1001 Gambar dan Motif Henna Tangan Simple + Mudah Untuk Pemula

Loading...

Motif henna tangan simple – teman-teman di rumah tentunya sudah tidak asing dong dengan istilah henna? Atau malah, istilah masih asing di telinga teman-teman?

Nah, untuk menjawab rasa penasaran teman-teman tentang henna pada kesempatan kali ini infosiana.net akan mengulas tentang seni melukis tangan yang satu ini, mari kita simak.

Istilah henna sendiri sudah dikenal di Indonesia sejak zaman nenek moyang kita namun akhir-akhir ini mulai booming dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, terutama mereka yang ingin atau sedang melangsungkan acara pernikahan.

Yupz, henna memang identik dengan acara dan resepsi pernikahan. Pasalnya henna sendiri merupakan seni melukis bagian tubuh (terutama dibagian tangan dan kaki) dengan menggunakan pasta yang terbuat dari tanaman henna dan biasa digunakan untuk ritual pernikahan dan keagamaan.

Masyarkat Indonesia sendiri memiliki selera tersendiri soal henna, namun kebanyakkan dari mereka mengingikan motif henna yang simple-simple saja namun tak jarang juga ada yang mengingkan motif henna yang sedikit rumit.

Over all, bagus semua kok, baut temen-temen di rumah nggak bakal nyesel deh.

Asal usul dan Sejarah Henna (Mahendi)

Istilah henna diadopsi dari nama tanaman yang menghasilkan warna cream atau cokelat, tanaman tersebut bernama henna; hinna (Arab) atau dengan istilah latinnya Lawsonia Inermis.

Di indonesia sendiri tanaman henna biasa dikenal dengan, daun pacar; innai, paci, atau Pacar kuku. Asal usul seni mehndi sendiri masih sulit ditentukan mengingat usianya yang telah mencapai 5000 tahun.

Sebagian ahli sejarah mengatakan bahwa seni mahendi berasal dari bangsa Mogul kemudian dibawa ke India. Namun ada juga yang mengatakan bahwa asal mula seni mehndi adalah negeri Bollywood, India.

Sedangkan sebagian lainnya mengatakan Timur Tengah atau Afrika Utara lah yang menjadi akar dan asal usul seni mehndi.

sejarah singkat mahendi

hennahfy.com

Tumbuhan henna tingginya mampu mencapai ketinggian 4 – 6 kaki dan bisa ditemukan beberapa negara seperti Pakistan, India, Afganistan, Mesir, Suriah, Yaman, Uganda, Maroko, Senegal, Tanzania, Kenya, Iran dan Palestina. Henna mampu tumbuh optimal di iklim tropis.

Tanaman henna sendiri merupakan jenis tumbuhan tertua yang umumnya digunakan sebagai kosmetik dan sangat aman untuk digunakan serta jarang sekali menimbulkan masalah pada kulit.

Jika teman-teman dirumah ragu akan keamanannya dengan alasan karena memiliki kulit yang sensitif, maka tidak ada salahnya jika teman-teman berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Atau jika berani bisa langsung mencobanya dalam jumlah kecil.

Contoh gampangnya adalah dengan mengoleskan sedikit saja henna pada bagian belakang leher atau dibawah lengan. Hal ini beralasan karena pada bagian kulit tersebut tergolong area yang paling sensitive terhadap obat-obat luar.

Untuk mempersingkat waktu mari kita simak desain motif henna tangan simple berikut ini.

Motif Henna Tangan Simple

Berikut ini adalah desain motif henna tangan simple dan penjelasannya

Motif Henna Tangan Sederhana Dan Mudah

henna tangan cantik

pinterest.com

Motif Henna di atas bermotif daun yang dilukis di bagian punggung tangan. Bisa kita lihat bersama motif di atas menggunakan garis melintang mulai dari jari telunjuk ke bagian punggung hingga samping tangan sebagai tangkai.

Kemudian dilanjut dengan pola daun-daunan yang juga membentang dari jari telunjuk hingga samping tangan. Terakhir membentuk pola daun di bawah kuku setiap jari-jemari.

Motif Henna Tangan Sederhana

foto henna

pinterest.com

Motif di atas masih tergolong simple dan mudah, hanya saja membutuhkan ketelitian tinggi mengingat polanya yang kecil-kecil. Motif dasar dari henna ini adalah bunga yang berada di tengan-tengah punggung tangan, kemudian dilanjutkan dengan pola daun yang sangat kecil yang berada di pergelangan tangan.

Tahap terakhir adalah melukis jari tangan sebagaimana yang ada di gambar.

Henna Tangan Cantik

model henna

www.ultraupdates.com

Tidak jauh beda dengan desain henna sebelumnya, pola dasar dari motif diatas adalah berupa garis, bunga, lingkaran, pola akar, terakhir bintik-bintik kecil.

Langkah pertama buatlah garis sebagai acuan pola dan sebagai pola yang paling mudah, selanjutnya pola bunga dengan hati-hati dan teliti. Motif dilanjutkan dengan membuat pola akar yang berada di tengah-tengah garis. Terakhir adalah bintik bintik.

Motif Henna Tangan Mudah

jual henna tangan

www.ultraupdates.com

Desain yang satu ini bisa kita bilang paling mudah dan sederhana, kenapa? karena kita tidak terlalu membutuhkan kejelian untuk membuat pola-pola kecil sebagaimana motif henna sebelumnya.

Mahendi Tangan

henna tangan mudah

www.ultraupdates.com

Motif di atas merupakan salah satu desain henna favorit kami, desainnya begitu simple yaitu lingkaran dan garis. Selanjtnya dipercantik dengan pola oval dan bintik-bintik.

Henna Tangan Simple

lukisan tangan henna

www.ultraupdates.com

Diantara desain yang ada mungkin motif ini yang palin mudah, yupz, bener banget polanya hanya terdiri garis dan pola tangkai daun.

Motif Henna Untuk Pemula

pacar henna

www.ultraupdates.com

Jika teman-teman di rumah ingin keluar nongkrong tapi ingin tetap berpenampilan beda, ketiga motif henna yang satu ini bisa jadi andalan, selain mudah motif ini juga lebih elegan.

Desain Motif Henna Untuk Pemula

Setelah teman-teman di rumah menguasai desain dan motif di atas maka tidak ada salahnya mencoba untuk desain berikut ini.

lukisan tangan

pinterest.com

Gambar di atas belum jauh beda dengan tema-tema sebelumnya. Motif Henna di atas memiliki 2 pola utama yaitu garis dan oval bintik-bintik yang membutuhkan ketelitian tinggi.

Foto Henna Tangan

lukisan henna

okistudio.com

Jka dilihat motif henna diatas sedikit ribet dan penuh. Namun sebenarnya pola di atas hanya menggunakan garis dan kejelian mata agar menghasilkan pola yang detail dan unik.

Gambar Henna Tangan Simple

cara melukis henna sendiri

pinterest.com

Motif henna diatas masih tergolong simple dan sederhana, pola yang digunakan hanya dua, yaitu garis dan lingkaran. Untuk mempercantik jangan lupa tambahkan bintik-bintik dan pola daun.

gambar henna simple

pinterest.com

Jika dilihat secara sekilas mungkin teman-teman akan menebak motif ini mah mudah, ets tunggu dulu pola utamanya boleh mudah tapi perhatikan detail pola oval yang berada disetiap tepi garis. Motif henna tangan ini tergolong cukup membutuhkan ketelitian mata.

henna tangan cantik

pinterest.com

Sebagai penutup pembahasan ini, perhatikan Motif henna tangan di atas. Bagaimana? susah atau mudah? teman-teman sudah bisa jawab dong tentunya.

Motif Henna Simple Dan Cantik

Jika Teman-teman ingin menjadikan henna sebagai hiasan tangan saja atau untuk memperindah tangan, jari jemari ketika nongkrong maka beberapa desain bisa menjadi pilihan.

Loading...
ukiran henna

Pinterest.com

Bagaimana? simple bukan. Nah agar mempermudah teman-teman dalam berkreasi kami menyediakan beberpa desain dan langkahnya dalam membuat pola henna. Berikut gambar-gambarnya.

Motif Henna Simple

henna simple

pinterest.com

motif henna

pinterest.com

gambar mahendi

pinterest.com

Dan masih banyak lagi motif-motif lainnya yang bisa teman-teman aplikasikan.

Motif Henna Bunga

Motif kali ini sedikit rumit dan membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Berikut Motif henna bunga yang bisa dijadikan inspirasi teman-teman di rumah.

henna motif bunga simple sederhana

www.tattoosera.com

Jika dibandingkan dengan desain dan motif sebelumnya, motif henna ini memang sedikit sulit mengingat banyak pola-pola yang membutuhkan detail dan mononjol. Jika kamu seorang pemula disean bisa digunakan hanya saja butuh ketelitian tinggi.

Motif Henna Telapak Tangan Simple

henna telapak tangan simple

www.fashionncare.com

Setelah kita bisa membuat desain yang detail dan rumit, maka yang kita butuhkan selanjutnya adalah pembiasaan atau kontibuitas. Karena keindahan motif henna akan semakin indah dan luwes ketika kita telah memiliki jam terbang yang tinggi.

Caranya? Dengan memperbanyak latihan dan latihan. Berdasarkan beberapa leteratur mengatakan untuk menjadi seorang profesional kita membutuhkan waktu minimal 10.000 jam. Jadi tunggu apalagi? segera latih dirimu.

Motif Henna Untuk Kaki

henna pengantin muslim simple

Pinterest.com

Setelah Teman-teman di rumah benar-benar menguasai desain dan motif henna dengan cara melihat desain. Namun ketika tingkatan teman-teman dusah mahir tidak perlu lagi melihat. Melainkan lahir dari inspirasi teman-teman sendiri. Hal ini lahir setelah kamu memiliki jam terbang yang tinggi. so do it now.

Cara Membuat Henna Tangan

Motif Mahendi kaki sederhana

Pinterest.com

Bagaimana? Teman-teman di rumah tertarik membuat henna di rumah? Nah, pertanyaan selanjutnya adalah dimana saya harus membeli pasta henna? Mahal atau nggak? Tenang saja harganya sanagt terjangkau kok. Hanya 20.000-30.000 saja per-pastanya, murah bukan?

Tapi jika teman-teman yang masih pemula dan memiliki keinginan dan hasrat untuk belajar menggunakan henna, tenang saja kami juga punya ulasan tentang cara membuat henna di rumah.

Selain murah, bahan-bahan yang kita gunakan juga bisa dipastikan aman loh, mari kita simak ulasanya. Dalam seni mahendi atau henna terdapat dua 2 henna yang biasa dan umum digunakan oleh seniman, yaitu pasta dan racikan sendiri.

Bentuk pasta saat ini sudah banyak beredar di pasar-pasar, baik itu di jual secara offline maupun online, soal harag beda-beda tipislah. Untuk penggunaannya, pasta yang banyak terjual di pasar online maupun offline terbilang mudah dan praktis.

Jika kamu seorang profesional tidak ada salahnya menggunakan pasta henna yang satu ini karena lebih menghemat waktu dan tenaga. Yang kedua, bentuknya berupa adonan yang diracik dan diolah sendiri.

Adapaun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat adonan henna diantaranya adalah: Berikut ini adalah tutorial cara membuat henna sendiri di rumah untuk pemula.

Alat dan Bahan

  • Mangkuk atau piringan kecil, yang disesuaikan dengan kebutuhan teman-teman,
  • Sendok, yang digunakan untuk mengaduk
  • 3 Buah Jeruk nipis, kemudian diperas dan disaring untuk memisahkan biji dari sari jeruk nipis
  • 2 Sdm Henna Powder
  • 1/4 Dextrose (Gula madu)

Cara membuat henna sendiri di rumah:

  • Masukkan perasan air jeruk nipis ke bubuk henna, kemudian aduk sampai benar-benar rata,
  • Setelah rata, masukkan dextrose ke dalam adonan dan diamkan adonan setengah jadi tersebut selama 8 sampai 12 jam, dan tutup rapat (bisa menggunakan plastik)
  • Setelah 8-12 jam adonan diaduk lagi agar tercampur, lalu masukkan ke cone.
  • Kemudian adonan henna siap untuk diaplikasikan

Cara Melukis Henna Sendiri di Rumah

Setelah teman-teman mengetahui tentang bagaimana cara membuat henna atau mehndi, ulasan selanjutnya kita akan membahas tentang “cara melukis henna sendiri di tangan dengan mudah dan simple”.

Wuih judulnya poanjang banget ya? Nggak apa-apa yang nyambung aja dahh. Pada ulasan cara melukis henna ini, kami akan memulainya dari “Nol”. Yupz dari dasarnya biar semua bisa mengikuti.

Jadi jika teman-teman sudah ahli dan profesional, kami tidak menyarankan untuk mengikuti ulasan ini karena bakal panjang kali lebar ulasannya. Dengan begitu ulasanany hanya diperuntukkan buat teman-teman yang masih pemula, bisa dipahami ya? Mari kita kemont.

Oya, sebagai pemanasan materi saja. Dalam membuat lukisan henna pastikan lokasi yang akan dilukis telah dicuci bersih, selanjutnya ketika melukis mulailah dari yang paling mudah.

Maksudnya? Pola yang paling mudah adalah pola yang tidak membutuhkan kejelian dan ketelitian mata, contohnya pola-pola yang besar seperti garis, bola dan setengah lingkaran.

Setelah pola paling mudah selesai, baru dilanjutkan dengan pola yang detail atau yang membutuhkan tingkat ketelitian tinggi. Biar nggak bingung mari langsung kita eksekusi.

Membuat gambar Tangan di Kertas HVS

Tahap selanjutnya siapkan kertas putih atau HVS kemudian cobalah gambar tangan Anda di ats kertas tersebut. Setelah tangan Anda tergambar proses selanjutnya adalah membuat motif dasar henna atau mehndi sesuai dengan gambar yang teman-teman inginkan.

Bisanya berupa garis atau lingkaran besar. Yang dikatakan pola dasar adalah pola yang tidak membutuhkan ketelitian tingkat tinggi untuk melakukannya, seperti garis, garis melengkuk-lengkuk atau lingkaran besar.

Meskipun hanya latihan, pastikan gambar yang kita buat memiliki kualitas baik dan seteliti mungkin. Jangan sampai garis henna yang kita buat keluar dari garis tepi atau batas yang telah kita tentukan. Hal ini bertujuan agar melatih keakurasian kita dalam menggambar pada tangan manusia asli.

Membuat Pola-pola dasar

henna bunga motif simple

www.tattoosera.com

Langkah pertama yang harus kita lakukan dalam melukis henna sendiri ialah menggambar atau membuat pola yang berupa garis.

Untuk mengawalinya cobalah untuk menggambar berbagai bentuk garis mulai dari yang vertikal, horizontal, miring, bergelombang dan berbagai macam garis lainnya.

Hal ini bertujuan untuk melemaskan dan melenturkan otot-otot tangan kita yang masih kaku.

Membuat pola-pola yang rumit

henna motif bunga

www.tattoosera.com

Seletalah kita bisa membuat pola dasar dengan baik dan benar maka tahap selanjutnya adalah membuat pola yang rumit.

Pola-pola rumit yang kami maksudkan adalah pola-pola yang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi atau dalam bahasa alaynya “ketelitian tingkat dewa”, apapun namanya itu yang pasti teliti dan jeli.

Contoh pola yang rumit diantaranya, bintik-bintik berbentuk daun, bintik bintik lingkaran kecil, dan sejenisnya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal buahlah pola serapih dan seteliti mungkin. Ulangi latihan ini sampai Anda benar-benar mahir.

Menggambar Henna di Tangan

Melukis henna di kertas, tahap selajutnya adalah melukis henna di tangan sungguhan. Jadi dalam tahap ini Anda harus mencari kelinci percobaan. Lirik tetangga sebelah. hehe Karena ini temanya melukis henna sendiri maka secara otomatis Andalah yang menjadi kelinci percobaannya.

Langsung aja ya, agar meminimalisir kesalahan, kami sarankan agar motif atau desain yang akan Anda apilikasikan di tangan adalah motif henna yang sama dengan henna latihan Anda.

Paham ya?

Nah, pada tahap inilah Anda akan merasakan belajar yang sesungguhnya karena melukis henna di kertas jauh berbeda dengan teknik melukis henna di tangan.

Rasakan bedanya, ditahap ini juga kita akan tahu tekstur kulit itu tidaklah mudah, maksudnya? Kita ketahui bersama tekstur kulit kita itu statis dan elastis, mau tau lebih lanjut?

Lukis aja sendiri supaya teman-teman merasakan sensasinya. (Kalau nggak gini nanti nggak nyoba-nyoba).

Untuk menghemat biaya, kami sarankan Anda untuk menggunakan spidol atau pena atau bisa juga tinta, yang penting mudah untuk dihapus.

Mengulang-Ngulang latihan-latihan di atas

Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas, jika Anda benar-benar ingin menjadi seniman henna professional lakukanlah trik dan tips di atas berulang-ulang kali.

Pesan kami “Untuk menjadi profesional, Anda hanya membutuhkan waktu dan pengulangan sebanyak 10.000 jam”.

Demikianlah sekilas tentang motif henna tangan simple yang bisa kami ulas, semoga bermanfaat. Akhirnya kami ucpakan salam hangat infosiana.net.

Leave a Reply


Loading...