Pengertian, Tugas dan Wewenang Bank Sentral di Indonesia

Bank Sentral-Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang bank sentral, dimulai dari pengertian, tujuan, peran dan tugas bank sentral. Kemudian dilanjutkan dengan peran dan wewenang bank sentral. Selamat menyimak.

1. Pengertian Bank Sentral

Menurut wikipedia mengartikan bank sentral secara umum, adalah sebuah lembaga yang bertanggungjawab atas kebijakan yang berkaitan dengan keuangan (kebijakan moneter) di negara tertentu.

Bank sentral juga dapat diartikan sebagai lembaga yang bertanggung jawab untuk menstabilkan harga maupun nilai mata uang yang berlaku di suatu negara. Di Indonesia sendiri yang dijadikan sebagai bank sentral adalah bank Indonesia.

Secara geografis yang dinamakan bank sentral Indonesia adalah bank yang berkantor pusat di Jakarta dan memiliki kantor cabang di berbagai wilayah, dan provinsi yang ada di Indonesia. Bank Indonesia adalah contoh bank sentral yang ada di Indonesia.

Berdasarkan UU No.3 th. 2004 tentang perubahan atas UU No. 23 Th. 1999 tentang Bank Indonesia,menjelaskan bahwa Bank Indonesia adalah suatu badan/ lembaga negara yang dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, bebas dari berbagai pihak serta berdiri sendiri, baik itu pemerintah maupun pihak-pihak lain, kecuali untuk hal-hal yang jelas-jelas diatur dalam undang-undang.

2. Tujuan, Peran dan Tugas Bank Sentral Indonesia

a. Tujuan dan Peran Bank Sentral

wewenang bank sentral, contoh bank sentral,

www.pieria.co.uk

sebagai Bank sentral Indonesia, BI memiliki tujuan pokok, yaitu memelihara dan menestabilkan nilai mata uang rupiah. Yang dimaksud mestabilkan nilai mata uang, yaitu meliputi kestabilan nilai uang terhadap uang maupun jasa yang diukur dengan inflasi, serta kestabilan terhadap nilai tukar dengan mata uang asing.

b. Tugas Pokok Bank Sentral

Untuk mencapai tujuan tunggal Bank sentral maka pemerintah Indoensia telah mengatur tugas-tugasnya dalam UU. Berdasarkan UU No. 23 tahun 1999, dijelaskan secara gamblang tugas-tugas Bank Indonesia. Diantaranya adalah:

  • Mengatur sirkulasi uang dengan cara menetapkan dan menjalankan kebijakan moneter. Kebijakan moneter adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh bank Indonesia untuk mencapai tujuan bank indonesia, yaitu mencapai, menjaga, memelihara serta menstabilkan nilai uang, yang dilakukan dengan cara mengontrol dan mengendalikan jumlah uang yang beredar dan meningkatkan suku bunga.
  • Mengatur dan mendorong kelancaran sistem pembayaran dan produksi. Untuk memelihara kelancaaran pemabayaran bank Indonesia bisa mengeluarkan/memproduksi bahkan menarik uang beredar dengan menaikkan suku bunga.

c. Tugas dalam Hubungannya dengan Pemerintah

  • Menyediakan kredit kepada pemerintah
  • Kas pemerintah berada ditangan bank sentral
  • Membantu pemerintah dalam melelang dan menjual surat-surat hutang negara
  • Mengeluarkan dan menarik uang yang beredar
  • Uang yang dikeluarkan oleh bank sentral adalah alat bayar yang sah
  • Bank sentral memiliki hak tunggal dalam mencetak dan memproduksi uang, baik itu kertas maupun logam.

d. Tugas Dibidang Perbankan

peranan bank sentral, bank sentral adalah,

dccapitaladvisors.com

  • Menetapkan suku bunga
  • Sebagai banker bank (banknya para bank) di Indonesia
  • Membina dan membimbing bank-bank yang ada di Indonesia
  • Mensuport dan mendorong masyarakat untuk mengerahkan danannya untuk usaha produktif
  • Mengembangkan dan memelihara kredit perbankan yang sehat
  • Mengatur, mengontrol dan memperluas jaringan dan lalu lintas pembayaran

3. Wewenang Bank Indonesia

Dalam upaya menjalankan dan menerapkan kebijakan moneter, bank Indonesia memiliki sejumlah wewenang, diantaranya adlaah sebagai berikut:

a. Menetapkan target-target moneter dengan mempertimbangkan sasaran laju inflasi nasional

b. Mengontrol kebijakan yang berkiatan dengan keuangan dengan cara sebagai berikut:

  • penerapan kebijakan diskonto
  • penerapan cadangan wajib minimum (cas)
  • mengontrol pembiayaan dan kredit

5. Peran Bank Indonesia

tugas dan wewenang bank sentral, kebijakan bank sentral

mikebishop.house.gov

Dalam mencapai tujuan pokok, bank Indonesia memiliki 5 peran utama dalam menjaga dan menstabilkan sistem keuangan nasional, diantara perannya adalah sebagai berikut:

a. Dengan menjalankan instrumen suku bunga dalam operasi pasar terbuka, salah satu bagian dalam kebijakan moneter. Salah satu yang telah diterapkan di Indonesia adalah kebijakan atau politik infation targeting framework.

b. Mengawasi dan meregulasi kinerja perbankan, untuk menciptakan lembaga keuangan yang sehat.

c. Mengontrol dan memelihara kelancaran sisitem pembayaran.

d. Bank Indonesia memiliki wewenang untuk mengakses informasi dan melaporkan pihakpihak yang diduga mengancam kestabilan moneter.

e. Bank Indonesia sebagai leader of the last resort (LoLR) berwenang untuk menjaring dan mengamankan sistem keuangan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bank sentral, semoga bermanfaat bagi kita semua. Kami berharap para pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang sifatnya membangun, agar infosiana.net dapat menjadi lebih baik lagi. Terimakasih, Salam Admin.

Percakapan Obrolan Berakhir

One Response

  1. rahmat November 19, 2016

Leave a Reply