10+ Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Loading...

Manfaat daun bidara untuk kesehatan – Pengobatan secara Islami maupun secara holistik kerap melibatkan penggunaan herba atau tanaman herbal dalam prosesnya. Salah satunya adalah daun bidara.

Mungkin bagi sebagian orang awam di era modern seperti sekarang masih asing dengan apa itu daun bidara dan apa saja khasiatnya, namun bagi orang-orang jaman dahulu, daun ini sudah sangat terkenal.

Daun bidara dalam bahasa Jawa dipendekkan menjadi dara, di tanah Sunda disebut widara dan di Pulau Madura sebutannya adalah bukol. Ada juga nama lain dari daun bidara, orang Arab menyebutnya sebagai Nabka.

manfaat daun bidara

daunbuah.com

Di Nigeria dikenal sebagai Kurna. Di Prancis dikenal sebagai Paliure, dan Anda akan menemukannya sebagai Dom dalam istilah bahasa Inggris.

Pohon daun bidara berjenis tanaman perdu dengan batang bengkok yang besar, mencapai panjang 40 cm dan memiliki ketinggian hingga 15 meter. Batang pohon bidara juga biasanya ditumbuhi dengan duri-duri.

Tanaman ini juga memiliki buah dan bunga-bunga yang kecil. Buahnya dapat dimanfaatkan untuk dijadikan manisan, rujak buah atau dimakan dengan garam.

Buah bidara kaya akan karoten, vitamin A, vitamin C dan lemak. Sedangkan daun bidara yang muda dapat dimasak menjadi sayuran, rebusan daunnya dimanfaatkan sebagai jamu dan di Jakarta, daun bidara dimanfaatkan untuk memandikan jenazah Dari foto daun bidara, sekilas daunnya memang mirip seperti daun sirih yang masih muda. Garis daun terlihat jelas dan berwarna hijau agak mengkilap.

Khasiat Daun Bidara Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Dapat mempercepat proses penyembuhan luka

Daun bidara dapat mengobati berbagai luka seperti luka gores, lecet dan luka terbuka. Daun ini memiliki senyawa anti inflamasi yang dapat membantu menghentikan aliran darah, mengurangi bengkak dan mempercepat penyembuhan luka.

Cara menggunakan daun bidara untuk luka adalah dengan mengeringkan lalu menumbuknya. Daun bidara bubuk dicampur dengan sedikit air lalu dioleskan pada luka 2 kali sehari.

2. Mengatasi permasalahan kecantikan

foto daun bidara

okezonepost

Selain memiliki khasiat untuk kesehatan, daun bidara juga memiliki khasiat untuk kecantikan. Dalam peradaban China kuno, daun bidara dikenal sebagai obat kecantikan alami.

Daun bidara dipercaya dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti tanda-tanda penuaan dini, jerawat, dan mengurangi lingkaran hitam pada mata. Cara menggunakannya adalah dengan menjadikan daun bidara sebagai masker.

Caranya bisa dengan menumbuk halus langsung daun bidara atau dengan menggunakan bubuk daun bidara yang dicampur dengan air mawar atau air mineral biasa. Oleskan ke seluruh permukaan wajah lalu diamkan beberapa saat hingga mengering. Bilas dengan air hangat dan ulangi pemakaian masker dua kali dalam seminggu.

3. Meringankan luka bakar

Di India, daun bidara juga dikenal untuk meringankan luka bakar. Daun bidara segar dapat memberikan sensasi rasa dingin pada kulit yang terkena luka bakar.

Selain itu, kandungan senyawa dalam daun bidara juga dapat membantu mencegah timbulnya bekas luka bakar pada kulit. Anda bisa menggunakan daun bidara langsung pada luka setelah dicuci bersih ataupun dengan pasta dari daun bidara.

4. Merawat kulit kusam dan kering

Masih tidak jauh-jauh dari khasiat daun bidara untuk kecantikan, kali ini daun bidara digunakan untuk merawat kulit kusam dan kering pada wajah dan seluruh tubuh.

Caranya, haluskan daun bidara segar lalu campur dengan sedikit air. Oleskan pada bagian kulit yang kering dan kusam seperti wajah, tangan dan kaki. Diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air hangat.

Untuk hasil yang optimal, Anda bisa mencampurkan masker daun bidara ini dengan madu atau lemon dan ulangi pemakaiannya 1-2 kali dalam seminggu, dan tunggu hingga 3-4 kali untuk melihat perubahannya.

5. Mengurangi gejala depresi

Daun bidara ternyata juga dapat dikonsumsi dengan cara mengolahnya menjadi teh. Teh daun bidara ini efektif untuk mengurangi rasa cemas berlebihan yang menjadi pencetus depresi.

Kandungan senyawa dalam daun bidara memberikan efek menenangkan dan rasa nyaman. Pengobatan ini telah diteliti dan terbukti secara klinis sejak tahun 2001 oleh jurnal farmasi.

6. Mencegah diabetes

Tak hanya untuk mencegah depresi, daun bidara juga memiliki fungsi mencegah penyakit diabetes. Daun bidara juga telah teruji secara klinis mampu mengurangi kadar gula dalam darah dan mengatur produksi insulin.

Cara mengkonsumsi daun bidara untuk pengobatan diabetes bisa dengan meminum air rebusan daun bidara, mengolahnya menjadi masakan sayur, maupun dengan mengonsumsi teh bidara.

7. Menambah nafsu makan

Bagi anak-anak atau orang dewasa yang memiliki masalah dengan nafsu makan, daun bidara bisa menjadi alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Aroma dan kandungan senyawa dalam daun bidara dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Anda bisa mengolahnya menjadi sayur maupun memberikannya dalam bentuk kapsul atau teh.

8. Pakan ternak

Daun bidara selain dapat dikonsumsi oleh manusia, juga dapat dijadikan pakan hewan ternak. Daun bidara memiliki protein yang sangat tinggi, menambah nafsu makan serta mencegah gangguan pencernaan pada hewan ternak seperti sapi atau kambing. Daun bidara segar dicincang lalu dicampurkan pada makanan ternak.

9. Mencegah tumor dan kanker

Daun bidara memiliki senyawa antioksidan yang tinggi yang dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas inilah yang menjadi penyebab tumbuhnya sel-sel tumor dan kanker dalam tubuh.

Mengonsumsi ramuan herbal dalam bentuk air rebusan, suplemen maupun teh yang mengandung daun bidara dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit tumor serta kanker.

10. Mengatasi berbagai penyakit kardiovaskuler

Penyakit kardiovaskuler dapat disebabkan karena sirkulasi darah yang kurang lancar. Beberapa penyakit kardiovaskular di antaranya adalah darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung dan stroke, penyakit-penyakit ini dapat dicegah dan diobati dengan konsumsi daun bidara secara rutin.

11. Menurunkan demam

Orang-orang jaman dahulu menggunakan manfaat daun bidara untuk kesehatansebagai obat penurun demam yang sangat ampuh. Daun bidara yang diremas-remas lalu dijadikan sebagai kompres ataupun dibuat menjadi ramuan herbal dipercaya dapat menurunkan demam secara efektif dan signifikan.

12. Menjaga kesehatan lambung

Bagi Anda yang bermasalah dengan lambung, seperti punya riwayat penyakit maag dapat diatasi dengan teh atau ramuan daun bidara. Saat asam lambung Anda naik, segera minum air rebusan daun bidara yang masih hangat. Iringi dengan menjaga pola makan teratur.

13. Meningkatkan kekebalan tubuh

Mengonsumsi daun bidara secara rutin juga dapat membantu meningkatkan kekebalan atau sistem imun tubuh. Dengan meningkatnya kekebalan tubuh, Anda dapat terhindar dari berbagai macam penyakit akibat virus, bakteri, mikroorganisme serta radikal bebas.

14. Mencegah dan mengatasi keputihan

Keputihan pada wanita jika tidak diobati dengan baik maka dapat menyebabkan gangguan kesuburan dan kehamilan. Keputihan dapat terjadi karena banyak faktor, di antaranya adalah jamur, bakteri, dan stress.

Cara mudah mengobati keputihan adalah dengan menggunakan air rebusan daun bidara kemudian membasuh area kewanitaan dan dikonsumsi secara rutin 1-2 kali sehari hingga keputihan sembuh.

Demikian ulasan mengenai daun bidara dan khasiatnyabagi kesehatan dan kecantikan tubuh, semoga bermanfaat.

Leave a Reply


Loading...