20 Jenis Ikan Termahal di Dunia 2016 yang Bakal Bikin Hati Kamu Kepincut dengan Pesonanya

Loading...

Ikan termahal di Dunia – merupakan jenis ikan yang memilki harga tinggi atau selangit, harga tersebut ditentukan berdasarkan keindahan warna dan corak ikan hias tersebut.

Jenis Ikan hias yang ada dunia sangat banyak namun pada kesempatan kali  ini kita hanya akan membahas 20 jenis ikan hias termahal di dunia saja.

Mungkin dilain waktu kami akan meng-update artikel ini agar senantiasa bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi kamu yang cinta dengan ikan hias. Berikut  jenis ikan yang mempunyai harga yang fantastis itu.

1. Ikan Arwana Platinum

foto ikan arwana jenis brazil platinum terbesar

Keepo.me

Ikan arwana putih atau ikan arwana platinum saat ini menjadi ikan hias termahal di dunia. Pada umumnya jenis ikan arwana mempunyai warna merah, hijau, kuning dan perak.

Namun untuk corak warna platinum pada ikan arwana yang satu ini merupakan hasil dari mutasi genetic yang sangat langka.

Itulah sebabnya ikan ini menjadi ikan yang langka dan juga ikan yang sangat mahal.  Jika ikan arwana jenis Super Red Albino saja sudah mencapai harga 1 miliar.

Maka jenis Arwana Platinum ini dipasaran dihargai sekitar Rp. 5,3 Miliar. Bahkan karena saking mahalnya, didalam tubuhnya dipasang micro chip sebagai identitas dan alat pelacak.

Ikan arwana dapat kita temukan di Amerika Selatan, Asia Tenggara dan Afrika. Ikan ini dapat tumbuh mencapai 35 inci serta dapat bertahan hidup selama 50 tahun.

2. Freshwater Polka Dot Stingray

Jenis ikan hias termahal didunia berikutnya adalah ikan Polka Dot Stringray. Ikan ini memiliki warna hitam dengan totol – totol putih.

Yang membuat ikan ini terlihat eksotik adalah bentuk kepala yang bulat, mungkin secara sekilas akan tampak seperti bentuk ikan pare laut.

Tapi sebenarnya ia memang salah satu jenis pare air tawar. Ikan ini dapat ditemukan diperairan sungai Xingu, Brazil.

Sehingga dengan bentuk kepalanya yang seperti itu ia mengalami kesulitan untuk menelan makanan.

Jenis ikan hias Polka Dot Stringray ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 1,3 Miliar.

3. Ikan Arwana Super Red Albino

harga Ikan Arwana Super red albino termahal

Grid.ID

Jenis ikan hias yang terkenal dengan nama Siluk merah dan Ikan naga ini termasuk jenis arwana termahal didunia.

Arwana ini sangat terkenal karena warna merahnya yang begitu mempesona. Selain itu ikan ini juga terkenal karena memiliki daya tahan yang sangat kuat.

Di Indonesia jenis ikan arwana super red ini mulai dibudidayakan dibeberapa tempat seperti di Kalimantan untuk kepentingan pelestarian dan juga bisnis.

Harga ikan arwana super merah ini hanya kalah dari jenis arwana platinum. Dipasaran anda bisa mendapatkan arwana super red ini dengan harga sekitar Rp. 1 Miliar.

4. Peppermint Angelfish

Ikan Peppermint Angelfish mahal

Reefbuilders.com

Dikenalkan pertama kali ke public pada tahun 2012 lalu, ikan ini telah menjadi salah satu jenis ikan hias termahal dan terlangka didunia.

Bahkan di tahun yang sama para pencinta ikan hias dunia hanya bisa melihat ikan ini seekor saja di Aquarium Waikiki.

Ikan ini pertama kali ditemukan didalam sebuah ekspedisi penelitian dari Smithsonian Institute. Dan ikan ini tergolong ikan yang hidup di perairan dalam.

Ikan ini mencolok karena menampilkan corak warna garis-garis merah atau orange dan putih pada tubuhnya.

Jenis ikan hias Peppermint Angelfish ini dihargai sekitar Rp. 400 juta.

5. Ikan Bladefin Basslet

Ini merupakan jenis ikan langka berikutnya yang berasal dari perairan dalam laut karibia. Nama ikan ini diambil berdasarkan sirip punggungnya yang menyerupai pisau.

Ikan hias yang satu ini memiliki ukuran yang cukup kecil yaitu rata – rata sekitar 1,5 inci. Karena ukurannya tersebut ikan ini menjadi sangat sulit ditemukan.

Seorang penyelam perlu memiliki peralatan khusus untuk menangkap ikan ini karena selain hidup dikedalaman laut, ikan ini juga menyukai tempat yang minim cahaya.

Ikan ini terlihat cantik dengan warna orange yang  sangat mencolok juga perpaduan warna putih di bagian depan.

Ikan Bladefin Basslet ini bisa anda koleksi dengan merogoh kocek sekitar Rp. 133 Juta.

6. Ikan Golden Basslet

Ikan termahal Golden Basslet

Reefbuilders.com

Jenis ikan hias yang satu ini banyak ditemukan di perairan pasifik dan atlantik. Ikan ini masih termasuk dalam keluarga kerapu.

Ikan pemalu berbadan ramping ini menjadi sangat langka karena tempat hidupnya dilaut dalam. Oleh karena itu untuk mendapatkan ikan ini anda perlu merogoh kocek sekitar Rp. 105 Juta.

7. Ikan Neptune Grouper

Ikan Neptune Grouper

Ikan Neptune Grouper

Ikan cantik yang satu ini hampir tidak pernah dapat ditemukan dipasaran. Hal ini disebabkan karena ikan ini tergolong jenis ikan perairan dalam yang sangat sulit untuk menangkapnya.

Corak warna ikan ini dapat berbeda – beda sesuai dengan tingkat kedewasaannya. Jenis Neptune Grouper yang masih muda biasanya memiliki warna dengan corak kuning dan orange.

Tetapi ikan Neptune dewasa warnanya akan berubah menjadi merah muda dengan nuansa kuning cerah.

Ikan hias yang satu ini di jual dengan harga sekitar Rp. 80 Juta.

8. Ikan Australian Flathead Perch

Sesuai dengan namannya ikan ini berhabitat di sekitar perairan Australia. Ikan ini tergolong langka karena sangat sulit menemukan dan menangkapnya.

Loading...

Ikan ini pertama kali di jual di Amerika Serikat pada tahun 2011. Dan sejak saat itu ikan ini menjadi salah satu idola dan terus diburu bagi para pencinta ikan hias.

Jenis ikan hias yang satu ini bisa anda dapatkan dengan membayar sekitar Rp. 67 Juta.

9 Ikan Lou Han

Ikan yang juga dikenal dengan nama Flowerhorn ini sangat terkenal karena keindahan sisik serta keunikan punuk di kepalanya.

Selain karena memiliki warna sisik yang sangat indah, ikan ini juga memiliki keunikan yang emnjadi salah satu cirri khasnya yaitu berupa tonjolan pada bagian kepalanya.

Jenis – jenis Ikan Louhan yang terdapat di Indonesia diantaranya adalah; Golden Base, Cecu dan SRD.

Sempat popular ditahun 2000-an, jenis ikan hias yang satu ini bisa dihargai sekitar Rp. 40 Juta.

10 Ikan Clarion Angelfish

Ikan Clarion Angelfish termahal

Saltwatersmarts.com

Nama Ikan hias clarion ini diambil dari nama sebuah pulau indah yang terletak dilepas pantai Kepulauan Revillagigedo Pasifik Meksiko.

Ikan ini adalah ikan asli dari kepulauan tersebut. Meski demikian untuk mendapatkan atau memiliki ikan ini maka anda diharuskan memiliki izin khusus dari pemerintah meksiko.

Hal ini demi menjaga kelestarian dan keberlangsungan ikan cantik yang satu ini. Untuk memperoleh koleksi ikan clarion angelfish anda harus membayar sekitar Rp. 30 Juta.

11 Ikan Wrought Iron Butterflyfish

harga Ikan Wrought Iron Butterflyfish

kevinkohen.wordpress.com

Ikan hias Wrought Iron Butterflyfish adalah ikan yang berasal dari perairan Jepang. Ikan kecil ini panjangnya kira – kira 6 inci.

Ikan ini merupakan jenis ikan perenang yang sangat aktif. warna ikan ini sesuai dengan namanya adalah hitam keabu- abuan dengan garis kuning cerah di bagian siripnya.

Dipasaran ikan hias ini dihargai dengan  harga sekitar Rp. 32 Juta.

12 Ikan Candy Basslet

Ikan hias ini adalah jenis ikan laut yang hanya ditemukan diperairan karibia. Candy Basslet adalah ikan cantik karena memiliki paling banyak corak warna – warni daripada jenis ikan yang lain.

Sangat sulit menemukan ikan hias ini karena letaknya yang tersembunyi diantara sela – sela karang.

Meskipun demikian, sekarang ikan ini mulai dicoba untuk dibudidayakan. Harga perekor untuk jenis ikan hias ini adalah sekitar Rp. 13,4 juta.

13 Ikan Koi Jepang

Jenis ikan hias yang memiliki harga termahal yang satu ini adalah ikan koi jepang. Ikan ini berasal dari negeri Tiongkok yang dikenal juga dengan sebutan ikan karper.

Ikan ini merupakan family dekat dari ikan mas. Dalam mitologi china ikan hias ini adalah dipercaya sebagai ikan pembawa keberuntungan

Diseluruh dunia terdapat sekitar 24 varietas ikan koi. Dan ikan koi jepang ini untuk ukuran 30 – 40 cm dibanderol dengan harga Rp. 5 – 7 juta.

14 Ikan Oskar

ikan oscar termahal

fishlaboratory.com

Ikan ini memiliki warna yang sangat menarik yaitu kuning kemerah – merahan. Jenis ikan yang asli berasal dari amerika selatan ini sekarang mulai banyak dibudidayakan di Indonesia.

Berbagai varietas baru hasil perkawinan silang mulai banyak dikembangkan. Ikan ini sebaiknya dipelihara terpisah atau sendirian karena sangat tidak ramah terhadap ikan yang lain.

Harga ikan ini sangat bervariasi tergantung dengan ukuran dan warnanya, tapi umumnya dijual dengan harga yang berkisar antara Rp. 100.000 – Rp. 250.000.

15 Ikan Discus

Ikan hias discus ini berasal dari lembah sungai amazon, ikan ini banyak dipelihara dan dikoleksi oleh pencinta ikan hias karena memiliki bentuk dan warna yang indah.

Ragam warna pada umumnya adalah hijau, coklat dan biru. Harga ikan hias jenis ini untuk ukuran 3 inchi adalah berkisar antara Rp. 75.000 – Rp. 100.000.

16 Ikan Mas Koki

salah satu ikan hias air tawar ini memiliki keunikan pada bentuk tubuhnya yang kebanyakan bulat menggemaskan. Berwarna emas dengan bentuk mata yang besar dan melotot.

Nilai jual ikan hias mas koki dipasaran adalah sekitar Rp. 20.000/ ekor.

17 Ikan Cupang Crowntail

Ikan yang sering diikutkan dalam ajang kontes ikan hias ini memiliki keunikan pada bentuk siripnya yang mirip seperti kipas atau layar yang sobek.

Harga ikan jenis ini biasanya dipatok dari Rp. 15.000/ekor.

18 Ikan Guppy

Ikan hias ini juga dikenal dengan nama ikan seribu atau ikan cere. Jenis ikan air tawar ini selain sebagai ikan hias, juga bermanfaat untuk membasmi jentik nyamuk.

Karena salah satu makanan pavorit ikan ini adalah jentik nyamuk. Maka cocok untuk mencegah berkembangnya nyamuk penyebab penyakit DBD atau penyakit akibat nyamuk lainnya.

Harga ikan ini sangat murah yaitu berkisar antara Rp. 2.500 – Rp. 10.000/ ekor.

19 Ikan Angel

Ikan Angel atau Pterophyllum Sclare adalah ikan hias unik yang memiliki bentuk tubuh yang pipi dan mulut yang tajam.

Ikan hias ini sangat mudah untuk dibudidayakan karena sumber makanannya juga berasal dari jentik nyamuk dan pellet.

Harga ikan hias yang satu ini adalah Rp. 3.500 dengan ukuran 3 cm.

20 Ikan Neon Tetra

Ikan yang memiliki nama ilmiah Paracheirodon innesi adalah ikan hias yang berasal dari Amerika Latin seperti Peru, Kolombia dan Brazil.

Ikan ini memiliki warna biru terang dibagian punggung serta warna putih perak di bagian abdomen.

Ikan ini dijual sebagai ikan hias berdasarkan ukuran tubuhnya, untuk ukuran 0,8 cm yang usianya sekitar 40 hari dihargai Rp. 150/ekor.

21. Ikan Masked Manfish

Ikan manfish termahal

DuniaPerairan.blogspot.com

Ikan Masked Manfish merupakan ikan yang berasal dari Perairan Pasific-Timur Tengah. Selain itu, spesies ini merupakan ikan endemik di Perairan Hawaii (USA), umumnya  akan mudah kita temui di perairan Northwestern Kepulauan Hawaii.

Selain itu ikan ini mampu hidup mulai dari kedalaman 10 m hingga 150 m dengan makanan utama  berupa plankton, ganggang hijau, dan telur ikan.

Demikianlah pembahasan kita tentang 20 jenis ikan hias termahal didunia.  Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply


Loading...