20 Jenis Ikan Terbesar yang Banyak Diburu di Dunia

Ikan terbesar di dunia– ikan merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang memiliki jumlah spesies terbanyak di muka bumi, hingga saat ini yang masih tercatat aktif sebagai ikan….

aktif sebagai ikan?

eh, maksud kami, hingga saat ini jumlah spesies ikan yang berhasil dicatat berjumlah lebih dari 27.000 spesies yang tersebar di seluruh penjuru bumi.

Namun, pada kesempatan kali ini kami tidak akan membahas satu per satu dari ke-27.000 jenis ikan tersebut, melainkan kami akan membahas tentang jenis-jenis ikan terbesar yang pernah ada di dunia saja.

Jenis-jenis ikan terbesar yang akan kami sampaikan pada kesempatan kali ini adalah sebuah fakta yang sulit dan mustahil untuk dibantahkan karena ikan-ikan berukuran jumbo ini benar-benar ada di bumi kita.

Untuk menjawab rasa ingin tahu temen-temen di rumah,  Berikut beberapa ulasan tentang jenis-jenis ikan terbesar di dunia.

1. Ikan Lele Terbesar

Ikan Lele Terbesar di dunia

twistedsifter.com

Di Indonesia, ikan lele merupakan ikan konsumsi yang mudah sekali kita dapatkan di warung-warung dan restoran-restoran terdekat. Selain rasanya yang lezat ikan ini juga mengandung gizi yang kaya.

Namun, siapa sangka jika ikan ini bisa mencapai ukuran monster?

Pada 1 mei 2005, di Thailand Utara Ikan lele berukuran jumbo berhasil tertangkap oleh jaring nelayan di Sungai Mekong. Ikan jenis Mekong Giant Catfish ini memiliki ukuran panjang hampir 3 meter dengan bobot mencapai 293 kg.

Selain di Thailand, di China juga ada ikan lele yang berukuran monster.  Ikan lele tersebut bernama wels catfish atau ikan lele wels. Ikan ini berhasil memasuki pasar Eropa secara illegal.

Menurut informasi yang kami dapat berat ikan lele ini mencapai 300 kg dengan panjang hingga 6 meter. Waw benar-benar monster bukan?

2. Ikan Koi Terbesar

Ikan Koi Terbesar di dunia

karperwereld.nl

Pada kontes Rinyukai Indonesia Super Koi pada tahun 2012 lalu, yaitu sebuah kontes untuk menemukan ikan koi terbesar di Indonesia.

Pada saat itu yang keluar menjadi pemenang adalah ikan koi jenis kawarimoni dengan ukuran panjang 115 cm dan bobot mencapai 20 kg.

Menurut pemilikinya, Didi Wikara. Ikan koi miliknya diperoleh dari Jepang secara langsung atau Impor.

Ukuran koi Kawarimoni masih kalah dengan ikan koi jenis Chagoi. Ikan koi Chagoi merupakan jenis dari ikan koi yang memeiliki warna perak kecokelat-cokelatan.

Ikan koi terbesar di dunia untuk sementara ini masih di pegang oleh ikan koi chagoi dengan ukuran panjang 135 cm dan bobot mencapai lebih dari 20 kg pada tahun 1999.

3. Ikan Gabus Terbesar

Ikan gabus Terbesar di dunia

www.npr.org

Ikan toman atau yang biasa kita kenal sebagai ikan gabus merupakan ikan predator yang mampu tumbuh hingga ukuran panjang 130 cm dan berat mencapai 20 kg.

Ikan predator ini mudah sekali ditemui perairan air tawar di daerah tropis seperti Asia Tenggara, sebagian kecil Asia Selatan  dan Amerika Selatan.

Habitat aslinya berupa rawa-rawa, dan sungai-sungai yang berarus tenang. selain itu, ikan ini memiliki beberapa sebutan dan julukan di beberapa negara diantaranya adalah snakehead merah, redline sankehead, pla Chado (bahasa Thai) dan ikan toman.

Sebutan toman sendiri dirasa lebih akrab di lidah bangsa melayu seperti Indonesia dan Malaysia.

Sedangkan, orang Jawa di Indonesia biasa menyebut ikan snakehead sebagai ikan gabus atau ikan kutuk.

4. Ikan Cupan Laga Terbesar

Ikan Cupan Terbesar di dunia

www.youtube.com

Ikan cupan merupakan jenis ikan hias air tawar yang berukuran kecil dan memiliki warna yang menarik.

Sehingga tidak jarang banyak kontes-kontes yang melombakan keindahan dan keanggunan ikan ini.

Meskipun sering dilombakan dalam kontes keindahan dan keanggunan, ikan hias ini juga memiliki kontes tersendiri untuk kategori ikan cupan terbesar.

Kategori ikan cupan terbesar yang pernah tercatat adalah ikan cupan jenis giant betta plakat dengan ukuran 6,2 cm yang berasal dari Jepang.

5. Ikan Aligator Terbesar

ikan aligator terbesar di dunia

www.garfishing.com

Rekor untuk kategori ikan aliagtor terbesar saat ini masih dipegang oleh penemunya yaitu Kenny Williams di danau Chotard di Vicksburg, Mississippi pada tahun 2011.

Ikan aligator terbesar ini memiliki ukuran sebesar 137 kg dengan panjang hampir 4 meter atau 8 kaki.

6. Ikan Mas Terbesar

Ikan Mas Terbesar di dunia

ayoberinfo.blogspot.com

ikan mas merupakan ikan yang biasa dikonsumsi di Tanah Air. Rasanya yang gurih membuatnya banyak digemari oleh keluarga Indonesia.

Bagaimana jika ikan yang biasa kita komsumsi berukuran jumbo?

Mungkin diantara kita ada yang tidak percaya, tapi ini benar-benar nyata. Ikan mas berukuran jumbo ditemukan di sungai Makong, Thailand. Berat ikan ini mencapai 9 kg dengan panjang 110 cm.

7. Ikan Nila Terbesar

Ikan Nila Terbesar di dunia

gambarcantik.blogspot.com

Sama halnya dengan ikan emas, ikan nila (Oreochromis niloticus )pun merupakan ikan konsumsi favorit di tanah air.

Ikan nila terbesar yang pernah ditemukan di Indonesia mencapai hingga 60 cm dengan berat mencapai 5 kg.

8. Ikan Gurame Terbesar

ikan gurame terbesar di dunia

bigfishesoftheworld.blogspot.com

ikan Osphronemus goramy atau ikan gurame merupakan ikan air tawar asli dari Asia Tenggara yang beriklim tropis.

Rekor ikan gurame terbesar untuk sementara ini berasal dari Indonesia dengan panjang 70 cm di alam bebas dengan bobot hingga 7 kg.

9. Ikan Sidat Terbesar

ikan sidat terbesar

www.thesun.co.uk

belut merupakan hewan yang bisa temukan dipasar-pasar ikan terdekat. Sedangkan untuk rekor ikan sidat atau belut terbesar saat ini masih dipegang oleh belut jenis moray.

Sidat moray terbesar yang pernah ditemukan merupakan jenis Strophidon sathete dengan panjang 4 meter dan berat mencapai 40 kg.

10. Ikan Tuna Terbesar

ikan tuna terbesar di dunia

www.dailymail.co.uk

Seorang pemacing yang bernama Ken Fraser, telah berhasil mengangkat ikan Atlantik, yaitu Tuna Sirip Biru (Thunnus thynnus) dengan popernya di Aulds Cove, Nova.

Saat itu tanggal 26 Oktober 1979, Ia benar-benar menikmati sensai tarikan ikan raksasa ini.

Dan akhirnya setelah bertarung selama 45 menit ikan raksasa ini mampu ditaklukkannya.

Ikan tuna yang berhasil ia tangkap merupakan jenis Atlantik bluafin Tuna dengan berat kurang lebih 1.496 pon atau setara dengan 666 Kg.

Ken Fraser mengakui bahwa tangkapannya pada hari itu begitu melelahkan dan sangat menguras tenaga.

Sebagai eksistensinya di dunia memancing Ken Fraser memiliki sebuah website yang ia manfaatkan sebagai media dan alat promosi buku-bukunya.

Buku-bukunya berisi tentang bermacam-macam jenis ikan yang telah berhasil ia tangkap.

11. Ikan Patin Terbesar

ikan patin terbesar di dunia

www.youtube.com

 

12. Ikan Piranha Terbesar

ikan piranha terbesar

www.youtube.com

Ikan piranha dikenal sebagai ikan buas pemakan segalanya. Ada beberapa kasus kematian yang berkaitan erat dengan ikan yang satu ini.

Lupakan kasus-kasus tentang ikan ini. Ikan piranha memiliki beberapa sub spesies dan diantara spesies tersebut pernah ditemukan berukuran 43 cm.

Namun, pada umumnya ikan ini hanya berukuran 14-33 cm dengan berat mencapai 4 kg. Meskipun tidak terlalu besar, namun yang perlu kita ingat bahwa ikan ini sangat berbahaya.

13. Ikan Arwana Terbesar di Dunia

ikan arwana terbesar di dunia

www.riverplateanglers.com

Setidaknya terdapat sekitar 9 jenis ikan arwana yang tersebar diberbagai belahan penjuru dunia.

Namun sebagian jenis tersebut dapat ditemukan di Asia Tenggara terutama di Indonesia.

Jenis ikan ini mempunyai ciri tubuh yang pipih serta punggung yang datar, memiliki garis lateral (gurat sisi) yang terletak pada sisi kanan dan kiri tubuhnya, umumnya berwarna merah dan keperak-perakan.

Bentuk mulutnya mendongak keatas dengan sepasang sungut pada bibir bawahnya.

Mempunyai mulut yang lebar dengan rahang yang kuat. Untuk jenis arwana dewasa yang ada di Asia khususnya Indonesia umumnya mempunyai panjang antara 30 sampai 80 cm.

Ikan arwana mulai dipopulerkan pada dunia sekitar tahun 1845 oleh dua ilmuan Jerman yaitu Muller dan Schlegel.

14. Ikan Betok Terbesar

Betok; Anabas Testudineus atau dalam bahasa Inggris disebut Climbing Gouramy  adalah nama sejenis ikan yang banyak hidup liar di air tawar.

Jenis ini termasuk kedalam keompok pemangsa atau predator. Ikan ini umumnya yang pernah ditemukan berukuran kecil, panjang maksimalnya hanya mencapai 25 cm.

 

ikan betok terbesar di dunia

maniagembong.blogspot.com

Mereka mempunyai ciri bentuk kepala yang besar serta mempunyai sisik yang keras dan kaku.

Mempunyai sirip berduri pada bagian punggung. Berwarna kehitaman agak kecoklatan dan kehijauan serta bagian lateral dan bawah yang berwarna agak kekuningan.

Jenis ikan ini tersebar dari India, Asia tenggara dan China.

15. Ikan Tapah Terbesar

Ikan Tapah Terbesar di dunia

www.suggest-keywords.com

Jenis ikan yang satu ini masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan ikan lele. Yang membedakan hanyalah dari segi ukurannya yang jauh berbeda.

Ikan tapah atau Wallago mempunyai ukuran yang cukup besar dengan panjangnya yang bisa mencapai lebih dari 1,5 m.

Ikan ini banyak hidup disungai-sungai pedalaman di pulau Sumatra, Kalimantan hingga papua.

Nama tapah sendiri konon diambil dari nama sebuah kota di wilayah Perak, Malaysia tempat pertama kali ikan ini ditemukan.

16. Ikan Mujair Terbesar

Ikan Mujair Terbesar

www.highlandstoday.com

Ini adalah salah satu ikan terkenal di Indonesia karena sering dijadikan bahan santapan yang cukup enak.

Ikan yang mempunyai nama imiah Oreochromis mossambicus ini merupakan jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan di Indonesia karena pertumbuhannya yang relative sangat cepat.

Ikan mujair ini berukuran sedang, berbentuk  pipih dengan warna hitam keabu-abuan, kecoklatan dan kuning.

Panjang maksimalnya sekitar 40 cm habitat asli ikan ini adalah dari Afrika, dan ditemukan di Indonesia pertama kali oleh Pak Mujair disungai serang, Blitar  Jawa Timur pada tahun 1939. Sehingga kemudian ikan ini dinamakan mujair.

18. Ikan Terbesar Di Sungai Amazon

ikan arapaima terbesar di dunia

www.youtube.com

19. Ikan Komet Terbesar

Ikan Komet Terbesar di dunia

thetango.net

Ikan cantik yang memiliki banyak penggemar di Indonesia ini adalah salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari Negara Sakura Jepang.

Ikan dengan nama ilmiah Carassius auratus merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat mudah untuk dibudidayakan dimanapun juga karena sifat ikan ini yang sangat mudah untuk menyesuaikan diri.

Ikan ini banyak diburu oleh para kolektor dan para pencinta ikan hias karena bentuk tubuhnya yang ramping serta warnanya yang sangat indah dan menarik.

Ikan ini mampu tumbuh kembang dengan ukuran panjang maksimal mencapai 20 cm. Ikan ini mulai popular di Indonesia pada tahun 1970-an.

20. Ikan Oscar Terbesar

Ikan Oscar Terbesar di dunia

www.driftworks.com

Ikan Oscar, salah satu ikan hias yang tidak pernah sepi peminatnya. Ikan yang mempunyai habitat asli dari Amerika Selatan ini sangat mirip bentuk tubuhnya dengan ikan gurame.

Namun ikan Oskar mempunyai kombinasi warna yang lebih menarik yaitu mempunyai warna dasar coklat tua atau coklat muda serta sedikit kuning bercampur merah tua.

Dan terlihat semakin anggun dengan warna merah tua yang menutupi ekor sampai sepertiga bagian tubuhnya. Ikan ini mampu tumbuh hingga panjang maksimal mencapai 40 cm.

21. Ikan Baung Terbesar

ikan baung terbesar di dunia

barbelblogger.blogspot.com

Ikan yang mempunyai nama ilmiah mystus nemurus merupakan jenis ikan air tawar yang cukup popular di Indonesia.

Ikan ini mempunyai cirri fisik berupa kumisnya yang panjang. Tubuh ikan ini tidak mempunyai sisik namun mempunyai sirip dada dan sirip lemak yang besar.

Mulutnya berbentuk melengkung dengan kombinasi warna kulit cokelat kehijauan. Tekstur daging ikan ini tebal dengan tanpa duri serta berwarna putih.

Habitat ikan ini hampir tersebar merata di kawasan sungai-sungai di Asia terutama di Asia Tenggara dan India serta China. Panjang maksimal ikan ini bisa mencapai 80 cm.

22. Ikan Lohan Terbesar

Ikan Lohan Terbesar du dunia

spanish.fansshare.com

Ikan lou Han atau Flowerhorn merupakan jenis ikan hias yang banyak peminatnya karena memiliki warna yang menyala serta ciri khas berupa sebuah tonjolan dikepalannya.

Umumnya bentuk ikan ini hampir mirip dengan ikan mujair.

Terdapat benjolan dikepalanya dan benjolan kepala ikan pejantan lebih besar daripada betinanya.

Ikan ini memiliki beragam warna serta identik dengan corak binti-bintik seperti mutiara di tubuhnya.

Mempunyai sirip yang lebar dan bibir yang agak monyong tapi berkepala kecil. Ukuran maksimal ikan ini mencapai 40-50 cm.

Habitat asli dari ikan ini adalah berasal dari Malaysia dan Taiwan dan ikan ini baru mulai popular pada tahun 1999.

23. Ikan Belida Terbesar

Ikan Belida Terbesar di dunia

cyber-six.blogspot.com

Ikan belida, atau juga disebut ikan lopis (Notopterus chitala H.B) merupakan jenis ikan air tawar yang saat ini sudah sangat jarang ditemukan.

Hal ini dikarenakan akibat dari rusaknya ekosistem sungai sebagai tempat tinggalnya. Ciri ikan ini antara lain sirip analnya yang bersambung dengan sirip ekornya.

Bentuk kepala dekat punggungnya cekung dan bentuk rahangnya memanjang. Ikan ini mampu tumbuh kembang dengan panjang maksimal mencapai lebih dari 50 cm.

Ikan ini banyak ditemukan di Sumatra, Jawa, Kalimantan serta di Semenanjung Malaya.

24. Ikan Bawal Terbesar

ikan bawal terbesar di dunia

michaelrisdianto.blogspot.com

Ikan yang sangat mirip dengan ikan piranha ini bernama latin Colossoma macropomum, adalah jenis ikan air laut, payau dan air asin.

Sekarang ikan ini menjadi salah satu komoditas jual untuk konsumsi yang banyak peminatnya. Tubuh ikan ini berbentuk oval serta pipih tertutup oleh sisik-sisik kecil.

Warna tubuh bagian atas ialah abu-abu gelap sementara tubuh bagian bawah berwarna putih serta dilengkapi dengan sirip berwarna merah.

Ikan bawal memiliki bentuk kepala dan mulut kecil yang dilengkapi oleh rahang berisi gigi seri yang tajam.

Ukuran maksimal ikan ini bisa mencapai 100 cm. Habitat asli ikan ini adalah dari Amerika Selatan dan mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1986.

25. Ikan Koki Terbesar

ikan koki terbesar di dunia

cellar.org

Ikan mas koki atau lebih terkenal dengan nama goldfish (carrasius auratus) adalah salah satu jenis ikan hias yang sangat popular di dunia.

Ciri-ciri ikan ini adalah bentuk tubuhnya yang pendek dan bulat, mempunyai mata yang lebar dan besar, memiliki gurat sisi serta sirip yang banyak.

Bagian hidung terdapat tunas pembau dan mempunyai varian warna yang bermacam-macam.

Ukuran terbesar dari jenis ikan ini mencapai panjang 48 cm.

Ikan ini pertama kali ditemukan dihabitat aslinya yaitu didaerah China.

Demikianlah ulasan tentang 25 ikan terbesar di dunia, semoga menambah penegtahuan kita tentang ikan. Salam hangat Infosiana.net

Percakapan Obrolan Berakhir

Leave a Reply