10 Jenis Kopi Arabika Ternikmat yang Perlu Kamu Ketahui

Loading...

Kopi merupakan sebuah minuman yang biasa diminum oleh banyak orang hampir di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri kopi merupakan minuman favorit yang biasa dihidangkan di Cafe-cafe maupun tempat-tempat kuliner sekalipun.

Pada Kesempatan in kami akan membahas sedikit tentang jenis-jenis kopi yang ada di dunia. Macam-macam kopi yang ada di dunia sebenarnya hanya mengarah pada subspesies kopi.

Umumnya setiap biji kopi yang berasal dari tempat yang berbeda maka akan memiliki cita rasa dan karakter yang berbeda pula, mulai dari segi aroma, kandungan kafein, rasa serta tingkat keasaman.

Ciri-ciri ini disesuaikan dengan letak geografis dimana kopi tersebut tumbuh, serta proses pengolahan atau produksi dan yang terakhir adalah struktur genetika subspesies kopi yang berbeda-beda.

Varitas kopi arabica

 

Kelebihan kopi arabika

PTnasa.net

Di dunia pecinta kopi maka kita tidak akan asing dengan dua nama yang sudah sangat familiar di telinga teman-teman, yaitu kopi Coffea arabica dan kopi robusta.

Dibandingkan dengan kopi robusta, kopi arabica memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah cita rasa yang kaya dan memiliki rasa yang kaya. Selain itu, C. arabica mempunyai banyak varietas.

Dimana di setiap varietasnya mempunyai kekhasan dan keunikan tersendiri. Adapun beberapa jenis kopi arabica yang terkenal saat ini diantaranya adalah:

Loading...
  • Kopi Kolombia (Colombian coffee)- kopi ini pertama kali diperkenalkan di Kolombia di awal tahun 1800. Hingga saat ini telah tercata ada 4 jenis kopi Kolombia yang ditanam di negeri ini, seperti kultivar Maragogype, Caturra, Typica dan Bourbon. Saat proses penggorengan berlangsung, kopi Kolombia umumnya mengeluarkan rasa dan aroma yang kuat. Sekerang ini Kolombia menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar kedua dunia setelah Brazil. Tidak kurang dari 12% biji kopi yang tersebar di penjuru dunia dihasilkan oleh negara ini.
  • Colombian Milds merupakan salah satu varietas kopi yang berasal dari kawasan Kolombia, Kenya dan Tanzania. Semua varietas Colombian Milds ialah jenis kopi arabica yang dalam proese pengolahanya telah dicuci bersih.
  • Costa Rican Tarrazu merupakan salah satu jenis kopi arabica yang berasal dari (en)”San Marcos de Tarrazu valley”, yaitu sekitar pegunungan San Jos√©, Costa Rica.
  • Guatemala Huehuetenango merupakan salah satu varietas kopi unggulan yang di tanam di ketinggian 5000 kaki di kawasan Guatemala bagian utara.
  • Ethiopian Harrar merupakan satu diantar jenis kopi arabica yang paling nikmat di kawasan Ethiopia. Kopi ini tumbuh dan besar di kawasan Harar, Ethiopia.
  • Ethiopian Yirgacheffe adalah salah satu jenis kopi arabica terbaik di kawasan Ethiopia yang berhasil di tanam di kawasan di kota Yirga Cheffe, provinsi Sidamo (Oromia),Ethiopia.
  • Mocha, nama ini sudah tidak asing lagi bagi pecinta kopi, baik itu pemula maupun yang sudah maniak. Kopi khas ini berasal dari Yemen awalnya diperjual-belikan di pelabuhan Mocha, Yemen. Soal rasa jangan sampai kamu salah paham dan menyamakannya dengan cara penyajian kopi dengan coklat. Itu sanagt berbeda.
  • Mandheling atau Lintong merupakan salah satu jenis kopi arabica yang tumbuh besar di Indonesia tepatnya di Sumatra Utara. Nama Mandheling sendiri berasal dari salah satu suku Batak yang tinggal di Mandailing, Sumatra utara. Adapun Kopi Lintong berasal dari nama tempat yang bernama Lintong di Sumatra utara.
  • Gayo Coffee merupakan salah satu varietas kopi arabica yang berasal dari Dataran Tinggi Gayo (Gayo ialah salah satu nama Suku Asli yang berasal dari Aceh) yang meliputi 3 kabupaten besar, yaitu Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah serta Gayo Lues.
  • Kopi Toraja atau Kalosi merupakan kopi arabika yang ditanam di daerah pegunungan tinggi di Sulawesi. Kalosi merupakan salah satu nama kota kecil ayang ada di Sulawesi dan merupakan gudangnya kopi yang didapat dari daerah sekitarnya. Toraja sendiri adalah nama pegunungan di Sulawesi dan sekaligus menjadi tempat tumbuhnya kopi ini. Kopi dari Sulawesi ini mempunyai aroma yang kaya, tingkat keasaman yang seimbang (agak sedikit lebih kuat dari kopi Sumatra) dan memiliki ciri yang multidimensional dan berwarna coklat tua.

Untuk melengkapi informasi tentang kopi, kami disini memiliki salah satu produk kopi yang sangat bermanfaat bagi kamu yang sangat memperhatikan penampilan.

Kopi yang kami maksud adalah kopi hijau atau green coffee. Kami adalah salah satu distributor terbesar yang jual kopi hijau di Indonesia dengan kualitas terbaik dan telah teruji khasiatnya.

Leave a Reply


Loading...