6+ Tanaman Obat Tradisional Diare Paling Ampuh dan Gampang Dicari

Tanaman Obat Tradisional Diare Paling Ampuh – Untuk mengatasi diare, anda bisa menggunakan obat tradisional diare. Ya, memang ada cukup banyak obat alami yang bisa digunakan guna mengatasi diare yang menyiksa.

Sebagaimana diketahui bahwa diare merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi, baik itu usia anak-anak maupun usia dewasa. Gangguan kesehatan ini akan menyerang beberapa organ pencernaan.

Saat diare terjadi, maka seseorang akan lebih sering BAB. Tidak hanya itu, kondisi tubuh juga bisa sangat menurun karena kekurangan cairan akibat terlalu sering BAB.

Nah, tentu saja, jika diare mulai terjadi, anda harus segera mengatasinya. Menggunakan obat tradisional adalah salah satu cara yang paling tepat untuk digunakan.

Pada kesempatan ini, akan dibahas mengenai beberapa tanaman obat tradisional untuk mengatasi diare. Apa saja pilihannya? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

1. Jahe

Tanaman obat diare ALami

Arah.Com – Cara mengobati diare dengan jahe

Jahe adalah salah satu herbal yang bisa digunakan untuk mengobati diare. Ya, herbal yang satu ini bisa diandalkan untuk obat diare karena berbagai kandungannya.

Dalam jahe terkandung antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu, jahe juga akan memberikan rasa hangat pada sistem pencernaan sehingga sistem pencernaan bisa bekerja dengan lebih baik.

Nah, untuk penanganan menggunakan jahe, anda bisa membuat wedang jahe. Kupas bersih jahe kemudian tuang air panas dan tambahkan gula.

Selain itu, anda juga bisa membuat perasan jahe. Parut jahe lalu peras dan ambil airnya. Tambahkan madu dan konsumsi air perasan jahe dan madu secara teratur.

Gunakan juga jahe dan kunyit sebagai salah satu cara untuk mengobati infeksi paru-paru secara alami.

2. Pisangan

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Ya, selain rasanya yang sangat nikmat, pisang merupakan buah yang memiliki banyak nutrisi di dalamnya.

Di dalam pisang terdapat beragam kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Adapun beberapa kandungan tersebut adalah antioksidan, serat, vitamin dan lainnya.

Nah, kandungan tersebut membuat pisang bisa diandalkan untuk mengatasi beragam jenis penyakit. Salah satu yang bisa diatasi dengan pisang adalah diare.

Dalam hal ini, anda hanya perlu mengkonsumsi pisang secara langsung. Ya, buah tradisional diare ini akan melancarkan pencernaan dan mengobati diare dengan cepat.

3. Wortel

Wortel adalah salah satu sayuran yang banyak digemari oleh masyarakat. Sayuran yang berwarna orange ini memang biasa dimasak untuk menu harian.

Nah, selain sering dijadikan bahan untuk makanan, wortel juga bisa dijadikan sebagai obat alternative. Fungsi wortel salah satunya adalah untuk mengatasi diare.

Dalam hal ini, wortel memiliki kandungan vitamin dan serat yang cukup banyak. Untuk mengatasi diare, anda hanya perlu meminum air perasan wortel dan mencampurinya dengan sedikit madu.

4. Daun Jambu Biji

obat tradisional untuk diare

khasiatsehat.com – Cara mengobati diare dengan jambu biji

Jambu biji menjadi salah satu tanaman yang juga ampuh untuk mengatasi diare. Tanaman dengan buah berwarna hijau ini memiliki segudang kegunaan yang istimewa.

Ada cukup banyak kandungan sehat dari tanaman ini. Namun, untuk obat diare, anda bisa menggunakan daun dari buah jambu biji tersebut.

Tentu, cara penggunaan obat tradisional diare ini sangat mudah. Dalam hal ini, ambil beberapa daun jambu biji dan pastikan kondisinya cukup baik.

Setelah itu, cuci bersih daun lalu siapkan air untuk merebus. Nah, rebus daun jambu biji tersebut lalu saring. Minum air rebusan daun jambu biji secara teratur setiap hari.

Agar tidak repot-repot saat terkena diare tidak ada salahnya jika Anda menanamnya sebagai salah satu daftar tanaman obat keluarga(Toga).

5. Akar Jeruk Nipis

Obat diare alami lain yang bisa digunakan adalah tanaman jeruk nipis. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan akar jeruk nipis sebagai salah satu obat diare yang manjur.

Ya, akar jeruk nipis memang bisa diandalkan untuk mengatasi diare karena beberapa kandungannya. Dengan kandungan yang ada, diare bisa diatasi dengan cukup tepat dan cepat.

Nah, untuk mengatasi diare, ambil dan bersihkan akar jeruk nipis tersebut. Setelah itu, cuci bersih akar dan rebus. Minum air rebusan akar jeruk nipis secara teratur.

Selain itu, Akar jruk nipis juga dipercaya mampu mengobati Ambien secara alami lo gaiz.

6. Daun Sendok

Daun sendok juga bisa digunakan sebagai opsi dan alternative tanaman tradisional diare yang ampuh. Ya, anda bisa sesekali menggunakannya untuk mengatasi diare.

Daun dari pohon ini memiliki zat yang begitu aktif dan ampuh. Dalam hal ini, zat yang terkandung mampu memberikan nutrisi bagi sistem pencernaan dan menghilangkan diare.

Ambil beberapa buah daun sendok kemudian cuci. Siapkan air dan rebus daun sendok tersebut. Jika sudah, minum air rebusan daun yang telah hangat dan dicampur madu.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai obat tradisional diare. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply