Kegiatan dan Pengertian Perekonomian 3 Sektor yang Ada di Indonesia

Loading...

Perekonomian 3 sektor-Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang pelaku-pelaku ekonomi dalam sebuah hubungan yang saling simbiosis, untuk lebih jelaskan mari kita simak uraiannya.

Diagram Interaksi Pelaku Ekonomi

Diagram interaksi pelaku ekonomi adalah diagram yang menggambarkan pola hubungan timbal balik antar pelaku ekonomi, atau dapat juga disebut sebagai Circulair Flow Diagram.

Dalam kesempatan ini kita akan merincikan tentang diagram interaksi pelaku ekonomi, agar memudahkan teman-teman untuk memahaminya maka akan dijelaskan 3 model, yaitu model sederhana, model tiga pelaku, dan model lengkap.

perekonomian 3 sektor

inspirasitugas.wordpress.com

Pada kesempatan ini kita akan memulianya dari Model tiga pelaku, atau perekonomian tiga sektor. Sebelum membahasnya secara mendalam, akan saya petakan beberapa istilah-istilah yang terdapat dalam pembahasan hari ini, yaitu meliputi ekonomi 3(tiga) sektor, atau bisa juga disebut sebagai perekonomian 3 sektor, yang menggali tentang keseimbangan ekonom 3 sektor, dan meliputi kegiatan ekonomi 3 sektor. Untuk memulai materi ini kita akan mulai dari pengertian perekonomian 3 sektor, dan beberapa contoh soal perekonomian 3 sektor.

 

Perekonomian Tiga Sektor

Dalam perekonomian tiga sektor pelaku ekonomi terdiri atas sektor rumah tangga, sektor perusahaan, dan tidak ketinggalan adalah sektor pemerintahpun ikut serta didalamnya.

Keikutsertaan pemerintah dalam kegiatan ekonomi menjadi begitu penting mengingat negara sebagai penguasa yang mengendalikan jalannya roda perekonomian di suatu negara.

Dengan begini sektor rumah tangga dan perusahaan merasa lebih kokoh dan kuat dengan keikut sertaan pemerintah dalam menjalankan roda perekonomian melalui sistem dengan tujuan untuk memperkuat perekonomian rakyat dan nasional.

arti agen

BusinessInsider.com

Simbiosis mutualisme setidaknya nampak dalam diagram timbal balik tiga sektor ini, misalkan saja perusahaan memperoleh unsur-unsur pendukung produksi seperti sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM), tenaga ahli dan modal dari sektor rumah tangga.

Dari unsur-unsur tersebut, perusahaan dapat menghasilkan barang atau produk untuk memenuhi kebutuhan sektor rumah tangga.

Laba yang dihasilkan oleh perusahaan pada akhirnya akan terus disalurkan untuk memproduksi barang lebih banyak, menggaji karyawan, dan membiayai semua proses produksi.

Loading...

Di Indonesia, pemerintah memberikan subsidi kepada sektor rumah tangga dan perusahaan guna memperlancar roda perekonomian, dimana subsidi tersebut didapat dan dikumpulkan dari pajak yang dipungut pemerintah dari sektor rumah tangga dan perusahaan berdasarkan undang-undang yang berlaku.

Agar perusahaan terus berkembang dan maju, maka dibutuhkan keberanian dari pihak manajemen perusahaan untuk mencari dan memperoleh dana segar dari luar dengan cara go publik.

Mendaftarkan perusahaan ke bursa saham merupakan salah satu langkah untuk mencari dana segar melalui investor, baik itu investor asing maupun investor dalam negeri.

Untuk memantau perkembangan perusahaan, pihak manajemen membuat laporan keuangan yang dipublikasi kepada para investor sebagai parameter kinerja perusahaan dalam mengelola dana investor dalam periode-periode yang telah disepakati, misal satu tahun sekali, satu semester sekali, atau mungkin trimester sekali.

Laba yang diperoleh perusahaan kemudian dibagikan kepada investor sebagai deviden. Dan setiap investor berhak mendapat deviden sebagai jasa dan loyalti karena telah mendanai perusahaan dalam meningkatkan produksi.

Laba yang diperoleh perusahaan tidak semuanya di kucurkan menjadi deviden melainkan ada yang disisihkan untuk modal perusahaan kedepannya.

instrumen moneter

VOAIndonesia.com

Jika kamu tertarik menjadi investor, pastikan keuangan kamu dalam keadaan aman. Bisa juga mengandalkan pinjaman Bank untuk mendapatkan modal untuk diinvestasikan ke perusahaan yang memang memiliki masa depan yang baik. Namun cara kedua ini tidak disarankan jika kamu adlah seorang invstor pemula.

Dana yang dipinjam oleh calon investor merupakan dana yang dihimpun Bank dari masyarakat bahkan pemerintah. Calon investor akan dikenakan bunga oleh Bank, untuk melunasi bunga tersebut, investor dapat melunasinya setelah dana deviden cair dari perusahaan yang telah diinvest.

Dalam hal ini pemeintah berperan sebagai pelancar kegiatan ekonomi dalam konteks hubungan ekonomi antar masyarakat, negara dan perusahaan.

Pemerintah dan perusahaan menggaji para pegawai dan karyawannya serta mengenakan pungutan pajak kepada mereka. Dan memberikan subsidi kepada perusahaan dan memungut pajak sebagai sarana mendanai negara dalam membangun infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat.

Perusahaan memiliki kaitan dengan para investor, yaitu orang atau perusahaan yang mau menyalurkan uangnya kepada perusahaan guna memperlancar produksi, dengan imbalan deviden yang dibayarkan sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak.

Tidak jarang investor memanfaatkan dana masyarakat yang terhimpun dikelola oleh Bank. Hubngan antara Masyarakat, Bank dan penanam modal (investor) dalam hal ini sama, yaitu saling simbiosis.

Hubungan ketiganya dapat kita gambarkan dalam pola hubungan simbiosis seperti, perbankan menghimpun dana dari masyarakat, kemudian investor mengajukan dana pinjaman kepada pihak perbankan. Kemudian pihak bank memberikan dananyakepada pihak investor untuk dikembangkan. Setelah itu pihak perbankan menarik bunga dari investor dan Bank membayar bunga simpanan kepada masyarakat.

 

 

Leave a Reply


Loading...