7 Negara Terkecil Di Dunia, No.4 Cocok Banget Untuk Traveling!

Negara Terkecil Di Dunia – Negara-negara di dunia ini tergabung dalam perserikatan Bangsa-Bangsa atau yang dikenal dengan PBB. Dimana terdapat ratusan negara yang ada di dunia ini.

Syarat suatu wilayah menjadi negara hanyalah adanya pemerintahan, wilayah, rakyat dan kedaulatan dari negara lain. Dalam syarat berdirinya negara tidak disebutkan bahwa negara harus memiliki luas wilayah yang luas seperti halnya rusia, Indonesia, ataupun negara-negara terluas lainnya.

Terlepas dari hal tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwa di dunia ini terdapat negara-negara yang luas wilayahnya begitu sempit di bandingkan dengan negara lainnya. sehingga tidak heran jika negara tersebut hanya butuh waktu singkat saja untuk bisa menjelajahinya.

Negara terkecil di dunia adalah merupakan negara yang memiliki luas wilayah lebih sempit di bandingkan negara lainnya. Walaupun demikian, negara yang dikatakan kecil tersebut memiliki keunikan dan potensi alam yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Kenali Negara Terkecil Di Dunia Berikut ini,

NO Negara Luas Negara(km²)
1 Vatikan 0,44
2 Monako 1,95
3 Nauru 21
4 Tuvalu 26
5 San Marino 61,2
6 Liechtenstein 160
7 Kepulauan Marshall 181

1. Vatikan – 0,44 km²

negara paling kecil di dunia versi on the spot

galennaputriyani09.wordpress.com

Negara terkecil di dunia adalah vatikan yang memiliki luas wilayah sekitar 0,44 km2 yang jumlah populasinya sekitar 842 jiwa. Sebagai tahta suci dan pusat gereja katolik dunia, vatikan berlokasi di Ibukota Italia yaitu Roma. Selain itu negara ini termasuk negara paling aman di dunia.

Negara Vatikan di perintah oleh Uskup Roma yakni Paus dan dibantu oleh pejabat tertinggi negara yaitu klerus atau rohaniwan katolik dari berbagai negara. Penghasilan Vatikan berasal dari sumbangan sukerela yang jumlahnya satu miliar anggora gereja katolik Roma yang ada di seluruh dunia.

Disisi lain, penghasilan negara ini juga berasal dari penjualan perangko, kenang-kenangan wisata dan juga biaya masuk museum.

2. Monaco – 1,95 km²

Sebagai salah satu negara dengan luas wilayah yang sempit yaitu hanya 2 km2 saja, Monaco merupakan negara yang penduduknya merupakan para jutawan dan miliarder dunia. Negara Monaco ini berada di Riviera Perancis yang merupakan kawasan industri perjudian serta bawang mewah dan jasa sekaligus sebagai taman bermain pada orang kaya dan terkenal.

Monaco memiliki batas negara yang salah satu sisinya adalah laut mediterania. Negara ini memiliki popilasi kurang lebih 36 ribu jiwa yang terbilang sebagai negara yang penduduknya paling padat didunia dengan bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Perancis.

Monaco juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Dimana di negara ini setiap tahunnya di gelar lomba Formula 1 dengan trek jalanan kota yang khas negara Monaco.

3. Nauru – 21 km²

Negara Nauru merupakan negara kepulauan yang terbilang paling kecil di dunia yang merdeka pada tahun 1968 dengan nama resminya Republik Nauru. Sebelumnya negara ini mendapat julukan sebagai Pulau Pleasant yang merupakan negara kepulauan di Mikronesia tepatnya di Pasifik tengah sebelah timur Australia.

Pada tahun 1980-an untuk pertambangan fosfat yang sedang berkembang pesat, namun sekarang menjadi pulau yang sepi wisatawan. Sumber daya fosfatnya sekarang sudah habis yang menyebabkan tingginya tingkat pengangguran nasional sebesar 90%, dan sisanya 10% dipekerjakan oleh pemerintah.

Selain dikenal sebagai negara terkecil di dunia, Nauru juga dikenal sebagai negara dengan penduduk yang paling gemuk di dunia, dengan 97% pria dan 93% wanita mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Karena itu Nauru juga merupakan rumah bagi diabetes tipe 2 tingkat tertinggi di dunia dengan 40% penduduknya menderita penyakit ini.

Dan perlu temen2 ketahui, kontur daratan Negara ini hanya datar atau flat. Jadi bagi kamu yg punaya hobi mendaki gunung sepertinya kurang recomended. secara gitu, disana nggak ada pohon-pohon tinggi nan rindang dan sejuk, hutan apalagi. Beda banget sama Indonesia yang termasuk negara dengan hutan terluas di dunia.

4. Tuvalu – 26 km²

negara terkecil dan terindah di dunia

Pinterest

Negara yang satu ini memiliki luas wilayah sekitar 26 kilometer persegi. Tuvalu memperoleh kemerdekaannya dari Inggris pada pada tanggal 1 Oktober 1978. dengan bentuk pemerintahan Negara Tuvalu adalah Monarki Kontitusional yang beribukota di Funafuti. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Tuvalu dan Bahasa Inggris.

Tuvalu terletak di Samudra Pasifik, sebelah timur laut Australia. Ada sekitar 10.000 penduduk, memiliki panjang jalan 8km dan hanya terdapat satu buah rumah sakit yang ada di pulau utama.

5. San Marino – 61,2 km²

Selain sebagai negara yang luas wilayahnya sempit yaitu sekitar 61 km2, San marino dikenal juga sebagai negara republik konstitusional tertua di dunia, dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab, seorang tukang batu Kristiani yang kabur pada saat penganiayaan agama oleh Kaisar Romawi Diokletianus.

Dengan daya tarik wisata yang berupa keindahan alamnya dan juga tingkat penganggiuan yang rendah membuat negara ini menjadi salah satu tujuan destinasi bagi para pelancong.

Konstitusi San Marino diberlakukan pada tahun 1600 dan merupakan konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku.

Dikelilingi sepenuhnya oleh Italia, San Marino juga dikenal karena keindahannya. Negara terkecil ketiga di Eropa dan kelima di dunia ini memiliki populasi hanya 30.000 orang.

6. Liechestein – 160 km²

Negara terkecil didunia adalah Liechestein lokasinya di Pegunungan Alpen dengan ibu kota bernama Vaduz. Negara yang luas wilayahnya hanya 160 km2 ini terletak diantara negara Swiss dan Austria .

Untuk mengunjungi negara ini, wisatawan harus melalui Bandara Zurich di Swiss, yang mana segala urusan luar negerinya memang diserahkan kepada Swiss. Sedangkan pendapatan negara Liechestein ini mengandalkan dari sektor pariwisata yaitu penjualan perangko.

7. Kepulauan Marshall – 181 km²

Negara terkecil di dunia selanjutnya adalah kepulauan Marshall yang luasnya hanya sekitar 181 km2 yang memiliki nama resmi sebagai Republik kepulauan Marshal.

Negara ini merupakan negara kepulauan yang berada di Samudera pasifik, dengan jarak tempuh sekitar setengah jalan antara negara Bagian Hawai dan australia.

Walaupun luas wilayah negaranya yang tidak luas, kepulauan Marshal ini memiliki keindahan alam dan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan.

Dimana kepulauan Marshall ini memiliki 800 spesies ikan serta 160 karang yang juga terdapat sejumlah kapal yang karam. Pastinya tidak kalah dengan negara kepulauan terbesar di dunia seperti Indonesia ya guys.

Leave a Reply


Loading...