6 Jenis Ikan Cupang Hias dan Aduan Termahal di Dunia 2016

Jenis Ikan Cupang Hias dan Aduan Termahal di Dunia 2016-Ikan cupan atau ikan cupang ialah satu diantara tipe ikan hias yang ter populer di Indonesia. Ikan cupang ini memiliki bentuk tubuh yang cantik, sehingga banyak orang yang memiliharanya di aquarium ataupun tempat lainnya.

Ikan cupang merupakan ikan hias air tawar yang sangat gampang untuk dipelihara bahkan dikembang biakkan. Ikan cupang (Betta sp.) yaitu jenis ikan air tawar yang banyak hidup di negara-negara tropis. Ikan cantik ini banyak kita temui di perairan Asia Tenggara, seperti Vietnam, Malaysia, Thailand dan Indonesia menjadi salah satunya.

Habitat Ikan Cupang ada di rawa-rawa, danau, dan sungai yang berarus tenang.
Satu diantara keunggulan ikan cupang diantaranya yaitu daya tahannya terhadap lingkungan tempatnya hidup. Jenis Ikan cupang mampu hidup pada lingkungan air yang miskin oksigen.

Baca juga: Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium yang Mudah di Pelihara dan Terpopuler di Indonesia

ikan cupan aduan

36.82.105.7

Dengan kemampuan bertahan hidupnya yang luar biasa, membuat ikan ini mudah dipelihara dan dibudidayakan dalam toples kecil maupun aquarium tanpa menggunakan aerator.

Keunggulan ikan cupang ini disebabkan karena ikan cupang memiliki rongga labirin seperti pada ikan lele dan ikan rawa lainnya. Labirin tersebut dapat membuat nya bertahan pada lingkungan yang miskin oksigen.

Ikan Cupang hias dipelihara untuk dinikmati keindahan bentuk, warna dan gerakannya. Sebaliknya ikan cupang adu dipelihara untuk di lagakan. Perlu kita ketahui bersama, di beberapa negara melagakan ikan cupang termasuk perbuatan yang ada konsekuensi sanki hukum.

Ikan cupang memiliki jenis yang beragam dan di setiap jenisnya mempunyai kekhasan masing-masing. Ikan hias yang satu ini mempunyai sifat yang unik. Dalam kehidupan alamiahnya, ikan ini cenderung gesit dan agresif saat melindungi diri dan daerah tempat tinggalnya.

ikan betta

grosir-kulakan.blogspot.com

Dalam kalangan para pecinta ikan cupang, ikan ini dibedakan menjadi beberapa kelompok, diantaranya adalah ikan cupang hias, dan ikan cupang aduan.

Ikan Cupang hias dan Ikan cupang adu dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan sifat agresifitasnya. Berdasarkan data Ilmiah, ada tidak kurang dari 75 spesies ikan cupang yang tinggal di bumi ini. Akan tetapi, hanya sebagian saja dari spesies tersebut populer sebagai ikan hias peliharaan.

Saat ini, Spesies ikan cupang yang banyak beredar di pasaran umumnya berasal dari kelompok splendens complex, yang meliputi Betta splendens, Betta stiktos, Betta mahachai, Betta smaragdina dan Betta imbellis. Serta ditambah dengan jenis-jenis lain yang merupakan hasil silangan dari spesies-spesies tersebut.

Jenis ikan cupang

Dalam kalangan para penggemar ikan cupang, ikan ini dibedakan menjadi beberapa kelompok, diantaranya adalah ikan cupang hias, dan ikan cupang aduan.

a. Jenis ikan hias

ikan bitte

www.binatangpeliharaan.org

Seperti yang telah disebutkan di atas, para pecinta ikan cupang mengelompokkan jenis ikan cupang berdasarkan penampilan bentuk dan corak warnanya.

Dari setiap hasil pengawinan yang mempunyai bentuk serta sifat yang khas, maka akan diberi nama tersendiri sesuai dengan karakter dan bentuknya.

Bentuk cupang yang berlandaskan dengan hasil penilaian kontes Masyarakat Cupang Hias Indonesia (MCHI), dari kiri ke kanan.

Baca juga: 18 Jenis Ikan Guppy Termahal dan Tercantik Tahun 2016

Berikut ini adalah uraian ringkas tentang jenis-jenis dan harga ikan cupang termahal serta tak ketinggalan ikan cupang paling populer di dunia yang wajib para penggemar ikan cupang ketahui:
Jenis cupang hias dibagi lagi menjadi beberapa macam, yaitu:

1. JENIS IKAN CUPANG HALFMOON (BULAN SEPOTONG).

ikan adu

larisdistrict.blogspot.com

Sesuai dengan gelarnya, cupang halfmoon yaitu jenis ikan cupang hias yang dikaruniai sirip dan ekor yang seolah-olah menyatu sehingga membentuk seperti setengah lingkaran.

Apabila kita amati dari samping, sirip cupang halfmoon membentuk pola seperti setengah lingkaran bulan.

Ikan cupang halfmoon dijadikan peliharaan karena keindahan sirip dan bentuknya yang sangat anggun bak penari yang menari-nari di dalam air.

Jenis ikan cupang yang satu ini memiliki berbagai corak warna yang sangat beragam, mulai dari kuning, merah terang dan berbagai jenis warna lainnya.

Baca juga: 7 Jenis Ikan Aligator Terbesar yang Banyak Diburu Oleh Kolektor

Harga Ikan Cupang Halfmoon (Bulan Sepotong)

Di kalangan pemburu ikan hias, ikan ini dihargai pada kisaran harga antara Rp 5.000 sampai Rp 300.000.
Harga ini umumnya akan bertambah menjadi semakin tinggi jika ikan tersebut telah membintangi beberapa kontes kejuaraan atau perlombaan ikan hias. Menarik bukan?

Ikan cupang tipe Halfmoon (bulan setengah ), memiliki sirip dan ekor yang lebar dan simetris menyerupai bentuk bulan separo. Jenis ikan cupang ini pertama kali dikembang biakkan pada tahun 1982 oleh seorang ahli di Amerika Serikat yang bernama Peter Goettner.

Baca juga: 10 Jenis Ikan Arwana Termahal yang Paling Banyak Diburu 2016

2. JENIS IKAN CUPANG CROWN TAIL (SERIT).

ikan cupan aduan

www.suherlin.com

Baca juga: Jenis Ikan Black Ghost Terlaris dan Cara Membudidayakannya

Pada segmen ini, rakyat Indonesia terutama para penghobi ikan cupang boleh sedikit berbangga, sebab, jenis ikan cupang serit ini lahir dan besar dari tangan-tangan kreator dari indonesia, tepatnya daerah slipi, jakarta.

Nama ikan cupang serit telah menggema di dunia karena terkenal dengan berbagai keindahan warna dan bentuk. ikan hias air tawar ini disebut crown tail atau ekor mahkota sebab ketika ekornya dibalik menghadap ke atas serit-serit yang ada di ekornya akan terlihat seakan-akan mahkota raja.

Model ikan cupang serit memiliki banyak varian warna dan bentuk. ada yang memiliki serit tunggal, dimana pada tiap serit hanya terdapat satu tulang sirip. ada juga yang berserit dua atau serit ganda.

Keindahan dan kemolekkan ikan cupang serit telah diakui banyak negara di dunia serta banyak di lombakan di international betta congress (IBC).

Harga Ikan Cupang Crown Tail (Serit)

Di kalangan pecinta ikan hias, ikan ini dijual dengan kisaran harga antara Rp 5.000 — Rp 300.000.
Harga ini biasanya akan naik menjadi semakin tinggi bila ikan tersebut telah menjuarai beberapa kontes kejuaraan atau perlombaan ikan hias. Bagaimana anda tertarik untuk memeliharanya?

Baca juga:

3. JENIS IKAN CUPANG PLAKAT/ Plakat Halfmoon (PETARUNG ATAU ADUAN)

cara ternak ikan gapi

toydogs.deviantart.com

Sebutan “Plakat” ber asal dari bahasa di Thailand yang memiliki arti kurang lebih, “tarung” atau “laga”. Sejalan dengan julukan nya, tipe ikan cupang ini sering kali di gunakan sebagai cupang aduan.

Thailand memang mempunyai tradisi mengadu cupang yang telah turun temurun. Sirip dan ekor ikan cupang plakat umumnya pendek tidak melumbai seperti jenis cupang jenis halfmoon dan serit.

Karena pendek, sirip tersebut menegaskan petarung yang tangguh dan kekar. Gerakan jenis ikan cupang aduan yang satu ini tidak menonjolkan sisi keanggunan namun cenderung lebih garang dan sangar.

Harga Ikan Cupang Plakat/ Plakat Halfmoon (Petarung atau Laga)

Di pasaran ikan ini dihargai dengan kisaran harga antara Rp 5.000 — Rp 300.000.
Harga ini acap kali akan bertambah menjadi semakin tinggi jika ikan tersebut telah memenangi beberapa kontes kejuaraan atau perlombaan ikan hias. Bagaimana anda tergoda untuk memeliharanya?

Baca juga: 9 Jenis Ikan Louhan Termahal 2016 dan Cara Merawatnya

4. JENIS IKAN CUPANG DOUBLE TAIL (CAGAK/ekor ganda).

ternak ikan hias

khoirulsofyanblog.blogspot.com

Jenis ikan cupang yang satu ini di beri nama double tail karena bagian sirip ekor nya ter belah dua, seakan-akan bercagak ganda. ikan cupang double tail atau ekor ganda ter golong sulit di pelihara. Oleh karena itu, ke hadiran nya masih langka di perjual-belikan di pasaran.

Baca juga: 31 Jenis Ikan Koi yang Paling Laku di Pasaran

Harga Cupang Double Tail (Cagak)

Di pasaran ikan ini dijual pada kisaran harga antara Rp 10.000 sampai Rp 300.000.
Harga ini acap kali akan bertambah menjadi semakin mahal apabila ikan tersebut telah menjuarai beberapa kontes kejuaraan atau perlombaan ikan hias. Bagaimana menarik bukan?

5. giant betta (cupang raksasa)

jual ikan betta

betta138.blogspot.com

Sesuai dengan nama nya, giant betta yaitu jenis ikan cupang yang memiliki ukuran tubuh yang besar atau raksasa. Ukuran tubuhnya bisa tumbuh sampai 12-15 cm, sehingga membuat gerakan ikan cupang jenis ini lambat, dan kurang agresif dalam berenang.

Harga Cupang Giant betta (Cupang raksasa)

Di pasaran ikan ini dihargai dengan kisaran harga antara Rp 5.000 hingga Rp 300.000.
Harga ini biasanya akan naik menjadi semakin mahal jika ikan tersebut telah menjuarai beberapa kontes kejuaraan atau perlombaan ikan hias. Bagaimana menarik bukan?

b. Ikan cupang aduan

foto ikan aduan

idungbetta.blogspot.com

Umumnya ada beberapa ciri-ciri yang dimiliki ikan cupang aduan ialah tubuhnya full pressed body( ramping), bila kita perhatikan dengan seksama ada cekungan halus dari ujung badan hingga samping perut, bersisik kecil dan tebal, memiliki dahi seperti ikan arwana.

Ring bibir tebal, jari-jari sirip ekor halus rapat (jari-jari sirip yang besar rawan terserang jamur, saat sirip terkoyak atau luka), pembawaannya low profile (santai tapi waspada).

Ikan cupang model ini sering kali menjadi raja yang kejam ketika di medan laga sangat bertolak belakang dengan warna-warni tubuhnya yang indah. Mereka menghabisi musuh tanpa ampun, kadang di setiap petarungan mereka berakhir dengan kematian lawannya.

Baca juga: 25 Jenis Ikan Mas Koki Terlaris dan Termahal di Pasaran

Cara praktis budidaya ikan cupang

Memilih indukan ikan cupang

ikan cupan termahal di dunia

plus.google.com

Untuk mengawali mengembang biakkan ikan cupang, langkah pertama yang hendaknya disiapkan adalah calon indukan yang baik dan berkualitas atau bibit ikan cupang yang berkualitas.

Bakalan indukkan yang berkualitas dan baik sangat penting, sehingga, usahakan calon indukan berasal dari gen yang unggul, kondisinya bugar, jauh dari penyakit dan tidak cacat sejak lahir. Simpan bakalan indukkan jantan dan betina di wadah terpisah.

Cara membedakan antara ikan cupang jantan dan betina!

Jantan: berenang nya lincah, mempunyai sirip dan ekor yang lebar nan mengembang, warna cerah menyala, tubuhnya lebih besar.

Betina: gerakan nya lebih lamban, mempunyai sirip dan ekor lebih pendek, memiliki warna kusam, tubuhnya lebih kecil.

Sebelum pemijahan dilakukan, pastikan indukan jantan dan betina sudah memasuki masa matang gonad atau siap untuk di buahi. Ada beberapa ciri calon indukan yang telah siap untuk dikawinkan diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca juga: 10 Fakta Unik Tentang Ikan Buntal

Calon indukan cupang jantan:

jenis ikan aduan

www.youtube.com

  • Berusia setidaknya 4-8 bulan.
  • Bentuk badan panjang.
  • Siripnya panjang dan memiliki warna yang menyala terang dan atraktif.
  • Gerakannya agresif dan lincah

Calon indukkan cupang betina:

jenis jenis ikan betta

rumahbettapekanbaru.blogspot.com

  • Berusia kurang lebih 3-4 bulan.
  • Bentuk badan membulat, terutama pada bagian perut sedikit buncit yang menandakan sedang mengandung telur yang siap dibuahi.
  • Siripnya pendek dan warnanya kusam kurang menarik.
  • Gerakannya lambat

Pemijahan ikan cupang

Setelah indukan jantan dan indukan betina siap untuk memijah, sediakan tempat berupa wadah dari baskom plastik atau akuarium kecil dengan ukuran 20x20x20 cm3.

Siapkan juga gelas plastik sebagai tempat ikan cupang betina. Sediakan juga tumbuh-tumbuhan air pada gelas tersebut, seperti kayambang atau sejenisnya.

cara ternak ikan betta

firlikusnurhali.blogspot.com

Baca juga: 18 Jenis Paus Raksasa yang Populasinya Hampir Punah

Dalam setiap kali perkawinan, ikan cupang mampu menghasilkan sampai 1000 butir telur. Telur tersebut akan menetas hanya dalam jangka 24 jam setelah terjadi pembuahan antar indukan.

Berdasarkan kebiasaan para pembudidaya, tingkat kegagalan benih ikan cupang cukup tinggi. Dalam satu kali pembuahan umumnya hanya ada 30 – 50 ikan cupang yang dapat bertahan hidup dan dapat dipanen.

 

Indukan jantan dapat dikawinkan hingga 8 kali dengan interval waktu kira-kira 2-3 minggu. Sedangkan, untuk indukan betina dianjurkan hanya di kawinkan sekali saja.

Bila dipaksakan, pada perkawinan selanjut nya akan terjadi penurunan keragaman jenis kelamin. Dimana anakan ikan akan banyak didominasi oleh ikan dengan jenis kelamin betina.

Berikut langkah-langkah pemijahan ikan cupang:

budidaya ikan betta

guppy-cupang-maniak.blogspot.com

  • Isi tempat pemijahan dengan air bersih setinggi 10-15 cm. Sebagai catatan pastikan air yang di pakai berasal dari air tanah atau air sungai yang bersih dan jernih. Endap kan terlebih dahulu air yang akan di pakai setidak nya selama satu malam. Tidak disarankan penggunaan air dalam kemasan atau air PAM yang mengandung kaporit.
  • Jangan lupa sediakan ke dalam tempat tersebut tanaman air, sebagai sarana burayak ber naung. Namun peletakkan tumbuhan air jangan terlalu banyak. Alasannya karena tumbuhan air berpotensi menyerap kandungan oksigen yang ter larut dalam air.
  • Setelah proses pemijahan selesai biarkan telur ikan dibuahi oleh gelembung-gelembng yang dikeluarkan oleh indukan jantan. Sedangkan indukan betina langsung dipindahkan ke tempat lain agar tidak memakan telur-telurnya.

  • Dalam kehidupan ikan cupang yang bertanggung jawab dalam merawat burayak adalah indukan pejantan. Pembuahan biasa dilakukan pada jam 7-10 pagi atau jam 4-6 sore. Telur akanmenetas setelah 24 jam.
  • Setelah 3 hari burayak diberi pakan berupa kutu air (moina atau daphnia). Berikan pakan secukupnya jangan melebihi jumlah ikan yang ada.
  • 2 minggu kemudian indukan jantan dianagkat dan dipindahkan ditempat lain. Adapun berayak bisa ditempatkan di tempat yang lebih luas dan diberi pakan dengan ukuran pakan yang sedikit lebih besar sesuia dengan ukuran mulut ikan.
  • 1,5 bulan kemudian ikan dipisahkan berdasarkan jenis kelamin dan siap dipindahkan ke akuarium pembesaran.

Makanan ikan cupan atau cupang

budidaya ikan molly

virqfarm.wordpress.com

Baca juga: 12 Fakta Menyeramkan dari Sang Predator Ikan Piranha

Makanan favorit yang lumrah di makan pada ikan cupang adalah kutu air, cacing sutera dan larva nyamuk. Pemberian makanan hendaknya diberikan sesering mungkin, misalnya sehari 3-4 kali.

Pemberian pakan cara ini lebih baik dibandingkan sekaligus banyak. Hal ini berfungsi untuk mengurangi resiko penumpukan sisa makanan yang dapat mengakibatkan berkembangnya penyakit.

Perawatan ikan cupang dan Cara mudah Memelihara ikan cupang

Seperti yang telah di jelaskan di atas, ikan cupang relatif tahan banting sekalipun dalam kondisi lingkungan yang ekstrim. Kita ketahui bersama, ikan cupang mampu di budidayakan dalam akuarium tanpa memanfaatkan aerator.

ikan cuppang

galerycupang18.blogspot.com

Baca juga: 20 Jenis Ikan Terbesar yang Banyak Diburu di Dunia

Ikan ini tahan terhadap segala macam keadaan air yang minim akan oksigen. Meskpun demikian, kami menyarankan agar tetap menjaga kualitas air dengan memasang aerasi dan filter penyaring.

Hal ini bertujuan supaya ikan bisa tumbuh sempurna dan selalu dalam kondisi bugar. Terutama untuk tujuan dikonteskan.

Adapun untuk ikan cupang laga, kita bisa menempatkanya ke dalam toples kaca kecil. Menurut beberapa pengalaman, supaya ikan lebih agresif dan gesit, disarankan agar anda menyimpannya di tempat yang gelap.

Gantilah air secara berkala, hal ini akan membuat sirkulasi oksigen baik. perhatikan penumpukan kotoran dan sisa pakan pada dasar wadah. Penumpukan tersebut dapat menimbulkan penyakit bahkan kematian pada ikan akibat pencemaran air.

Demikianlah sekilas tentang ikan cupan hias dan aduan termahal di dunia, beserta cara memelihara dan merawat ikan cupan yang meliputi makanan dan jenis-jenis ikan cupan, baik itu jenis betta imbelis, betta splendens, maupun betta smaragdina.

6 Comments

  1. komeng October 14, 2016
    • AdminInfosiana October 14, 2016
  2. Hewanpedia November 17, 2016
  3. jhon November 25, 2016
  4. Qnoy witwicky December 8, 2016
    • oppy slipi March 7, 2017

Leave a Reply