagian tubuh serta kepalanya seperti Cing Hua, sedangkan Fin dan mulut mirip Cen Cu, sisiknya berwarna dasar hampir merah semua, kemudian kuning dan hijau.

Selain itu, bagian mata ikan kemalau berwarna merah meskipun ada beberapa yang berwarna putih, ketika masih kecil (3-4cm) mutiaranya belum terlihat. Mutiara muncul ketika kemalau berukuran 5-6 cm. Ketika ikan berukuran ukuran 8-9 cm barulah mutiara muncul secara menyeluruh hingga kepala.

Ada beberapa ikan kemalau yang memiliki sirip/fin serta ekor mirip Kim Hua, ini merupakan jenis ikan louhan kemalau yang sempurna(close fin), sedangkan bagian kepalanya tidak sebesar kim Hua namun cukup besar jika dibandingkan dengan cencu pada umumnya.

3. Ikan Louhan Cencu atau Zenzhu

ikan louhan bonsai

penggemarikan.blogspot.com

Jenis ikan louhan yang selanjutnya adalah Ikan louhan cencu/zenzhu sering kita kenal juga sebagai ikan louhan mutiara. Ikan louhan ini memiliki ciri khas yang terletak pada tubuhnya, yaitu bintik-bintik mutiara yang kecil. Saat ini, ikan louhan zenzhu terbagi dua jenis, yaitu jenis klasik serta modern.

Ikan louhan zenzhu/cencu klasik berwarna merah cerah serta mendominasi hampir di sebagian besar tubuhnya. Sedangkan, kilauan mutiaranya cukup sedikit jika disandingkan dengan ikan louhan jenis zenzhu/cencu modern. Untuk ukuran, Ikan louhan zenzhu klasik lebih unggul ukuran besarnya daripada ikan louhan zenzhu modern.

Namun jenong pada kepalanya lumayan kecil jika dibandingkan dengan ikan louhan cencu modern yang memliki mutiara lebih merata, malahan bintik mutiaranya tersebar hingga bagian pipi kepalanya. Terlihat jauh lebih glamour bukan?

Bila dilihat secara seksama kedua ikan ini, baik itu ikan louhan cencu klasik maupun ikan louhan cencu modern masing-masing memiliki keunikan dan keindahan masing-masing. Namun, jika kita perhatikan lagi tata letak mutiaranya maka louhan cencu modern jauh lebih unggul dibandingkan yang klasik.

Selain itu, Ikan louhan cencu modern didukung dengan jenong yang lebih besar dibandingkan ikan louhan klasik. Bahkan jenong yang muncul pada kepala ikan louhan modern sudah nampak ketika masih anakan, walaupun hanya sekedar waterhead.

Untuk harga ikan louhan cencu atau zenzhu yang banyak dijual di pasaran berkisar antara Rp 40.000  hingga Rp 1.250.000,- .

4. Ikan Louhan Super Red Texas (SRX)

jual anakan ikan louhan jenong

f15louhan.blogspot.co.id

Jenis Ikan louhan super red texas yang akan kita bahas ini merupakan satu diantara jenis ikan louhan yang lahir di daratan Thailand.

Jenis ikan louhan ini termasuk hasil dari perkawinan antara dua ikan yang saling cinta. Eehh, maksud kami adalah ikan louhan texas chiclid yang memiliki warna abu-abu dan ikan louhan golden red.

Dari hasil kedua sepasang ikan louhan tersebut lahirlah ikan louhan super red texas yang indah seperti yang kita saksikan saat ini.

Untuk harga ikan louhan super red texas yang memiliki ukuran 2 incinya biasanya dibandrol dengan harga Rp. 500.000 per ekor.

5. Ikan Louhan Rainbow

Jenis ikan louhan rainbow king adalah satu diantara jenis ikan louhan yang memiliki marking yang unik dan berbeda dibandingkan dengan louhan jenis lain. Ikan louhan ini memiliki marking horisontal, badan sedikit kotak serta memiliki kombinasi warna merah dan kuning, tapi ada juga yang memiliki perpaduan warna biru.

Kombinasi warna tersebut membuat ikan louhan ini terkesan begitu mempesona. Jadi jangan heran bila ikan louhan rainbow king ini banyak menjuarai kontes louhan internasional.

Dengan alasan tersebut, tak heran jika banyak dari pembudidaya ikan louhan bermain curang dengan mengaku menjual louhan rainbow king padahal yang ditawarkan adalah ikan louhan kamfa. Sehingga Anda harus lebih berhati-hati ketika ingin membeli ikan ini.

Bila kita berhasyrat untuk mengoleksi ikan louhan rainbow king, pastikan terlebih dahulu bahwa ikan tersebut ialah louhan rainbow king. Pahami lebih dalam ciri-ciri dari ikan louhan ini supaya Anda tidak tertipu.

Untuk harga ikan louhan rainbow king yang sudah memiliki marking horisontal meskipun masih kecil, biasanya ditawarkan dengan harga Rp 1.000.000 per ekor.

6. Jenis Ikan Louhan Super Red Synspillum (Srs)

louhan cencu

satwapedia.com

Masih ada lagi jenis ikan louhan yang lahir di daratan Thailand yaitu ikan louhan super red synspillum. Ikan louhan ini memiliki julukan sebagai kamfa-nya Thailand. Keindahan louhan ini terlihat pada perpaduan warnanya, yaitu kombinasi sempurna antara warna merah bata yang bercampur sedikit dengan warna orange.

Untuk mengenali ikan louhan jenis ini, kita dapat melihatnya dari warna matanya yang merah atau kuning, siripnya kaku dan lebar, jenongnya waterhead serta tidak memiliki marking pada kepalanya.

Untuk harga ikan louhan super red synspillum yang masih anakan bisa dihargai dengan harga sebesar Rp 500.000 per ekor.

7. Ikan Louhan Strom

Jenis ikan louhan yang lainnya adalah ikan louhan strom. Ikan louhan jenis ini merupakan ikan louhan jenis baru. Ikan louhan strom merupakan ikan yang lahir dan berasal dari daratan Thailand.

Penyebarannya sendiri di pasaran tergolong masih terbatas baik dari segi jumlah maupun informasi yang berkaitan dengan jenis louhan ini.

Tapi bila diperhatikan secara seksama, jenis ikan louhan strom ini memiliki keunikan yang berbeda dengan ikan louhan jenis lain. Coba kita perhatikan saja bentuk marking horisontalnya serta bentuk mutiaranya yang bisa dikatakan cukup besar-besar.

8. Ikan Louhan Golden Base

jual ikan louhan online

journeyofflowerhorn.blogspot.co.id

Memiliki Ciri dan keunikan yang sangat Khas di antara jenis Ikan louhan atau flowerhorn fish lainnya sekujur tubuhnya bewarna kuning kemerahan, meski bentuknya sama namun jenis ini tidak seperti ikan louhan lainnya.

Ikan jenis Golden Base ini tidak memiliki Marking seperti louhan lainnya boleh dikatakan bahwa louhan Golden Base adalah Louhan Free Marking alias tanpa ada gambar hitam di tubuhnya.

ikan louhan golden base merupakan jenis ikan louhan yang memiliki warna tubuh yang khas diantara jenis ikan louhan atau flowerhorn yang ada. Perhatikan saja perpaduan warna pada sekujur tubuhnya. Perpaduan merah dan kuning yang begitu pas menjadikan ikan begitu menarik untuk di koleksi.

Secara umum bentuk tubuh ikan louhan golden base sama dengan tubuh jenis ikan louhan lainnya, hanya saja ia tidak memiliki marking sama sekali alias free marking atau tanpa ada bintik hitam pada tubuhnya sangat kontras sekali dengan keumuman jenis louhan lainnya.

Mungkin sedikit aneh menurut sebagian orang, namun karena keunikannya inilah ia diburu oleh para penghobi.

9. Ikan Louhan Super Red Dragon(SRD)

harga ikan louhan anakan

f15louhan.blogspot.co.id

Super Red Dragon merupakan jenis ikan chencu, yang berwarna merah menyala pada tubuhnya. Ikan ini pertama kali lahir dan populerkan di negeri Thailand. Ikan ini mempunyai keunikan tersendiri.

Dengan tubuh yang berwarna merah menyala sampai ke sirip, dan itu hanya menjadi ciri khas dari Super Red Dragon ini. Jenis ini amat familiar dikomunitas penghobi louhan di Asia mulai dari Indonesia, Malaysia, Singapura hingga Eropa.

Ikan louhan super red dragon masuk ke Indonesia pertama kali melalui jalur Sumatra dan semenjak itu ikan ini banyak di buru oleh pecinta ikan louhan di Indonesia.

Untuk harga louhan super red dragon di pasaran biasanya dibandrol dengan harga Rp. 2 juta tapi harganya akan naik sesuai besarnya jeongan di kelapanya.

Cara Memelihara Ikan Louhan

Mahalnya harga ikan louhan tidak menurunkan niat para pecinta untuk memiara ikan yang satu ini. Hal ini beralasan karena, para kolektor ikan hias ingin memanjakan mata dengan keanggunan yang dimiliki oleh ikan louhan.

Memelihara ikan arowana pada akuarium bisa dibilang susah-susah gampang tergantung kesungguhan serta ketertarikan penghobi nya kepada ikan peliharaannya. Dikatakan mudah bila kita tahu cara untuk memiara ikan louhan di dalam akuarium.

Namun, hal ini dibilang susah bila kita belum mengetahui cara untuk memelihara ikan louhan di dalam akuarium. Bedanya sangat tipis, bukan? Nah Oleh karena itu, kita harus mempelajari terlebih dulu bagaimana cara memiara ikan louhan dalam akuarium dengan baik dan benar.

Selanjutnya akan kami jabarkan tentang tips-tips tips untuk memelihara ikan louhan dalam akuarium.

1. Sediakan Akuarium

cara memelihara ikan louhan

asyrafkhalib.blogspot.com

Hal yang paling urgen dalam membeli akuarium ialah kualitas dari produk akuarium itu sendiri, baik itu kaca, perekat yang digunakan oleh pengrajin hingga desain landscape yang selaras dengan selera Anda.

Selanjutnya, ikan louhan tidak bisa sekonyong-konyong diletakkan ke dalam akuarium yang kita beli melainkan harus kita penuhi terlebih dahulu alat-alat pendukung akuarium tersebut. Peralatan-peralatan tersebut diantaranya adalah:

a. Aerator

Aerator atau pompa udara berfungsi untuk menyalurkan udara ke dalam akuarium dan membuang udara sisa respirasi ikan ke luar akuarium. Pompa udara yang bagus ialah aerator yang bisa membuang banyak udara, namun membutuhkan aliran listrik yang ekonomis.

b. Heater dan Thermometer

Heater atau alat pemanas bermanfaat saat suhu air dingin, sedangkan thermometer berguna untuk mengecek keadaan suhu pada air. Suhu air yang baik untuk akuarium berkisar antara 25-27 0C.

c. Filter

Filter atau penyaring air berguna untuk menyoltir air supaya selalu bersih. Bila tidak memanfaatkan filter, kita akan direpotkan untuk memelihara kebersihan akuarium dan rajin menguras air pada akuarium.

d. Lampu TL

Lampu TL bermanfaat untuk penyinaran akuarium dan mempercantik akuarium. Namun, penggunaan lampu TL perlu diperhatikan. Sebab lampu TL mengeluarkan suhu panas yang bisa mempengaruhi keadaan air dalam akuarium. Lampu TL yang bagus untuk akuarium ukurannya 80 X 40 cm ialah 20 watt.

2. Pengontrolan Akuarium

Hal yang harus dilakukan saat pengontrolan adalah suhu air, ph air, dan kebersihan air. Pengawasan suhu air mesti dilakukan setiap hari. Manfaatkan thermometer untuk mengecek kondisi suhu pada air.

Bila suhu air akuarium menurun, maka segera hidupkan heater sampai suhu udara kembali ideal. Sedangkan, ph air yang normal untuk akuarium sekitar 6-8,5. Bila ph air turun, maka masukkan kapur ke dalam akuarium. Selain itu, awasi pula sanitasi air. Tambahkan malachite green 3 minggu sekali.

Pengendalian air juga sangat penting untuk dikerjakan. Biasanya, hal yang banyak dilupakan oleh para pecinta ikan louhan adalah mengganti air pada akuarium.

Buatlah jadwal untuk mengganti air pada akuarium supaya tetap terjaga kebersihannya. Pengurasan air bisa dijadwalkan dengan dua cara.

Langkah pertama, air akuarium dikuras seminggu tiga kali sebanyak 10% saja dari jumlah air yang ada di akuarium. Langkas selanjutnya, air akuarium dikuras semuanya dalam waktu tiga bulan sekali. Bila Anda memanfaatkan air PDAM, sebaiknya didiamkan terlebih dahulu selama 24 jam agar kuman turun.

3. Penataan Interior Akuarium.

Ikan louhan pada mulanya hidup di alam liar, seperti sungai dan danau. Oleh karena itu, jika ingin memelihara ikan louhan di dalam akuarium, ciptakanlah suasana akuarium Anda layaknya lingkungan yang ada di habitat asli ikan louhan supaya ikan louhan merasa nyaman serta tidak depress.

Berikut merupakan perlengkapan yang dibutuhkan agar akuarium Anda mirip dengan tempat tinggal yang ada di ekosistem asli ikan louhan.

4. Tanaman Air

Di ekosistem aslinya, ikan louhan biasanya suka menyembunyikan dirinya di bawah tanaman air dengan tujuan melindungi diri Dengan alasan tersebut, sediakanlah tanaman air jika Anda ingin memiara ikan louhan di dalam akuarium.

5. Pasir Batuan

Pasir berguna untuk landasan penempatan bebatuan. Pasir yang baik untuk akuarium ialah pasir sungai yang masih tercampur dengan humus. Tambahkan juga krikil berwarna dengan ukuran sekitar 3 mm. Untuk mempercantik tampilan akuarium Anda.

6. makanan ikan louhan

Ikan hias ialah ikan yang mempunyai ke indahan, baik dilihat dari sisi siripnya, bentuknya bahkan bentuk sisiknya dan umumnya dipelihara oleh para penggemar ikan hias.

Secara garis besar, Ikan hias dibagi menjadi dua yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Adapun yang umumnya dipelihara oleh para pecinta ikan hias adalah ikan hias air tawar.

Ikan hias air tawar memiliki beragam pilihan yang bisa kita gunakan sebagai hewan kesayangan di rumah. Salah satunya ialah ikan louhan.

Ikan louhan merupakan hewan peliharaan tingkat atas atau ikan yang mempunyai harga yang fantastis. Ikan louhan ini mempunyai beragam jenis dan semua jenis ikan louhan terlihat sangat indah.

Tetapi, keindahan ikan louhan bisa saja pudar bila kita salah dalam mensuplai makanan pada ikan peliharaan kita. Oleh karena itu, kita perlu meneliti dalam membeli pakan pada louhan kita.

a. Cacing Darah Beku dan cacing cacingan jenis lain

louhan bonsai

id.aliexpress.com

Cacing darah beku merupakan salah satu pakan yang sangat ideal untuk anakan ikan louhan. Makanan ini sangat cocok untuk pertumbuhan anakan ikan louhan yang mempunyai ukuran sekitar 8 cm.

bila louhan sudah agak dewasa, Anda bisa menggantinya dengan pakan lainnya. Selain itu, pakan ini juga sangat gampang didapatkan. Anda dapat mendapatkannya dari para penjual ikan hias di sekitar rumah Anda.

b. Jangkrik

Jangkrik merupakan sangat cocok untuk hidangan utama ikan louhan kita. Makanan ini sangat baik untuk memperbaiki kecerahan corak pada ikan louhan kita, terutama ikan louhan jenis golden base dan super red dragon louhan. karena hewan ini mengandung betacarotene yang berfungsi untuk memperbaiki kecerahan sisik ikan.

Jangkrik yang ideal untuk louhan kita ialah jangkrik yang masih kecil serta ketika kita ingin memberikan makanan ini, jangan lupa untuk memotong kakinya terlebih dulu agar tidak melukai mulut dan alat pencernaan ikan louhan kita.

Ingat sesuaikan ukuran ikan louhan kita dengan makanan yang satu ini jangan sampai kebesaran.

c. Udang

Udang memiliki manfaat yang sama dengan jangkrik. Pakan ini sangat baik untuk meningkatkan kecerahan corak pada ikan louhan kita. Udang ini dapat kita berikan pada ikan louhan kita, baik dalam kondisi segar maupun beku.

Namun tetap hati-hati sebelum memberikan makanan ini, hendaknya dibuang terlebih dahulu sungutnya karena dapat menciderai ikan louhan kita.

 

d. Makanan Buatan

lou han

Tokopedia

makanan buatan atau umumnya kita sebut pellet ikan. Pellet merupakan makanan yang paling simpel dan memudahkan kita dalam memberi makan ikan. Selain itu makanan ini tidak sulit diperoleh.

Saran, jika Anda ingin menggunakan pellet sebagai pakannya maka Anda perlu melatihnya sejak kecil. Karena tidak semua ikan louhan menyukainya serta dibutuhkan pembiasaan.

Demikianlah segmen tentang jenis ikan louhan dan cara merawatnya. semoga uraian diatas dapat membantu teamn-teman sekalian dalam merawat dan membudidayakan ikan louhan Anda di rumah.

Leave a Reply