8 Cara Mudah Pengobatan dan Akibat Penyakit Liver

Loading...

Pengobatan dan Akibat Penyakit Liver – Gejala dan penyebab penyakit liver bersifat relatif. Artinya tidak semua orang punya penyebab penyakit liver yang sama, hal inilah yang membuat penanganan dan pengobatannya tidak sama pula.

Saat beraktivitas terlalu berat pun terkadang membuat kita tak menyadari adanya tanda tanda liver, sehingga sewaktu-waktu dapat ambruk begitu saja.

Liver merupakan organ dalam tubuh yang memiliki peranan sangat penting di antaranya adalah untuk membuang racun (proses detoksifikasi), membangun antibodi atau sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit dan juga sebagai penunjang sistem metabolisme tubuh.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui apa saja ciri-ciri penyakit liver dan pengobatannya serta cara agar kita dapat mencegah penyakit tersebut.

Jenis-Jenis, Gejala, Akibat dan Cara Menyembuhkan Penyakit Liver

1. Penyakit liver karena konsumsi alkohol berlebihan

Penyebab penyakit liver yang paling umum adalah karena mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dan atau dalam jangka yg lama. Alkohol bersifat racun bagi sel-sel hati sehingga dapat mematikan sel hati. Padahal hati jugalah yang menyaring kandungan alkohol dalam darah.

Sedangkan alkohol memperlambat proses regenerasi sel hati, secara perlahan-lahan, fungsi hati akan melemah.

2. Lemak dalam hati

Lemak dalam hati

obattradisionalpenyakitamandel.blogspot.co.id

Pada kondisi tubuh yang normal, hati mengandung sedikit lemak dan ini merupakan hal yang wajar.

Namun pada saat hati tertutup lemak berlebihan, maka sel-sel hati tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga proses regenerasi terganggu.

Lemak berlebihan dalam hati ini bisa disebabkan karena berat badan yang berlebih (obesitas) dan juga penumpukan kolesterol atau lemak jahat dalam tubuh.

Perlu Anda ketahui, bahwa kolesterol bukan berarti menyebabkan seseorang menjadi gemuk.

Ada orang yang tidak gemuk namun memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dalam tubuhnya sehingga tanpa ia sadari, ia bisa terkena penyakit liver akibat kolesterol berlebih dalam tubuhnya.

3. Hepatitis

Hepatitis merupakan salah satu penyakit pencetus radang hati. Hepatitis yang terjadi pada hati bisa diakibatkan beberapa hal seperti melemahnya autoimun dalam tubuh dan serangan virus.

Pada umumnya, hepatitis yang ringan dapat dengan sendirinya pulih. Namun ada juga yang lantas berkembang menjadi sirosis atau peradangan/pembengkakan hati, kanker hati dan gagal hati.

4. Hepatitis toksik

Hepatitis toksik merupakan penyakit liver yang disebabkan karena menumpuknya senyawa kimia yang beracun dan berpotensi merusak jaringan hati.

Racun dalam senyawa kimia bisa berasal dari obat-obatan, suplemen makanan, zat tambahan makanan dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, fungsi hati adalah untuk membuang racun-racun ini.

Namun dalam beberapa kasus, racun-racun dalam senyawa kimia ini sudah melebihi ambang batas dan menyebabkan kerusakan pada jaringan hati. Beberapa jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan hepatitis toksik ini di antaranya adalah paracetamol, amoxicillin, diclofenac, phenytoin dan fenofibrate.

5. Penyakit liver kolestasis

Kolestasis disebabkan karena gangguan aliran empedu. Hal ini bisa karena adanya sumbatan pada saluran empedu ataupun berkurangnya cairan empedu sehingga mengakibatkan menumpuknya birilubin dalam darah.

6. Faktor keturunan atau genetik

Pengobatan dan akibat penyakit liver karena faktor keturunan atau genetika tentu berbeda.

Sebab penyakit liver satu ini terjadi karena adanya gen abnormal yang didapat dari salah satu orangtua sehingga dapat membuat resiko seseorang terkena penyakit liver jadi meningkat.

Penyakit liver yang disebabkan karena keturunan di antaranya adalah penyakit wilson, hemochromatosis serta hyperoxaluria dan oxalosis.

7. Penumpukan batu empedu

Batu yang menumpuk di dalam empedu juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kuning. Hal inilah yang menjadi penyebab tersumbatnya saluran empedu. Cairan empedu yang naik ke liver dapat merusak organ hati.

8. Pola hidup yang tak sehat

Sakit liver bisa sembuh dengan sendirinya asalkan dengan menjaga pola hidup sehat. Pola hidup tidak sehat memang merupakan sumber dari segala macam penyakit, tak terkecuali penyakit liver.

Merokok, minum alkohol, menggunakan narkoba, malas berolahraga, makan makanan yang tidak sehat dan tidak higienis, serta kurang istirahat merupakan bagian dari pola hidup tak sehat.

Mengetahui apa saja penyebab penyakit liver/hati membuat kita dapat menghindarinya untuk mencegah terkena penyakit tersebut.

Setelah mengetahui jenis-jenis serta penyebab penyakit liver, maka sekarang saatnya kita untuk mengetahui ciri ciri penyakit liver dan pengobatannya. Dengan demikian kita dapat lebih waspada.

Tanda-Tanda Penyakit Liver

penularan penyakit liver

ahlinyapengobatan.com

1. Perubahan-perubahan fisik

Beberapa perubahan fisik yang merupakan gejala awal liver di antaranya adalah perut yang berubah menjadi lebih buncit dari biasanya padahal badan Anda tidak gemuk, perhatikan juga pembengkakan tak wajar yang ada pada bagian kanan bawah tulang rusuk Anda.

Perubahan fisik lainnya akibat penyakit liver antara lain: bengkak pada kaki, kulit dan mata yang kekuningan, dan kuku menjadi cekung.

2. Gejala-gejala fisik tak wajar

Beberapa gejala fisik yang tak wajar juga dapat menjaditanda tanda sakit liver.

Di antaranya adalah tubuh menjadi lebih mudah capek, sering mual dan muntah, sering buang air kecil dan air seni berubah warna jadi gelap, bau badan dan bau mulut yang tak sedap, warna tinja menjadi lebih pucat dan kadang disertai dengan bercak darah, tubuh menjadi mudah memar, mudah terjadi mimisan serta mudah merasa haus.

Cara Menyembuhkan Sakit Liver

1. Dengan temulawak atau kunyit

obat tradisional untuk penyakit liver

Grid.ID

Baik temulawak maupun kunyit mengandung zat curcumin yang memiliki sifat anti inflamasi, anti bakteri dan anti hepatotoksik.

Ramuan dari temulawak ataupun kunyit dipercaya ampuh untuk mengobati sakit liver, mengurangi pembengkakan, memperkuat sel dan jaringan hati serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Jika Anda menderita sakit kepala temulawak juga bisa dijadikan obat tradisional untuk sakit kepala.

2. Daun sambiloto

Daun sambiloto memang memiliki rasa yang sangat pahit, hal ini karena adanya zat andrographolid di dalamnya.

Namun, zat ini memiliki fungsi yang sangat penting sebagai salah satu cara menyembuhkan sakit liver karena mampu menghancurkan inti sel kanker maupun tumor serta menjaga kekebalan atau daya tahan tubuh.

Selain kandungan yang ada di dalamnya juga dipercaya mampu mengobati penyakit batuk pilek secara alami.

3. Konsumsi buah Malaka

Buah Malaka merupakan buah penyembuh liver bagi anak-anak maupun orang dewasa. Buah Malaka juga memiliki fungsi lain seperti menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit mata seperti katarak atau rabun, memperkuat tulang dan gigi, membersihkan ginjal serta dapat mengobati kencing manis.

Selain buah Malaka, ada juga buah yang baik untuk makanan untuk penderita liver di antaranya adalah buah apel, pisang, lemon, alpukat, tomat dan buah yang mengandung vitamin A dan C lainnya.

4. Jaga pola hidup sehat

Tanpa pola hidup yang sehat, maka apapun cara pengobatan dan akibat penyakit liver yang Anda lakukan akan menjadi sia-sia. Menghindari segala macam penyebabpenularan penyakit liver akan lebih baik daripada mengobatinya. Sehingga mulai sekarang cobalah untuk menjaga pola hidup sehat.

Pola hidup sehat sangat baik untuk mencegah dan membantu proses penyembuhan penyakit liver, di antaranya adalah makan makanan yang sehat, bergizi dan higienis, hindari junk food  dan goreng-gorengan, olahraga secara teratur, konsumsi teh hijau, hindari rokok dan alkohol serta pergaulan bebas dan istirahat yang cukup.

Leave a Reply


Loading...