Obat Tradisional Untuk Sariawan di Lidah dan di Mulut Paling Ampuh

Loading...

Sariawan atau yang dalam bahasa kedokterannya biasa disebut dengan stomatitis  adalah salah satu gangguan yang berupa pembengkakan atau peradangan yang tejadi pada daerah sekitar mulut maupun lidah.

Sobat di rumah tentunya pernah dong merasakn perih dan nyerinya sariawan? Sehingga tak jarang jika penyakit ini membuat nafsu makan kita menurun.

Bagaimana tidak? Saat mengunyah makanan kita harus berhati-hati agar makanan yang kita kunyah tidak menyenggol maupun menyentuh sariawan, karena kalau tidak sobat di rumah akan merasakan perihnya sariawan.

Gejala awal Sariawan bisa kita tandai dengan terjadinya peradangan di sekitar mulut, misalnya saja bibir kering dan pecah-pecah.

Intinya sariawan itu adalah sebuah luka yang berada di sekiar mulut dan berupa cekungan berwarna merah hingga putih sehingga membuat kita tidak nyaman ketika makan.

Buat sobat di rumah yang masih punya masalah dengan sariawan dan menganggu baik itu di lidah maupun di mulut tenang saja, kenapa? Karena kami punya beberapa informasi tentang obat tradisional sariawan ini.

Tapi tunggu dulu, sebelum kita membahas bagaimana cara penyebuhannya alangkah baiknya jika kita ketahui terlebih dahulu penyebab dari penyakit yang satu ini, bagaimana/setuju dong?

Nah tanpa berpanjang lebar mari kita simak ulasanya berikut ini.

Penyebab Sering Sariawan

obat tradisional sariawan

Disehat.com

Sebelum kita lakukan tahap penyembuan alangkah baiknya bila kita ketahui terlebih dahulu penyebab terjadinya sariawan, kenapa? Karena dengan begitu kita bisa memilih langkah penyembuhan yang paling efektif dan efesien untuk stomatitis atau sariawan kita.

Diantara penyebab terjadinya sariawan adalah

  1. Tergigit

Hal ini biasa terjadi saat kita berbicara atau saat kita makan dengan tergesa-gesa. Namun diantara kedua hal tersebut yang sering menjadi penyebab terjadinya sariawan di lidah maupun di mulut adalah makan tergesa-gesa.

 

  1. Kekurangan nutisis

Nutrisi yang kami maksud disini adalah nutrisi yang berkaitan langsung dengan kesehatan mulut ya, misalnya saja vitamin B12, vitamin C serta zat besi (tapi pastikan besinya nggak karatan ya hehe)

 

  1. Salah dalam memilih produk pembersih mulut

Mungkin sobat di rumah hampir tidak percaya tapi pada kenyataannya sariawan juga bisa muncul saat kita tidak tepat dalam memilih produk pembersih mulut.

Misalnya bulu sikat yang kurang halus,pasta gigi maupun mouthwash (obat kumur) bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya sariawan.

 

  1. Makan dan mnum

Loh? Makan dan minum aja kok bisa bikin sariawan? Yupz bisa dong. Misalnya saja makan makanan yang terlau pedas dan minum minuman yang terlalu asam.

Hal ini sebenarnya aman dimulut tapi buat kamu yang memiliki masalah dengan lambung akan langsung berpengaruh pada asam lambung.

Ketika asam lambung meningkat maka apa yang akan terjadi? Yang sering terjadi adalah bibir kering atau pecah-pecah.

Loading...

 

  1. Gangguan pencernaan

Sariawan bisa terjadi ketika kita kekurangan nutrisi pada sistem pecernaan misalnya kekurangan vitamin, robflavin, miacin (bukan micin ya) serta B12.

 

  1. Efek jamur

Hal ini bisa terjadi saat sistem kekebalan tubuh kita sedang menurun atau drop sehingga membutuhkan asupan antibiotik dalam jumlah besar.

 

  1. Efek virus dan bakteri

Efek yang ditimbulkan oleh virus misalnya jika seseorang sedang menderita penyakit herpes, demam dan panas yang tinggi serta penyakit mulut lainnya.

Sedangkan yang disebabkan oleh bakteri misalnya seseorang menderita radang tenggorokan yang diakibatkan oleh bakteri biasanya bakteri ini akan menjalar ke rongga mulut sehingga akan menyebabkan sariawan bagi penderitanya.

Buat sobat di rumah yang tipekal hobi makan dan suka gagal diet tentunya sariawan menjadi ajang diet paling ampuh ya? Loh kok? ya secara gitu, nafsu makan kita kan menurun karena adanya sariawan ya nggak? Hehe

Tapi tenang saja, dengan memperbaiki pola makan dan pola hidup sehat, penyakit ini bisa sembuh sendiri kok. Umumnya membutuhkan waktu 10-14 hari.

ya cukuplah untuk nurunin bb 3-5kg. Haha

Namun jika kamu yang sudah tidak bisa menahan rasa perih dan nyerinya perut.

Eh.

Nyerinya sariawan maksud kami. Kami punya sederet tanaman yang bisa dijadikan obat herbal/tradisional sariwan  untuk sobat di rumah.

Kabar gembiranya obat tradisonal ini bisa kita temukan di dapur maupun di pasar terdekat loh. Penasaran?

Berikut ini adalah cara menyembuhkan sariawan di lidah, di mulut dan rongga mulut lainnya secara ampuh sekaligus cepat, yang pastinya mudah untuk diaplikasikan di rumah.

Cara Mengobati Sariawan Yang Ampuh

obat herbal sariawan

sariawan.blogspot.com

Di zaman yang serba praktis saat ini kita dimudahkan dalam menemukan berbagai hal, tak terkecuali obat-obatan baik itu yang kimia maupun itu herbal.

Namun semakin kesini, orang-orang semakin sadar akan bahayanya obat kimia pada tubuh dan akhirnya membat mereka beralih ke obat-obat herbal atau tradisional yang dalam hal ini sariawan.

Jadi kalau temen-temen belum beralih ke herbal berarti temen-temen belum bisa dibilang “kekinian” hehe.

Langsung saja berikut adalah langkah-langkah yang bisa dipilih dalam menyembuhkan sariawan dengan cara tradisional.

Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat Dan Tidak Perih

Air kelapa

Gunakan air kelapa untuk berkumur kalau haus boleh juga di telan. Cara ini terbilang obat tradional sariawan yang paling enak sekaligus mudah dan pastinya ampuh.

Berkumur dengan air garam

Caranya sangat mudah sobat di rumah cukup menyiapkan air hangat kemudian masukkan garam secukupnya. Tidak perlu ditambahkan bumbu dapur ya, nanti malah jadi sop. Hehe

Bekumurlah dengan air garam 3 kali sehari, insya alloh mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Obat Sariawan di Mulut dan di Lidah

Kopi bubuk

Caranya sangat mudah sobat di rumah cukup ambil sedikit bubuk kopi kemudian ditempelkan pada luka sariawan, tunggu berapa menit kemudian berkumur dengan iar bersih.

Obat tradisional sariawan ini bisa dipilih jika kamu ingin sembuh dalam waktu 2-3 hari (tergantung tingkat keparahan sariawannya). Tapi jangan kaget jika terasa perih.

 

Leave a Reply


Loading...