Inilah 5 Negara Dengan Hutan Terluas Di Dunia, No.1 Bikin Nggak Nyangka!

Hutan merupakan suatu kawasan yang ditumbuhi oleh pepohonan dan menjadi tempat hidup aneka tumbuhan ataupun hewan. Dimana keberadaan hutan bagi kehidupan memiliki peranan yang penting, seperti salah satunya menjadi sumber udara di dunia.

Disisi lain, hutan juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai habitat bagi flora dan fauna, sebagai tempat penyimpanan air dan mengatur keseimbangan air pada musim hujan dan kemarau serta dapat mengendalikan bencana tanah longsong ataupun banjir.

Dengan pentingnya peranan hutan bagi kelangsungan makhluk hidup tentunya kita perlu menjaga kelestarian hutan agar tetap utuh dan memberikan manfaat.

Semakin bertambahnya jumlah populasi manusia, luas hutan semakin menipis. Tidak hanya itu, kondisinya juga diperparah dengan adanya penebangan liar, bencana alam, kebakaran hutan yang menjadikan habitat flora dan fauna menjadi semakin tergusur.

Hutan tersebar hampir di seluruh belahan dunia. Banyak negara di dunia yang mempunyai wilayah negara yang luas dan juga wilayah hutan yang luas, berikut ini lima negara dengan hutan terluas di dunia.

Inilah Lima Negara Dengan Hutan Terluas Di Dunia

5 negara dengan hutan terluas diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Rusia

hutan terluas di Rusia

Negara ini berada di Benua Eropa dengan luas hutan mencapai 45,4 % dari luas negaranya 7.762.602 km2. Sedangkan luas wilayah negaranya mencapai 17.098.242 km2.

Sebagai negara dengan hutan yang paling luas di dunia, tak heran jika di negara ini terdapat berbagai macam makhluk hidup yang tinggal di kawasan hutan tersebut. Hutan yang berada di Rusia membentang dari daerah Finlandia sampai ke Rusia Timur yaitu Semenanjung Kamchatika.

Fauna yang menempati kawasan hitam di rusia tersebut adalah Harimau Siberia, Macan Tutul Salju Siberia, Beruang Coklat, Serigala, Beruang Kutub, Lynx, Tungau, bahkan sampai Laba-laba Karakurt yang terkenal sebagai spesies laba-laba yang sangat mematikan di dunia ada di hutan ini.

Terdapat beberapa tumbuhan yang dapat dimanfaatkan kayunya diantaranya kayu konifera dan pinus.

Pemerintah Rusia dan Forest Stewardship Council terus berusaha agar penebangan hutan berjalan dengan baik dan teratur, namun,penebangan hutan liar masih bisa ditemukan, sekitar 20% – 30%. Hutan Rusia termasuk dalam hutan taiga atau boreal, yaitu hutan yang didominasi oleh satu species jenis pohon

2. Brazil

negara dengan hutan terbesar di dunia

animalstoday.nl

Negara ini memiliki luas wilayah negaranya mencapai 8.515.770 km2, dengan luas hutannya sekitar 4.776.980 km2. Negara yang yang sangat terkenal dengan Hutan Amazonnya, fakta yang menakjubkan lainnya adalah negara Brazil adalah negara terhijau di dunia karena daerahnya didominasi dengan hutan yaitu mencapai 56,1% dari luas wilayah.

Hutan hujan Amazon menyumbang lebih dari setengah hutan hujan bumi yang tersisa. Amazon mengandung 90 – 140 milyar metrik ton karbon, yang membantu menstabilkan iklim bumi dan juga menghasilkan 20% dari oksigen bumi melalui pengubahan karbon dioksida menjadi oksigen.

Hutan di Brazil adalah tempat berkumpulnya hewan khusus hutan hujan tropis yang paling besar di dunia yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Hutan ini memiliki beragam macam hewan, diantaranya tapir, jaguar, dan monyet Howler.

Hutan ini terbentang hampir menyelimuti wilayah Brazil dengan 60 persen wilayah hutan berada di negara Brazil. Sedangkan sisanya berada di negara perbatasan sekitarnya meliputi negara Guyana, Suriname, Kolombia, Venezuela, Peru, Ekuador, dan Bolivia.

3. Kanada

hutan terluas di dunia

wallpapers13.com

lima negara dengan hutan terluas di dunia selanjutnya adalah Kanada dengan luas wilayah negaranya yaitu 9.984.670 km2 dan luas hutannya mencapai 32.06 % yaitu sekitar 3.101.340 km2. Selain karena faktor iklim, Kanada termasuk negara yang masih cukup baik, karena masih terdapat hutan yang menjaga suhu tetap stabil.

Diperkirakan dua pertiga dari 140 ribu spesies tanaman dan hewan berada di hutan Kanada yang terdiri dari 180 jenis pohon yang berbeda. 94% dari hutan adalah milik publik, dan 6% yang lain dipegang oleh pemilik tanah swasta dan 20% air tawar dunia dapat ditemukan di hutan ini.

94% dari Hutan Kanada milik publik, dan sisanya milik swasta. Tentu hutan ini sangat penting bagi Kanada, misalnya dalam aspek sejarah, seni, dan perekonomian negara.

4. Amerika Serikat

Negara dengan hutan terluas ke 4 ini memiliki luas wilayah negaranya mencapai 9.826.675 km2 yangsekitar 30.84% wilayahnya terdiri dari hutan yaitu dengan luas 3.030.890 km2.

155.399.000 hektar hutan menutupi Amerika Serikat bagian timur, 74% dari hutan ini berdaun lebar dan 83% hutan adalah milik swasta. Di bagian barat negara, 147,710 juta hektar hutan, 78% di antaranya adalah konifer, yang 58% dimiliki oleh publik.

Hutan milik publik dipertahankan sebagai taman nasional, zona perlindungan satwa liar dan taman rekreasi oleh US Forest Service, National Park Service, Fish and Wildlife Service dan Biro Pengelolaan Tanah.

5. China

hutan terbesar di china

easytourchina.com

Salah satu negara dengan wilayah hutan yang luas ini memiliki luas wilayah negara sekitar 9.596.960 km2 dengan prosentasehutannya sekitar 18,97% dari luas wilayahnya atau sekitar 1.821.000 km2 . Hutan di negara ini merupakan habitat penting bagi fauna di negara tersebut, khususnya panda yang telah terancam punah.

Antara tahun 2000 dan 2010 hutan di China meningkat sebesar 1,6% hutan. Namun, setengah dari kayu China adalah impor, terutama dari hutan hujan tropis seperti Amazon. 70% hutan China dimiliki oleh negara dan ada total 131 biro hutan di negeri ini.

Nah itulah lima negara dengan hutan terluas di dunia dengan berbagai kekayaan flora dan fauna yang dimilikinya. Tentunya tugas manusia lah untuk bisa menjaga kelestarian hutan agar berbagai manfaat hutan tetap bisa dinikmati hingga ke generasi selanjutnya.

Leave a Reply