50 Jenis Tanaman Obat Keluarga yang Indah dan Mudah Ditanam di Halaman Rumah

Jenis Tanaman Obat Keluarga– Memiliki beragam jenis tanaman obat keluarga di rumah tentu menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Selain akan memberikan kesejukan, tanaman tersebut juga memberikan khasiat.

Ya, toga memang bisa menjadi obat alternative untuk segala jenis penyakit. Dengan adanya tanaman tersebut di rumah, tentu anda akan lebih mudah melakukan perawatan.

Tidak hanya itu, tanaman obat tersebut juga tidak akan memberikan efek samping saat digunakan. Tentu, anda bisa merasakan banyak manfaat tanpa rasa khawatir.

Nah, lantas, apa saja jenis tanaman obat yang semestinya di tanam di halaman rumah? Simak daftar tanaman obat keluarga yang mudah ditanam beserta khasiatnya di bawah ini. Selamat membaca.

1. Adas

 jenis tanaman obat dan cara membuatnya

www.tramil.net – Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya: Adas

Adas merupakan tanaman obat tradisional yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Tanaman ini memiliki khasiat pada buah, akar dan daunnya untuk meningkatkan vitalitas pria dan menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

2. Ajeran

Ajeran cukup banyak berasal dari Melayu dan Jawa. Tanaman ini memiliki sifat pahit namun bisa mendinginkan. Biasanya, ajeran biasa digunakan sebagai salah satu ramuan tradisional untuk untuk melancarkan peredaran darah dan mengatasi sakit gigi.

3. Alang-alang

Alang-alang adalah tumbuhan liar yang mask dalam kategori obat tradisonal. Meskipun sering tak dirawat, tumbuhan ini memiliki banyak manfaat, seperti untuk mengatasi mimisan, mengobati panas dalam dan lainnya.

4. Alpukat

Alpukat adalah buah yang memiliki rasa sangat enak dan gurih ini, bisa dijadikan sebagai obat. Buah ini sangat bagus untuk mengatasi nyeri lambung, sariawan, kencing manis dan lainnya.

5. Andong

Satu diantara jenis tanaman obat keluarga selanjunya yang perlu ditanam adalah andong. Andong adalah tanaman yang memiliki fungsi untuk mencegah wasir dan mengatasi nyeri lambung yang mendera.

6. Anggrung

Anggrung adalah tanaman obat yang berasal dari Sumatera dengan nama latin Trema orientalis. Tanaman ini memiliki cukup banyak khasiat, seperti untuk mengatasi batuk, diare dan masuk angin secara alami.

7. Anyang-anyang

Nama lain dari tumbuhan berkhasiat obat ini adalah Rejasa, dalam bahasa Sunda. Dalam tanaman ini terkandung banyak nutrisi untuk mengatasi migraine dan sakit kepala tak tertahankan.

8. Asam Jawa

Asam Jawa termasuk salah satu tanaman obat keluarga yang paling banyak digunakan. Buah dari tanaman ini bisa diandalkan untuk menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan dan lainnya.

9. Bandotan

Bandotan sering disebut sebagai tanaman liar dan jarang terurus. Namun, tanaman ini bisa diandalkan sebagai tanaman obat alami untuk mengatasi bisul, borok, dan beberapa gangguan kesehatan lainnya.

10. Bakung

 macam macam tanaman obat dan gambarnya

lemahkuning.blogspot.com- Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya: Bakung

Bakung adalah tanaman berkhasiat obat yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Tanaman dengan bunga warna putih ini memiliki cukup banyak khasiat seperti untuk mencegah pendarahan dan obat luka.

11. Balsem

Nama tanaman ini memang seperti obat gosok. Namun, balsem adalah salah satu obat herbal yang cukup ampuh. Tanaman ini bisa digunakan untuk mengatasi bronkhitis dan juga gangguan asma.

12. Bambu Tali

Bambu tali disebut juga sebagai asparagus dan merupakan contoh tanaman obat yang paling banyak digunakan. Tanaman ini memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem imun dan menurunkan panas.

13. Bengkuang

Bengkuang adalah satu diantara banyakbuah yang bisa kita ambil manfaatnya menjadi ramuan obat herbal. Daun bengkuang termasuk salah satu obat alami untuk beragam gangguan kesehatan, terutama untuk mengobati demam yang mendera secara alami.

14. Bangle

Bangle adalah sejenis umbi. Tanaman ini disebut juga sebagai kunyit India. Daun dan umbi bangle bisa dimanfaatkan untuk beragam hal, terutama untuk menurunkan demam tubuh.

15. Baru Cina

Baru Cina disebut juga sebagai suket gajahan. Tanaman ini memiliki aroma yang unik dan cenderung pedas. Biasanya, Baru Cina digunakan untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

16. Bayam Duri

Bayam duri adalah sayuran yang memiliki banyak kandungan baik, seperti vitamin, kalium dan zat besi. Dalam keseharian, bayam duri bisa digunakan untuk mengatasi bisul, meningkatkan produksi ASI dan lainnya.

17. Belimbing Manis

yang bukan tanaman obat keluarga adalah

agrowindo.com – Tanaman Obat Keluarga: Buah Belimbing Manis

Belimbing manis adalah buah yang memiliki banyak khasiat. Dengan kandungan vitamin, lemak, kalsium dan fosfor yang tinggi, buah ini bisa digunakan untuk mencegah malaria dan sakit kepala kronis.

18. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh memiliki rasa asam yang cukup tinggi. Namun, di balik rasa asamnya, buah ini bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak, reumatik dan menghilangkan jerawat secara alami.

19. Beluntas

Beluntas adalah tanaman yang unik dengan aroma yang khas. Tanaman ini memiliki kandungan minyak atsiri yang cukup tinggi dan bisa digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan.

20. Bidara Upas

Daun bidara upas merupakan obat alami yang sangat ampuh. Daun dari pohon ini memiliki kandungan yang cukup baik dan berguna untuk mengatasi kusta dan meringankan luka pada kulit.

21. Bunga Matahari

Manfaat Tanaman obat Keluarga dan gambarnya

Merdeka.com – Tanaman Obat Keluarga: Bunga Matahari

Bunga matahari juga termasuk salah satu jenis tanaman obat keluarga yang bisa ditanam. Bunga ini memiliki kandungan asam oleanolat yang cukup tinggi dan bisa digunakan untuk mengobati reumatik serta desentri.

22. Blustru

Blustru adalah tanaman dengan buah yang berasa manis. Tanaman ini mengandung vitamin yang cukup tinggi serta kandungan lain yang bisa digunakan untuk mengatasi sesak napas dan asma.

23. Boroco

Boroco adalah tanaman dengan warna ungu yang khas dan cantik. Meskipun rasanya pahit, tanaman ini bisa dijadikan alternative untuk mengatasi infeksi mata maupun muntah darah.

24. Brotowali

Brotowali adalah tanaman yang bisa dibuat menjadi jamu tradisional dengan rasa pahit yang begitu tinggi. Namun, tanaman ini mampu meredakan reumatik dengan cukup ampuh.

25. Buah Makassar

Buah Makassar disebut juga sebagai merica tambara. Tanaman ini termasuk yang banyak dibudidayakan di Indonesia karena memiliki manfaat untuk mengatasi kanker, keputihan dan malaria.

26. Bugenfil

Tanaman obat Keluarga dan Manfaatnya

allaboutkawai.blogspot.com – Tanaman Obat Keluarga: Bunga Bougenfil

Bugenfil adalah bunga yang sangat cantik. Di samping kecantikannya, tanaman ini memiliki zat betanidin yang sangat tinggi dan bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa sakit saat haid tiba.

27. Bunga Kenop

Bunga ini disebut juga sebagai kembang gundul. Seluruh elemen pada bunga ini memiliki manfaat yang cukup bagus untuk mengatasi disentri yang menyerang.

28. Binahong

Binahong termasuk tanaman obat yang banyak ditanam dan mudah hidup. Tanaman ini memiliki kandungan flavonoid yang tinggi dan berguna untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak.

29. Bunga Mawar

Bunga mawar sering menjadi hiasan di halaman rumah. Namun, tanaman ini juga bisa dijadikan obat alternative untuk menormalkan siklus haid dan anti radang.

30. Bunga Pagoda

Bunga pagoda memiliki kelopak kecil yang sangat cantik dan cocok untuk hiasan. Selain itu, bunga ini juga memiliki khasiat untuk mengatasi reumatik dan juga TBC secara alami.

31. Bunga Tasbih

Bunga tasbih memiliki kelopak yang cantik dengan warna kuning dan merah yang indah. Selain itu, bunga ini memiliki kandungan pati, glukosa dan alkaloid yang tinggi untuk mengatasi kanker, jerawat dan batuk darah.

32. Bungur Kecil

Bungur kecil adalah tanaman dengan bunga ungu yang cantik. Tanaman ini memiliki kandungan decinine yang tinggi dan bisa digunakan untuk mengobati biduran serta campak.

33. Buni

Buni adalah tanaman dengan bunga yang cukup pahit. Namun, tanaman ini memiliki kandungan flavonoid yang tinggi untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan penutup luka.

34. Cabai Jawa

Tanaman obat Keluarga dan Gambarnya

agroteknologi.web.id – Tanaman Obat Keluarga: Cabe Jawa

Cabai Jawa adalah salah satu jenis tanaman obat unik dengan buah tampak seperti cabai. Tanaman ini memiliki kandungan palmitic acid yang tinggi dan bisa digunakan sebagai ramuan herbal untuk mengatasi batuk serta meningkatkan stamina.

35. Cakar Ayam

Tanaman ini memiliki daun dengan bentuk mirip seperti cakar ayam. Ada kandungan saponin yang tinggi dan bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi radang paru serta mengatasi bronkhitis.

36. Ceguk

Ceguk adalah tanaman dengan bunga yang indah. Tanaman ini memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi dan bisa diandalkan untuk mengatasi gangguan pencernaan dan desentri.

37. Cempaka Kuning

Cempaka kuning merupakan tanaman obat yang cukup berkhasiat. Tanaman ini memiliki kandungan fenol yang membuatnya bisa diandalkan untuk mengatasi bau mulut.

38. Cempaka Putih

Cempaka putih adalah bunga yang cukup indah dengan detail warna putih yang unik. Tumbuhan ini memiliki kandungan alkaloid yang tinggi dan bisa digunakan untuk mengatasi batuk dan demam.

39. Cendana

Cendana adalah salah satu tanaman obat yang banyak ditanam di Indonesia. Tanaman ini memiliki kandungan minyak atsiri dan zat samak yang tinggi untuk mengatasi radang usus dan asma.

40. Cengkeh

jenis Tanaman obat Keluarga dan Khasiatnya

tampilcantik.com – Tanaman Obat Keluarga: Cengkeh

Cengkeh adalah tumbuhan perdu dengan batang keras. Tumbuhan ini hidup di dataran tinggi dan memiliki kandungan minyak atsiri yang tinggi untuk menambah denyut jantung.

41. Ceremai

Ceremai adalah tumbuhan dengan buah yang terasa asam. Ceremai memiliki kandungan asam galus dan saponin yang tinggi dan sangat andal untuk mengatasi asma, batuk berdahak dan lainnya.

42. Cincau Hijau

Cincau hijau merupakan tumbuhan dengan kandungan zat karbohidrat yang cukup tinggi. Tumbuhan obat ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah lambung dan obat alami untuk menurunkan demam.

43. Ciplukan

Macam macam Tanaman obat Keluarga dan Manfaatnya

Alibaba – Tanaman Obat Keluarga: Buah Ciplukan

Ciplukan mungkin dianggap sebagai gulma. Namun, tanaman yang satu ini ternyata memiliki kandungan vitamin dan alkaloid yang tinggi dan bisa diandalkan untuk mengatasi penyakit kulit.

44. Dadap Ayam

Dadap ayam adalah salah satu tumbuhan obat dengan daun berwarna merah. Tumbuhan ini memiliki minyak lemak yang cukup tinggi dan berkhasiat untuk mengatasi demam serta mengatasi rematik.

45. Dadap Serep

Dadap serep adalah tanaman obat yang mudah dibudidayakan. Daun dari dadap serep bisa diandalkan untuk mengatasi sakit perut dan juga meringankan demam.

46. Dandang Gendis

Dandang Gendis merupakan tanaman obat yang cukup banyak ditanam di Indonesia. Daun dari tumbuhan ini memiliki kandungan minyak atsiri yang tinggi dan bisa digunakan sebagai obat desentri.

47. Daruju

jenis Toga dan Manfaatnya

bibitbunga.com – Tanaman Obat Keluarga: Daruju

Daruju sebenarnya merupakan tumbuhan liar. Namun, tumbuhan ini memiliki kandungan anti radang yang cukup tinggi sehingga bisa digunakan untuk mengatasi nyeri pada lambung.

48. Daun Dewa

Daun Dewa merupakan salah tumbuhan herbal yang banyak digunakan. Tumbuhan ini memiliki daun yang bisa dijadikan untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi karena jatuh.

49. Daun Encok

Daun encok memiliki kandungan zat plumbagin yang bisa diandalkan untuk mengatasi reumatik. Selain daun, akar dari tumbuhan ini juga bisa dijadikan obat alternative untuk beberapa penyakit lain.

50. Anting-anting

Anting-anting juga disebut sebagai tanaman kucing-kucingan dan memiliki rasa yang cenderung pahit. Namun, tanaman ini bisa dijadikan alternative untuk mengatasi batuk dan berak darah.

Nah, demikian beberapa tanaman obat yang bisa anda tanam. Tentu masih ada banyak lagi tanaman obat lain untuk dimanfaatkan sebagai pilihan alternative untuk menjaga kesehatan tubuh anda dan keluarga anda tercinta di rumah.

Dengan menanam beragam jenis tanaman obat keluarga tersebut, maka akan anda banyak manfaat yang akan anda peroleh. Anda bisa mengubah gaya hidup dan menghindari penggunaan bahan kimia untuk pengobatan gangguan kesehatan.

Leave a Reply